Buffering adalah - Pengertian Buffering Dan Cara Mengatasi

Buffering adalah - siipung.com akan membahas lengkap tentang buffering, Menonton sebuah video sendiri dapat dilakukan dengan cara streaming atau dapat dilihat tanpa harus mengunduhnya terlebih dahulu.

Menonton sebuah video streaming lebih dipilih karena dapat dilakukan dengan mudah dan juga tidak perlu mendownload video yang terkenal dengan kapasitas yang besar.

Namun pada saat menonton video secara streaming terkadang akan muncul sebuah kendala, di mana video dapat tidak jalan atau biasa kita disebut dengan buffering.

Tentu saja, dengan adanya kendala ini akan membuat Anda kurang nyaman pada saat ingin menonton video tersebut. Pada saat video sama sekali tidak jalan ini,

Anda tentu akan mencari solusi yang terbaik agar dapat melihat video tanpa ada gangguan ini. Sebelum melihat bagaimana cara mengatasi agar dapat melihat video tanpa kendala, mari kita lihat terlebih dahulu pengertian dan juga penyebabnya.


Buffering adalah

Buffering adalah sebuah proses pengiriman video atau audio yang sedang Anda tonton atau Anda dengar. Walaupun Anda tidak mendownload video atau audio tersebut, proses pentransferan data tersebut akan terjadi di mana itulah yang disebut dengan buffering.

Jika kita jelaskan secara sederhana mengenai pengertiannya adalah adanya sebuah jeda waktu atau proses loading yang Anda rasakan pada saat ingin mengakses jaringan internet.

Hal yang sering terjadi sebuah proses loading ini adalah pada saat Anda ingin melihat sebuah video pada sebuah web streaming seperti YouTube atau Dailymotion .

Tanda terjadinya proses pentrasferan data yang dapat membuat jeda waktu ini adalah dengan adanya sebuah gambar jam pasir yang berputar secara terus menerus, di mana tanda akan hilang pada saat transfer data sudah selesai.


Penyebab Buffering

Adapun beberapa penyebab yang membuat sebuah pentransferan data ini terhambat, di bawah ini adalah penyebab buffering yang sering kali terjadi :

Sebelum iu baca juga apa yang dimaksud searching ?


Kuota Internet

Untuk dapat menonton sebuah video atau audio dengan streamin tentu membutuhkan jaringan internet, di mana untuk mendapatkan layanan internet ini masyarakat harus memiliki kuota internet.

Pemakaian yang dibatasi dengan kuota internet ini juga menjadi salah satu penyebab utama video dan audio yang ditonton akan terjadi jeda waktu yang cukup lama.

Selain itu, biasanya kuota malam dan kuota siang juga akan memberikan pengaruh akan kelancaran transfer data dalam internet.

Adanya jeda waktu pada saat streaming juga dapat dipengaruhi oleh besar kecilnya layar, hal ini sendiri dikarenakan data yang harus masuk lebih besar pada saat Anda menggunakan PC tablet atau komputer dan akan berbeda pada saat menggunakan layar ponsel yang lebih kecil.


ISP Provider

Video streaming yang ditonton melalui internet ini selalu menggunakan sebuah jasa layanan ISP Jika layanan tersebut yang buruk tentu menjadi faktor utama dari cepat lambatnya buffering.

ISP juga memiliki peranan penting untuk mengatur cepat atau lambatnya sebuah data yang dikirim server kepada para pengguna atau server.

Maka dari itu Anda harus dapat memilih layanan ISP yang terbaik agar mendapatkan jaringan yang stabil dan juga dapat memberikan Anda kenyaman pada saat melakukan stereaming ini.


Jumlah User Yang Aktif

Faktor lain yang membuat jeda waktu buffering terasa sangat lama adalah karena banyaknya jumlah pengguna yang juga menonton video yang Anda steraming.

Contohnya adalah pada saat Anda menonton video pada platform YouTube yang sedang Anda tonton, di mana ternyata video tersebut juga banyak sekali user yang menonton dalam waktu bersamaan dan membuat video akan mendapatkan jeda waktu.


Fungsi Dari Buffering

Ada 3 alasan mengapa diperlukan layanan proses pentransferan data

  1. Yang pertama adalah menyangkut perbedaan kecepatan antara produsen dan konsumen,
  2. Menyesuaikan perbedaan ukuran pada pentransferan data.
  3. Dukungan sebuah copy semantics untuk aplikasi I/O.

Untuk fungsi buffering dan caching sendiri memiliki perbedaan pada hal tujuannya.

Di mana caching berfungsi untuk dapat menyimpan salinan data asli pada area memori dan ditujuan untuk dapat mengakses lebih cepat, sedangkan buffering berfungsi untuk dapat menyalin data asli agar dapat menyimpan satu-satunya data dalam data tersebut.


Teknik Buffering

Ada beberapa teknik buffering yang perlu diketahui, di mana kesemua teknik ini sendiri mempunyai kekurangan dan juga kelebihan masing-masing. Berikut ini adalah penjelasanya tentang teknik tersebut :


Single Buffering

Teknik ini sendiri merupakan teknik yang paling sederhana. Proses ini terjadi ketika adanya perintah pada sistem operasi untuk I/O dan sistem operasi tersebut menyediakan sebuah buffer memori untuk menjalanakan pengoprasian.

Untuk sebuah perangkat yang mempunyai orientasi blok, transfer masukan akan dibuat ke dalam buffer sistem. Setelah proses selesai, maka tranfer data akan melakukan proses pemindahan ke ruang lain dan secara otomatis meminta blok lainnya.

Teknik ini sendiri biasa disebut dengan reading ahead atau anticipated input.


Operasi Line-at-a-Time

Teknik buffering yang satu ini adalah satu baris perwaktu dengan carriage return yang menandai akhir baris dari jeda waktu pentransferan data. Keluaran terminal pada teknik ini sendiri juga mempunya hal yang serupa yaitu satu baris perwaktu.


Operasi byte-at-a-Time

Untuk teknik yang satu ini akan menggunkan sebuah mode boring (form mode) dimana tiap ketikan merupakan suatu yang terpenting dan biasa digunakan pada perangkat lain seperti sensor dan pengendali.

Teknik buffering ini sering digunakan untuk dapat menyimpan satu baris tunggal. User akan menempatkan satu baris keluaran yang ada pada buffer dan akan dilanjutkan pada tahap pemrosesan.

Prosedur ini sendiri tidak memerlukan suspend kecuali jika baris kedua belum dikosongkan, maka harus dilaksanakan suspend. User yang biasanya menggunakan teknik ini sendiri adalah user antara produsen dan konsumen.


Double Buffering

Proses dari teknik ini sendiri dapat melakukan transfer ke atau dari satu buffer sementara operasi lain akan mengosongkan atau mengisi sistem lain yang ada.

Teknik ini lebih dikenal sebagai double buffering atau buffer swapping, di mana proses ini dapat menjamin untuk tidak menunggu operasi yang masuk atau yang keluar.


Circular Buffering

Jika penggunaan teknik Double buffering tidak mencukupi untuk dapat melakukan operasi masukan dan keluaran berurutan dengan cepat.

Maka akan menggunakan dua buah buffer yang biasanya akan disebut dengan circular buffer yang merupakan kumpulan dari buffer tersebut. Pada masing-masih dari buffer individu ini adalah satu unit di circular buffer.


Cara Mengatasai Buffering

Pada kenyataannya buffering yang sering terjadi pada saat menonton video, misalnya buffering youtube atau mendengarkan audio secara streaming ini sendiri dapat menjadi salah satu gangguan yang sedikit membuat Anda tidak nyaman.

Jangan lupa lihat ini : apa itu browsing ?

Ada beberapa cara supaya dapat mengatasi masalah kecepatan streaming pada saat menonton atau mendengarkan sesuatu secara steraming ini. Berikut ini adalah caranya :


Percepat Koneksi

Buffering sendiri terjadi karena adanya perbedaan kecepatan transfer data yang masuk dan keluar. Untuk lebih mudahnya adalah apabila jaringan internet lambat maka akan dengan otomotis sebuah audio atau video streamin akan mengalami jeda waktu yang cukup lama.

Untuk dapat mengatasinya tentu saja Anda harus dapat mempercepat jaringan atau internet yang digunakan.

Pada saat ini jaringan tercepat adalah 4G di mana Anda dapat menggunakan perangkat yang sudah mendukung jaringan tersebut agar dapat menggunakan jaringan cepat dan menonton streamin tanpa adanya kendala.


Menggunakan Sofware

Menggunakan sebauh software yang dirancang untuk dapat mengatasi masalah buffering memang menjadi solusi yang dapat Anda pilih.

Ada beberapa software yang memang diperuntukan agar Anda dapat streaming audio dan video pada internet dengan cepat tanpa adanya kendala dalam jeda waktu.

Penggunaan software ini perlu Anda perhatikan agar tidak terjadi crash pada perangkat yang Anda gunakan.


Hentikan Unduhan Pada Perangkat

Jika Anda sedang mengunduh atau mendownload sesuatu, disarankan untuk menghentikannya jika ingin dapat menonton video tanpa buffering.

Di mana pada saat proses pengunduhan ini akan mengkonsumsi data yang dapat Anda gunakan untuk streaming, akan lebih baik pada saat ingin melakukan streaming Anda mematikan aplikasi yang juga mengkonsumsi data internet.


Tunda Streaming

Tunda streaming ini bukan berarti Anda memberhentikannya atau tidak jadi menonton.

Pada proses streaming akan terjadi sebuah transfer data yang akan berjalan terus, apabila memang terjadi kelambatan lebih baik Anda menekan fitur yang ada pada sebuah aplikasi streaming seperti tanda pause.

Tunggulah beberapa saat agar proses transfer data dapat berjalan dengan lancar serta tuntas dan juga dapat menonton video tanpa adanya hambatan.


Menunggu Penyedia Aplikasi Streaming Tidak Sibuk

Pada aplikasi streaming yang Anda gunakan sendiri akan sangat berpengaruh kecepatan pada saat banyak user aktif yang juga melakukan streaming.

Cara tepat adalah dengan menunggu waktu di mana aplikasi tersebut tidak terlalu sibuk oleh para user yang menggunakannya juga. Biasanya waktu paling lancar adalah memasuki waktu malam hari atau bahkan tengah malam, di mana aplikasi akan sangat jarang digunakan.


Batasi Jumlah Perangkat Aktif Pada Jaringan

Perangkat yang menggunakan jaringan internet yang sama akan memakai data jaringan, terutama jika perangkat yang Anda tidak mampu mendukung lalu lintas sebuah jaringan yang berat. Saat menonton streaming, lebih baik Anda batasi penggunaan internet di perangkat lain.


Gunakan Anti Virus Atau Anti Malware

Pada kenyataan sebuah perangkat yang berbahaya atau mengandung malware sendiri dapat menyebabkan jaringan pada internet akan bekerja dengan lambat.

Maka dari itu, lebih baik Anda menggunakan aplikasi anti virus dan anti malware untuk dapat mencegah masuknya penghambat tersebut.


Turunkan Kualitas Video

Menurunkan kualitas video pada platform streaming juga dapat mengatasi masalah proses pentransferan data ini.

Hal tersebut disebabkan karena video yang mempunyai kualitas tinggi juga akan membuat transfer data menjadi lebih lama dan juga berat.

Anda dapat menurunkan kualitas video yang memang sudah disediakan oleh beberapa platform streaming seperti Youtube.


Pasang Versi Terbari Adobe FlashPlayer

Pada sebuah layanan streaming memang selalu menggunakan aplikasi Adobe Flash. Maka dari pada itu, dengan menggunakan Adobe Flash versi lama akan dapat menyebabkan buffering pada saat menonton video.


Pasang Driver Terbaru Pada Perangkat

Pada sebuah perangkat yang digunakan untuk melakukan kegiatan streaming memang akan menyediakan pembaharuan secara otomatis pada drivernya, akan tetapi jika Anda menggunakan sebuah driver video tambahan akan lebih baik memperbaharuinya dengan cara langsung mengunduh dari versi resminya.


Sistem Kecerdasan Buatan Untuk Menghilangkan Buffering

Sistem algoritma yang pada saat ini digunakan merupakan salah satu sistem yang dapat membantu meningkatkan pemrosesan pada sebuah website, platfor dan juga perangkat-perangkat yang berusan dengan teknologi.

Baru-baru ini ada seseoran yang telah mencipatkan sebuah sistem yang dapat mengurangi buffering pada saat menonton atau mendengarkan audio dan video stereaming.

Seringkali para pengguna internet mengalami kendala pada saat ingin mengakses video streaming yang ada pada sebuah platform dan hal ini sering kali disebabkan oleh jaringan internet atau karena perangkat yang digunakan sudah tidak mendukung dan membutuhkan pembaharuan.

Sistem alogaritma ini sendiri digunakan oleh platform seperti Youtube atau Netflix untuk memberikan sebuah kualitas video streaming yang sangat baik untuk dapat ditonton.

Professor Mohammad Alizadeh dari MIT telah menciptakan sebuah sistem kecerdasan buatan yang mampu membuat algoritma untuk dapat mengambil keputusan dan dapat mengandalkan kondisi koneksi jaringan yang digunakan untuk proses streaming ini sendiri.

Dengan terciptanya sistem kecerdasan buatan ini, maka akan memberikan hasil yang positidf di mana para pengguna akan dapat menikmati kualitas video streaming yang sangat baik.

Hal ini sendiri dikarenakan kualitas video akan menjadi lebih baik dari pada saat menggunakan algoritma konvensional.

Sistem kecerdasan buatan ini diberi nama Pensieve, di mana sistem ini telah teruji mengurangi buffering 10% hingga 30% dari sistem yang digunakan untuk menonton video streaming pada saat ini.

Proyek ini sendiri telah ditampilkan di Los Angeles dan berharap dapat dilirik oleh para pendiri platform steramin seperti Youtube ataupun Netflix.

Oke itulah penjelasan tentang buffering, penyebab buffering dan cara mengatasi buffering, semoga streaming kalian tidak mengalami buffering ya, jangan lupa bagikan artikel ini.

Reaksi:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser