Skip to main content
Si Ipung

follow us

Segera berlangganan !! Akan hadir video dan tutorial menarik dari siipung.com dengan cara Subscribe ke youtube, klik Siipung Channel

×

Kategori Desain Grafis - sangat lengkap

Kategori desain grafis - Desain grafis merupakan suatu bentuk dalam berkomunikasi melalui visual dengan media gambar untuk menyampaikan suaru informasi ataupun pesan dengan sebaik mungkin.

Dalam disain grafis, teks juga dianggap gambar sebab teks adalah hasil abstraksi simbol-simbol yang dapat dibunyikan. disain grafis diaplikasikan dalam disain komunikasi dan juga fine art.

Seperti jenis desain lainnya, desain grafis bisa merujuk kepada proses pembuatan, metode rancangan, produk yang dihasilkan, atau pun disiplin ilmu yang digunakan (desain).


Pengertian Desain Grafis Menurut Beberapa Ahli

Menurut Suyanto
Desain grafis adalah “aplikasi dari keterampilan seni dan komunikasi untuk berbagai kebutuhan, pendidikan, bisnis dan bahkan industri”.

Aplikasi ini diterapkan dalam lingkungan grafis, desain informasi, dan secara visual meningkatkan pesan dalam upaya untuk publikasi.

Menurut Jessica Helfand
Desain grafis adalah kombinasi kompleks kata-kata, gambar, angka, grafik, foto dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran khusus dari seorang individu yang bisa menggabungkan elemen-elemen, sehingga mereka dapat menghasilkan sesuatu yang khusus, sangat berguna, subversif atau mudah diingat.

Menurut Michael Kroeger
Desain grafis adalah praktek teori dan konsep-konsep melalui istilah-istilah ini secara visual menggunakan warna, bentuk, garis dan keselarasan.


Kategori Desain Grafis

Printing (Percetakan)

Percetakan merupakan sebuah proses industri yang memproduksi tulisan dan gambar secara massal, terutama dengan tinta di atas kertas dengan memakai mesin cetak.

Printing sendiri memuat bebrbagai desain buku, majalah, poster, booklet, leaflet, flyer, pamflet, periklanan, serta publikasi lainnya dalam bentuk media cetak.

Web Desain

Web desain merupakan jenis desain grafis lebih merujuk pada style dan pengembangan pada suatu situs web yang menekankan fitur fungsional, informasi dan juga entertainment yang ditampilkan pada konten situs web tersebut.

karena bersifat informative biasa nya desainnya berbentuk teks ataupun grafik.

Tujuan dari web design ini sendiri ialah untuk membuat website atau sekumpulan konten online termasuk dokumen dan juga berbagai aplikasi yang berada pada sebuah server web.

Film

Dalam industri perfilman dan TV desain grafis mencakup beberapa kegiatan seperti, konsep visual, story board, tittle & credits, spesial effect, stage design, hingga ke materi promosi berbentuk spanduk, poster film, iklan serta materi hasil produksi yang kita lihat dalam bentuk VCD atau DVD dalam sebuah film.

EGD (Environmental Graphic Design), Identifikasi (Logo)

Kedua bidang ( EGD dan Logo) adalah bentuk desain grafis profesional yang mencakup desain grafis, desain arsitek, desain industri, serta arsitek taman.

Desain Produk

Desain grafis produk adalah bidang ilmu dalam perencanaan dan perancangan barang yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Sebuah karya desain grafis saeperti logo dapat dianggap sebagai kekayaan intelektual sebab merupakan sebuah hasil dari pikiran dan kreatifitas pembuatnya, sehingga hak ciptanya dilindungi oleh pemerintah melalui Undang-Undang No. 31 tahun 2000 tentang Desain Industri.

Karena desain grafis dibagi dalam beberapa kategori, tentu sarana yang digunakan untuk mengolah grafis tersebut pun juga berbeda, tergantung bagaimana kebutuhan dan tujuan pembuatan karya tersebut. Ada beberapa program pengolah grafis yang dapat kita temui seperti;


Aplikasi pengolah tata letak (layout)

Program ini kerap kali dimanfaatkan untuk keperluan dalam pembuatan brosur, pamflet, booklet, poster, dan lain yang sejenis.

Program ini dapat mengatur posisi dalam penempatan teks serta gambar yang diambil dari program lain seperti Adobe Photoshop. Beberapa program aplikasi pengolah tata letak yang dimaksud ialah Adobe FrameMaker, Adobe PageMaker, Quark Xpress Corel Ventura, Adobe InDesign, Microsoft Publisher.

Adobe InDesign adalah program aplikasi yang dipakai untuk membuat desain layout atau publikasi. Adobe InDesign dimanfaatkan oleh penerbit majalah, koran, biro iklan serta biro cetak, untuk mendesain produknya. Sebelum Adobe mengeluarkan Adobe InDesign, Adobe sudah mengeluarkan Adobe PageMaker yang berfungsi sebagai desain layout juga.


Aplikasi pengolah vektor atau garis

Program ini dapat dipakai untuk membuat suatu gambar dalam bentuk vektor atau garis sehingga sering juga disebut sebagai Illustrator Program. Seluruh objek yang dihasilkan berupa kombinasi dari beberapa garis, baik itu berupa garis lurus ataupun berbentuk lengkung.

Beberapa aplikasi desain yang termasuk dalam kelompok ini ialah Adobe Illustrator, Beneba Canvas, Macromedia Freehand, Metacreations Expression, CorelDRAW serta Micrografx Designer.

Adobe Illustrator ini sendiri adalah program aplikasi desain yang digunakan untuk membuat sebuah gambar berbasis vektor yaitu objek gambar yang dibentuk melalui kombinasi garis serta titik (dot).

Program aplikasi desain grafis ini masih termasuk family dengan Adobe Photoshop, karena sama sama merupakan produk dari Adobe System Incorporated. Aplikasi ini memang belum sepopuler apilkasi CorelDRAW, tapi belakangan ini mulai dilirik para desainer pengolah grafis digital.


Aplikasi desain pengolah pixel

Program ini dipakai dalam mengolah gambar atau manipulasi sebuah foto (photo retouching). Semua objek yang diolah melalui progamtersebut dianggap sebagai sebuah bentuk kombinasi dari beberapa titik-titik kecil atau pixel yang mempunyai kerapatan serta warna tertentu.

Walaupun begitu, program yang termasuk dalam aplikasi pengolah pixel ini juga dapat mengolah sebuah bentuk teks dan garis, namun tetap dianggap sebagai sebuah kumpulan titik-titik kecil atau pixel.

Di antara program aplikasi yang termasuk dalam aplikasi pengolah pixel yaitu Adobe Photoshop, Corel PHOTO-PAINT, Metacreations Live Picture, Macromedia Fireworks, Microsoft Photo Editor, Macromedia Xres, Metacreations Painter, Micrografx Picture Publisher, dan juga Wright Image.

Salah satu aplikasi termasuk dalam pengolah pixel yaitu Corel PHOTO-PAINT adalah program aplikasi pengolah gambar yang masih berada di bawah naungan perusahaan Corel Corporation dan masih satu kelompok dengan CorelDRAW. Adapun menu serta tampilannya tidak jauh berbeda dengan aplikasi CorelDRAW, seperti pada tampilan menu bar, menu toolbox, serta pada menu ruler.

Baca ini perbedaan vektor dan bitmap


Aplikasi pengolah film atau video

Program aplikasi ini dimanfaatkan untuk mengolah dan mengedit suatu film seperti pemberian judul teks karaoke, ataupun teks terjemahan. Umumnya, aplikasi ini juga dmanfaatkna dalam pembuatan atau memunculkan efek efek khususu seperti suara ledakan, suara desingan peluru, suara ombak, dan suara lainnya.

Beberpa aplikasi desain grafis yang biasanya digunakan untuk mengolah suatu fil atau video antara lain Adobe After Effect, Easy Media Creator, Nero Ultra Edition, Pinnacle Studio Plus, Show Biz DVD, Element Premier, Power Director, Ulead Video Studio, serta WinDVD Creator.

Salah satu program pengolah film atau video Ulead Video Studio 7 merupakan sebuah program video editing untuk rumahan yang sekarang semakin populer. Selain ringan dan juga mudah dipakai, Video Studio 7 juga tidak membutuhkan spesifikasi komputer yang tinggi.

Dengan memanfaatkan program ini, kalian dapat mengedit video, membuat transisi, menambahkan musik pada latar belakang, memberikan efek video, hingga melakukan transfer video ke dalam DVD maupu VCD.


Aplikasi pengolah multimedia

Program yang termasuk dalam kelompok ini umumnya dimanfaatkan untuk menghasilkan sebuah karya dalam bentuk multimedia seperti bentuk promosi, profil perusahaan, ataupun yang sejenisnya dan dikemas dalam bentuk CD maupun DVD.

Multimedia tersebut dapat berisikan film, animasi, teks, gambar, dan suara yang dibuat sedemikian rupa sehingga apa yang ingin disampaikan melalui program tersebut terlihat lebih interaktif serta menarik. Program program pengolah multimedia tersebut antara lain Hyper Studio, Macromedia, Macromedia Authorware, Macromedia Flash, Macromedia Director Multimedia Builder, serta Ovation Studio Pro.

Salah satu program yang termasuk dalam pengolah multimedia yaitu Macromedia Flash adalah suatu program pengolah desain grafis yang didesain khusus untuk membuat sebuah animasi dua dimensi yang handal dan ringan sehingga banyak dimanfaatkan untuk membangun dan memberikan efek animasi pada website, CD interaktif dan yang sebagainya.

Salah satu Keunggulan Flash ialah memiliki kemampuan yang dapat menerima sedikit kode pemrograman, baik yang berjalan sendiri guna mengatur animasi yang terdapat di dalamnya ataupun dipakai untuk berkomunikasi melalui program lain seperti HTML (Hyper Text Markup Language), PHP (Personal Home Pagetools), serta database dengan pendekatan XML atau Extensible Markup Language.


Macam Macam Desain Grafis

Dalam kehidupan sehari hari kita juga seering menjumpai berbagai macam bentuk dari produk desain grafis itu sendiri. Beberapa jenis produk desain grafis tresebut antara lain:

Pertama, yaitu hasil produk desain grafis pada dokumen yang bersifat persuasif seperti Iklan Undangan, Poster, Selebaran Brosur, Sertifikat atau Ijazah, Label dan Tag Alat tulis kantor.

Kedua, yaitu produk desain pada dokumen yang sifatnya memberikan informasi seperti Jadwal Daftar produk, Lembar kerja Laporan, Majalah, Koran, Jurnal, Buletin, dan juga Pengumuman

Ketiga, yaitu produk desain grafis pada dokumen yang sifatnya emberikan referensi seperti Kalender, Buku telepon, Data barang, Jadwal, Manual kerja, Manual latihan, Buku alamat, Kurikulum, Petunjuk, dan juga Resep masakan


Unsur unsur desain grafis

Supaya hasil desain grafis yang kita buat dapat menarik mata tentu ada beberapa unsur yang harus dipelajari yakni unsur dalam desain grafis. Dari semua unsur yang ada tidak semua unsur yang ada wajib dimasukan semua kedalam pembuatan suatu produk atau hasil karya desain. Beberapa unusr yang terdapat dalam desain grafis antara lain:

Garis (Line)
Garis atau line merupakan unsur desain grafis yang menghubungkan antara satu titik poin dengan titik poin yang lain sehingga dapat berbentuk gambar garis lengkung (curve) ataupun berbentuk lurus(straight).

Garis merupakan unsur dasar dalam membangun bentuk atau konstruksi desain. Di dalam dunia komunikasi visual kita akan sering menggunakan dotted line, solid line, dan garis putus-putus.

Bentuk (Shape)
Bentuk merupakans egala sesuatu yang memiliki lebar, tinggi serta diameter. Bentuk dasar yang dikenal orang ialah kotak (rectangle), lingkaran (circle), serta segitiga (triangle).

Tekstur (Texture)
Tekstur merupakan tampilan pada permukaan (corak) dari suatu benda yang bisa dinilai dengan cara dilihat ataupun diraba. Yang pada prakteknya, tekstur juga dapat dikategorikan sebagai corak pada suatu permukaan benda, contohnya adalah permukaan pada karpet, kulit kayu, cat dinding, cat canvas, baju dan lain-lain.

Ukuran (Size)
Ukuran merupakan unsur lain dalam desain grafis yang yang mengartikan besar kecilnya suatu obyek. Dengan memanfaatkan unsur ini Anda mampu menciptakan kontras dan penekanan (emphasis) pada obyek desain anda sehingga orang akan tahu mana yang akan dilihat terlebih dahulu.

Warna (Color)
Salah satu unsur yang penting dalam desain yaitu warna. sebab melalui warna orang dapat menampilkan identitas, menyampaikan pesan atau membedakan sifat dari bentuk-bentuk visual dengan jelas.

Ada yang lebih lengkap mengenai :  unsur unsur desain grafis

Ternyata, cukup panjang uraian terkait dengan desain grafis dari siipung.com . Semoga uraian ini bisa menjawab rasa penasaran kalian semua. Jangan luap bagikan ya

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar