Skip to main content
Si Ipung

follow us

Segera berlangganan !! Akan hadir video dan tutorial menarik dari siipung.com dengan cara Subscribe ke youtube, klik Siipung Channel

×

Browsing adalah - Kupas Tuntas tentang Seluncuran di Internet

Browsing adalah ?

Pengertian browsing adalah - Sebelumnya siipung.com sudah pernah membahas tentang searching dan fitur-fitur seperti apa saja yang bisa kita manfaatkan untuk searching. Nah, kali ini kita akan membahas tentang kembaran searching, yaitu browsing adalah.

Banyak orang yang tidak mengetahui perbedaan tentang searching dan browsing.

Kalau kamu ingin tahu apa saja perbedaan antara browsing dengan searching, kamu bisa klik apa itu searching. Sekarang yuk kita bahas hal-hal yang perlu kamu tahu tentang browsing di artikel berikut ini.


Apa sih Browsing Itu?

Browsing adalah istilah untuk menjelajah internet. Lengkapnya browsing ini adalah aktivitas pencarian informasi dalam internet melalui web browser atau yang dalam bahasa Indonesia disebut dengan peramban.

Browser sendiri merupakan program aplikasi software untuk mencari dan menyajikan informasi yang bersumber dari dan tersimpan dalam database World Wide Web atau WWW.

Mengapa kita perlu browser untuk melakukan browsing?

Sebab browser merupakan alat untuk terhubung dengan WWW tadi. Selain itu, browser juga merupakan alat untuk mengakses informasi dalam server jaringan melalui jasa penyedia layanan internet atau ISP (Internet Service Provider) .


Cara browsing :

1. Pastikan perangkat yang kamu gunakan sudah terhubung dengan koneksi internet, perangkat yang digunakan bisa brupa smartphone ataupun PC.

2. Buka browser favorit kamu, pastikan memilih browser yang ringan ya

3. Nah sekarang masukkan kata kunci pada kolom pencarian, misalkan "Apa itu browsing"

4. Atau bisa juga langsung masukkan URL yang sudah kamu ketahui, misalnya siipung.com

5. Lalu tekan Cari atau enter, tergantung dari browseryang kamu gunakan

6. Nah akan muncul banyak situs jika kamu memasukkan kata kunci pencariannya, tinggal klik mana yang sesuai dengan pencarian yang kamu inginkan

7. Jika memasukkan URLnya maka akan langsung menuju ke situs tersebut


Fungsi Browsing :

Berbeda dengan searching yang bisa kamu lakukan dengan menggunakan search engine, ketika browsing kita menggunakan web browser untuk mengakses website yang kita cari. Situs yang kita lihat ditampilkan secara langsung melalui browser.

Selain itu, dengan browsing, kita juga bisa mencari sebuah Subject Directory, atau koleksi indeks informasi dari database tertentu. Biasanya dengan browsing, kita bisa melakukan hal-hal berikut ini.

1. Mencari informasi relevan yang kamu butuhkan

2. Mengklik link-link tertentu untuk mendapatkan informasi lanjutan

3. Mendapatkan informasi yang penuh tentang topik tertentu

Berbeda dengan searching, kita tidak memasukkan kata kunci ke dalam kotak pencarian search engine. Yang perlu kita lakukan adalah memasukkan URL ke kotak alamat yang ada di bagian atas browser.

Biasanya orang-orang melakukan browsing ketika mereka sudah tahu alamat web tertentu yang bisa menjawab pertanyaan mereka, sedangkan searching dilakukan ketika mereka belum tahu alamat web tertentu, sehingga mereka perlu mengetikkan kata kunci tertentu.

Searching juga bisa dilakukan untuk orang-orang yang perlu pilihan informasi yang tersedia dalam berbagai perspektif.


Sejarah Browser

Seperti yang sudah kamu tahu, browser adalah aplikasi software untuk mengakses informasi yang ada di World Wide Web. Setiap halaman web, gambar, video, memiliki URL tertentu, sehingga kita bisa mengaksesnya melalui browser.

Meski sering disalahartikan dengan search engine, browser tidaklah sama dengan search engine.

Search engine hanyalah sebuah website, sama halnya dengan website lainnya. Namun, search engine menyimpan berbagai data yang ada tentang website lainnya. Untuk mengakses website dan search engine, kamu harus punya browser dalam perangkat kamu.

Browser yang pertama kali diciptakan adalah WorldWideWeb, yang diluncurkan pada tahun 1991. Kemudian muncullah browser lainnya pada tahun 1993, yaitu Mosaic.

Satu tahun kemudian, WorldWideWeb berhenti beroperasi, sedangkan Mosaic semakin bersinar dan meluncurkan Netscape pada tahun 1994.

Sayangnya, kepopuleran Netscape harus tergeser oleh Internet Explorer, yang diluncurkan oleh Microsoft satu tahun kemudian. Internet Explorer kemudian menjadi browser paling terkenal di dunia, karena merupakan sebuah freeware dengan penggunaan tak terbatas yang didukung langsung oleh semua komputer dengan sistem operasi Windows.

Tahun 1998, Netscape tidak mau kalah dengan Microsoft dengan meluncurkan Mozilla Foundation, yang kemudian menciptakan software open source bernama Mozilla Firefox pada tahun 2004.

Hingga kini, Mozilla Firefox menjadi salah satu browser terpopuler, disusul oleh Safari yang diluncurkan oleh Apple pada 2003 dan Google Chrome pada tahun 2008.


Cara Kerja Browser

Fungsi utama browser adalah menampilkan informasi pada perangkat penggunanya. Untuk itu, kita sebagai pengguna perlu memasukkan URL tertentu, misalnya adalah https://www.pinterest.com/ di kotak alamat browser.

Selain https:blablabla ada juga prefiks URL lainnya, yaitu file:blablabla. Prefiks ini berarti file yang dicari sudah ada dalam perangkat penggunanya.

Selain kedua prefiks itu, ada pula prefiks-prefiks lainnya seperti ftp:blablabla, mailto:blablabla, news:blablabla, dan lain sebagainya.

Ketika melakukan browsing, biasanya kita akan menemukan halaman-halaman web yang mengandung hiperlink-hiperlink yang akan mengarahkan kamu ke halaman lainnya.

Sebab link tersebut mengandung URL, sehingga ketika diklik browser kamu akan segera diarahkan untuk mengakses halaman tertentu.


Fitur-Fitur Browser

Ada banyak browser yang bisa kamu gunakan, tetapi umumnya browser-browser tersebut memiliki menu semacam ini. Yuk kita intip.

1. Mutiple Pages atau Tabs

Dengan adanya fitur ini, kita bisa mengakses banyak halaman pada windows yang sama. Ketika pertama kali diluncurkan, tidak semua browser memiliki fitur ini, misalnya saja Internet Explorer yang tadinya hanya bisa mengakses satu halaman saja pada satu windows. Tetapi kini semua browser memiliki fitur yang penting ini.

2. Tombol Back dan Forward

Fitur ini memungkinkan kita untuk mengakses halaman yang sebelumnya kita akses dan kembali ke halaman setelahnya lagi. Jadi, kita tidak perlu lagi mengakses history atau kembali ke search engine untuk mengakses halaman yang sama.

3. Tombol Refresh

Istilah yang dipakai berbeda-beda tergantung browser yang kamu pakai. Ada yang menyebutnya refresh, ada pula yang menyebutnya reload. Fungsinya adalah untuk memuat ulang halaman yang sedang kita lihat.

4. Tombol Stop

Pada beberapa browser, tombol stop ini biasanya menjadi satu dengan tombol refresh. Fungsinya adalah menghentikan halaman yang sedang dimuat.

5. Tombol Home

Tombol home ini berfungsi untuk mengembalikan kita ke homepage yang sudah diatur sebelumnya.

6. Address Bar

Sepertinya tidak ada browser yang tidak memiliki fitur ini, karena fitur yang ini penting sekali untuk menginput URL tertentu dan menampilkannya kepada pengguna.

Selain fitur-fitur di atas, ada juga berbagai fitur khusus yang hanya dimiliki oleh browser-browser lainnya.


Browser Paling Terkenal di Dunia

Pada November 2018 lalu, StatCounter mengadakan penelitian tentang dekstop share di seluruh dunia.

Hasilnya, terdapat 5 browser yang paling banyak digunakan oleh pengguna internet dunia, yaitu Google Chrome dengan pengguna sekitar 72,4% dari seluruh pengguna internet, Mozilla Firefox dengan pengguna 9,1%, Internet Explorer dengan total 5,4%, Safari dengan total 5,1%, dan Microsoft Edge dengan pengguna sekitar 4,0%.

Namun, kita akan membahas tentang 5 browser yang paling terkenal di seluruh dunia, yaitu Google Chrome, Mozilla Firefox, Internet Explorer, Opera, dan Safari. Yuk kita intip.


Google Chrome

Google Chrome merupakan browser milik Google yang pertama kali diluncurkan pada tahun 2008 untuk Windows. Tetapi kemudian browser ini juga bisa digunakan untuk pengguna Linux, macOS, iOS, dan Android.

Dulu CEO Google, Eric Schmidt, tidak setuju jika Google meluncurkan browser, karena ia tidak ingin perusahaannya yang saat itu belum terlalu besar ikut-ikutan perang browser. Tetapi, kemudian co-founder Google mempekerjakan beberapa mantan teknisi Mozilla Firefox dan membuat demo Google Chrome. Barulah Schmidt setuju dengan ide pengembangan Google Chrome ini.

Kabarnya Google Chrome mulai dikembangkan sejak tahun 2004. Saat itu, Mozilla Firefox sedang berjaya dan menggeser popularitas Internet Explorer karena Internet Explorer memiliki banyak masalah keamanan yang cukup serius.

Chrome memiliki banyak kelebihan dibandingkan browser-browser lainnya, mulai dari sistem keamanan dan privasi, tampilan, hingga hiburan berupa permainan T-Rex yang muncul jika Chrome tidak terkoneksikan pada internet.


Mozilla Firefox

Mozilla Firefox merupakan browser yang dikeluarkan oleh The Mozilla Foundation. Saat ini Firefox tersedia untuk para pengguna Windows, macOS, Linux, BSD, dan lain-lain. Selain itu, sekarang juga ada Firefox for Android yang bisa diinstall di android kamu.

Firefox pertama kali dibuat pada tahun 2002, tetapi Firefox baru diluncurkan pada tahun 2004 dan segera menarik lebih dari 60 juta pengguna internet di seluruh dunia hanya dalam waktu sembilan bulan, mengalahkaN dominasi Internet Explorer.

Puncaknya pada tahun 2009, Mozilla Firefox mengalahkan kepopuleran Internet Explorer karena jauh lebih unggul dari segi keamanan. Lalu pada tahun 2010, IBM meminta seluruh pegawainya untuk mengunakan Firefox sebagai browser default mereka.

Firefox tetap menjadi favorit para pengguna internet, hingga kemudian Google Chrome menggeser posisinya ke nomor dua sejak November 2011. Salah satu keunggulan Mozilla Firefox adalah keamanannya, menu library, dan smart bookmark foldersnya.


Internet Explorer

Hingga tahun 2003, Internet Explorer merupakan browser yang paling banyak digunakan. Sekitar 95% pengguna internet di dunia menggunakan Internet Explorer pada masa itu. Namun, sejak Mozilla Firefox diluncurkan pada tahun 2004, pengguna Internet Explorer terus mengalami penurunan.

Jumlah penggunanya terus mengalami penurunan ketika Internet Explorer sering diserang oleh berbagai spyware, adware, dan virus-virus komputer lainnya karena sistem pengamanannya yang lemah sejak tahun 2005. Barulah pada Desember 2010, para peneliti berhasil menambahkan fitur Protected Mode dalam Internet Explorer.

Sayangnya popularitas Internet Explorer terus menerus turun, dan pada tahun 2011 muncul sebuah malware bernama Internet Explorer-Emergency Mode. Bentuknya mirip dengan Internet Explorer, hanya saja tombolnya lebih sedikit dan tidak ada search bar. Jika pengguna membuka browser lainnya, seperti Chrome, Firefox, atau bahkan Internet Explorer sendiri, malware inilah yang akan muncul.


Opera

Opera adalah sebuah software web browser yang diluncurkan oleh perusahaan asal Norwegia, Opera Software AS. Browser ini pertama kali diluncurkan pada tahun 1995. Hingga saat ini, terdapat tiga versi mobile Opera yang bisa diinstal di ponsel kamu, yaitu Opera Mobile, Opera Touch, dan Opera Mini.

Dulunya, Opera ini hanya bisa digunakan untuk pengguna Windows saja. Tapi kini Opera bisa digunakan oleh berbagai sistem operasi. Opera memiliki banyak fitur yang akhirnya diadopsi oleh web browser lainnya, seperti misalnya Speed Dial, pop-up blocking, private browsing, dan juga tabbed browsing.

Pada tahun 2018, Opera menjadi satu-satunya dan merupakan browser pertama yang dilengkapi dengan built-in Crypto Wallet. Jadi para pengguna mata uang kripto bisa menyimpan uang kripto mereka di Opera. Keren juga ya.


Safari

Safari adalah browser yang diluncurkan oleh Apple pada tahun 2003. Awalnya Safari hanya bisa digunakan di Mac OS saja, tetapi kemudian sejak tahun 2007, Safari juga bisa digunakan di Windows. Safari memiliki berbagai kelebihan. Browser ini kabarnya bisa mengolah aplikasi berbasis web dengan lebih cepat. Desainnya pun lebih menarik dibanding browser-browser lainnya.

Sayangnya, tampilan browser yang menarik ini bisa jadi justru janggal bagi pengguna windows, jadi banyak pengguna windows yang kebingungan menggunakan browser keluaran Apple ini. Tetapi untuk para pengguna produk Apple, browser ini lebih mudah digunakan dan lebih nyaman.


Browsing Aman dengan Private Browsing

Ingin melakukan browsing secara aman atau secara rahasia? Yuk kita kupas bagaimana caranya.

Apa sih sebenarnya private browsing itu, intinya kita browsing secara rahasia, histoy browsing kita tidak disimpan dan privasi akan terjaga.

Karena browser yang sering dipakai adalah Google Chrome, kita hanya akan membahas private browsing dengan Google Chrome saja. Berikut langkahnya.

1. Pertama, buka Chrome dengan perangkat kamu.

2. Di bagian kanan atas komputer, android, atau iphone kamu, klik Lainnya, lalu Jendela Samaran Baru. Nanti akan muncul ikon penyamaran.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan keyboard kamu dengan klik Ctrl+Shift+n jika kamu memakai komputer Windows, Linux, atau Chrome OS. Jika kamu memakai Mac, kamu bisa tekan tombol ⌘+Shift+n. Untuk menghentikan mode penyamaran, kamu cukup buka jendela samaran dan klik tutup. Mudah kan?

Itulah sekilas informasi yang perlu kamu ketahui tentang browsing. Bagaimana? Apakah ada informasi yang kamu tahu tetapi belum tercantum di sini? Yuk share di kolom komentar.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar