Contoh alamat email yang benar, Jangan asal buat alamat email !!

Sebelum membahas contoh alamat email mari kita bahas apa itu email.

Contoh alamat email - Kenapa harus ada contoh alamat email, bukankah sangat mudah membuat alamat atau akun email ?,

penjelasannya sudah saya berikan dibawah ini, mulai dari tips membuat nama email sampai dengan membuat lebih dari satu alamat email pada layanan yang sama.

Sudah paham apa itu email dan apa itu alamat email ?

Kalau belum siipung.com akan ulas sedikit tentang apa itu email, di zaman teknologi sekarang menjadi salah satu pilihan untuk pengiriman surat, tentunya dalam bentuk elektronik.

Email atau electronic mail dalam bahasa Indonesia Surat Elektronik merupakan sebuah media mengirim surat dalam bentuk digital,

kalau dulu mengirim surat harus dalam bentuk kertas dan  pengirimannya bisa berhari-hari kini dalam bentuk digital email bisa sekejap terkirim,
jika mengirim surat lewat pos anda harus bayar perangko tapi menggunakan email ini anda bisa mengirim surat secara gratis tentunya harus terhubung dengan internet.

Jika mengirim surat lewat pos harus mencantukan alamat penerima surat begitu pula lewat email anda harus memasukkan alamat penerima email, tentunya anda harus mengetahui apa alamat email penerima.

Lalu apa saja sih yang bisa dikirim melalu media email ? Apakah hanya sebatas teks atau tulisan ?.
Media email bisa mengirim berbagai bentuk file, tidak hanya bentuk teks saja tapi kita bisa melampirkan dokumen, gambar, video, audio dan software.


Beberapa penyedia layanan email gratis :

Contoh penyedia alamat email gratis ini bisa anda gunakan untuk membuat akun email.

1. Gmail
Ini adalah salah satu contoh penyedia layanan yang paling populer dan terbaik milik Google, Gmail digunakan untuk komunikasi pribadi dan bisnis, pasti sudah tidak asing lagi kan dengan layanan email ini.

Di gmail  memiliki banyak fitur-fitur canggih seperti fitur Undo Send dan Forwarding.

Karena layanan ini dimiliki oleh Google, tentu saja sudah termasuk utilitas pencarian yang kuat dan sistem filter, jadi jangan diragukan lagi kehandalannya.

Google juga menambahkan langkah keamanan yang diperkuat pada Gmail contohnya verifikasi dua langkah dan filter spam yang kuat untuk mengurangi kemungkinan akun Anda diretas atau Anda menerima pesan sampah, 

2. Outlook
Penyedia gratis selanjutnya Outlook.com milik Microsoft adalah pilihan tepat jika Anda sedang mencari penyedia layanan email terbaik, statistik Microsoft menunjukkan bahwa layanan email Outlook memiliki lebih dari 400 juta pengguna.

Paket penyedia email populer ini memiliki dukungan dan sumber daya dari raksasa teknologi Microsoft.

Fitur-fitur canggih dari layanan Outlook.com contohnya Clutter, yang mana fitur ini untuk mencari email yang mungkin prioritasnya lebih rendah dan memisahkan dari kotak masuk Anda.

Fitur canggih dari email Outlook.com lainnya adalah kemampuan untuk Undelete, atau memulihkan email setelah Anda tidak sengaja menghapus pesan. Outlook juga terintegrasi baik dengan perangkat lunak populer termasuk produk Microsoft lainnya.

Outlook.com juga menggunakan verifikasi dua langkah,itu berarti Anda harus menyediakan dua bentuk identifikasi untuk log in. Hal ini mempersulit peretas untuk mengakses akun Anda.

3. Yahoo! Mail
Meskipun Yahoo! mengalami perubahan kepemilikan pada tahun 2016 yang diakusisi oleh Verizon, Anda masih bisa mendaftar akun Yahoo! Mail.

Beberapa fitur Yahoo! Mail meliputi:
  • Penghapusan pesan kotak sampah secara otomatis setelah 90 hari
  • Penyimpanan cukup besar yaitu (1 TB)
  • Filter spam dan enkripsi SSL
  • Yahoo! Mail juga memberi Anda akses ke layanan Yahoo! lainnya termasuk feed berita mereka, Yahoo! Messenger, dan utilitas kalender.
Layanan email diatas juga tersedia versi premiumnya, yang pastinya anda akan mendapatkan fitur-fitur terbaik.

Sudah tahu jenis-jenis email ? ada POP mail, Web based mail, Email forwarding.

Seberapa penting akun email bagi kita ?

Dari postingan kali ini siipung akan membahas mengenai contoh alamat email, lalu seberapa penting akun itu bagi kita, sampai alamat emailnya pun tidak boleh asal membuat.

Sebuah akun email sangatlah penting, bahkan kita pun sering menggunakannya, contoh dalam pendaftaran sebuah akun media sosial (facebook, twitter, instagram, dll) jika kita telah mempunyai akun email maka akan cukup mudah dalam proses pendaftarannya.

Selain itu sebuah akun email juga mempunyai peran penting seperti:

  1. Mengirim surat elektronik
  2. Mengirim berbgai jenis file (gambar, video, audio, dokumen dan sebagainya)
  3. Syarat pendaftaran layanan internet misalkan media sosial, rekening online paypal
  4. Sebagai media layanan suatu konten

Pentingnya membuat alamat email dengan benar

Sekarang masuk kebagian inti pembahasan, kenapa sangat penting membuat suatu alamat email dengan benar dan tidak asal-asalan ?

  1. Email akan berkesan formal dan tidak asal dibuat
  2. Nama anda akan berkemungkinan sama dengan orang lain, jadi buatlah nama anda sebagai alamat email, karena dalam 1 layanan alamat email nama tidak boleh sama.
  3. Alamat email akan mudah diingat

Saya beri contoh dalam satu kasus melamar sebuah pekerjaan yang mana dokumen-dokumennya harus dikirim melalui media email.
Si Ipung akan melamar pekerjaan di suatu perusahaan dan salah satu syaratnya adalah mengirim semua dokumen yang diperlukan melau email, dan alamat email dari Si Ipung adalah ipung123123@gmail.com.

Memang benar contoh dari alamat email tersebut akan terkirim dan tidak akan terjadi masalah tapi perlu diperhatikan dalam pembuatan suatu alamat email tersebut, berkesan asal dibuat dan tidak formal, lebih baik buat alamat email sesuai dengan nama anda.


Buatlah alamat email dengan beberapa saran berikut :

Buat alamat email sesuai dengan nama lengkap anda

Membuat alamat email sesuai dengan nama lengkap akan terlihat bagus dan formal, saat orang ingin mengirim email ke kita pun akan mudah mengingat dan membacanya.

Berbeda jika kita membuat alamat email disertai dengan kata asal-asalan maka orang pun akan serin salah menulis alamat email kita.


Jangan gunakan angka pada alamat email

Menggunakan tambahan angka pada alamat email pun akan terlihat sangat tidak formal,

karena hanya akan menambah panjang karakter alamat email,

meskipun alamat email yang akan anda gunakan untuk mendaftar tidak tersedia atau telah digunakan orang lain sebisa mungkin jangan gunakan angka, solusinya gunakan kata tambahan yang mewakili diri anda

contohnya johny.guru@gmail.com, jony.photographer@gmail.com


Jangan ada kata selain nama anda atau nama merk akun anda

Nah sesuai dengan aturan sebelumnya jangan gunakan kata yang tidak penting, nantinya hanya membuat bingung pengirim email.

Jika ingin punya lebih dari satu akun email untuk beberapa kepentingan misalkan jualan online, gunakan kata yang mewakilinya.

Mungkin memiliki lebih dari satu akun email menjadi hal yang wajib bagi beberapa orang, jika mendaftar hanya dengan satu layanan email (misalkan hanya menggunakan gmail milik google) maka nama tidak akan bisa sama,

soluinya gunakan kata tambahan yang mewakili bisnis anda, contoh alamat email yang mewakili bisnis anda : mark.desainer@yahoo.com.


    Contoh email yang baik dan benar

    Kumpulan contoh email dibawah ini merupakan tips agar alamat email terlihat formal dan bagus.


    Yang pertama saya berikan contoh email layanan milik Google yaitu Gmail:

    1. andikapatama@gmail.com
    2. andikapatama.olshop@gmail.com
    3. andikapatama.blog@gmail.com

    Contoh alamat email dari layanan yahoo :

    1. budiyant@yahoo.com
    2. budiyant.olshop@yahoo.com
    3. budiyant.blog@yahoo.com

    Contoh alamat email dari Outlook :

    1. hyugapradan@outlook.com
    2. hyugapradan.olshop@outlook.com
    3. hyugapradan.blog@outlook.com
    Itulah beberapa contoh alamat email dan cara membuat alamat email dari beberapa penyedia layanan email, dari tips diatas pastinya alamat email anda akan terlihat bagus dan formail,  email tersebut bisa anda buat untuk mendaftar akun sosial media, misalkan facebook, twitter, instagram, dan sebagainya.

    Reaksi:

    You Might Also Like:

    Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
    Show Parser Hide Parser