Skip to main content
Si Ipung

follow us

Segera berlangganan !! Akan hadir video dan tutorial menarik dari siipung.com dengan cara Subscribe ke youtube, klik Siipung Channel

×

Fungsi router , pengertian router , semua dibahas sangat lengkap

Mempelajari Semua Hal tentang Router

Fungsi router adalah secara sederhana sebagai penghubung jaringan - Pada postingan kali ini siipung.com akan membahas semua tentang router.

Kemajuan teknologi pada saat ini memang sangatlah pesat, di mana ada banyak sekali manfaat yang didapatkan.

Salah satu aspek yang sangat terlihat sekali perkembangannya adalah komunikasi, di mana pada saat ini masyarakat dapat berhubungan dengan orang lain yang berada di tempat yang sangat jauh, tanpa mempermasalahkan waktu dan pada saat itu juga tanpa harus menunggu lama.

Dengan adanya perkembangan yang pesat tersebut, tentu ada banyak sekali barang yang diciptakan agar dapat memudahkan jaringan komunikasi supaya dapat terhubung.

Komunikasi pada saat ini sendiri dapat dihubungkan melalui sebuah komputer atau ponsel yang sekarang menjadi sebuah barang yang sangat penting untuk dimiliki.

Dan untuk dapat menghubungkan jaringan antar komputer dibutuhkan alat yang bernama Router atau dalam Bahasa Indonesia diartikan sebagai router .


Fungsi router, Pengertian router, Sejarah router, Dan Cara Kerja Router

Untuk dapat memahami lebih jelas tentang alat penghubung jaringan ini, Anda dapat melihat penjelasanya tentang pengertian router, sejarah, penggunaan dan cara kerjanya.

Berikut adalah penjelasnya :


Pengertian Router

Ada beberapa pengertian yang diberikan oleh para ahli, namun menurut Wikipedia Router atau penghala adalah sebuah alat untuk mengirimkan sebuah paket data melalui jaringan atau internet agar dapat mencapai tujuannya.

Prosesnya sendiri sering kali disebut sebagai routing. Di mana routing adalah sebuah proses yang terjadi saat pengiriman paket data dari jaringan satu ke jaringan yang lainnya, melalui 3 lapisan (jaringan internet protocol) dari stack protokol 7-lapis OSI .


Sejarah Router

Sejarah pembuatan Router sendiri diawali dari sepasang suami istri yang bernama Len dan Sandy Bosack, di mana pasangan ini bekerja di tempat dua departemen yang berbeda.

Pada saat sedang ada masalah saat pembuatan komputer, mereka berdua menciptakan sebuah server gateway untuk dapat berkomunikasi dengan menggunakan satu Protokol IP. Berawal dari itulah sepasang suami istri ini akhirnya menciptakan sebuah sistem yang dinamai dengan Cisco (c dalam huruf kecil).

Setelah itu akhirnya alat untuk melakukan routing ini pun tercipta dengan nama Cisco yang menjadi salah satu perusahaan besar, di mana mereka menangani tentang sambungan jaringan antar komputer ini.


Fungsi Router

Router sendiri mempunyai berfungis sebagai membagikan IP addres dengan cara statis dan juga Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP) kepada semua komputer yang sudah dihubungkan dengan menggunakan alat ini.

Dengan adanya IP unik pada alat yang terhubung pada setiap komputer ini, maka dapat memungkinkan sebuah komputer dapat saling berkomunikasi, baik secara LAN atau internet.

elain fungsi tersebut, masih ada beberapa fungsi lainnya yang perlu diketahui, berikut ini adalah fungsinya :


Fungsi utama

Fungsi utama router atau penghala yaitu untuk menghubungkan satu atau lebih jaringan agar dapat menyampaikan data dari suatu jaringan ke jaringan yang lain.

Alat ini sendiri sangat berbeda dengan Switch, di mana Switch hanya menghubungkan jaringan satu dan lainnya dengan membentuk LAN (Local Area Network), sedangkan router atau penghala menghubungkan LAN dengan LAN lain.

Router atau Penghala juga dapat berfungsi sebagai alat transmisi informasi dari satu jaringan ke jaringan lain yang sistem kerjanya mirip seperti Bridge.

Router atau Penghala juga dapat berfungsi agar dapat menghubungakan jaringan lokal ke sebuah koneksi DSL biasa juga disebut DSL router. alat ini biasanya mempunyai fungsi firewal agar dapat melakukan sebuah penapisan sumber serta alamat tujuan paket tersebut, namun tidak semua dari alat alat ini memiliki fungsi yang sama.

Jangan lupa lihat pula apa fungsi dari firewall, firewall sangat penting loh bagi komputer kamu.

Router atau Penghala yang memiliki fitur ini dapat disebut sebagai packet – filtering router. Fungsi umum dari alat ini adalah untuk dapat mencegah data yang masuk melalui broadcast agar tidak terjadi sebuah broadcast strom yang dapat membuat jaringan atau pengiriman data menjadi lambat.


Cara Kerja Router

Router sendiri berkerja untuk dapat memberikan sebuah rute pada data informasi yang biasa disebut dengan routing.

Dengan routing tersebut, maka alat ini akan dapat mengetahui arah rute pengiriman atau perjalanan informasi tersebut akan dituju dan memastikan apakah jaringan yang dituju sama. Jika data yang dituju mempunyai rute yang berbeda,

maka alat ini akan mencari sebuah rute agar paket data tersebut sampai.

Dan jika jaringan yang dituju berada dalam satu jaringan yang sama, maka secara otomatis alat ini akan memblokir informasu tersebut keluar dan menyampaikan informasi tersebut ke jalan yang dituju secara langsung.


Perbedaan router dengan bridge

Sebelum masuk ke dalam materi selanjutnya, ada satu hal yang sangat penting yang perlu dipahami. Pada fungsi router atau Penghala telah disebutkan bahwa router atau penghala merupakan sebuah alat transmisi yang cara kerjanya mirip dengan bridge


Ada perbedaan yang sangat jelas antara kedua alat transmisi ini, berikut ini adalah perbedaan antara router dan bridge :

1. Perbedaan yang pertama adalah berdasarkan dari fungsinya, di mana bridge berfungsi sebagai sebuah jembatan yang memecah atau menggabungan sebuah jaringan, di mana router atau penghala adalah alat untuk menghubungkan sebuah jaringan.

2. Secara metode, di mana pada bridge menggunakan metode yang lebih sederhana yaitu dengan cara teknisi hanya perlu menghubungkan jaringan dengan perangkat bridge yang sudah tersedia dan langsung menghubungkan server yang sudah ada. Di mana router atau Penghala memakai metode yang lebih rumit yaitu dengan menggunakan sebuah tabel routing.

3. Perbedaan yang ketiga adalah router atau Penghala digunakan untuk menghubungkan jaringan LAN dengan jaringan internet, sedangkan bridge hanya menghubungkan antar jaringan LAN.

Router sendiri dapat dijadikan sebuah modem untuk dapat terhubung di jaringan internet, sedangkan bridge tidak bisa dijadikan sebuah modem.


Jenis-Jenis Router Dari Pengaplikasian Dan Mekanisme

Router sendiri dibagi dalam beberapa jenis yang dikategorikan dari pengaplikasiannya dan mekanismenya.

Untuk dapat memahaminya, berikut ini adalah penjelasan dari jenis jenis alat router tersebut :


Jenis Router Berdasarkan Pengaplikasiannya

Router Aplikasi

Router atau Penghala jenis ini adalah salah satu aplikasi yang bisa digunakan dengan cara menginstalnya pada sistem operasi komputer, sehingga sistem operasi computer tersebut dapat bekerja seperti sebuah alat router atau penghala. Contohnya adalah aplikasi WinGate , WinProxy Winroute, SpyGate dll.


Router Hardware

Router hardware adalah perangkat keras yang memiliki kemampuan seperti alat pengatur rute jaringan ini, di mana alat ini akan membagi alamat IP. Jenis router atau penghala yang satu ini dapat membagi IP addres dalam satu wilayah, contoh dari jenis router atau penghala ini adalah access point, di mana wilayah yang mendapatkan alamat IP atau jaringan internet ini disebut Hot Spot Area.


Router PC

Jenis yang satu ini adalah sebuah komputer yang telah dimodifikasi ulang sedemikian rupa sehingga dapat dijadikan sebagai router .

Untuk dapat membuat jenis router ini sendiri tidak membutuhkan sebuah komputer yang mempunyai spesifikasi yang tinggi. Komputer yang hanya menggunakan Pentium 2 dengan hard drive 10 GB dan ram 64 serta telah tersedia LAN Card, sudah dapat digunakan sebagai alat penghubung jaringan ini.

Komputer yang dijadikan alat ini harus sudah diinstal khusus agar dapat menjadi sebuah router . Sistem operasi yang pada saat ini sering digunakan untuk router jenis ini sendiri disebut dengan Mikrotik.


Jenis Router Berdasarkan Mekanisme

Router Statis/ Static Router

Jenis dari router ini difokuskan bagaimana cara sebuah router dapat melakukan pencarian rute dalam sebuah jaringan, di mana secara mekanisme biasanya akan membutuhkan sebuah tabel yang biasa disebut tabel routing atau tabel penghalaan.

Cara kerja dari jenis ini sendiri biasanya dilakukan dengan cara manual dan dijalankan oleh seorang Administrator yang menggunakan tabel routing. dalam jenis ini sendiri Administrator bertanggung jawab secara penuh atas semua proses routing yang dilakuan dengan menggunakan tabel tersebut,

di mulai dengan membuat jalur atau rute baru, menghapus rute, memindahkan rute, dan sebagainya.

Administrator juga menjadi seseorang yang memegang atau memberikan ijin yang ada pada router ini. Router jenis ini sendiri mempunyai kekurangan dan juga kelebihan yang harus diketahui, berikut ini adalah kelebihan dan kekurangannya:

Kelebihan :  Administrator dapat mengatur jalannya rute yang akan dilalui oleh informasi, di mana Administrator akan memberikan sebuah jalur mana yang boleh dilewati dan mana yang tidak boleh dilewati.

Proses routing dapat dilakukan secara cepat dan dapat dilakukan kapan saja, tanpa adanya syarat-syarat tertentu.

Tabel routing akan dapat memudahkan Administrator dalam melakukan sebuah proses routing

User dapat meminta ijin pada Administrator agar dapat melakukan sebuah routing, sehingga yang dapat melakukannya tidak tertuju pada satu orang saja.

Kekurangan :  Administrator harus dapat memahami mengenai sistem dan juga command yang ada pada tabel routing

Membutuhkan seorang ahli yang sangat memahami tentang routing agar semua proses ini dapat berjalan secara statistis

Kemampuan Administrator dalam pembuatan tabel routing sangatlah penting, di mana hal ini sangat diperlukan apabila ada penghapusan atau penambahan rute

Jenis ini tidak cocok untuk digunakan pada sebuah jaringan yang luas, sibuk dan memiliki banyak user.


Router Dinamis/ Dynamic Router

Router Dinamis sendiri merupakan kebalikan dari jenis statis, di mana pada jenis dinamis ini semua akan dilakukan secara otomatis dan juga dinamis.

Pada jenis dinamis ini, semua akan dikerjakan secara otomotis sesuai dengan perintah Administrator. di mana secara otomatis akan melakukan routing ke user yang sudah ditentukan,

melalui jalur yang sudah ditentukan, dapat menghapus rute yang sudah tidak terpakai lagi, membuat sebuah jaringan baru, menolak akses routing pada user yang sudah ditentukan, dan masih banyak lagi.

router jenis ini sendiri dapat dikatakan mempunyai kelebihan yang lebih baik dari jenis statis. adapun kelebihan dari router Dinamis ini, berikut ini adalah kelebihannya :

Kelebihan : Lebih praktis dan juga efisien, karena alat penghubung jaringan ini bisa bekerja secara otomatis

Pekerjaan Administrator lebih ringan, karena tidak perlu memahami tentang tabel routing.

Sangat cocok digunakan untuk sebuah jaringan yang lebih besar, luas dan mempunyai user yang banyak seperti broadband.

Kekurangan : dari penggunaan jenis dinamis ini adalah terkadang Administrator tidak dapat mengawasi kemana jalanya atau rute dari sebuah informasi dikirimkan.


Wireless Router

Sebuah router nirkabel adalah perangkat yang melakukan fungsi dari router dan juga termasuk fungsi dari titik akses nirkabel .

Ini digunakan untuk menyediakan akses ke Internet atau jaringan komputer pribadi .

Tergantung pada pabrikan dan modelnya, dapat berfungsi dalam jaringan area lokal berkabel , dalam LAN nirkabel saja , atau dalam jaringan kabel dan nirkabel campuran.

Fitur :
Sebagian besar router nirkabel saat ini memiliki karakteristik berikut:

  • Satu atau beberapa NIC yang mendukung Fast Ethernet atau Gigabit Ethernet terintegrasi ke dalam SoC utama .
  • Beberapa router yang lebih baru memiliki fitur Agregasi Tautan yang memungkinkan dua port untuk digunakan bersama-sama meningkatkan throughput dan redundansi.
  • Satu atau beberapa WNIC yang mendukung bagian dari standar IEEE 802.11 juga terintegrasi ke dalam SoC utama atau sebagai chip terpisah pada papan sirkuit tercetak . Ini juga dapat berupa kartu berbeda yang terhubung melalui antarmuka MiniPCI atau MiniPCIe .
  • Sejauh ini, PHY -Chips untuk WNIC umumnya adalah chip yang berbeda pada PCB. Bergantung pada mode yang didukung WNIC, yaitu 1T1R, 2T2R atau 3T3R, satu WNIC memiliki hingga 3 PHY-Chips terhubung ke sana. Setiap PHY-Chip terhubung ke konektor Hirose U.FL pada PCB. 
  • Kabel pigtail disebut menghubungkan Hirose U.FL baik ke konektor RF , dalam hal ini antena dapat diubah atau langsung ke antena, dalam hal ini terintegrasi ke dalam casing. Umum adalah antena single-band (yaitu hanya untuk 2,4 GHz atau hanya untuk 5 GHz), dual-band (yaitu untuk 2,4 dan 5 GHz) dan tri-band (yaitu untuk 2,4 GHz dan dua 5 GHz).
  • Seringkali switch Ethernet mendukung Gigabit Ethernet atau Fast Ethernet, dengan dukungan untuk IEEE 802.1Q , diintegrasikan ke dalam SoC utama ( MediaTek SoCs) atau sebagai Chip terpisah pada PCB.
  • Beberapa router nirkabel dilengkapi dengan modem xDSL , modem DOCSIS , modem LTE , atau modem serat optik terintegrasi.
  • IEEE 802.11ac kompatibel.
  • Beberapa router nirkabel dual-band mengoperasikan band 2,4 GHz dan 5 GHz secara bersamaan.
  • Banyak router nirkabel dual-band memiliki kecepatan transfer data melebihi 300 Mbit / s (Untuk band 2,4 GHz) dan 450 Mbit / s (Untuk band 5 GHz).
  • Beberapa router nirkabel menyediakan beberapa aliran yang memungkinkan banyak kecepatan transfer data (yaitu, router nirkabel tiga-aliran memungkinkan transfer hingga 1,3 Gbit / dtk pada pita 5 GHz).
  • Tombol klon Wi-Fi menyederhanakan konfigurasi Wi-Fi dan membangun jaringan rumah terpadu yang mulus, memungkinkan Super Range Extension, yang berarti dapat secara otomatis menyalin SSID dan Kata Sandi router Anda.
  • Beberapa router nirkabel memiliki satu atau dua port USB. Untuk router nirkabel yang memiliki satu port USB, itu ditujukan untuk printer atau hard disk drive eksternal / desktop. Untuk router nirkabel yang memiliki dua port USB, satu ditujukan untuk printer dan yang lainnya ditujukan untuk drive hard disk eksternal desktop atau mobile.
  • Beberapa router nirkabel memiliki port USB yang dirancang khusus untuk menghubungkan modem broadband seluler , selain menghubungkan router nirkabel ke Ethernet dengan xDSL atau modem kabel. Jadi, dapat dimasukkan adapter USB broadband seluler ke router untuk berbagi koneksi Internet broadband seluler melalui jaringan nirkabel.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar