Skip to main content
Si Ipung

follow us

Segera berlangganan !! Akan hadir video dan tutorial menarik dari siipung.com dengan cara Subscribe ke youtube, klik Siipung Channel

×

Pengertian ilustrasi, fungsi ilustrasi dan contoh seni ilustrasi

Pada kesempata ini siipung.com akan membahas tentang Pengertian Ilustrasi, Jenis-jenis ilustrasi, Fungsi dan Contohnya

Istilah ilustasi serta ilustrator akhir-akhir ini semakin banyak digunakan. Selain itu, hadirnya berbagai gambar ilustrasi semakin membuat orang semakin dekat dengan gambar ilustrasi tersebut.

Sebenarnya apa sih pengertian ilustrasi itu?

Apakah sebuah gambar yang memiliki kesan unik dan menarik begitu saja? Daripada penasaran, kali ini kami akan membahas mengenai pengertian ilustrasi dan berbagai informasi lain terkait dengan gambar ilustrasi.

Yuk, langsung saja simak uraian artikel berikut ini.


Pengertian ilustrasi

Pengertian ilustrasi adalah sebuah gambar yang dihasilkan dari tulisan yang kemudian diwujudkan dalam bentuk lukisan, drawing, fotografi atau berbagai teknik seni rupa lain. Bisa juga dikatakan, gambar ilusrasi adalah gambar yang lebih mengutamakan keterkaitan antara subyek dengan seuah tulisan tertentu dengan maksud untuk membandingkan bentuknya.

Gambar ilustrasi adalah sebuah gambar yang bertujuan untuk memberikan penjelasan terkait maksud tertentu. Kebanyakan, gambar ilustrasi ini digunakan sebagai gambar pelengkap atau gambar hiasan. Harapannya, dengan hadirnya sebuah gambar, maka orang akan semakin mudah menerima informasi.

Gambar ilustrasi yang baik yaitu sebuah gambar yang dapat membantu serta merangsang pembaca untuk bisa lebih berimajinasi melalui cerita yang dihadirkan. Hal ini sesuai dengan asal kata dari ilustarsi itu sendiri, yaitu “Ilustrate” yang berarti menjelaskan. Hingga sekarang ini, gambar ilustrasi semakin berkembang, dan penggunannya juga dalam berbagai kebutuhan.

Lihat pula pengertian grafika


Pengertian ilustrasi menurut para ahli

Banyak ahli yang mengungkapkan mengenai pengertian ilustrasi, diantaranya adalah sebagai berikut:


1. Pengertian ilustarsi menurut Rohidi

Rohidi memberikan pengertian ilustarasi adalah sebuah gambar ilustrasi terkait dengan seni rupa dengan memaparkan berbagai elemen rupa. Elemen rupa itu sendiri digunakan supaya lebih memberikan kesan indah dan memperjelas maksud tertentu. Dengan adanya hal tersebut maka pembaca bisa merasakan secara langsung melalui mata dan alat gerak mengenai kesan dari cerita yang dihadirkan tersebut.


2. Pengertian ilustrasi menurut Martha Thoma

Gambar ilustrasi adalah gambar yang memiliki hubungan dengan lukisan dan telah mengalami pekembangan dalam berbagai hal. Antara gambar ilustrasi dan juga lukisan sama-sama mengambil inspirasi dari karya sastra. Akan tetapi lukisan hanya digunakan untuk mengiasai langit-langit atau dinding-dinding saja. Sedangkan untuk gambar ilustrasi ini digunakan untuk menghiasai naskah tertentu supaya cerita yang dihadirkan semakin jelas.


3. Pengertian ilustrasi menurut Soedarso

Ilustrasi adalah seni lukis atau seni gambar yang dalam kehadirannya bertujuan untuk memberikan penjelasan terkait dengan hal tertentu.


4. Pengertian ilustrasi menurut Fariz

Gambar ilustrasi adalah gambar hasil dari ekspetasi dari ketidakmungkinan serta tidak berbeda jauh dari angan-angan, memiliki sifat virtual atau maya.


Sejarah ilustrasi

Setelah membahas pengertian ilustrasi, pembasan terkait dengan gambar ilustrasi selanjutnya berlanjut pada sejarah gambar ilustrasi itu sendiri. Membahas mengenai sejarahnya, mari kita tarik dari konsep ilustrasi pada masa silam, dimana pada masa tersebut ilustrasi menggunakan konsep tulisan hierioglif serta lukisan dalam dinding prasejarah.

Di Amerika Serikat ilustari mengalami masa keemasan. Masa keemasan gambar ilustari adalah tahun 1880, tepatnya setekah perang dunia I. Hal tersebut terjadi seiring dengan semakin popularnya surat kabar, majalah dan juga buku yang menggunakan ilustrasi tertentu. Hingga saat ini kita melihat cukup banyak para ilustrator yang kaya raya. Mereka banyak mendapatkan inspirasi dari ilustrasi yang berkembang di Amerika pada masa keemasan itu.

Perkembangan semakin meluas hingga ke Eropa. Di Eropa, masa kejayaan seni karikatur ini dipengaruhi oleh berbagai kelompok, seperti Pre Raphaelite dan juga berbagai gerakan yang mengarah pada desain Arts serta Crafts Movement , Les Nabis , Art Noeveau dan berbagai gerakan lainnya.

Kemudian di masa sekarang ini, dunia ilustrasi juga semakin mengalami perkembangan. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya software yang digunakan untuk menciptakan gambar ilustrasi. Seperti Photoshop, Adobe Ilustrator, CorelDraw serta CAD. Meskipun sudah hadir berbagai software ilustrasi, hasil ilustrasi tradisional sampai sekarang ini masih memiliki nilai jual yang tinggi.

Untuk di Indonesia sendiri, kehadiran ilustrasi dimulai dari lukisan yang ada di gua, tepatnya di Kabupaten Maros, provinsi Sulawesi Selatan serta di Papua Barat. Disana bisa dilihat jejak ilustrasi yang memiliki umur mencapai 5000 tahun. Mengenai gambar jejaknya, menggambarkan tumpukan jari tangan dengan terakota berwarna merah.

Selain itu juga ditemukan berbagai lukisan gua, salah satunya wayang beber di dalam hiburan tradisional mayarakat Jawa serta Bali. Gambar wayang tersebut merupakan gambar ilustrasi yang menceritakan alur cerita mahabarata, serta berbagai tradisi lain yang muncul seiring dengan berdirinya kerjaan Sriwijaya di Sumatera Selatan.


Tujuan ilustrasi atau fungsi ilustrasi

Gambar ilustrasi adalah gambar yang didalamnya terkandung peran atau tujuan tertentu dengan maksud untuk menyampaikan maksud tertentu. Dengan demikian, sudah pasti gambar ilustrasi ini memiliki beberapa tujuan dan fungsi. Tujuan dan fungsi ilustrasi adalah sebagai berikut:


1. Untuk menarik perhatian orang

Gambar ilustrasi adalah gambar yang bertujuan untuk menarik perhatian orang. Coba kita amati sebuah buku atau majalah yang tidak memuat gambar ilustrasi. Bisa dikatakan buku atau majalah tersebut akan kurang menarik. Oleh karena itu maka dihadirkan sebuah gambar yang bisa menarik perhatian orang. Gambar tersebut tidak lain adalah gambar ilustrasi.


2. Untuk mempermudah orang memahami keterangan tertentu

Tujuan gambar ilustrasi selanjutnya adalah untuk memudahkan orang supaya lebih mudah memahami sebuah keterangan tertentu. Dengan adanya gambar ilustarsi, maka setiap orang akan bisa memahami bacaan dengan mudah.

Hal itu dikarenakan tidak semua hal yang ditulis bisa dipahami semuanya. Oleh karena itu, maka ditambahkan sebuah ilustrasi untuk memberikan pemahaman menyeluruh terhadap sebuah teks yang sedang dipaparkan.

Gambar ilustrasi bertujuan untuk menceritakan pengalaman terhadap sebuah kejadian yang dituangkan dalam bentuk gambar.

Itulah fungsi ilustrasi atau tujuan ilustrasi, yang mana ilustrasi tidak dibuat secara asal-asalan.


Unsur gambar ilustrasi

Belejar mengenai gambar ilustrasi rasanya tidak cukup jika hanya memahami mengenai pengertian ilustrasi saja. Untuk itu, berikut ini beberapa unsur yang sebaiknya ada di dalam gambar ilustrasi.


1. Gambar manusia

Ketika akan menggambar sebuah ilustrasi manusia, seorang ilustrator perlu sekali untuk menguasai proporsi atau anatomi utuh dari manusia, tentunya mencakup tubuh anak-anak atau tubuh orang dewasa.

Adapun yang dimaksud dengan proporsi ini sendiri yaitu perbandingan bagian perbagian dalam tubuh manusia. Sedengakan anatomi merupakan kedusukan struktur atau bagian yang nampak sehingga bisa memunculkan semua bentuk tubuh.


2. Gambar binatang

Saat akan menggambar binatang, seorang ilustrator juga perlu untuk memahami proporsi serta anatomi dari tubuh binatang. Tentunya mencakup berbagai jenis binatang, mulai dari binatang darat, udara hingga binatang laut.


3. Gambar Tumbuhan

Terkait dengan gambar tumbuhan ini sendiri ternyata terdapat 2 jenis cara menggambarnya, bisa dengan cara sederhana serta bisa juga dengan cara lengkap. Terkait dengan jenis gambar sederhana ini yaitu menggambar tumbuhan namun tidak lengkap, yang digambar hanya kesannya saja. Sedangkan untuk gambar lengkap, maka tumbuhan digambar secara detail lengkap dengan berbagai bagiannya.

Desainer grafis wajib tahu:
1. Unsur-unsur desain grafis
2. Kategori desain grafis


Jenis-jenis gambar ilustrasi

Setelah memahami pengertian ilustrasi, sejarah, tujuan hingga unsur. Pembahasan mengenai gambar ilustarasi dilanjutkan dengan mengenali jenis-jenis gambar ilustrasi.


1. Gambar ilustrasi naturalis

Jenis gambar ilustrasi yang pertama ini hadir dengan warna serta bentuk yang mirip dengan berbagai bentuk yang ada di alam. Misalnya tumbuhan atau pemandangan alam.


2. Gambar ilustrasi dekoratif

Mengenai jenis yang kedua ini, lebih menekankan pada banyak dekoratif dengan berbagai warna dan juga berbagai bentuk tertentu.


3. Gambar kartun

Untuk jenis gambar ilustrasi kartun ini bisa dijumpai di berbagai buku atau majalah yang memang diberikan untuk anak-anak. Gambar kartun ini dihadirkan dengan tujuan untuk menarik perhatian anak-anak supaya semakin betah ketika membaca.


4. Gambar ilustrasi pelajaran

Gambar ilustrasi pelajaran ini biasanya ditambahkan untuk memberikan penjelasan yang lebih mendalam mengenai sebuah kejadian. Baik kejadian yang bersifat ilmiah ataupun kejadian yang menggambarkan sebuah gambar tertentu.


5. Gambar ilustarasi cerita bergambar

Mengenai jenis gambar yang kelima ini, bisa dijumpai pada komik. Di dalam sebuah komik, ilustrasi digunakan untuk menyatakan sebuah tempat serta mendeskripsikan sebuah cerita dengan menggunakan sudut pandang pembaca. Dengan ini maka pembaca akan semaki tertarik untuk mengikuti alur dari cerita yang dihadirkan tersebut.


Langkah langkah menggambar ilustrasi


1. Gagasan

Langkah pertama untuk membuat gambar ilustrasi adalah memiliki gagasan tertentu. Gagasan ini akan menjadi bahan yang bisa diilustrasikan. Setelah menemukan gagasan, langkah selanjutnya pilih serta pastikan juga adegan apa yang akan dibuat ilustrasi. Selain itu, ketahui juga tokoh-tokoh yang akan ada di dalam ilustrasi tersebut, suasanaya serta coraknya.


2. Sketsa

Setelah menemukan gagasan, langkah membuat gambar ilustrasi selanjutnya adalah membuat rancangan gambar atau kerap dinamakan dengan sketsa. Sketsa bisa dibuah dengan menggunakan media atau juga menggunakan pensil warna. Gagasan yang sudah ada selanjutnya dituangkan bersama dengan proses membuat sketsa. Dalam hal ini usahakan untuk membuat rancangan yang baik.

Silahkan Anda buat coretan awal terkait dengan tata letak serta gerakan yang nantinya akan terjadi. Lanjutkan dengan mamdukan semua unsur yang sudah direncanakan. Setelah itu tambahkan detail sampai semua nampak sempurna. Tidak lupa juga untuk menambahkan corak yang sebelumnya sudah ditentukan. Usahakan setiap unsur memiliki corak yang sama. Dengan demikian maka gambarnya tidak terkesan seperti kolase.


3. Pewarnaan

Setelah selesai membuat sketsa, lanjutkan dengan memberikan warna. Anda bisa memberikan pewarnaan dalam dua jenis corak, yaitu corak realis serta corak non realis. Jika menggunakan pewaranaan realis maka hasilnya sesuai dengan bentuk aslinya. Di sisi lain untuk pewarnaan non realis, maka bisa dengan memberikan warna bebas dan tidak terikat dengan warna yang ada.


Media Gambar Ilustrasi


1. Media Hitam Putih

Di masa dahulu ternyata banyak orang yang membuat gambar ilustrasi dengan menggunakan trekpen sebagai media yang digunakan. Mengenai pewarnaannya menggunakan bak tinta. Media ini cukup mudah pengguannya. Dengan demikian, maka tidak mengherankan jika trekpen banyak digunakan.

Kemudian teknologi semakin berkembang, untuk itu muncullan alat pengganti trekpen. Mengenai alat penggantinya yaitu berupa spidol, rapido, pena hingga komputer atau printing.


2. Media Pewarna

Pengertian ilustrasi dengan media pewarna yaitu sebuah gambar yang menggunakan cat air atau pensil warna. cat air merupakan pewarna yang memanfaatkan air sebagai media pendukungnya. Terkait dengan sifatnya, cat air ini sendiri juga dibagi dalam dua macam, yaitu jenis transparant water coloue serta non transparant.


Contoh Gambar Ilustrasi

Gambar ilustarasi adalah gambar yang menghasilkan berbagai bentuk yang menarik perhatian. Berikut ini beberapa contoh gambar ilustrasi.


1. Komik

Komik meurupakan karya seni yang di dalamnya terdapat gambar tidak bergerak dengan rangkain serta susunan tertentu sehingga menghasilkan sebuah cerita tertentu. Gambar ilustrasi komik ini hadir dengan gambar yang lucu atau jenaka.


2. Cover

Cover biasa dijumpai di buku. Ketika sebuah buku ditambahkan ilustrasi maka buku tersebut akan semakin menarik perhatian. Terutama pada buku pelajaran yang ditambahkan gambar-gambar, sehingga membantu siswa dalam mendapatkan materi.


3. Majalah

Ilustrasi memiliki peranan penting dalam sebuah majalah, terutama pada majalah fashion. Pasalnya ilustrasi yang menarik akan membantu konsumen supaya bisa lebih memahami isi dalam majalah tersebut.

Demikianlah informasi terkait dengan pengertian ilustrasi, fungsi ilustrasi, contoh seni ilustrasi dan berbagai informasi terkait dengan ilustrasi dari siipung.com . Semoga informasi ini bisa menambah pengetahuaan mengenai berbagai hal terkait dengan ilustrasi yang ternyata memiliki manfaat yang cukup besar.

Jangan lupa bagikan artikel ini.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar