Skip to main content
Si Ipung

follow us

Stay home but let your heart should be in a spirit of prayer.

Sayangi bumi, sayangi kehidupan diatasnya dengan menjaga alam


Kita dan alam saling menjaga

Di bumi ini kita lahir, kita dibesarkan, kita mengerti kehidupan dan kita tahu betapa indah alam ini.
Kita pasti tidak ingin alam kehilangan indahnya dan alam rusak karena ulah manusia, bahkan alam juga bisa berbahaya jika terus kita hilangkan kelestariannya.

Kita tidak mau semua itu terjadi, oleh karena itu mulai dari sekarang, mulai dari saat ini dan mulai dari diri kita sendiri harus selalu menjaga alam agar alam juga menjaga kita.

Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk menjaga alam, mulai dari hal terkecil seperti buang sampah pada tempatnya, membersihkan lingkungan setiap hari, menghemat energi dan masih banyak lagi.

Marilah kita bersama-sama menjaga alam ini agar alam juga menjaga kita, dengan beberapa cara dibawah ini :

1. Buang sampah pada tempatnya


Membuang sampah pada tempatnya adalah hal yang sering didengar dan juga sering dilanggar oleh manusia, padahal nasehat ataupun perintah itu telah kita dapatkan sejak usia dini.

Namun kenapa kita sekarang sering lalai ?

Membuang sampah pada tempatnya adalah hal sederhana yang seharusnya bisa kita lakukan untuk menjaga alam. Dengan membuang sampah pada tempatnya sungai tidak akan tercemar, lingkungan juga menjadi bersih dan sehat.

2. Berhenti membakar sampah


Banyak dari kita saat melihat sampah sudah menumpuk dan pastinya tidak enak dilihat mata langsung ingin membakar sampah. Memang benar dengan cara membakar bisa langsung menghilangkan sampah.

Namun banyak efek negatif dari membakar sampah, tidak hanya bagi lingkungan, namun bagi kesehatan manusia asap hasil pembakaran sampah sangat berbahaya.

Lantas bagaimana solusinya ?
  • Tidak boros penggunaan produk yang menghasilkan sampah, seperti kantong plastik, botol minuman.
  • Gunakan bahan daur ulang, menggunakan ulang bahan sisa seperti botol minuman sebagai kotak pensil.
  • Manfaatkan sebagai pupuk, sisa bahan makanan ataupun daun bisa dijadikan pupuk untuk tanaman.
  • Membuang sampah dengan benar, seperti pada tempat pembuangan sampah.

3. Menghemat energi


Setiap hari kita selalu menggunakan energi seperti listrik dan bahan bakar untuk kendaraan bermotor, salah satu upaya untuk menjaga alam adalah dengan menghemat energi.

Menghemaat energi bisa kita lakukan dengan cara:
  • Mematikan lampu saat siang hari
  • Mematikan peralatan elektronik yang tidak dipakai
  • Menggunakan angkutan umum saat berpergian
  • Memakai produk hemat energi
Dengan melakukan hemat energi kita bisa menjaga alam dan juga membuat kita semakin hemat.

4. Menggunakan produk daur ulang


Sudah kita singgung diatas, menggunakan produk daur ulang merupakan salah satu upaya nyata untuk menjaga alam dan mengurangi jumlah sampah. Menggunakan bahan sisa yang masih bisa difungsikan adalah hal baik untuk menghemat uang dan menjaga alam.

Banyak sekali contoh produk daur ulang yang bisa digunakan seperti pot dari botol minuman, kotak pensil dari botol minuman, dan mainan dari sisa barang elektronik.

5. Membersihkan linkungan setiap hari


Kebersihan merupakan kunci kesehatan dan juga keindahan. Alangkah baiknya jika kita menjaga alam ini dengan cara rutin membersihkan lingkungan sekitar setiap hari, ketika kita menemukan sampah berserakan sebaiknya kita membuang pada tempatnya.

Membersihkan lingkungan adalah upaya untuk menjaga alam, hanya dengan runtin membuang sampah yang berserakan pada tempatnya kita sudah mengurangi dampak terjadinya banjir.

6. Tidak mencemari sungai


Tidak hanya sampah rumah tangga saja yang berbahaya jika dibuang ke sungai, namua bahan kimia juga sangat berbahaya jika terbuang kesungai. Kini sudah tidak asing lagi kita menemui sungai kotor, berbau tidak sedap, berwarna keruh, tentu saja semua itu tidak enak dilihat mata.

Semua hal tersebut terjadi karena sampah rumah tangga dan masuknya zat polutan atau zat-zat kimia. Pencemaran sungai terjadi karena masyarakat sering membuang sampah ke sungai dan limbah industri yang langsung dibuang ke sungai.

Dampak pencemaran air sungai:
  • Menimbulkan bau tidak sedap
  • Sungai menjadi kotor dan tidak enak dipandang mata
  • Berkurangnya ketersediaan air bersih
  • Ikan dalam sungai akan terganggu kehidupannya karena air tercemari
  • Timbul bahaya banjir karena aliran sungai terganggu oleh sampah

7. Hindari tebang liar, lakukan tebang pilih


Di negara kita Indonesia memiliki hutan yang luas dan keragaman jenis populasi didalamnya, selain hutan sebagai tempat tinggal untuk hewan-hewan, hutan juga berfungsi sebagai paru-paru dunia.

Namun seiring berjalannya waktu semakin banyak saja penebangan liar yang tentunya merusak hutan tersebut, dampak penebangan liar tidak hanya menyebabkan hutan gundul tapi berdampak pula bagi kehidupan kita manusia.

Berikut ini beberapa dampak dari penebangan liar :
  • Berakibat banjir
  • Kesuburan tanah berkurang
  • Punahnya keragaman hayati
  • Global warming
Dampak tersebut dapat kita hindari agar tidak berakibat buruk bagi kita dan lingkungan.

Upaya-upaya yang harus dilakukan untuk melindungi hutan :
  • Melakukan penghijauan kembali
  • Melakukan tebang pilih
  • Menerapakan sistem tebang tanam
  • Memberikan sanksi yang berat kepada pelaku penebangan liar

8. Menanam pohon dipinggir jalan kota


Semakin padat penduduk dikota, semakin banyak pula yang menggunakan kendaraan bermotor, dan saat ini kendaraan pribadi memang menjadi pilihan utama bagi masyarakat, namun ada dampak buruknya seperti menimbulkan kemacetan dan polusi udara yang semakin meningkat.

Untuk mengurangi pencemaran udara bisa beralih dari kendaraan pribadi ke kendaraan umum dan kita juga bisa menanam pohon-pohon dipinggir jalan raya, pohon dapat mengurangi pencemaran udara yang diakibatkan oleh asap kendaraan bermotor.

9. Melarang perburuan liar


Bicara tentang menjaga alam, tentang kata perburuan liar tidak hanya untuk hewan saja namun bisa terjadi juga pada tanaman.

Perburuan liar dapat terjadi karena hewan atau tanamn tersebut memiliki harga tinggi dan sangat berharga, dampak dari perburuan liar tentu banyak seperti punahnya jenis tanaman atau hewan khusus.

Perburuan liar dapat terjadi karena :
  • Tanaman atau hewan tersebut dilindungi hukum
  • Tanaman atau hewan tergolong jenis langka dan terancam punah
  • Tanaman atau hewan telah ditandai sebagai penelitian
  • Tanaman atau hewan berada diwilayah yang dibatasi


Itulah beberapa hal yang bisa kita lakukan, ingatlah bahwa Kita jaga alam, alam jaga kita

Kalimat memanusiakan diri dengan cara menjaga alam sangat tepat untuk diterapkan dalam kehidupan, karena Tuhan telah menciptakan alam ini dengan indahnya untuk kita jaga dan kita manfaatkan dengan baik, bukan untuk kita rusak.

Tuhan pasti tidak senang jika kita semena-mena dengan alam, kita manusia adalah makhluk paling sempurna, oleh karena itu kita diharuskan bisa menjaga alam agar tetap lestari.

Masih banyak hal lagi yang bisa kita lakukan untuk menjaga alam ini agar merasa nyaman dan aman, mari kita budayakan budaya sadar bencana.


Semoga dengan adanya artikel ini membuat kita sadar dan segera bertindak, jangan lupa bagikan
artikel ini.

#BudayaSadarBencana
#KenaliBahaya
#SiapkanStrategi
#SiapUntukSelamat
#KitaJagaAlam
#AlamJagaKita

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar