Skip to main content
Si Ipung

follow us

Stay home but let your heart should be in a spirit of prayer.

Contoh kata sandi dan cara membuatnya agar aman dan kuat

Contoh kata sandi dan tips membuat kata sandi yang sangat kuat

Postingan kali ini siipung.com akan memberikan contoh password atau contoh kata sandi berbagai karakter, serta cara membuatnya sangat aman, pada contoh password atau contoh kata sandi disini ada yang 6 karakter, 8 karakter serta contoh kata sandi yang unik.

Kata sandi atau password merupakan suata hal sangat penting,
tidak hanya bagi orang yang mempunyai akun media sosial,

password juga ada pada aplikasi yang ingin kita kunci seperti aplikasi folderlock, hasil compress winrar, dan sebagainya.

Tentunya juga bagi yang mempunyai sebuah akun ataupun hal yang memerlukan login untuk mengaksesnya, seperti akun sosial media facebook, instagram, twitter,

Ataupun akun-akun penting lain seperti email, akun perbankan online dan lain sebagainya.

Ada suatu tool untuk membobol password kita,

dalam suatu teknik, program suatu komputer mencoba setiap kombinasi huruf angka dan simbol secepat mungkin untuk memecahkan kata sandi anda, biasanya disebut "brute force attack",

dan mencegah dari kejahilan orang-orang yang ingin mengakses password kita dengan cara mencoba-coba.

Pertama saya akan membahas cara membuatnya terlebih dahulu

Lalu bagaimana cara membuat kata sandi atau password yang benar dan aman tentunya ? Berikut tips-tips dari siipung.com :


1. Buat kata sandi atau password yang sangat kuat

Bagaimana password yang kuat? Kata sandi atau password yang kuat itu panjang, dan banyak kombinasi.

  • Mengadung banyak kombinasi (huruf besar dan kecil, angka, simbol) karena semakin banyak kombinasi akan semakin sulit pula untuk diretas ataupun ditebak, seperti penggunaan dalam satu kalimat kata sandi yang menggunakan kombinasi huruf besar dan kecil, angka, simbol.

    contoh password atau Contoh kata sandi "inI katA sandI Huruf Besar Kecil"

  • Kata sandi atau password dengan banyak kombinasi yaitu : "54y4 4d4L4h @n@k_k3R3N" (saya adalah anak keren)

    kata sandi atau password tersebut banyak menggunakan kombinasi antara angka, huruf besar kecil, dan simbol, sehingga akan sulit untuk diretas ataupun ditebak orang lain.

  • Pada komputer ataupun hp membuat kata sandi juga bisa menggunakan fungsi Shift

    Pada komputer misalkan contoh password atau contoh kata sandi "siipung 123" maka ketik ulang kata sandi tersebut dengan menekan tombol Shift,

    sehingga akan menjadi kata sandnya menjadi "siipung 123SIIPUNG!@#" nah dengan begitu akan bertambah banyak kombinasi pada kata sandi tersebut dengan hanya memanfaat fungsi Shift pada keyboard.

Namun terlihat sulit diingat ya, ada tips selanjutnya biar kata sandi atau password mudah diingat.

2. Buat kata sandi atau password yang mudah diingat tapi tidak mudah ditebak

Jika menggunakan kata sandi atau password yang mudah ditebak maka kemungkinan orang disekitar anda akan mengetahuinya, karena mereka mengetahui bagaimana keseharian, identitas, kehidupan anda. 

  • Kata sandi atau password yang mudah diingat tidak harus mencerminkan keseharian anda seperti nama anda, tanggal lahir, nama hewan peliharaan, pekerjaan, atau yang lain, itu memang mudah diingat tetapi akan mudah ditebak orang sekitar anda dan membuat kata sandi atau password tidak aman.
  • Nah buatlah kata sandi atau password yang mudah diingat, sulit ditebak dan sulit diretas. Anda bisa menggunakan sebuah peristiwa penting dan menarik bagi anda yang tidak mungkin terlupakan, dan jadikan hal tersebut sebagai kata sandi atau password anda.
  • Contoh password atau Contoh kata sandinya: "T4n994l 06 D353mb3r 54y4 K3 1t4ly B3r54m4 K3lu4r94" (Tanggal 06 Desember Saya Ke Italy Bersama Keluarga),

    kata sandi atau password tersebut panjang, mengandung banyak kombinasi karakter, dan tentunya sulit ditebak orang lain maupun diretas, namun bagi anda akan mudah untuk diingat, karena suatu peristiwa yang istimewa.


3. Buat kata sandi atau password yang tidak umum

Jangan membuat kata sandi anda bersifat umum. Membuat  kata sandi atau password umum akan mudah diakses oleh orang lain.

Contoh password yang umum seperti 123456789, pasword123, qwertyuiop, admin123.

Buat kata sandi atau password berkesan, dan tidak ada orang lain yang mengetahuinya.
Buatlah kata sandi atau password seunik mungkin.

  • Jangan membuat kata sandi dalam bahasa Inggris
    Membuat kata sandi atau password dalam Bahasa Inggris saja akan membuat kata sandi tidak kuat, karena lebih mudah di hack dengan metode Dictionary Attack (mencoba mengacak kata sandi yang bersumber pada Bahasa Inggris).
  • Gunakan frasa yang tidak masuk akal
    Jika suatu kata tidak ada dalam kamus, dan tata bahasanya berantakan atau tidak benar, lalu kita gunakan kata tersebut untuk password maka password tersebut akan lebih sulit untuk dipecahkan.
  • Gunakan bahasa campuran
    Jika anda bingung mau buat kata sandi apa, menggunakan banyak bahasa dalam satu kalimat password anda juga kombinasi yang cukup bagus.

    Misalkan password anda "Saya Seorang Pelajar, Saya Juga Bekerja" jika dikombinasikan dengan Bahasa Inggriss maka akan menjadi "I 4m @ Stud3nt, S4y4 Jug4 B3k3rj4",
    atau bisa juga menggunakan bahasa daerah masing-masing.

    * Jangan lupa tetap menerapkan angka dan simbol.

  • Jangan menggunakan urutan karakter di keyboard
    Menggunakan karakter yang sejajar dalam keyboard akan sangat mudah untuk dibobol, misalnya "123456789", "qwertyuiop" password tersebut tidak akan aman meskipun menggunakan 8 karakter, ataupun lebih.
  • Jangan membuat kata sandi terlalu mencerminkan diriJika anda membuat password yang mencerminkan diri sendiri maka akan sangat mudah ditebak oleh orang lain,
    misalkan membuat password dengan nama-nama orang terdekat, tanggal lahir, nama jabatan, nama hewan peliharaan, alamat.

4. Tambahkan keamanan ekstra

Tidak hanya menerapkan kata sandi atau password yang aman namun metode keamanan lain juga perlu diterapkan seperti menambahkan keamanan ekstra.

Keamanan ekstra biasanya terdapat pada settingan verifikasi 2 langkah, sehingga walaupun ada yang bisa masuk ke akun anda mereka tetap dimintai verifikasi, dan verifikasi tersebut dikirim ke Handphone anda, sehingga tetap tidak bisa masuk ke akun apabila tidak mengetahui verifikasi yang ke 2.

Verifikasi 2 langkah biasanya berupa kode yang dikirim ke sms seperti kode OTP tokopedia, ataupun berupa verifikasi 2 langkah pada akun google yang dikirim ke smartphone

Ada juga verifikasi saat membuka aplikasi maka dimintai kode, seperti pada WhatsApp

Kebanyakan akun sosial media ataupun akun lain sudah ada fitur verifikasi 2 langkah.


5. Jaga kata sandi atau password anda

Menjaga ?, Menjaga password dilakukan setelah susah payah kita membuatnya agar tidak mudah dilihat ataupun diakses orang lain.

Lalu bagaimana menjaganya ?, menjaga kata sandi atau password dengan cara :

  • Selalu Sign Out setelah selesai
    Jika mengakses suatu akun menggunakan perangkat umum seperti warnet, atau meminjam laptop, handphone teman maka jangan lupa setelah selesai menggunakannya harus log out atau keluar dari akun, bersihkan histori browsing pada browser yang telah anda gunakan.
  • Simpan kata sandi dengan benar
    Apabila anda memutuskan untuk mencatat kata sandi atau password, jangan taruh sembarangan catatan tersebut.

    Apabila anda memutuskan untuk menyimpan kata sandi atau password dalam bentuk file dikomputer, laptop, ataupun handphone,

    jangan memberi nama file tersebut dengan nama yang mengidentifikasikan isinya seperti "kata sandi, password akun, passwordku, login akun email", beri nama file tersebut dengan nama yang tidak mengidentifikasikan isinya, bila perlu hide atau sebunyikan file tersebut.

Baca : Cara menyembunyikan file agar aman dan privasi terjaga.Pada link diatas siipung.com akan menunjukkan cara mengamankan file anda dengan cara menyembunyikannya.
  • Rahasiakan, jangan beritahu password anda kepada siapapun, termasuk ke orang terdekat
    Walaupun mereka tidak akan menggunakannya untuk hal negatif tetapi bisa saja mereka menulis kata sandi ataupun menyimpannya dan terlihat oleh orang lain,

    Atau jika suatu saat kata sandi tersebut terbobol maka tidak harus saling menuduh karena anda yakin tidak memberikan password kepada siapapun, dan jelas password tersebut telah dibobol oleh orang lain.

  • Matikan fitur simpan kata sandi pada browser
    Fitur tersebut akan mengingat password atau kata sandi yang telah kita masukkan sebelumnya,

    Jika diaktifkan maka akan sangat mudah untuk masuk akun dalam satu perangkat yang sama.
    Bahkan beberapa browser jika fitur ingat sandi diaktifkan maka akan sangat mudah melihat apa kata sandi dan nama pengguna yang dimasukkan.

  • Mengganti kata sandi secara berkala
    Saran saya ganti kata sandi secara berkala, mungkin beberapa bulan sekali, hal ini untuk mencegah bila ada sesorang yang telah masuk ke akun anda tapi anda tidak mengetahuinya.

    Maka jika telah diganti orang tersebut tidak bisa mengakses akun anda.


6. Buat kata sandi atau password berbeda disetiap akun

Membedakan kata sandi atau password setiap akun sangatlah penting, apabila terjadi suatu yang tidak diinginkan,

misalnya salah satu akun sosial media facebook anda kata sandinya diketahui orang lain, maka akun penting anda yang lain akan bisa diakses menggunakan kata sandi atau password tersebut,

bisa saja orang lain berfikir bila semua akun kata sandi atau passwordnya sama.

mulai sekarang buat kata sandi berbeda disetiap akun, seperti untuk email, akun google, facebook dan sebagainya.

Pasti ribet bila punya banyak akun dan banyak kata sandi bukan ?. tenang saja ada bantuan software untuk memanagenya.

Beberapa software untuk memanagemen kata sandi atau password anda:

  • LatPass
  • KeePass

Dengan tool diatas maka kita akan mudah memanage kata sandi atau password yang banyak

Baca juga: Cara menyimpan banyak kata sandi atau password menggunakan password manager


7. Beberapa metode pemuatan kata sandi yang patut anda coba

  • Metode kata sandi Bruce Schneier
    Caranya yaitu mengambil susunan suku kata pada suatu kalimat untuk digunakan sebagai password, metode ini dapat menghasilkan kombinasi kata sandi yang aman dan mudah diingat,

    Contoh password atau contoh kata sandi : HePe1SaBeDoPuAn2 : Hewan Peliharaan pertama Saya Bernama Dogi Punya Anak dua

    Cukup membuat sebuah kalimat yang mudah diingat, kemudian mengambil bagian suku kata awal dalam kalimat itu, Metode ini telah diuji menggunakan beberapa software pemecah kata sandi dan terbukti dapat menghasilkan kata sandi yang aman.

  • Raulfa raja
    Teknik menghafal dan strategi mnemonic dapat membantu untuk membuat kata sandi yang aman dan mudah diingat,

    Setidaknya, itulah teori yang diajukan oleh Carnegie Mellon University, ilmuwan komputer yang menyarankan menggunakan metode Person-Action-Object (PAO) untuk membuat password yang sulit dipecahkan.

    Memilih suatu gambar yang menarik (Pantai). Pilih foto seseorang yang dekat dengan anda (Budi). Bayangkan beberapa perbuatan "Budi" bersamaan dengan foto "Pantai" hasil penggunaan teori PAO : "Budi sedang berenang dipantai", jangan lupa menerapkan kombinasi semua karakter seperti cara diatas tadi.

  • Metode Campuran
    Pada metode kali ini kedua metode diatas digabung sehingga akan menghasilkan kombinasi kata sandi yang mudah diingat serta rumit untuk dipecahkan
    Silahkan coba buat kombinasi dari kedua metode tersebut.


Setelah membaca trik diatas saya beri beberapa contoh kata sandi :

Saran saya buatlah sandi minimal 8 karakter, agar lebih sulit untuk dibobol

Contoh kata sandi / contoh password 6 karakter :
"sistem" menjadi "5 i $ t 3 M" (mengandung kombinasi angka, huruf besar kecil dan simbol)

Contoh kata sandi / contoh password  8 karakter :

"pengguna" menjadi "P3N9 9uNa" (mengandung kombinasi angka, huruf besar kecil dan simbol)

Contoh kata sandi
 / contoh password lebih dari 8 karakter :

  1. "pada umur 15 tahun saya dibelika ayah motor baru"
  2. "tanggal 11 oktober 2000 pertamakalinya saya naik pesawat, saya sangat bahagia"

Pada contoh password tersebut menggunakan pengalaman pribadi sehingga akan mudah diingat dan akan sulit untuk dipecahkan, tinggal menerapkan trik-trik diatas agar password yang telah dibuat lebih kuat lagi

Gunakan kreatifitas sehingga akan mudah menemukan password yang tepat dan aman

Oke itu beberapa contoh kata sandi / contoh password dan cara membuat kata sandi atau password agar aman dari siipung.com, tentunya hal tersebut perlu dong kita lakukan, silahkan dicoba

Setelah mengetahui cara-cara membuat kata sandi atau password yang benar dan aman mari kita cek menggunakan tools gratis.

Baca disini : Cek kekuatan sandi yang telah anda buat

You Might Also Like:

Oldest PostOldest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar