Skip to main content
Si Ipung

follow us

Pakai Aplikasi Burning CD dan DVD terbaik

Aplikasi burning CD dan DVD

Siipung.com akan membahas tentang aplikasi burning cd dan dvd, burning CD dan DVD dilakukan ketika ingin menyimpan sebuah data kita pada penyimpanan berbentuk kepingan tersebut.

Penyimpanan data yang disimpan dalam berbagai jenis bentuk file juga dapat menggunakan beberapa media yang terbilang praktis, salah satunya adalah dengan menggunakan CD atau DVD.

Menggunakan kedua media tersebut dapat dikatakan memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri, namun menyimpan data pada sebuah CD RW atau CD R dapat menjadi pilihan yang tepat untuk membuat data tetap aman. Untuk dapat menyimpan pada CD ini memerlukan sebuah aplikasi burning CD yang memang menjadi salah satu syarat wajib agar data dapat disimpan dengan baik.


Pengertian Burning CD

Apa sebenarnya burning CD itu ? Pengertian Burning CD adalah proses kegiatan copy dan paste semua data dari komputer ke CD. Di mana teknik menyalin data yang satu ini biasa dilakukan untuk data dengan kapasitas file yang besar seperti film atau sebuah album musik.

Pada saat mendengar kata burning CD, akan selalu mengarah ke penyalinan data secara illegal. Selain pengertian tersebut ada pengertian lainnya, di mana burning CD merupakan proses pennyalinan sebuah data ke dalam CD/DVD dengan menggunakan CD Drive di laptop atau komputer.

Untuk dapat burning CD ini sendiri memang diperlukan sebuah aplikasi burning CD yang dapat Anda pilih sesuai dengan kemampuan dari aplikasi tersebut.

Pada dasarnya burning CD dibagi menjadi 3, yang pertama adalah memindahkan file atau data yang Anda miliki di PC atau Laptop ke dalam CD dengan cara diburning, lalu yang kedua adalah memindahkan sebuah data dari CD ke CD, DVD ke DVD atau dari CD ke DVD, dan yang terakhir adalah memindahkan file gambar dari PC ke CD.


Manfaat Melakukan Burning Data Ke CD

Melakukan burning saat ini merupakan sebuah keharusan. Mungkin Anda bertanya-tanya, mengapa orang harus melakukan burning CD. Hal tersebut mudah saja alasannya, yakni karena semua data yang tersimpan pada komputer memiliki resiko untuk mengalami file corrupt.

Untuk solusi agar data terhindar dari file corrupt inilah, kita sangat wajib melakukan back up data dengan burning CD. Memang pada kenyataannya, saat ini proses memback-up data sudah dapat dilakukan dengan menyimpan pada cloud storage.

Namun demikian, cloud server sendiri memunculkan resiko lain, yaitu resiko data penting kita dapat dibaca oleh hacker handal.

Karena berbagai resiko yang ada dengan menggunakan teknologi cloud storage, hingga saat ini penyimpanan yang paling aman adalah dengan melakukan burning CD dan USB. File dapat diarsipkan secara hard-copy dan juga terhindar dari data korup karena virus di komputer.

Karena berbagai keuntungan tersebut, proses burning CD menggunakan aplikasi burning masih sangat digemari oleh banyak orang.


15 Contoh Aplikasi Burning CD Dan DVD

Setelah memahami pengertian dan jenis dari burning CD, hal yan perlu diketahui selanjutnya adalah aplikasi burning CD. Aplikasi ini sendiri jelas mempunyai fungsi untuk dapat membantu Anda memindahkan data ke dalam sebuah CD.

Untuk memindahkan data ke CD tidak dapat dilakukan proses copy paste dengan cara yang biasa diketahui, hal ini sendiri dikarenakan pada CD dibutuhkan sebuah proses pembacaan data yang berbeda. Nah, untuk dapat melakukan proses burning CD ini Anda memerlukan aplikasi yang ada di bawah ini :


Daemon Tools Lite

Aplikasi burning CD yang satu ini biasanya digunakan untuk melakukan pemindahan data yang merupakan sebuah file gambar.

Daemon Tools Lite sendiri dapat mengemulasi hingga 4 perangkat yaitu DT + SCSI + HDD. Software untuk burning CD ini juga mampu untuk dapat membuat gambar dari cakram optik dan mengaksesnya pada sebuah data atau katalog yang tersusun dengan rapi.


ImgBurn

Aplikasi burning CD selanjutnya adalah ImgBurn . Di mana fungsi dari software ini sendiri adalah mampu menulis sebuah file gambar dalam bentuk CD dan DVD termasuk gambar ISO.

Kemampuan aplikasi ImgBurn tidak hanya itu saja, software ini juga mampu menangani hal-hal seperti booktype dan bitsetting. Perangkat lunak ini juga mampu burning gambar pada DVD dengan layer ganda yang dapat Anda tentukan dalam bentuk file IFO.

ImgBurn juga mampu untuk dapat memformat dan menghapus media yang telah ditulis ulang. Fitur lainnya dari sofware ini adalah mampu membuat ISO itu sendiri dengan berbagai level ISO, Joliet, UDF, CD dan DVD yang dapat diboot dan masih banyak lagi.


AnyBurn

AnyBurn , Sofware yang satu ini mampu memburning data dalam bentuk CD, DVD dan BluRay dengan ringan namun tetap perofesional. Anda dapat menggunakan aplikasi ini dengan nyaman di mana banyak sekali kemudahan yang akan Anda dapatkan.


CDBurnerXP

CDBurnerXP adalah salah satu sofware burnung gratis yang dapat memburning data ke CD dan DVD, serta dapat menulis ke disk CD-R, CD-RW, DVD +R atau RW, dan DVD-RW atau R.

Aplikasi yang satu ini sendiri juga mampu membuat audio-CD, rip Audio-CD, memburning dan membuat gambar ISO, mengkonversi file WAV menjadi MP3, memverifikasi cakram setelah dilakukan pem-burningan, membuat cakram bootable, dan masih banyak lagi. aplikasi burning CD yang satu ini juga mendukung Burn on the Fly.


DVDStyler

DVDStyler merupakan sebuah aplikasi authority burning DVD yang dapat Anda peroleh secara gratis dan dapat melakukan proses pemburningan untuk pembuatan DVD profesional.

Aplikasi ini mampu membuat DVD yang dapat dimainkan secara mudah dengan menggunakan DVD player, selain itu software burnining ini juga dapat membuat menu pada DVD yang dapat dilakukan secara manual.


BurnaWare

Aplikasi BurnaWare mampu memburning data ke CD dan DVD, membuat cakram audio serta video, memburning file ISO dan Cue Disk, dan membuat file ISO dari disk yang sudah ada.


Burn4Free

Aplikasi burning CD yang selanjutnya adalah Burn4free , di mana Anda dapat memburning sebuah film ke dalam DVD. Hal yang membedakan aplikasi ini adalah dari kualitas DVD yang dihasilkan, di mana Anda akan mendapatkan sebuah kualitas file DVD yang sangat baik.


Free Burning Studio

Aplikasi burning CD yang sangat cocok untuk Anda miliki adalah Free Burning Studio .

Aplikasi burning ini mampu membuat sebuah CD, DVD atau ISO

Untuk dapat menggunakan aplikasi ini sendiri tidaklah mudah, di mana setelah Anda mengunduhnya masih banyak perangkat lain yang perlu untuk dilengkapi agar dapat mendapatkan hasil sempurna dari sebuah burning data. Ini adalah satu-satunya sofware burning terbaik yang mampu memenuhi semua kebutuhan dari pengguna.


AstroBurn

Aplikasi burning CD selanjutnya adalah AstroBurn .

Aplikasi ini akan dengan mudah membantu Anda dalam membuat sebuah cakram fisik. Selain itu, aplikasi ini tersedia dalam bentuk software gratis untuk membuat cakram data dan file ISO. Anda juga dapat meningkatkan kemampuan AstroBurn ke pro agar dapat memburning audio, membuat cakram terlindungi, membuat file ISO dan menyalin CD ke CD.


Ashampoo Burning Studio

Ashampoo burning studio , Aplikasi burning yang satu ini mempunyai kemampuan yang lebih baik dari pendahulunya, di mana Anda dapat membuat sebuah cadangan file multi cakram, ripper CD audio yang telah teruji, dukungan terbaru yang snagat menarik dengan dapat membuat format Bluray hingga kapasitas mencapai 25GB.


Tiny Burner

Aplikasi burning CD yang selanjutnya adalah Tiny Burner , di mana software ini dapat diperoleh secara gratis untuk penggunaan pribadi atau profesional.

Aplikasi yang satu ini mampu memburning semua jenis data dan juga dapat disimpan diberbagai macam media optik, seperti CD, DVD, Bluray bahkan format HD-DVD. Software yang satu ini dapat digunakan untuk memburning semua jenis cakram optik yang ada.


WinBurner

WinBurner merupakan salah satu aplikasi burning yang menyediakan fitur dapat menulis dari file yang ada, sebut saja foto digital, gambar, arsip, dokumen dan musik ke CD, DVD, dan Bluray.

Aplikasi ini juga dapat Anda peroleh secara gratis, di mana fitur lainnya adalah dapat membuat cakram bootable dan multisesion, CD audio serta DVD video dengan kualitas yang tinggi, juga dapat membuat dan memburning file ISO.


Free ISO Burner

Free ISO Burner menjadi salah satu aplikasi burning CD yang dapat memburning ISO ke dalam segala macam jenis cakram optik. Untuk menggunakan aplikasi ini, Anda tidak perlu mount “Drive virtual” apapun untuk dapat melakukan emulasi.

Hal ini dikaranekan, Free ISO Burner akan dapat menulis data dalam bentuk ISO secara langsung.


InfraRecorder

InfraRecorder merupkan sofware burning CD gratis yang dapat memburning data pada CD dan DVD. Aplikasi ini juga mendukung fitur penyalinan data dari CD dan DVD, selain itu juga dapat menambahkan data ke multisesi, merekam file ISO atau BIN ke CD dan DVD.


AMOK CD

Aplikasi burning CD yang dapat Anda peroleh secara gratis selanjutnya adalah AMOK CD .

Aplikasi ini menyediakan banyak sekali fitur yang sangat bermanfaat bagi Anda yang ingin memburning data dari file ISO, CUE, BIN, NRG dengan menggunakan tambahan plugin, membuat CD audio langsung dari WAV, MP3, WMA, WMV dan OGG Vorbids dengan didukung oleh plugin tambahan.

Selain itu aplikasi ini juga dapat membuat multisesion pada CD dan DVD dan dapat memburning file ke dalam semua jenis cakram optik yang ada.


Aplikasi Burning CD Dan DVD Secara Online

Selain menggunakan sebuah aplikasi burning CD yang dapat diunduh, juga ada beberapa cara lain untuk dapat melakukan burning CD, yakni dengan cara online, di mana Anda tidak perlu lagi repot untuk melakukan pengunduhan yang memang terkadang dapat memberatkan komputer dan laptop Anda.

Di bawah ini ada beberapa aplikasi untuk burning CD yang dapat dilakukan dengan menggunakan online :


CDBurnerXP

CDBurnerXP adalah salah satu sofware burnung gratis yang dapat memburning data ke CD dan DVD, serta dapat menulis ke disk CD-R, CD-RW, DVD +R atau RW, dan DVD-RW atau R.

Aplikasi yang satu ini sendiri juga mampu membuat audio-CD, rip Audio-CD, memburning dan membuat gambar ISO, mengkonversi file WAV menjadi MP3, memverifikasi cakram setelah dilakukan pem-burningan, membuat cakram bootable, dan masih banyak lagi. aplikasi burning CD yang satu ini juga mendukung Burn on the Fly.


BurnaWare

Aplikasi BurnaWare mampu memburning data ke CD dan DVD, membuat cakram audio serta video, memburning file ISO dan Cue Disk, dan membuat file ISO dari disk yang sudah ada.

Dengan penjelasan diatas, sedikit banyak Anda sudah mengerti kelebihan dari masing-masing jenis aplikasi burning yang tersebar saat ini. Kini saatnya Anda mencoba untuk mengunduh dan menggunakan salah satu aplikasi tersebut untuk memback-up data penting milik anda.

Tentunya Anda perlu menyesuaikan kelebihan masing-masing aplikasi burning tersebut dengan data yang hendak Anda Burn.

Itulah beberapa aplikasi burning CD dan DVD, semoga bermanfaat. Jangan lupa bagikan artikel ini.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar