Pengertian android sangat lengkap, android hanya untuk hp saja ?

Pengertian android ? Masih mengira Android itu Smartphone? Padahal android adalah sistem operasi. Jadi simak sampai selesai agar benar-benar paham ya.


Apa sih sebenarnya Android itu ?

Pengertian Android - Android itu sebenarnya adalah sebuah sistem operasi seluler yang dikembangkan oleh Google, berdasarkan versi modifikasi dari kernel Linux dan perangkat lunak sumber terbuka lainnya.


Apa sistem operasi android hanya untuk smartphone ?

Sistem operasi android dirancang terutama untuk perangkat seluler layar sentuh seperti smartphone dan tablet.

Google telah mengembangkan TV Android untuk televisi, Android Auto untuk mobil, dan OS Wear untuk jam tangan, masing-masing dengan antarmuka pengguna khusus.
Varian Android juga digunakan pada konsol game, kamera digital, PC, dan perangkat elektronik lainnya.

Nah jadi sistem operasi android ini tidak hanya untuk smartphone.

Sistem operasi android ini telah melewati beberapa rilis besar, dengan versi saat ini menjadi 9.0 "Pie" , dirilis pada bulan Agustus 2018.

Kode sumber Android inti dikenal sebagai Proyek Open Source Android (AOSP), dan terutama dilisensikan di bawah Lisensi Apache.

Android telah menjadi OS terlaris di seluruh dunia pada ponsel cerdas sejak 2011 dan pada tablet sejak 2013. Sejak Mei 2017,
Android memiliki lebih dari dua miliar pengguna aktif bulanan, basis terinstal terbesar dari sistem operasi apa pun, dan pada Juni 2018, Google Mainkan fitur toko lebih dari 3,3 juta aplikasi.


Sejarah singkat android

Jadi pada awalnya, Android Inc. didirikan di Palo Alto, California pada bulan Oktober 2003 oleh Andy Rubin, Rick Miner, Nick Sears dan Chris White.

Android sendiri merupakan sistem operasi berbasis kernel Linux yang dikembangan oleh Android Inc. serta didukung penuh oleh Google Finance sebelum pada akhirnya tahun 2005 dibeli oleh Google.

Tahun 2007, android diresmikan bersamaan dengan berdirinya Open Handset Alliance, konsorsium perusahaan hardware, software dan telekomunikasi termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, serta Nvidia yang ditujukan untuk meningkatkan standar perangkat seluler.

Di sisi lain, Google merilis kode-kode android dibawah lisensi Apache yang merupakan lisensi perangkat lunak dan standar terbuka perangkat seluler. Terdapat 2 distributor sistem android.

Pertama, mendapat dukungan penuh dari Google yang disebut Google Mail Services (GMS). Kedua, tanpa dukungan dari Google yang dikenal dengan Open Handset Distribution (OHD).

Sejak android diresmikan telah dilakukan berbagai pembaruan seperti perbaikan bug dan penambahan fitur baru. HTC Dream merupakan smartphone yang pertama kali diluncurkan dengan sistem operasi android pada tanggal 22 Oktober 2008.

Pasti banyak yang mengira kalau smartphone yang menggunakan sistem operasi android pertama kali adalah Samsung, benar kan?


Pengertian Android

Berikut pengertian android menurut para ahli:

1. Teguh Arifianto (2011 : 1), Android merupakan perangkat bergerak pada sistem operasi untuk telepon seluler yang berbasisi linux.

2. Hermawan (2011 : 1), Android merupakan OS (Operating System) Mobile yang tumbuh ditengah OS lainnya yang berkembang dewasa ini. Operating System lainnya seperti Windows Mobile, I-Phone Operating System atau IOS, Symbian dan masih banyak lagi.

Akan tetapi, Operating System yang ada ini berjalan dengan memprioritaskan aplikasi inti yang dibangun sendiri tanpa melihat potensi yang cukup besar dari aplikasi pihak ketiga.

3. Nazarudin (2012 : 1), Merupakan sistem operasi untuk telepon seluler yang berbasis Linux. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri yang digunakan oleh bermacam piranti bergerak.

Sitem operasi android umum digunakan di smartphone dan juga tablet PC. Fungsinya pun sama seperti sistem operasi lain,misalkan Symbian di Nokia, iOS di Apple dan Blackberry OS.

Jadi, android merupakan sistem operasai berbasis Linux yang khusus dirancang untuk dipasang pada perangakat smartphone dan tablet, serta menyesuaikan spesifikasi low-end hingga high-end.

Linux dijadikan pondasi dasar sistem android, karena Linux merupakan sistem operasi yang dirancang khusus untuk komputer.

Android juga merupakan sistem operasi yang terbuka (open source), sehingga pengguna bisa membuat aplikasi baru di dalamnya.

Untuk pengembangan aplikasi android digunakan aplikasi Android Studio. Android Studio merupakan IDE (Intergrated Development Environment) resmi yang digunakan untuk pengembangan aplikasi android berdasarkan IntelliJ IDEA.

Terdapat lebih banyak fitur di dalamnya yang bisa digunakan untuk meningkatkan produktivitas anda saat membuat aplikasi android.


Kerja Sama dengan Android Inc

Pada 17 Agustus 2005 Android Inc dijadikan sebagai anak perusahaan yang sepenuhnya milik Google. Rubin, Miner dan White tetap bekerja di perusahaan tersebut.

Setelah itu, perkembangan Android Inc tidak banyak yang diketahui,

tetapi banyak rumor muncul bahwa Google akan masuk pasar telepon seluler. Rubin menjadi pemimpin yang bertugas untuk mengembangkan platform perangkat seluler berbasis kernel Linux di perusahaan Google.

Kabar bahwa Google berniat memasuki pasar komunikasi terus berkembang hingga bulan Desember 2006. Dan sekitar bulan September 2007 sebuah studi melaporkan bahwa Google telah mengajukan beberapa aplikasi paten di bidang telepon seluler.

HTC Dream merupakan telepon seluler komersial pertama yang menggunakan sistem operasi Android.

Google merilis seri nexus pada tahun 2010. Google bekerja sama dengan HTC dalam merilis produk smartphone tersebut. Seri nexus yang dirilis pertama kali ada Nexus One.

Seri ini diperbarui dengan perangkat yang lebih baru seperti nexus 4 dan tablet nexus 10.


Perkembangan Versi Android

Seiring berjalannya waktu, android terus mengalami perkembangan. Unikmya, untuk membedakan versi sistemnya digunakan nama-nama makanan manis.

Mulai dari Cupcake, Donuts, hingga Pie. Untuk lebih jelasnya, berikut daftar perkembangan versi android:

1. Android 1.0
Versi android pertama yang dirilis pada 23 September 2008 dan tersedia secara komersial pada HTC Dream.

Versi ini dilengkapi dengan fitur android market, penjelajah web, kamera, homescreen, akses web ke server surel web, sinkronisasi pada Gmail, Google Contacts.
Selain itu sudah terdapat WiFi, Bluetooth serta aplikasi lainnya seperti jam, alarm, kalkulator, dan lain-lain.

2. Android 1.1
Dirilis pada 9 Maret 2009 dengan pembaruan pada aplikasi jam alarm, voice search (pencarian suara), pengiriman pesan dengan Gmail, dan pemberitahuan email.

3. Android 1.5 Cupcake
Dirilis pada 27 April 2009. Pertama dirilis secara resmi menggunakan kode dengan nama-nama makanan manis.

Beberapa pembaruan serta penambahan fitur seperti kemampuan merekam dan menonton video dengan kamera, mengunggah video ke YouTube dan gambar ke Picasa,

dukungan Bluetooth A2DP, dapat terhubung secara otomatis ke headset bluetooth, animasi layar, dan keyboard pada layar yang dapat disesuaikan dengan sistemnya.

4. Android 1.6 Donuts
Dirilis pada 15 September 2009 dengan penambahan fitur galeri.

Fitur ini memperlancar penangkapan media serta pengguna dapat memilih foto yang akan dihapus.dilengkapi dengan teknologi CDMA/EVDO , text to change speech (tidak tersedia pada semua ponse), serta pengadaan resolu

5. Android 2.0/2.1 Eclair
Diluncurkan pada 3 Desember 2009.

peningkatan yang dilakukan diantaranya pengoptimalan hardware, peningkatan Google Maps 3.1.2, perubahan UI dengan browser baru dan dukungan HTML5, daftar kontak yang baru, dukungan flash untuk kamera 3,2 MP, digital Zoom, dan Bluetooth 2.1.

6. Android 2.2 Froyo (Frozen Yoghurt)
Dirilis pada 20 Mei 2010.

Perubahan-perubahan antara lain dukungan Adobe Flash 10, intergrasi V8 JavaScript engine, pemasangan aplikasi dalam SD Card, kemampuan WiFi Hotspot portabel, serta kemampuan auto update dalam aplikasi Android Market.

7. Android 2.3 Gingerbread
Dirilis pada 6 Desember 2010.

Perubahan-perubahan antara lain peningkatan performa permainan (gaming), peningkatan fungsi copy paste (salin tempel), layar antar muka (User Interface) didesain ulang, dukungan yang dapat memutar format video VP8 dan WebM,

adanya penambahan efek audio baru (reverb, equalization, headphone virtualization, dan bass boost), dukungan kemampuan Near Field Communication (NFC), dan dukungan jumlah kamera yang lebih dari satu.

8. Android 3.0/3.1 Honeycomb
Khusus dirancang pada tablet. Pada versi ini mendukung ukuran yang lebih besar. User Interface berbeda karena sudah didesain untuk tablet.

Selain itu, mendukung multi prosesor dan juga akselerasi perangkat keras (hardware) untuk grafis. Tablet pertama yang dibuat dengan menjalankan android versi ini adalah Motorola Xoom.

9. Android versi 4.0 Ice Cream Sandwich
Dirilis pada 19 Oktober 2011.

Terdapat fitur baru seperti membuka kunci dengan pengenalan wajah, jaringan data pemantauan penggunaan dan kontrol, terpadu kontak jaringan sosial, perangkat tambahan fotografi, mencari email secara offline, dan berbagi informasi dengan menggunakan NFC.

10. Android 4.1-4.3 Jelly Bean
Dirilis pada Peningkatan fiturnya antara lain proyek butter seperti triple buffering pada grafis dan peningkatan frame rate.

Selain itu kemampuan untuk menambahkan widget serta bisa disusun ulang atau diatur ukurannya.

11. Android 4.4 Kitkat
Beberapa pembaruan seperti inframerah, peningkatan tampilan mode layar penuh, tombol perangkat lunak dan status bar bisa diakses dari tepi dengan cara menggesek,

pembaruan antarmuka dengan bar status dan navigasi transparan pada layar depan, dukungan widget layar kunci serta optimasi kinerja pada perangkat dengan spesifikasi yang lebih rendah.

12. Android 5.0 Lollipop (API level 21)
Pada versi ini daya baterai lebih tahan lama karena terdapat project volta. Selain itu sudah dilengkapi dengan Bluetooth Low Energy (BLE) yang dapat menghemat daya baterai ketika mengirim file bluetooth.

Factory reset protection yang berguna ketika smartphone hilang ia tidak bisa di reset ulang tanpa memasukkan id google dan password.

13. Android 6.0 Marshmallow (API level 23)
Terdapat fitur pengenalan sidik jari, Doze yakni dapat menghemat daya tahan baterai 25 hingga 40% dan android Pay.

14. Android 7.0 Nougat
Versi final diluncurkan pada publik pada bulan Desember 2016. Fiturnya antara lain mode VR Daydream, manajer penyimpanan manual, dan peringatan penggunaan baterai.

15. Android 8.0 Oreo
Dirilis sebagai preview pengembang pada 21 Maret 2017 dan diharapkan bisa rilis stabil pada bulan Agustus atau September. Fitur-fitur yang terdapat dalam versi ini antara lain dukungan codec Sony LDAC, unicode 10.0 emoji serta pendesaian ulang pada layar kunci dan aplikasi pengaturan.

16. Android 9.0 Pie
OS ke 9 ini resmi dirilis pada 6 Agustus 2018, dikenal dengan nama Android Pie. OS ini dirilis untuk smartphone google pixel. Dikembangkan untuk smartphone dengan desain bazel less (layar minim bingkai).

Terdapat fitur Adaptive Brightness yang secara otomatis menurunkan kecerahan layar di ruang yang memiliki minim cahaya.

Terdapat fitur Edge to edge screens yang support ponsle layar 18:9. Selain itu performa, privasi serta optimasi pengehmatan baterai juga terjadi pada versi OS ini.


Jadwal pembaruan Android

Google mengumumkan peningkatan tambahan secara besar-besaran ke Android setiap tahun. Pembaruan dapat diinstal pada perangkat smartphone anda menggunakan koneksi internet.

Rilis utama versi terbaru saat ini adalah 9,0 “Pie", diumumkan pada Agustus 2018,

Dibandingkan dengan sistem operasi seluler saingan utamanya, iOS Apple, pembaruan Android biasanya menjangkau berbagai perangkat dengan penundaan yang signifikan.

Kecuali untuk perangkat dalam merek Google Nexus dan Pixel, pembaruan sering datang beberapa bulan setelah rilis versi baru, atau tidak sama sekali.

Ini terjadi karena variasi perangkat keras yang luas di perangkat Android, yang setiap peningkatannya harus secara khusus disesuaikan, proses ini yang memakan waktu dan sumber daya.

Penundaan tambahan juga dilakukan oleh operator nirkabel yang, setelah menerima pembaruan dari produsen, menyesuaikan lebih lanjut dan merek Android untuk kebutuhan mereka dan melakukan pengujian ekstensif di jaringan mereka sebelum mengirim upgrade ke pengguna.

Ada juga situasi di mana upgrade tidak dimungkinkan karena satu mitra manufaktur tidak menyediakan pembaruan yang diperlukan untuk driver perangkatnya,


Kelebihan dan Kekurangan Android

Kelebihan yang bisa anda rasakan saat menggunakan sistem operasi ini, antara lain:

1. User Friendly
Sistem operasi ini mudah untuk dijalankan. Bagi pengguna yang belum terbiasa hanya membutuhkan waktu yang singkat untuk mempelajarinya.

2. Notifikasi
Untuk mendapatkan beragam notifikasi, anda cukup mengatur akun yang sudah anda miliki seperti Email, Vice Dial, SMS, dan lain-lain.

3. Tampilan
Tampilannya pun tidak kalah dengan iOS (Apple). Karena sejak awal android mengusung teknologi iOS akan tetapi ini versi murahnya.

4. Open Source
Karena berbasis kernel Linux dibuatlah konsep open source. Dengan konsep ini pengguna bebas mengembangkan sistem android versi miliknya. Sehingga banyak sekali custom ROM yang bisa digunakan

5. Aplikasi
Disajikan jutaan aplikasi menarik mulai dari yang gratis hingga berbayar dan bisa di download langsung di Google Playstore.

Dibalik kelebihan tersebut, terdapat kekurangan yang sering saya alami ketika menggunakan smartphone android, seperti :

1. Update System
Sistem android sering mengalami peningkatan versi. Untuk mengupdate sistem android saja tidaklah mudah. Harus menunggu masing-masing vendor untuk merilis resmi update terbaru dari sistem android tersebut. Tentu hal ini tidaklah menyenangkan.

Terkadang bila smartphone anda merupakan smartphone versi lama maka sistem operasi android yang terbaru tidak akan tersedia pada smartphone anda.

2. Baterai Cepat Habis
Sering menyalakan paket data serta menggunakan aplikasi dan widget yang berjalan secara berlebihan dapat menyebabkan baterai cepat habis. Hal tersebut dapat diatasi dengan mengurangi aktivitas pada smartphone anda.

Kita bisa lihat pada setting setiap smartphone, nah dari situ bisa dilihat proses apa saja yang cepat menghabiskan daya tahan baterai smartphone anda.

3. Lemot/Lag
Sering mengalami hal tersebut saat bermain game atau menjalankan sebuah aplikasi? Hal tersebut bekaitan dengan masing-masing perangkat seluler.

Terkadang aplikasi tertentu tidak bersahabat dengan android anda yang disebabkan karena RAM/Processor yang kurang memadai sehingga berdampak pada lambatnya penggunaan smartphone anda.

sekian dulu artikel dari siipung.com tentang ulasan lengkap tentang Android, jangan lupa dishare ya, sampai jumpa di artikel selanjutnya

Reaksi:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser