Skip to main content
Si Ipung

follow us

Segera berlangganan !! Akan hadir video dan tutorial menarik dari siipung.com dengan cara Subscribe ke youtube, klik Siipung Channel

×

Apa itu domain ? Apakah domain penting untuk bisnis?

Apa itu domain ? Bagi yang sering berselancar atau browsing didunia internet pasti tidak asing lagi dengan namanya domain.

Sebenarnya domain itu sebuah nama yang unik untuk mengidentifikasi suatu server komputer, jadi pengguna akan mudah untuk mengingat dan mengakses daripada harus menggunakan IP address.

Domain name atau nama domain merupakan identitas bagi sebuah situs website, dengan nama domain juga sangat berpengaruh untuk brand suatu bisnis. Kenapa begitu ??

Sebelum terjawab simak dulu ulasan lengkap tentang domain.

Apa itu domain?

Gambar oleh Tumisu dari Pixabay

Seperti yang telah disinggung diatas, domain merupakan nama unik untuk mengidentifikasikan sebuah alamat website, dengan adanya nama domain dapat mempermudah mengakses atau mengingat URL website yang akan dituju.

Pemilik website pun bisa membuat nama domain sesuai yang ia inginkan (asalkan masih tersedia), dengan demikian domain juga akan memperkuat pula brand bisnis.

Fungsi dari domain

Fungsi domain secara umum sebagai nama sebuah situs website agar lebih mudah dikenali
Namun ada fungsi lain yang tak kalah penting dari penggunaan sebuah domain, yaitu :

1. Lebih menarik

Kita tahu bahwa di era modern ini sangatlah tergantung pada pencarian di internet, dengan nama domain pada situs web akan lebih mudah ditemukan dan lebih menarik calon pengunjung di hasil pencarian.

Hal tersebut dikarenakan nama domain khusus akan cenderung singkat dan relevan dengan bisnis anda, misalkan saja dengan nama siipung.com akan lebih menarik dibandingkan dengan siipung.wordpress.com atapun siipung.blogspot.com.

2. Bagus untuk mesin pencari

Memang tidak berbeda begitu besar antara domain khusus dan subdomain, namun dengan seiring perkembangan algoritma mesin pencari dan perkembangan media sosial, domain khusus akan lebih terlihat profesional dan cenderung banyak dibagikan ke media sosial.

3. Membantu meningkatkan peringkat situs web anda

Salah satu faktor peringkat situs web adalah adanya backlink, dengan adanya backlink situs web anda dapat dinilai sebagai salah satu referensi oleh situs web lain.

Hubungannya dengan domain khusus adalah situs web anda tidak dinilai sebagai situs yang terpisah, sehingga backlink dapat penuh mengarah ke situs web anda.

4. Mempertahankan rank dan SEO

Setelah anda memiliki domain khusus dan situs web anda sudah berkembang dengan baik maka peringkat SEO dan Alexa rank akan bagus pula.

Hal tersebut akan terjadi terbalik jika anda belum punya domain khusus, setelah situs web anda berkembang dan mempunyai rank yang cukup baik dan anda ingin mengganti domain menjadi domain khusus maka akan mempengaruhi nilai SEO serta rank situs web anda, dikarenakan URL situs web anda akan terdeteksi sebagai nama domain baru.

5. Menarik pengiklan

Media periklanan melalui situs web kini sering kita temui, salah satunya yaitu Adsense. Namun jika ada pihak iklan mandiri lain ingin mengiklankan produk ataupun jasa pada situs web anda maka domain khusus menjadi hal yang cukup penting untuk menambah kesan profesional.

6. Bisa membuat subdomain

Apa untungnya sebuah subdomain ?, subdomain akan sangat berpengaruh dan berguna bila bisnis anda mempunyai banyak jenis layanan, misalkan saja domain utama anda tentang detail perusahaan, contoh siipung.com dan subdomainnya jasa.siipung.com maka subdomain akan sangat penting untuk identitas layanan bisnis anda lainnya.

7. Bisa membuat email profesional

Dengan adanya email profesional dapat membangun kredibilitas bisnis anda dan menciptakan persepsi profesional pada bisnis anda, misalnya adalah namapengguna@domain.com

Pentingnya domain bagi bisnis

1. Membangun identitas bisnis

Nama domain haruslah menggambarkan tentang bisnis anda, oleh karena itu nama domain akan sangat membantu mengetahui identitas dan dalam bidang apa bisnis anda berjalan.

Misalkan saja situs web rumahweb.com menggunakan nama domain rumahweb yang berarti dalam bisnis tersebut dalam kategori dunia website, seperti domain, hosting, dan sebagainya.

2. Mempermudah interaksi dengan niche market

Apabila bisnis anda akan berhubungan dengan audiens yang sangat spesifik maka nama domain yang spesifik sangat berpengaruh.

Dengan adanya nama domain, sebagai pelaku bisnis dapat menargetkan niche pasar. Misalkan dengan situs web rumahweb.com dengan nama domain rumahweb yang pastinya target pasar tentang website.

3. Membantu promosi

Promosi merupakan investasi yang signifikan bagi sebuah bisnis, adanya promosi akan meningkatkan popularitas bisnis anda. Karena itu nama domain sangatlah penting, terutama menggunakan nama domain yang menarik, singkat dan tepat untuk menggambarkan bisnis anda.

4. Brand mudah diingat

Peran penting domain tidak dapat diremehkan bagi sebuah bisnis, domain singkat, menarik dan tepat sekali lagi akan sangat berpengaruh pada brand anda untuk mudah diingat oleh target pasar.

Bagaimana cara mendapatkan domain ?

Sudah paham kan sepenting apa domain bagi bisnis? terus gimana sih cara mendapatkan domain untuk bisnis biar semakin terlihat profesional.

Tenang saya ada rekomendasi layanan registrasi domain dan tempat hosting unlimited yang pastinya tidak akan membuat kecewa.

Sumber : rumahweb.com

Anda bisa menemukan layanan itu pada RumahWeb, ya rumahweb.com merupakan layanan terbesar di Indonesia yang melayani hosting unlimited, pembuatan website, registrasi domain murah dan lainnya.

Situs web ini siipung.com juga menggunakan layanan domain pada rumahweb.com dan terbukti layanannya memuaskan.


Di rumahweb.com anda bisa menemukan banyak layanan tentang website serta harga yang sangat murah dan banyak promonya, bisa langsung kunjungi berikut linknya rumahweb.com.

Pelayanan pada rumahweb juga sangat memuaskan dan tentunya fastrespon.

Jangan lupa terus ikuti sosial media rumahweb untuk mengetahui promo-promo menariknya Facebook, Twitter dan Instagram

Sekian dulu artikel dari siipung.com, jangan lupa bagikan artikel ini ya.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar