Skip to main content
Si Ipung

follow us

Tren teknologi untuk meroketkan bisnismu


Para generasi milenial pasti dong tiap harinya sudah dikelilingi dengan yang namanya teknologi, bahkan hampa terasa tanpa teknologi di era sekarang ini.

Nah sebagai generasi milenial harus pintar-pintar memanfaatkan teknologi supaya mendapatkan dampak positif.

Sudah tahu kan kini era revolusi industri 4.0 ?, lalu apa sih yang harus kita laukan di era revolusi industri 4.0 ini ?

Mari kita bahas dahulu apa itu era revolusi industri 4.0

Ini bagi yang belum paham Era Industri 4.0 adalah nama tren otomasi dan pertukaran data terkini dalam teknologi pabrik. Istilah ini mencakup sistem siber-fisik, internet untuk segalanya, cloud computing, dan komputasi kognitif.

Lalu apa hubunganya teknologi dengan era revolusi industri 4.0 ?

Teknologi sekarang ini semakin canggih dan akan berkembang pesat lalu dunia kini memasuki era revolusi industri 4.0, yakni menekankan pada pola digital economy, artificial intelligence, big data, dan lain sebagainya.

Yup sesuai dengan pengertian diatas kini dalam sisi ekonomi serta bisnis sangat tergantung dengan adanya teknologi,

Generai yang melek teknologi

Generasi milenial sebagai generasi yang melek teknologi harus mampu memanfaatkan hadirnya teknologi yang semakin pesat ini

Dalam segi berbisnis sekarang sudah sangat mudah dilakukan hanya dengan smartphone, kita bisa berjualan, melakukan promosi, membeli sesuatu, belajar, mencari informasi dan lain sebagainya hanya melalui genggaman yaitu menggunakan smartphone.

Namun ada pula dampak negatif yang harus selalu kita waspadai dalam menggunakan teknologi, seperti halnya :
  • Lupa waktu, kita bisa terlena dengan teknologi sehingga bisa lupa waktu untuk belajar, bekerja atau bahkan sampai tidak bersosialisasi, jangan sampai begitu yaa..
  • Sumber kejahatan, memang dengan teknologi semua menjadi mudah tetapi perlu diwaspadai kejahatan juga menyertainya, seperti rawannya pencurian data pribadi, pencurian uang digital, dll. Anda harus berhati-hati, di media sosial sebaiknya jangan terlalu lengkap untuk mengisi data pribadi.
  • Penyebaran hoax, sekarang lagi panas-panasnya penyebaran berita ataupun informasi yang tidak benar dan tidak sesuai fakta, kita harus pintar dan selektif dalam memilah suatu informasi maupun menyebarkan informasi. jadi setiap ada informasi jangan langsung menyebarkan dan jangan langsung percaya, telusuri dulu apakah informasi itu benar atau tidak.
  • Boros, hal yang satu ini pasti akan terjadi bila menggunakan semua teknologi hanya untuk senang-senang dan main-main saja, setiap hari streaming youtube, main game, sampai beli item dalam game, naah itu akan membuat pemborosan yang merugikan kita, sebagai hiburan boleh tapi jangan terlalu menghabiskan uang.
  • Dan masih banyak lagi dampak negatif lain, dalam penggunaan teknologi kita harus selalu berhati-hati dan benar-benar memanfaatkannya dengan baik.

Teknologi yang bakal meroketkan bisnismu


Sudah sepatutnya kita mampu menggunakan teknologi sekarang ini sebagai ladang untuk berbisnis, tidak hanya sebagai hiburan saja.

Teknologi yang sangat sering digunakan dalam berbisnis sekarang ini yaitu internet. karena kemudahan dan kecepatannya,

Dengan adanya internet bisa menghilangkan sebuah halangan ruang dan waktu sehingga internet sangat ideal sebagai sarana dalam berbisnis.

Contoh bisnis yang dapat dilakukan melalui media internet :

Penjualan produk : Jika anda sudah punya produk, bisa berupa produk fisik ataupun nonfisik seperti software, ebook, dll, lebih baik jual melalui media internet, karena akan lebih mudah dan simpel, penjualan produk melalui media internet bisa menggunakan ecommerce yang sudah tersedia atau anda bisa juga membuat website sendiri untuk menjualnya.

Penawaran Jasa : Wah jasa apa saja yang bisa diuangkan nih dalam internet ? Banyak banget. Bagi anda yang punya skill mestinya tawarkan jasa anda diinternet, misalnya jasa editing foto, editing video, pembuatan website. Untuk mendapatkan client, anda cukup daftar disitus freelance terkenal.

Jual informasi : Kok jual informasi bagaimana maksudnya?, banyak yang butuh informasi diinternet, mulai dari anak sekolah, kuliah ataupun masyarakat umum, nah disitulah peluangnya. Kita bisa melakukan denga membuat blog ataupun youtube.

Pernahkah anda terpikirkan mengapa banyak sekali informasi yang bertebaran di internet yang bisa kita akses gatis dan sangat mudah ? para publisher mendapatkan uang dari iklan, biasanya semakin banyak pengunjungnya maka akan semakin besar penghasilannya

Promosi : Seperti yang telah tertulis diatas, melalui internet bisa menghilangkan jarak dan waktu, nah tepat banget sebagai media promosi nih, anda bisa mempromosikan produk, jasa ataupun lainnya melalui internet, sehingga akan banyak pelanggan baru yang akan datang. Promosi bisa dilakukan melalui media sosial, blog, yaotube.

Kursus : Sebenarnya ini hampir mirip dengan poin Jasa tapi saya sendirikan biar bisa detail, krsus online sekarang sudah banyak yang menyediakan nih di internet, namun bila anda punya kemampuan yang unik dan bermanfaat silahkan tawarkan kursus online anda di internet

Jasa tentang website : wah yang satu ini sekarang sedang hangat-hangatnya nih, jasa website itu banyak banget, anda bisa kunjungi salah satu penyedia web hosting terbaik, registrar domain, dll di niagahoster


Melalui apa sebaiknya memulai bisnis di internet ?

Dalam media internet dan teknologi ada banyak jalan yang bisa kita manfaatkan atau ada banyak banget platform yang bisa kita gunakan.

Mungkin sebagian besar orang terbiasa menggunakan media sosial untuk berbisnis, memang benar dalam media sosial pengguananya semakin hari semakin banyak,

dalam media sosial kita bisa menawarkan produk ataupun jasa, seperti halnya melalui facebook, instagram dan youtube.

Tapi apa hanya melalui media sosial saja ? TIDAK

Kembangakan bisnimu melalui :

1. Media sosial
Melaui media sosial yang perkembangan dan penggunanya sangat pesat akan membuat bisnismu semakin meroket, dalam media sosial kita bisa membuat branding sehingga para pelanggan akan mengetahui keberadaan bisnis kita, misalkan melalui facebook anda bisa membuat fanpage.

Tapi jangan sampai membuat spam ya, misalkan dengan setiap saat selalu share ke grup facebook sehingga anggota yanglain merasa risih, jika ada orang lain yang terganggu itu akan berdampak buruk bagi bisnis anda.

2. E-commerce
Yang satu ini tidak bisa ditinggalkan, ecommerce merupakan penghubung antara banyaknya penjul dan pembeli, nah melalui ecommerce produk kita akan mudah ditemukan orang lain, tetapi persaingan harga dalam ecommerce sangat-sangat ketat.

keuntungannya kita bisa menjual produk pada ecommerce dengan gratis, tapi ada pula yang berbayar sebagai anggota premium.

3. Membuat Website sendiri
Pasti keren kan kalau sudah punya website sendiri untuk memasarkan produk ataupun sebagai branding perusahaan.

Kelebihan punya website sendiri itu banyak banget daripada kita menaruh barang jualan di ecommerce,

berjualan dalam wesite milik sendiri bisa berkembang pesat.

perusahaan akan terlihat lebih profesional.

Bagaimana membuat website ?


Membuat website tidak terlalu sulit, kalian bisa pilih yang gratis ataupun berbayar, yang gratis tentu saja fiturnya akan kalah dengan yang berbayar.

Kalau gratis anda bisa mendaftar di blogger, blogger merupakan platform blog milik google, jadi anda tingga beli domain saja, sebenarnya tidak beli domain juga bisa tapi akan terlihat panjang utl situs anda.

Saya sarankan beli domain di Niagahoster karena murah banget, disini linknya domain murah

Atau berbayar anda bisa coba wordpress, sebenarnya tidak hanya wordpres saja cms yang bisa digunakan, tetapi biar mudah karena komunitasnya banyak saya sarankan pakai wordpress, nanti kalian bisa beli hosting terbaik di Niagahoster.

Di Niagahoster pelayanan cepat, ramah dan profesional, jadi kalian jangan ragu-ragulagi ya.

Eh jangan lupa juga follow akun media sosial Niagahoster biar tau kalauada info dan promo menarik lainnya


Semoga bermanfaat postingan dari ssiipung.com kali ini, jangan lupa bagikan ya.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar