Skip to main content
Si Ipung

follow us

Rumahmu akan canggih dengan teknologi Smart Home

Smart Home Adalah Teknologi Terkini Mengatur Rumah

Pengertian smart home - Tahukah Anda dengan Smart home? Bagi beberapa orang mungkin sedikit asing mendengar kata tersebut. pada dasarnya, smart home adalah rumah pintar yang memiliki beragam fitur, teknologi serta kecanggihan di dalamnya untuk menambah kenyamanan setiap penghuni.

Smart home ini didesain menggunakan teknologi canggih yang salah satunya bisa untuk meminimalisir penggunaan listri. Lantas, bagaimana dan apa sajakah hal-hal yang berakaitan dengan rumah pintar tersebut?


Smart Home adalah Teknologi yang Dilatarbelakangi IoT

Sudah bukan rahasia lagi bahwa dunia digital dan teknologi semakin berkembang pesat. Kemajuan dari teknologi itu pun membuat internet semakin marak dan merambah ke segala sendi kehidupan di masyarakat. Begitu halnya dengan kehadiran dari rumah pintar ini yang tidak terlepas dari dampak kehadiran teknologi IoT atau Internet of Things .

Baca disini biar searchingmu di internet aman  searching di internet

Seperti yang sudah diketahui bahwa smart home adalah hasil dari inovasi dan kreasi manusia dalam rangka mewujudkan kemajuan teknologi yang semakin berkembang.

Hanya dengan menggunakann gadget, sang pemiliki rumah bisa langsung mengelola dan mengatur segala hal keperluan rumahnya dari jarak jauh. Misalnya saja dalam hal penggunaan listrik seperti lampu, ketika Anda bepergian lalu lampu lupa Anda matikan, lewat gadget bisa dengan mudah Anda matikan.

Kemampuan smart home ini semakin meningkat dengan adanya teknologi IoT ini. yang awalnya hanyalah sebuah konsepan, namun kini sudah diwujudkan dalam aplikasi nyata pada rumah-rumah yang memang berbasis smart home ini dan bisa Anda nikmati juga.


Smart Home Adalah Berawal dari Sejarah

Segala sesuatu tentu tidak terlepas dari kilas balik atau cerita sejarah yang menyertainya. Begitu pun dengan kehadiran dari rumah pintar ini. di mana sejarah dari smart home adalah berawal dari penemuan yang suatu teknologi berupa remote control oleh tokoh terkemuka yaitu Nicole Tesla.

Penemuan ini dilakukan pada tahun 1898 lalu. Hingga tahun demi tahun berganti, kisaran rentang tahun 1901 hingga 1920, meskipun belum ada piranti cerdas, namun pada sekitaran tahun 1907 sudah ditemukan alat canggih seperti vacuum cleaner.

Kemunculan salah satu teknologi atau alat pintar yang digunakan untuk keperluan rumah ini pun dari tahun ke tahun semakin berkembang. Hingga setelah dua dekade sesudahnya, mulailah ditemukan beragam perlengkapan rumah lainnya yang diteknologi dengan penggunaan listrik seperti mesin cuci, setrikaan, hingga pemanggang roti, kompor dan sebagainya.

Tak sampai di situ, pada periode berikutnya yaitu kisaran tahun 1966 hingga 1967, muncullah ECHO IV dan juga komputer dapur yang meskipun memang produk tersebut tidak dijual secara umum sehingga perangkat ini hanya dipunyai oleh beberapa kalangan tertentu.

Perangkat ini merupakan salah satu perangkat cerdas yang bisa digunakan untuk mengendalikan suhu udara rumah Anda. Bahkan untuk fungsi lainnya pun bisa digunakan sebagai alat untuk mematikan atau menghidupkan sebuah alat yang sudah dikoneksikan dengan alat cerdas tersebut.

Setahun kemudian komputer dapur atau perangkat dapur cerdas ini berhenti pada perkembangan dan penjualannya. Namun kembali diganti dan ditemukan sebuah teknologi terbaru yaitu microprocessor di awal tahun 1970-an.

Dan alat ini lah yang melatarbelakangi kehadiran rumah pintar di mana awal kehadiran dari smart home adalah dikembangkan oleh Amerika Serikat pada 1975 lalu. Sedangkan untuk konsepan yang dibuatnya, dengan penggunaan gelombang radio sebagai penafsir atau penghantar data yang dihasilkan.

Namun perkembangannya pun tidak sampai di situ, pasalnya, pada awal tahun 90’an, Gerontechnology pun sudah dikembangkan di Belanda yang mana keeksisan dari smarthome ini semakin meningkat. Dan kemudian teknologi smart home ini pun semakin banyak bermunculan di negara-negara lainnya termasuk sampai di Indonesia.


Penggunaan Umum Smart Home

Pada dasarnya, penggunaan smart home adalah sudah mulai dikembangkan sejak lama. Bahkan peningkatannya mulai marak tahun 1998 sampai tahun 2000-an. Namun untuk saat ini, smart home yang ada lebih menekankan pada segi keamanan dan juga kehidupan yang lebih alami.

Atau pengadaan smart home untuk membumikan kehidupan yang lebih hijau atau seringkali dikenal sebagai gerakan Go Green. Sehingga penggunaan dan pengaplikasian smart home bisa membantu pengurangan energi atau menghemat energi di bumi.

Penggunaan umum smart home adalah untuk meningkatkan keamanan dan fungsi dari rumah yang ditempati oleh sang penghuni. Keamanan ini bisa dilihat dari berbagai macam aspek, baik dari intra hingga ekstra. Untuk bagian intra, di mana dalam penanganan keamanan alih-alih ada human error yang dilakukan oleh penghuni. Misalnya lupa mematikan alat listrik yang bisa memicu bahaya, sehingga Anda bisa langsung mematikannya.

Sedangkan dari segi penggunaan ekstra adalah misalnya untuk melakukan pemantauan, di mana ketika ada penyusup atau orang tidak dikenal oleh Anda bisa mudah terdeteksi kehadirannya. Baik dengan menggunakan video jarak jauh yang bisa langsung Anda akses dari mana saja, hingga penggunaan alarm dan sebagainya. Dengan begitu, rumah Anda pun lebih aman.

Selain itu, penggunaan umum dari smart home adalah untuk hal penghematan energi. Seperti yang diketahui bahwasannya energi seperti listrik tentu bisa saja habis jika bahan bakar dari energi tersebut tidak ditemukan lagi di bumi sebab merupakan salah satu sumber daya yang tidak dapat diperbaharui. Dengan begitu, kehadiran smart home ini bisa meminimalisir penggunaan energi yang biasanya dilakukan secara berlebihan.

Di mana nantinya Anda bisa lebih mengontrol. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, Anda bisa mematikan listrik yang tidak dipakai secara praktis dan instan melalui gadget yang terkoneksi dengan teknologi IoT tersebut.


Fitur Unik yang Diterapkan dalam Smart Home

Selain segi penggunaan, ada juga fitur yang menyertai pengaplikasian rumah pintar yang sedang marak ini. fitur dari smart home adalah selain mengedepankan konsep rumah pintar yang lebih hemat energi dan ramah lingkungan, juga menyediakan konsep yang humanis dan sangat nyaman. Beberapa fitur yang disematkannya pun sangat beragam, dari mulai penggunaan sensor sidik jari misalnya.

Streaming videomu tidak lancar? baca apa itu buffering

Jika dulu pengaplikasikan rumah cerdas ini melalui penggunaan gadget atau aplikasi ponsel, maka saat ini sudah mulai disediakan fitur yang lebih canggih. Di mana adanya penggunaan sentuhan biometrik yang bisa dikontrol oleh sidik jari pemilik rumah pun sudah banyak diterapkan.

Tak hanya untuk bagian rumahnya saja, bahkan pada tumbuhan sekali pun bisa disematkan sensor yang nantinya bisa meninjau seberapa besar tingkat kelembapan yang dipunyai oleh tanaman, atau berapa besar intensitas yang didapat oleh tanaman Anda.

Nantinya, hasil dari sensor tersebut akan diolah dan ditransmisikan melalui aplikasi smartphone sehingga lebih canggih. Tentunya sangat menarik dan luar biasa bukan?


Produk Smart Home

Pada pembuatannya, sudah banyak sekali perusahaan yang mulai gencar membuat dan memasarkan produk-produk smart home ini. salah satu produk smart home adalah yang diluncurkan oleh Samsung dengan SmartThings-nya.

Di mana hal tersebut merupakan sebuah platform atau start up yang bisa memudahkan Anda atau pengguna lain dalam pendeteksian asap. Sehingga ketika ada tanda-tanda asap yang tidak wajar, bisa dideteksi lebih dahulu sehingga lebih waspada.

Selain itu, platform ini pun bisa digunakan untuk mengontrol hal-hal lainnya yang bisa membuat Anda lebih tahu dan memantau perkembangan serta keamanan rumah Anda. Apalagi jika Anda sedang bepergian dan tidak ada orang di rumah.


Kelebihan Penggunaan Smart Home

Selain pembahasan mengenai smart home yang sebelumnya sudah dijelaskan, lalu sebetulnya apa kelebihan dari penggunaan rumah pintar ini? tentunya sangat banyak sekali. Beberapa kelebihan dari penggunaan smart home adalah sebagai berikut ini.

Mengontrol Rumah Kapan pun dan Di mana pun

Salah satu keuntungan dari penggunaan smart home ini adalah Anda bisa melakukan pemantauan rumah secara terkala dan bisa dikendalikan di mana saja. Jika pun Anda harus meninggalkan rumah berhari-hari, dengan kehadiran teknologi rumah pintar Anda tidak usah risau.

Beberapa contoh hal yang bisa Anda lakukan adalah memantau kamera pengawas yang dipasangkan dari jarak jauh baik melalui ponsel pintar android , iphone atau komputer, mematikan beberap perangkat listrik di rumah atau menghidupkannya, hingga bagi beberapa kasus bisa digunakan untuk membuka atau menutup tirai yang Anda inginkan.

Mengurangi Risiko Pencurian

Beberapa kalangan yang sudah memasangkan teknologi smarthome ini mengaku bahwa tingkat pencurian di rumahnya lebih sedikit bahkan tidak lagi ditemukan potensi pencurian. Pasalnya, dengan Anda menerapkan teknologi rumah pintar, Anda pun bisa dengan mudah mengamankan rumah Anda walaupun tidak ada yang menjaganya.

Hal ini dikarenakan, Anda bisa memasangkan pintu dengan basis teknologi canggih yang tidak memerlukan kunci untuk membuka atau menutupnya, melain menggunakan sebuah keyword melalui suara, kartu, hingga sidik jari.

Sehingga tidak bisa sembarangan orang bisa membuka pintu jika tanpa izin dari sang pemilik. Pun jika ada tamu yang akan berkunjung, terlebih dahulu Anda bisa mengecek siapa tamu tersebut.

Bisa Dikendalikan dari Satu Perangkat

Salah satu kelebihan dari penggunaan smart home adalah Anda bisa mengendalikan rumah Anda melalui satu perangkat gadget saja.

Misalnya Anda memilih ponsel pintar untuk mengoperasikannya. Maka ketika ponsel Anda sudah dikoneksikan dengan segala fitur dan teknologi dari smart home, Anda bisa mengelola rumah Anda hanya dengan klik-klik di ponsel.

Dari hal yang sederhana misalnya, Anda malas menyalakan lampu, menyalakan televisi dan sebagainya, dengan menggunakan ponsel, semua keinginan Anda bisa langsu terpenuhi. Anda bisa langsung menyalakan lampu, menyalakan televisi, tanpa perlu beranjak dari tempat diam Anda.

Ramah Lingkungan dan Hemat Energi

Selain beberapa hal tadi, ada keunggulan dari penggunaan rumah pintar ini yang tak kalah pentingnya. Di mana keunggulan smart home adalah lebih ramah lingkungan dan juga hemat energi.

Pasalnya, konsep rumah pintar ini pun memadukan nilai tinggai ecogreen sehingga ramah lingkungan. Untuk mendukung kehidupan yang berkelanjutan, maka smart home ini dibekali dengan sistem penampungan air yang bisa Anda gunakan sebagai tempat alternatif dalam penyedotan sumber air dari tanah.

Tak hanya itu, yang lebih menariknya dari smart home adalah air yang ada di sistem penampungan tersebut bisa langsung Anda minum.

Hal ini dikarenakan adanya tambahan teknologi Reverse Osmosis System yang bisa membuat air tersebut jadi murni dan sehat jika diminum langsung. Bahkan dalam hal energi pun, kebutuhan listrik Anda lebih minim sebab menggunakan tenaga surya untuk mendayai penggunaan listrik.

Nah itulah berbagai macam hal yang berkaitan dengan smart home.

Bagaimana pun smart home adalah rumah impian yang bisa mewujudkan kehidupan berkelanjutan yang lebih ramah lingkungan, aman dan tentunya menghemat energi bumi sehingga bumi tetap aman dan nyaman untuk disinggahi.

Bagaimana, menarik sekali bukan? Tergiur kah Anda untuk memilikinya?
Bagikan artikel ini kepada temanmu

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar