Skip to main content
Si Ipung

follow us

Pengertian grafis, jenis grafis akan dibahas lengkap

Pengertian grafis

Pengertian grafis adalah secara umum : desain visual pada permukaan suatu benda, misalkan dinding, kanvas, kertas, untuk memberi sebuah informasi atau sebuah gambaran,

Contoh grafis : foto, gambar, Seni garis, grafik, diagram, tipografi, angka, simbol, desain geometris, peta, gambar teknik, atau gambar lainnya.

Sedangkan grafis komputer adalah setiap media gambar, biasanya film dan gambar, yang dibuat melalui penggunaan perangkat keras dan perangkat lunak.

Sering disebut sebagai citra yang dihasilkan komputer; lebih dikenal sebagai CGI.

Grafis bisa fungsional atau artistik. Grafis juga dapat berupa versi rekaman, seperti foto, atau interpretasi oleh seorang ilmuwan untuk menyoroti fitur-fitur penting, atau seorang seniman.


Grafis 2D dan 3D

Grafis komputer dapat berupa dua atau tiga dimensi. Komputer seri dulu hanya mendukung grafis monokrom 2D, yang berarti hitam dan putih (atau hitam dan hijau, tergantung pada monitor).

Akhirnya, komputer mulai mendukung gambar berwarna. Sementara mesin komputer pertama hanya mendukung 16 atau 256 warna,

sebagian besar komputer sekarang dapat menampilkan grafis dalam jutaan warna.


Grafis 2D

Ada dua jenis - raster dan vektor. Grafis raster adalah yang paling umum dan digunakan untuk foto digital, grafis Web, ikon, dan jenis gambar lainnya.

grafis raster terdiri dari grid sederhana piksel, yang masing-masing bisa menjadi warna yang berbeda.

Grafis vektor, di sisi lain terdiri dari jalur, yang mungkin berupa garis, bentuk, huruf, atau objek skalabel lainnya.

Grafis vektor sering digunakan untuk membuat logo, dan jenis gambar lainnya. Tidak seperti grafik raster, grafik vektor dapat diskalakan ke ukuran yang lebih besar tanpa berkurang kualitasnya.


Grafis 3D

Mulai menjadi populer pada 1990-an, bersama dengan perangkat lunak rendering 3D seperti CAD dan program animasi 3D.

Pada tahun 2000, banyak video game mulai menggabungkan grafik 3D, karena komputer memiliki kekuatan pemrosesan yang cukup untuk mendukungnya.

Sekarang kebanyakan komputer dilengkapi dengan 3D video card yang menangani semua pemrosesan 3D.


Grafis berbasis bitmap dan vektor

Dalam grafis ada dua jenis atau 2 tipe grafis yakni grafis vektor serta bitmap (raster), lalu apa sih kelebihan dan kekurangan dari jenis jenis grafis tersebut ? Dibawah ini akan dijelaskan mulai dari pengertian grafis berbasis vektor dan bitmap (raster) sampai perbedaannya.

Grafis berbasis bitmap

Dasar pembentukan grafis berbasis bitmap (atau raster) disimpan dengan serangkaian titik kecil yang disebut piksel. Setiap pixel sebenarnya adalah kotak yang sangat kecil yang diberi warna, kemudian disusun dalam pola untuk membentuk gambar.

Saat Anda memperbesar gambar berbasis bitmap, maka akan terlihat masing-masing piksel yang membentuk gambar tersebut.

Grafik bitmap dapat diedit dengan menghapus atau mengubah warna piksel individual menggunakan program seperti Adobe Photoshop.


Grafis berbasis vektor

Tidak seperti grafis bitmaps, gambar vektor tidak didasarkan pada pola piksel, tetapi menggunakan rumus matematika untuk menggambar garis dan kurva yang dapat dikombinasikan untuk membuat gambar dari objek geometris seperti lingkaran dan poligon.

Gambar vektor diedit dengan memanipulasi garis dan kurva yang membentuk gambar menggunakan program seperti Adobe Illustrator ataupun Corel draw.

Untuk pembahasan lengkapnya antara vektor dan bitmap akan saya bahas di perbedaan grafis vektor dan bitmap


Kelebihan dan kekurangan dari grafis berbasis vektor dan bitmap

  • Gambar vektor memiliki beberapa keunggulan penting dibandingkan gambar bitmap.
  • Gambar vektor berukuran cenderung lebih kecil daripada gambar bitmap. Itu karena gambar bitmap harus menyimpan informasi warna untuk setiap piksel individual yang membentuk gambar.
  • Gambar vektor hanya harus menyimpan suatu rumus matematika yang membentuk gambar, yang hanya perlu sedikit ruang atau ukuran.
  • Gambar vektor juga lebih terukur daripada gambar bitmap.
  • Ketika gambar bitmap diperbesaran, Anda mulai melihat masing-masing piksel yang membentuk gambar. Ini paling terlihat pada tepi gambar.
  • Ketika gambar vektor diperbesar, gambar berbasis vektor digambar ulang menggunakan rumus matematika, sehingga gambar yang dihasilkan semulus yang asli.
  • Format grafis bitmap paling baik untuk gambar yang perlu memiliki berbagai gradasi warna, seperti foto.
  • Format grafis vektor, di sisi lain, lebih baik untuk gambar yang terdiri dari beberapa area warna solid. Contoh gambar yang cocok untuk format vektor adalah logo.
  • Ketika menggunakan program grafis bitmap Anda membuat gambar dan itu akan mirip dengan mencelupkan kuas pada cat dan lukisan. Anda dapat memadukan warna untuk memperhalus transisi dari satu warna ke warna lainnya.
  • Ketika menggunakan program grafis vektor Anda menggambar garis bentuk: dan itu mirip dengan membuat gambar dengan ubin dari semua bentuk dan ukuran yang berbeda.
  • misalnya bentuk mata, bentuk hidung, bentuk bibir. Bentuk-bentuk ini disebut objek menampilkan satu warna tunggal masing-masing.

Sejarah grafis

Grafik paling awal yang diketahui oleh para antropolog yang mempelajari periode prasejarah adalah lukisan gua dan tanda di bebatuan, tulang, gading, dan tanduk, yang diciptakan selama periode Palaeolithic atas dari 40.000–10.000 SM. atau sebelumnya.

Banyak di antaranya ditemukan untuk merekam detail astronomi, musiman, dan kronologis.

Beberapa grafik dan gambar paling awal yang dikenal dunia modern, dari hampir 6.000 tahun yang lalu, adalah bahwa dari tablet batu terukir dan segel silinder keramik, menandai awal dari periode historis dan penyimpanan catatan untuk tujuan akuntansi dan persediaan.

Rekaman dari Mesir mendahului ini dan papirus digunakan oleh orang Mesir sebagai bahan untuk merencanakan pembangunan piramida; mereka juga menggunakan lempengan batu kapur dan kayu.

Sejak 600-2250 SM orang Yunani berperan utama dalam geometri, mereka menggunakan grafik untuk merepresentasikan teori matematika seperti Teorema Lingkaran dan Teorema Pythagoras.


Fungsi grafis

Apakah fungsi dari grafis ? mungkin sebagian besar hanya akan berpikir bila sebuah grafis hanya untuk seni saja, tapi sebenarnya tidak hanya itu.

Grafis adalah elemen visual yang sering digunakan untuk mengarahkan pembaca dan pemirsa ke informasi tertentu.

Grafis juga digunakan untuk melengkapi teks dalam upaya untuk membantu pembaca dalam pemahaman mereka tentang konsep tertentu atau membuat konsep lebih jelas dan menarik.

Majalah-majalah populer, seperti TIME, Wired dan Newsweek, biasanya memuat materi grafis dalam jumlah besar untuk menarik pembaca, tidak seperti mayoritas jurnal ilmiah.

Dalam komputasi, grafis digunakan untuk membuat antarmuka grafis untuk pengguna; dan grafis adalah salah satu dari lima elemen kunci dari teknologi multimedia.

Grafis adalah salah satu cara utama mengiklankan penjualan barang atau jasa.


Fungsi grafis dari berbagai kepentingan :

Bisnis

Grafik biasanya digunakan dalam bisnis dan ekonomi untuk membuat grafik dan tabel keuangan. Istilah Grafik Bisnis mulai digunakan pada akhir 1970-an, ketika komputer pribadi menjadi mampu menggambar grafik dan grafik daripada menggunakan format tabular. Grafik Bisnis dapat digunakan untuk menyoroti perubahan selama jangka waktu tertentu.

Iklan

Periklanan adalah salah satu penggunaan grafis yang paling menguntungkan; seniman sering melakukan pekerjaan periklanan atau mempertimbangkan potensi periklanan ketika membuat karya seni,

untuk meningkatkan peluang menjual karya seni.

Yang paling penting, grafis memberikan tampilan yang bagus untuk karya seni setiap kali diterapkan.

Grafik berkontribusi pada pandangan umum dari karya seni yang dirancang, ini pada gilirannya memikat masyarakat yang tertarik untuk melihat karya seni atau membelinya.

Karya grafis apa pun (terutama iklan) atau karya seni apa pun yang desainnya buruk tidak akan menarik audiens.

Oleh karena itu, untuk iklan yang bisa menarik dan meyakinkan pembaca atau pemirsa, harus dirancang dengan baik dengan alat grafis yang diperlukan, sehingga membawa keuntungan kepada desainer atau pengiklan.

Politik

Penggunaan grafik untuk tujuan politik seperti kartun, grafiti, seni poster, desain bendera, dll.
Penggunaan grafis pada politik telah berlangsung berabad-abad.

Mural Irlandia Utara adalah salah satu contohnya. Contoh yang terbaru adalah Shepard Fairey pada pemilihan Presiden AS 2008, poster Barack Obama "Hope".

Pendidikan

Grafis sangat banyak digunakan dalam buku teks, terutama yang menyangkut mata pelajaran seperti geografi, sains, dan matematika, untuk menggambarkan teori dan konsep, seperti anatomi manusia. 

Diagram juga digunakan untuk melabeli foto dan gambar. Animasi pendidikan adalah bidang grafik yang penting.

Grafis animasi memiliki keunggulan nyata dibandingkan grafik statis saat menjelaskan materi yang berubah dari waktu ke waktu.

The Oxford Illustrated Dictionary menggunakan grafik dan ilustrasi teknis untuk membuat bahan bacaan lebih menarik dan mudah dimengerti.

Dalam ensiklopedia, grafik digunakan untuk mengilustrasikan konsep dan menunjukkan contoh dari topik tertentu yang sedang dibahas.

Agar grafik berfungsi secara efektif sebagai bantuan pendidikan, pelajar harus dapat menafsirkannya dengan benar. Kapasitas interpretatif ini adalah salah satu aspek dari grafis.

Film dan animasi

Grafis komputer sering digunakan di sebagian besar film fitur baru, terutama yang memiliki anggaran besar.
Film yang sangat banyak menggunakan grafis komputer termasuk trilogi film Lord of the Rings, film Harry Potter, Spider-Man, dan War of the Worlds.


Belajar pendidikan grafis ?

Mayoritas sekolah, perguruan tinggi dan universitas di seluruh dunia mendidik siswa tentang masalah grafis dan seni.

Subjek diajarkan dalam berbagai cara, masing-masing kursus mengajarkan keseimbangan keterampilan kerajinan dan respon intelektualnya yang berbeda terhadap kebutuhan klien.

Beberapa kursus grafik memprioritaskan keterampilan kerajinan tradisional, seni grafis, dan tipografi daripada keterampilan kerajinan modern.

Kursus lain mungkin menekankan pada pengajaran keterampilan kerajinan digital.

Kursus-kursus lain mungkin meremehkan kerajinan sepenuhnya, berkonsentrasi pada melatih siswa untuk menghasilkan respon intelektual baru yang terlibat dengan brief.

Terlepas dari perbedaan nyata dalam pelatihan dan kurikulum ini, staf dan siswa pada salah satu kursus ini umumnya akan menganggap diri mereka sebagai desainer grafis.


Apa itu Desainer grafis dan Desain grafis ?

Sudah paham kan tentang grafis ?, sekarang pahami apa itu desainer grafis dan desain grafis.

Desainer grafis adalah seorang pembuat grafis atau orang yang mendesain grafis, bisa berupa grafis motion, ilustrasi, tipografi, dll.

Lalu apa itu desain grafis ? Desain grafis adalah proses komunikasi visual dan pemecahan masalah melalui penggunaan tipografi, fotografi dan ilustrasi.

Bidang ini dianggap sebagai bagian dari komunikasi visual dan desain komunikasi, tetapi kadang-kadang istilah "desain grafis" digunakan secara sinonim.

Seorang desainer grafis akan membuat dan menggabungkan simbol, gambar, dan teks untuk membentuk representasi visual dari ide dan pesan yang didapatnya.

Mereka menggunakan tipografi, seni visual, dan teknik page layout untuk membuat komposisi visual, sehingga akan terlihat hasil dari ide seorang desainer grafis.

Penggunaan umum dari desain grafis termasuk desain perusahaan (logo dan branding), desain editorial (majalah, surat kabar dan buku), wayfinding atau desain lingkungan, periklanan, desain web, desain komunikasi, pengemasan produk dan signage.


Unsur unsur desain grafis

Membuat sebuah desain grafis yang bagus tidak lah asal, dalam pembuatan suatu grafis seorang desainer grafis harus mampu memahami setiap unsur desain grafis.

Sehingga gambar yang dihasilkan akan sesuaiharapan serta terlihat bagus,

Setiap elemen atau unsur harus dipahami oleh seorang desainer grafis, jadi tidak hanya mencari referensi desain grafis yang bagus.

Dibawah ini akan saya berikan unsur unsur dari desain grafis agar hasil karya anda terlihat profesional.


Unsur unsur desain grafis :

  • Line
  • Color
  • Shape
  • Space
  • Texture
  • Typography
  • Scale (Size)
  • Dominance and Emphasis
  • Balance
  • Harmony

Baca selengkapnya tentang unsur unsur desain grafis


Desainer grafis terkemuka

  • Aldus Manutius mendesain gaya huruf miring pertama yang sering digunakan dalam penerbitan desktop dan desain grafis, pasti sering dong kita menggunakannya, huruf miring atau sering kita sebut dengan italic atau disimbulkan dengan huruf "I" miring
  • April Greiman dikenal karena desain posternya yang berpengaruh.
  • Paul Rand terkenal sebagai pelopor desain untuk mendesain banyak logo perusahaan yang populer, termasuk logo untuk IBM, NeXT dan UPS.
  • William Caslon, selama pertengahan abad ke-18, merancang banyak tipografi, termasuk Caslon Pendiri ITC, Ornamen Caslon Pendiri ITC, Caslon Graphique, ITC Caslon No. 224, Caslon Old Face dan Big Caslon.

Software untuk desain dan edit grafis

Banyak software untuk membuat suatu grafis atau mengedit suatu grafis, dari software sederhana misalkan paint sampai dengan yang pro misalkan Adobe Photoshop,
Ada pula software yang berbayar, tentunya juga memiliki fitur-fitur yang lebih lengkap dibandingkan dengan software gratis.
Disini saya akan memberikan contoh software grafis tersebut


Adobe Photoshop

Dengan Photoshop Anda dapat dengan mudah menggabungkan beberapa gambar dan bahkan menghapus objek yang tidak diinginkan dari gambar.

Fungsi yang sering digunakan di Photoshop yaitu manipulasi gambar.
Fitur dasar photoshop seperti perspective correction, channel mixing, and clone stamp tool.. Photoshop tersedia dalam Sistem Operasi Windows dan Mac.


Gimp

Program Manipulasi Gambar GIMP adalah alternatif yang sempurna untuk Adobe Photoshop. Tools profesional membuatnya ideal, tidak hanya desainer grafis tetapi juga fotografer.

Fitur manipulasi foto sangat ditingkatkan. Fleksibilitas tool ini memungkinkan Anda untuk membuat grafik sebening kristal.
Antarmukanya benar-benar dapat disesuaikan serta mode layar penuh memungkinkan Anda untuk melihat dan mengedit pada saat yang bersamaan.

Ya, tidak semua fitur ekstensif tersedia. Namun, ada banyak fitur yang akan memberi Anda pengalaman hebat. GIMP berjalan di GNU / Linux, OS X, Windows dan OS lainnya.
Menjadi perangkat lunak desain grafis yang kompatibel dengan banyak OS, ia memiliki komunitas pendukung yang sangat banyak.


Adobe Illustrator

Tidak hanya Corel Draw, Adobe Illustrator juga cukup banyak penggunanya sebagai software desain grafis.

Jika Anda ingin menggunakan seni vektor untuk membuat logo, sketsa, tipografi, ikon atau bahkan ilustrasi kompleks untuk video atau ponsel,
Illustrator adalah software yang tepat untuk Anda. Anda dapat membuat karya seni dengan pelurusan yang mulus dengan menggambar bentuk piksel yang sempurna.

Beberapa plugin dibuat untuk versi Ai yang lebih lama dan memiliki segudang fitur baru untuk versi baru seperti Creative Cloud, menjadikannya perangkat lunak desain grafis yang ideal.

Menjadi bagian dari Creative Cloud, Anda bisa menggunakan aplikasi ini di desktop dan Mac Anda.


Inkscape

Inkscape, alternatif untuk Ai, adalah software profesional yang ideal untuk pecinta seni vektor dan desainer grafis yang menggunakan format file SVG.

Software ini sempurna untuk Windows, Linux, dan Mac. Tidak masalah apakah Anda seorang profesional atau hanya orang yang ingin membuat gambar vektor untuk blog pribadi.
Dalam hal membuat sketsa, mewarnai atau membuat ilustrasi Inkscape sangat mudah digunakan.


Corel Draw

CorelDraw editor grafis vektor adalah salah satu editor Industry Standard yang paling populer saat ini. CorelDraw memiliki beberapa fungsi produktif yang keren dan kemudahan penggunaan yang tidak dapat dimiliki oleh editor vektor lain.

Baca juga selengkapnya tentang software editor grafis Corel Draw

Tools memberi Anda kontrol penuh sehingga Anda bisa mendapatkan hasil yang cepat dan dinamis. 

Dengan CorelDraw versi X5 ke atas, Anda mendapatkan organisator inbuilt (Corel CONNECT).

Dengan tools seperti Twirl, Smear, Repel, dan Attract - penyuntingan objek vektor akan menjadi sangat mudah.

Alignment guide memungkinkan Anda untuk memposisikan objek sesuai kebutuhan Anda.

CorelDraw berjalan dengan lancar dengan file besar di Corel Photo-Paint, coreldraw harus dimiliki dalam daftar perangkat lunak desain grafis.

Corel draw juga mendukung aplikasi seperti wizard Barcode, wizard Duplexing, Bitstream Font Navigator, dll.


Adobe Indesign

Didukung oleh merek Adobe, InDesign  untuk menciptakan tata letak yang bagus untuk desktop dan perangkat seluler.
Adobe InDesign sangat ideal untuk penggunaan desain layout seperti majalah online.

Apakah Anda ingin membuat layout untuk buku cetak, brosur atau majalah digital ?

Adobe InDesign adalah alat yang Anda butuhkan.

Fleksibilitasnya luar biasa karena memungkinkan Anda untuk dengan mudah drag-drop isolated layers dan Anda dapat mengubah ukuran gambar dengan mudah.
Menjadi bagian dari Creative Cloud Anda mendapatkan akses mudah ke aplikasi desktop untuk PC dan Mac.

Anda juga mendapatkan aplikasi perbandingan Comp CC yang tersedia untuk tablet dan perangkat Smartphone termasuk 29 aplikasi desktop dan 10 aplikasi seluler.

Anda juga dapat menggunakan layanan Behance dan Typekit yang memungkinkan Anda untuk menghubungkan alur kerja Anda antara fotografi, video, desain dan pengembangan web atau aplikasi.

Dengan Adobe Creative Sync Anda dapat membagikan atau menyinkronkan semua pekerjaan Anda antara desktop dan aplikasi seluler

sehingga Anda dapat bekerja secara efisien.

Setelah Anda terdaftar sebagai anggota, Anda akan mendapatkan pembaruan terbaru dan fitur baru.

Sekian dulu postingan dari siipung.com kali ini tentang pengertian grafis yang sudah dibahas sangat legkap, semoga bermatnfaat.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar