Searching adalah pencarian di internet, apa hanya itu ?

Apa itu Searching ?

Pengertian searching - searching adalah kegiatan yang sering dilakukan pada era digital ini, siipung.com akan membahas tetang pengertian searching secara lengkap.

Kehidupan sehari-hari kita tidak bisa dipisahkan dari searching dan browsing.

Tetapi, ternyata tidak semua orang memahami perbedaan antara keduanya. Secara mudahnya, searching adalah pencarian situs website yang tidak kita ketahui untuk mendapatkan informasi yang kita inginkan.

Biasanya dalam melakukan searching, kita memerlukan search engine atau mesin pencari seperti Yahoo atau Google.

Kata searching sendiri berasal dari kata search yang berarti mencari.

Orang-orang melakukan searching untuk menemukan informasi baik berupa teks, gambar, video, maupun informasi dengan bentuk lainnya di suatu situs yang belum mereka ketahui secara pasti dengan cara mengetikkan kata kunci dalam search engine.

Selain itu, searching juga bisa diartikan sebagai mesin pencari web atau program komputer untuk mencari informasi yang ada di internet.

Loh, Beda ya dengan Browsing?

Meski sering dikira sama, sebenarnya browsing dan searching adalah dua hal yang sangat berbeda.

Jika searching merupakan kegiatan pencarian informasi dengan search engine, browsing adalah pencarian informasi berbasis hypertext atau menggunakan browser,
baca selengkapnya tentang browsing

Dalam bahasa Indonesia sendiri, kata browsing atau surfing lebih cocok diterjemahkan sebagai "berseluncur". Alat yang dipakai saja sudah berbeda ya.

Namun, perbedaan antara searching dan browsing tidak hanya itu. Yuk scroll lagi ke bawah untuk mengintip perbedaan-perbedaan lainnya.


Ini Dia Perbedaan Searching dan Browsing

Perbedaan antara searching dan browsing sama halnya dengan perbedaan antara search engine dengan browser.

Nah, sebelum melihat perbedaan keduanya, yuk kita lihat dulu karakteristik dari search engine dan browser.


Search Engine:

- Sebuah platform untuk mencari berbagai situs di internet

- Opsi lebih sedikit daripada browser

- Dapat digunakan sebagai aplikasi tertentu

- Dibuka melalui browser


Browser:

- Merupakan aplikasi untuk menjelajahi internet

- Opsi lebih banyak daripada search engine

- Tidak bisa digunakan sebagai aplikasi tertentu

Dari karakteristik search engine dan browser itu saja kita sudah mendapatkan berbagai perbedaan.

Misalnya kemungkinan untuk digunakan sebagai aplikasi tertentu.

Seperti yang kita tahu, kita dapat melakukan aktivitas seperti menghitung atau menerjemahkan kata maupun kalimat tertentu.

Akan tetapi, kita tidak bisa melakukan itu semua dengan browser.

Ketika melakukan searching kamu seolah-olah sedang menjelajahi sebuah indeks database salinan-salinan halaman web yang diciptakan oleh search host.

Nah, biasanya search engine seperti Google menyalin berbagai macam website di komputer.

Sistem indeksnya bekerja dengan sangat cepat sekali, sehingga ketika kamu melakukan searching, halaman yang kamu cari bisa tersedia dengan segera.


Secara singkatnya, inilah perbedaan antara searching dan browsing.

1. Kamu bisa melakukan searching dengan memasukkan kata kunci di kotak pencarian search engine, tetapi untuk melakukan browsing kamu perlu memasukkan URL.

2. Informasi searching dapat kamu temukan di scan result yang dilakukan search engine, sementara ketika melakukan browsing, informasi bisa ditemukan langsung di halaman webnya.


Kapan Harus Melakukan Searching dan Browsing

Setelah melihat perbedaan antara keduanya, bisa disimpulkan bahwa searching sebaiknya dilakukan ketika kita memerlukan pilihan-pilihan informasi dari berbagai perspektif , karena informasi yang kita butuhkan ditampilkan dalam bentuk sniplet.

Tetapi kalau kamu sudah tahu halaman web tertentu secara spesifik, lebih baik kamu melakukan browsing.

Baik searching maupun browsing keduanya sama-sama memberikan informasi yang relevan dengan apa yang ingin kamu cari.

Kedua aktivitas ini juga memungkinkan kamu untuk mengklik link tertentu untuk mencari informasi secara lebih lanjut.


Search Engine terbesar di Seluruh Dunia

Ada banyak sekali search engine yang bisa kamu gunakan untuk searching,

tetapi berikut ini adalah search engine yang paling populer dan paling sering digunakan oleh orang-orang di seluruh dunia. Apa sajakah itu? Yuk kita simak.


Google

Dibandingkan Yahoo!, Google lebih muda tiga tahun, karena Google sendiri baru didirikan pada 4 September 1998 lalu.

Tetapi kini Google merupakan search engine yang paling sering digunakan oleh pengguna internet.

Sama halya dengan Yahoo!, Google juga didirikan oleh dua orang mahasiswa dari Stanford Univeristy.

Perusahaan internet ini didirikan dengan misi mengumpulkan informasi dari seluruh dunia dan membuatnya dapat diakses dan bermanfaat untuk semua orang.

Produk perusahaan ini tidak hanya meliputi teknologi pencarian saja, tetapi juga perangkat lunak dan iklan online. Bahkan sebagian besar laba Google kabarnya didapat dari AdWords.

Saat ini Google mengoperasikan lebih dari sejuta server di beberapa pusat data di dunia. Google juga memiliki banyak situs yang populer dan sangat bermanfaat, seperti YouTube dan Blogger.

Salah satu layanan yang sering kita gunakan yaitu layanan email GMAIL milik google yang sangat sering kita gunakan dalam mengirim surat elektronik, baca juga contoh alamat email yang benar.

Layanan yang bisa kamu manfaatkan dari Google antara lain Google Search, Google Maps, dan Google Earth, sebuah layanan untuk melihat peta bumi yang disediakan oleh satelit, jadi hasilnya pun sangat akurat dan mendetail.

Dibadingkan dengan search engine lainnya, Google Search merupakan aplikasi pencari yang paling banyak digunakan.

Kabarnya Google Search memiliki pangsa pasar sebanyak 53,6%, disusul oleh Yahoo! dengan pangsa pasar 19,9%. Orang-orang banyak menggunakan Google karena fiturnya yang sangat lengkap, mulai dari Google Image, Google News, Google Maps, dan lain-lain.

Tidak hanya memiliki mesin pencari, Google juga memilki browser sendiri, yaitu Google Chrome, yang dilengkapi dengan fitur keamanan canggih.

Jika menggunakan Google Chrome, kamu akan mendapatkan peringatan ketika tidak sengaja mengakses situs yang diblacklist oleg Google. Wah, keren juga ya.


Yahoo!

Bisa dibilang Yahoo! adalah salah satu search engine tertua dan terpopuler yang pernah didirikan.

Yahoo! awalnya hanyalah sebuah bookmark yang dibuat pada tahun 1994 dengan nama “Jerry and David’s Guide to World Wide Web”.

Bookmark ini dibuat oleh dua orang mahasiswa dari Universitas Stanford dan kemudian diganti namanya menjadi “Yet Another Hierarchical Officious Oracle” yang disingkat menjadi Yahoo!.

Domainnya sendiri, yaitu yahoo.com baru dibuat pada 18 Januari 1995.

Perusahaan internet ini berpusat di California, Amerika Serikat dan merupakan search engine terpopuler sebelum akhirnya popularitasnya tergantikan oleh Google.

Yahoo! terkenal karena memiliki portal web yang banyak, mulai dari search engine Yahoo! Search, Yahoo! Mail, Yahoo! Answer, Yahoo! Messenger dan masih banyak lagi.

Kabarnya, saat ini ada sekitar 700 juta orang yang mengunjungi situs-situs Yahoo! itu setiap bulannya. Situs Yahoo! sendiri kini tersedia dalam lebih dari 30 bahasa, termasuk bahasa Indonesia.

Menariknya Yahoo! memiliki sejumlah layanan mode pencarian. Mulai dari Yahoo! Image, Yahoo! Video, Yahoo! Local, Yahoo! News, dan mode pencarian yang memungkinkan kamu untuk menemukan situs belanja yang kamu inginkan yaitu Yahoo! Shopping Search.


Bing

Bing didirikan pada 1 Juni 2009 oleh Microsoft dan merupakan reinkarnasi dari Live Search yang sebelumnya dikenal dengan nama MSN Search.

Mesin pencari ini diklaim sebagai mesin yang bisa mengambil keputusan.

Saat ini ada empat kategori pencarian yang dimiliki oleh Bing, yaitu Web, Images, News, dan xRank.

Kalau kamu ingin mencari situs website tertentu, kamu bisa memanfaatkan Bing Web. Selain itu, kamu juga bisa mencari siapa dan apa yang paling banyak dicari oleh pengguna Bing dengan memanfaatkan xRank.

Menurut Alexa, yaitu perusahaan yang menyediakan data komersial terkait traffic web, Bing berada dalam peringkat 24 search engine yang paling banyak digunakan oleh pengguna internet pada survei Oktober 2012.

Dibandingkan dengan search engine lainnya,

Bing memiliki berbagai kelebihan antara lain gambar latar belakang yang lebih variatif dan bisa berganti-ganti, fasilitas instant answer, hasil pencarian image atau video yang disaring secara detail, kotak detail pada link hasil pencarian, tampilan Bing Maps yang lebih interaktif, fasilitas related search, dan fasilitas smart video preview.

Fasiitas yang terakhir ini cukup unik karena pengguna tidak perlu menunggu lama-lama untuk preview video, sebab buffering Bing tidak selama buffering situs penyedia video lainnya. Keren ya.


MSN

MSN ini merupakan singkatan dari Microsoft Network, sebuah situs web portal yang diluncurkan oleh Microsoft pada tanggal 24 Agustus 1995.

Bisa dikatakan MSN ini sangat populer setelah Google dan Yahoo!, terutama di kalangan pengguna Windows. Apalagi MSN sekarang ini dapat diakses dalam semua bahasa di dunia.

Sempat akan diakuisisi oleh Yahoo! pada tahun 2004, MSN masih menjadi search engine yang cukup populer hingga sekarang.

Hampir sama dengan Google, MSN memiliki berbagai fitur pencarian yang bisa kamu gunakan, mulasi dari MSN Image, MSN Videos, MSN Shopping, MSN News, dan MSN Maps.

Tetapi, sedikit berbeda dengan Google, ketika akan mencari video tertentu dengan MSN Videos, kita perlu memberikan informasi negara asal kita dan bahasa yang kita gunakan.

Dulunya MSN memiliki search engine yang dinamakan MSN Search yang diluncurkan pada tahun 1998. Tetapi, MSN Search ini kemudian diganti namanya menjadi Live Search dan diganti lagi menjadi Bing.

Altavista

Search engine yang satu ini diklaim sebagai search engine tercepat yang pernah ada.

Didirikan pada tahun 1995, Altavista menjadi salah satu search engine yang paling banyak digunakan hingga kemudian popularitasnya digeser oleh Google dan dibeli oleh Yahoo! pada tahun 2003.

Namun, nama brandnya tetap ada dan masih beroperasi hingga tahun 2013.

Altavista sendiri berasal dari kata bahasa Spanyol, yang berarti upper view.

Altavista dulunya menyediakan layanan gratis yang cukup terkenal, yaitu Babel Fish, sebuah mesin penerjemah berbasis web mirip Google Translate.

Tetapi, kini domain search engine Altavista dialihkan ke Yahoo! Search, sedangkan Babel Fish sendiri dialihkan ke layanan penerjemah milik Bing.


Cara Efektif Searching di Google

Pernahkah kamu mencari sesuatu di google search, tetapi kamu tidak juga mendapatkan informasi yang kamu inginkan? Ada baiknya kamu mengikuti langkah-langkah berikut ini. Yuk kita lihat.

1. Gunakan Kata Kunci yang Spesifik dan Bervariasi

Kata kunci adalah hal yang paling mempengaruhi apa yang kamu temukan di Google.

Oleh karena itu, sebaiknya kamu menggunakan kata kunci yang spesifik dan bervariasi.

Yang dimaksud dengan bervariasi adalah mencoba menggunakan sinonim atau kata lain yang juga berkaitan dengan apa yang kamu cari.

2. Gunakan Tanda Tanya

Ada baiknya kamu menggunakan kata tanya dan tanda tanya ketika ingin mencari sesuatu.

Karena biasanya akan ditampilkan hasil yang berkaitan langsung dengan pertanyaan yang ingin kamu jawab.

Misalnya kamu ingin tahu siapa nama penemu internet, jika kamu menggunakan kata tanya dan tanda tanya, pertanyaanmu bisa langsung terjawab.

3. Gunakan Tanda (+) dan (-)

Kedua tanda ini bisa digunakan untuk mendapatkan informasi yang lebih relevan. Bedanya, jika tanda (+) berarti penambahan keyword, tanda (-) justru membantu Google mengurangi hasil pencarian yang tidak penting.

4. Gunakan Fitur-Fitur Pencarian

Selain mengikuti tips-tips di atas, ada baiknya juga kamu memanfaatkan fitur-fitur pencarian Google seperti yang bisa kamu lihat di bawah ini. Yuk scroll ke bawah lagi.


Fitur Dasar Pencarian Google

1. AND (+)

Fitur yang satu ini berfungsi untuk mencari informasi yang mengandung dua kata kunci yang kita cari.

2. OR (|)

Hampir sama dengan AND, fitur ini bisa kita manfaatkan untuk mencari informasi yang mengandung salah satu dari kata kunci yang kita inginkan.

3. FRASE (“)

Frase ini digunakan untuk mencari informasi yang berupa frasa. Misalnya frasa “pengertian internet”. Jangan lupa tanda petiknya ya.

4. NOT (-)

Not ini untuk mencari kata kunci yang mengandung kata sebelum tanda (-) dikurangi dengan kata yang ada di belakang tanda (-).

5. SINONIM (~)

Ketikkan saja tanda di atas sebelum kata kunci, maka kamu juga akan mendapatkan hasil yang merupakan sinonim dari kata kunci kamu.

6. ASTERIK (*)

Fitur ini digunakan sebagai karakter pengganti kata.

7. TANDA TITIK (.)

Tanda titik juga digunakan pengganti karakter.

8. I'M FEELING LUCKY

Fitur ini akan membawa kita langsung ke hasil searching pertama query kita.


Fitur Lanjutan Pencarian

1. DEFINE

Kamu bisa menggunakan fitur ini untuk mencari pengertian sesuatu.

2. CACHE

Fitur ini akan menampilkan situs yang pernah diindeks oleh Google meski sekarang situs tersebut sudah tidak aktif.

3. LINK

Link ini akan membawa kamu ke daftar link suatu situs.

4. RELATED

Fitur related bisa kamu gunakan untuk mencari situs yang serupa.

5. INFO

Adalah fitur untuk mencari informasi tentang situs tertentu.

6. FILETYPE

Ingin mencari pdf atau file dengan ekstensi lain di Google? Gunakan saja fitur ini.

7. ALL IN TITLE

Adalah fitur untuk menampilkan semua kata yang ada dalam titel halaman.

8. IN TITLE

Jika allintitle digunakan untuk menampilkan semua kata, intitle digunakan untuk menampilkan satu kata saja.


Jenis-Jenis Searching

1. Basic Search

Basic Search adalah pencarian biasa yang umumnya kita lakukan ketika ingin mencari suatu informasi.

2. Advanced Search

Adavanced Search merupakan pencarian kompleks yang bisa kamu lakukan jika membutuhkan informasi yang lebih spesifik. Saat ini di Google sendiri tersedia dua macam advanced search yaitu advanced search for website dan advanced search for image.


Manfaat dan Fungsi Searching

Sekarang ini, rasanya tidak mungkin hidup kita dipisahkan dari internet.

Dengan searching, kita bisa mencari informasi apapun yang kita butuhkan.

Baik untuk kebutuhan sehari-hari, hingga kebutuhan akademik dan bisnis, semuanya dapat dipenuhi hanya dengan mencarinya di internet.


Manfaat searching yaitu :

1. Mendapatkan pengetahuan baru
2. Mendapatkan informasi apa yang kita butuhkan
3. Untuk hiburan, misalkan streaming di youtube dan mencari konten-konten lucu
4. Bisa mengetahui berita terbaru dari seluruh dunia
5. Tempat belajar gratis, dengan searching kita bisa mendapat ilmu yang banyak tersedia.

Apakah kamu termasuk orang yang selalu melakukan searching setiap hari?

Sekian dulu postingan tentang searching hari ini, semoga bermanfaat dan jangan lupa share artikel ini

Reaksi:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser