Skip to main content
Si Ipung

follow us

Segera berlangganan !! Akan hadir video dan tutorial menarik dari siipung.com dengan cara Subscribe ke youtube, klik Siipung Channel

×

Fitur keren chatbot Botika

Para generasi milenial pastinya sudah tahu dong dengan namanya chatting ?

Ya, chatting sering kita lakukkandengan media sosial, namun ada manfaat lain dari chatting selain untuk komunikasi, salah satunya sebagai pendekatan ke pelanggan dalam dunia bisnis.


Dalam dunia bisnis yang menggunakan media sosial ataupun website terdapat salah satu fitur yaitu chatting atau percakapan, yang mana fitur tersebut berfungsi untuk menghubungkan antara pelanggan dengan admin.

Chatting tersebut tentunya sangat berguna bagi perusahaan dan juga para pelanggan, dalam proses pendekatan kepada pelanggan fitur chat sangat penting salah satunya sebagai menerima order, kritik saran dan keluhan.

Bagaimana jika ribuan pelanggan ingin chat ?

Tentunya para CS akan kuwalahan dan tidak bisa responif dalam menanggapi setiap percakapan dari pelanggan, terlebih lagi jika CS dalam perusahaan tersebut hanya sedikit.

Biaya operasional juga pastinya tinggi jika ingin menambah CS lagi, dan pastinya akan berakibat tidak baik bagi perusahaan jika terdapat biaya operasional yang sangat tinggi.

Tentu juga akan berdampak pada kepuasan pelanggan, karena banyak yang sedang menghubungi CS tentu saja respon CS akan lama, dari situlah pelanggan akan merasa kecewa.

Ada solusi untuk mengatasi hal tersebut, walaupun ada ribuan pelanggan sedang chat secara bersamaan, fungsi chat dari perusahaan akan tetap berjalan lancar. Caranya yaitu mengguankan teknologi chatbot.

Apa itu chatbot ?

Chatbot dapat mensimulasikan percakapan dengan satu orang atau lebih dan juga merespon sebuah percakapan layaknya sedang melakukan chat dengan manusia, nah chatbot adalah teknologi kecerdasan buatan yang berisikan peraturan khusus yang tersimpan pada sebuah aplikasi chatting seperti Line, Whatsapp dan lainnya.

Dengan adanya chatbot Bahasa Indonesia pastinya sangat membantu aktifitas manusia, diantanya seperti memesan tiket, memesan makanan bahkan juga membacakan berita.

Kelebihan menggunakan chatbot

Apa saja sih keuntungan atau kelebihan jika kita menggunakan sebuah chatbot Bahasa Indonesia ?

1. Minim biaya Customer Service

Chatbot bisa juga menghemat biaya pengeluaran perusahaan, teknologi chatbot dirancang dengan efektif dan efisien sehingga para pelanggan tidak lagi menghubungi melalui call center, ataupun media sosial. Dengan hal tersebut chatbot akan mengurangi biaya tenaga kerja.

Chatbot berkualitas biayanya kurang dari gaji tahunan seorang karyawan, sehingga pengeluaran uang perusahaan lebih hemat

2. Memudahkan admin online shop

Admin online shop pasti sudah biasa dengan banyaknya chat berdatangan daripelanggan, mulaidari bertanya suatu produk, melihat katalog dan bertanya tentang cara order, bagaimana jika banyak pelanggan menghubungi admin online shop secara bersamaan ? hal tersebut akan membuat admin online shop bekerja lebih lama, tidak efektif dan tentunya banyak order yang tidak tertangani yang pasti akan berdampak buruk bagi kepuasan pelanggan.

Chatbot menjadi solusi yang sangat tepat untuk menangani hal tersebut, karena teknologi chatbot bisa menjawab otomatis dan menjawab pertanyaan pelanggan dengan sangat cepat mulai daro order, melihat produk, dan masih banyak lagi.

3. Lebih dekat dengan pelanggan

Mungkin kita sudah pernah bertemu dengan fitur chatbot namun masih menggunakan bahasa asing,
Bagaiman jika chatbot berbahasa Indonesia, ya tentu hal tersebut akan lebih baik, karena pelanggan akan merasa lebih nyaman jika menggunakan bahasa Indonesia.

4. Strategi segmentasi marketing

Bicara tentang pelanggan tentu mempunyai banyak karakter dan usia, sala satu upaya yang baik adalah melakukan segmentasi marketing.

Misalkan pelanggan milenian, dengan kelebihan chatbot kita dapat melakukan penyesuaian bahasa agar tidak terlalu kaku dan lebih friendly terhadap pelanggan milenial.

5. Penjualan akan meningkat

Dengan banyaknya kelebihan dari chatbot untuk perusahaan anda pasti akan berdampak positif untuk penjualan, seperti chatbot mampu menwarkan iklan menarik dari produk anda ke pelanggan dan tersedianya juga fitur menerima pesanan otomatis.

Efektif dan efisiennya chatbot secara langsung akan berdampak juga pada kepuasan pelanggan dan pelanggan berkemungkinan besar akan melakukan order kembali.

6. Menurunkan biaya operasional

Kemampuan chatbot untuk menjawan pesan otomatis dan menerima order otomatis akan engurangi biaya telepon dan mengurangi penmabahan pegawai Customer Service.
Minimalnyabiaya telepon serta pegawai Customer Service membuat biaya operasional turun.

Chatbot terbaik

Setelah mengetahui kelebihan dan pentingannya chatbot mari kita cari tahu apa sih chatbot yang mempunyai fitur menarik.




Chatbot Botika lah jawabannya, pada chatbot botika anda bisa menemukan berbagai fitur yang sangat berguna untuk mengembangakan bisnis dan online shop anda. Dari berbagai fitur dan kelebihan chatbot botika juga bisa menurunkan biaya operasional dari bisnis anda.

Mari kita simak ada fitur apa saja pada chatbot botika.

Fitur Chatbot Botika

Apa sja ih fitur yang dapat kita gunakan dalam cchatbot ini ? dari banyaknya kelebihan yang telah kita bahas diatas tentunya chatbot meiliki fitur yang sangat menarik dan berguna.


1. Tersedia 24 jam

Chatbot merupakan sebuah teknologi, yang mana teknologi tersebut tidak akan bisa lelah ataupun bosan seperti halnya manusia.

Chatbot botika akan selalu tersedia 24 jam melayani para pelanggan anda, tentunya hal tersebut tidak bisa dilakukan oleh satu orang Customer Service manusia.

2. Natural Language Processing

Natural Language Processing (NLP) pada dasarnya berguna untuk membuat bahasa komputer lebih humanis, sehiggga lawan bicara yaitu manusi lebh memahami apa yang dimaksudkan oleh bahasa komputer.

3. Broadcast dan reminder

Fitur yang satu ini tentunya sangat berguna bagi seorang marketer,itur briadcasr dan reminder berguna untuk menyebarkan informasi atau promosi kepada seluruh pelanggan.

Pada broadcast chatbot botika terdapat fitur reminder juga, dimana fitur ini dapat menjadwalkan broadcast secara berkala.

4. Terintegrasi dengan media sosial

Sebuah perusahaan umumnyamempunyai banyak mediasosial, hal tersebut wajar dilakukan untuk menjangkau banyak pelanggan.

Namun yang menjadikndala adalah saat menerima banyak pesan dari media sosial yang berbeda, dengan fitur menakjubkan chatbot botika seorang admin akan dimudahkan hanya dengan 1 dashboard saja sudah bisa mengakses semua sosial media seperti LINE, Whatsapp, Facebook Messenger dan Telegram.

5. Terdapat data analitik

Data analitik sangat membantu untuk analisa dan rekap data penjualan, kepuasan pelanggan, total pelanggan dari berbagai media sosial, total pesan.

Semua data tersebut sangat berguna untuk perkembangan Online shop ataupun bisnis anda, karena bisa mengetahui kelemahan ataupun kekurangan dari online shop atau bisnis, sehingga bisa diperbaiki agar pelanggan semakin puas.

6. All in One Chat

Tampilan chat untuk pelanggan juga dipermudah dengan adanya fitur All in One Chat pada botika, fitur ini akan memudahkan pelanggan seperti mencari informasi biaya kirim, harga produk, cara order dan konfirmasi pembayaran.

7. Responif dalam membalas pesan

Kecepatan dalam membalas pesan tentu berpengaruh dengan kepuasan pelanggan
Chatbot botika merupakan sebuahteknologi AI, dengan teknologi semua chat pelanggan akan langsung terbalas secara otomatis, sehingga pelanggan tidakperlu lagi menunggu balasan dari admin.


Bagaimana ? menarik kan fitur dan kelebihan chatbot dari botika ?
Kalian bisa melihat fitur lengkap di website Botika online
Segera gunakan botika sebagai chatbot untuk bisnismu agar penjualan naik dan pelanggan puas.

Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa bagikan artikel ini ya.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar