Skip to main content
Si Ipung

follow us

Stay home but let your heart should be in a spirit of prayer.

Pengertian XAMPP adalah kemudahan menjalankan web server

XAMPP adalah salah satu perangkat lunak yang sangat populer dikalangan programmer. Software atau aplikasi komputer satu ini banyak digunakan para pelaku IT yang baru belajar tentang dunia website.

Tahapan awal dalam mempelajari pembuatan website adalah mengetahui software atau aplikasi XAMMP. Mengapa demikian? Hal ini karena XAMPP mampu menyimpan berbagai jenis data website ke dalam hosting lokal agar dapat dipanggil lewat browser. Jadi dapat dikatakan XAMPP mampu menggantikan peran dari web hosting.


Pengertian XAMPP

XAMPP adalah webserver perangakat lunak open source dan merupakan kompilasi dari beberapa program yang mendukung banyak sistem operasi seperti Windows, macOS, Linux dan Solaris. Nama XAMPP diambil dari singkatan masing-masing nama yang memiliki arti yaitu:

X = Cross Platform

Huruf X dari XAMPP adalah kode Cross Platform yang berarti dapat dijalankan dibanyak sistem operasi (Windows, macOS, Linux dan Solaris).

A = Apache

Huruf A pada XAMPP adalah mewakili nama Apache. Apache merupakan aplikasi web server gratis yang bebas dikembangkan dan diakses banyak orang (open source).

M = MySQL / MariaDB

MySQL atau MariaDB dari XAMPP adalah aplikasi database server. MySQL singkatan dari “My Structured Query Languange” merupakan program yang berjalan sebagai server yang berperan membuat dan mengelola database. MySQL dapat kita manfaatkan untuk menambah, mengubah dan menghapus data dalam database.

P = PHP

Huruf P dari XAMPP adalah menunjukkan inisial dari PHP yang merupakan sebuah bahasa pemograman web yang dipakai untuk membuat web bersifat server-side scripting. Bahasa pemograman PHP biasa digunakan untuk memprogram situs website yang bersifat dinamis, sebagai contoh website berbasis CMS WordPress. Tapi tidak menutup kemungkinan bahasa pemograman ini akan dipakai untuk pemakaian lain.


P = Perl

Huruf P terakhir dari XAMPP adalah singkatan dari nama Perl yang pertama kali dikembangkan oleh Larry Wall di mesin Unix dan merupakan bahasa pemograman yang kerap digunakan untuk segala keperluan. Perl sangat fleksibel dan banyak digunakan programmer karena dapat dijalankan di berbagai sistem operasi. 


Karena merupakan kompilasi dari beberapa program, dengan menginstal XAMPP Anda tidak perlu lagi menginstal aplikasi lain seperti konfigurasi web server Apache, PHP dan MySQL yang dilakukan secara manual. Karena semua sudah termasuk dalam paket XAMPP maka semua akan dikonfigurasikan secara otomatis. Tools XAMPP gratis digunakan siapa saja.

Pengertian XAMPP Menurut Para Ahli

Ada beberapa pengertian XAMPP menurut para ahli, di antaranya:

Menurut Nugroho (2013:1), “XAMPP adalah paket program web lengkap yang dapat Anda pakai untuk belajar bahasa pemograman web, khususnya PHP dan MySQL.”

Menurut Buana (2014:4), “XAMPP adalah perangkat lunak open source yang diunggah secara gratis dan bisa dijalankan di semua sistem operasi seperi Windows, Linux, Solaris dan Mac”.

Sejarah XAMPP

Tercatat software XAMPP adalah proyek non-profit yang dikembangkan pertama kali oleh sebuah tim proyek bernama Apache Friends pada tahun 2002. Proyek tim ini ditujukan untuk mempromosikan penggunaan Apache web server.

Fungsi XAMPP

Adapun fungsi XAMPP adalah sebagai aplikasi yang dipakai untuk membuat server sendiri (localhost). Server tersebut dapat mengampu berbagai jenis data dari website yang sedang dalam tahap pengembangan. Pada saat melakukan serangkaian pengujian fitur atau tampilan konten pada sebuah website dapat dilakukan secara online maupun offline. Jika anda ingin melakukan pengujian website secara online anda harus memiliki hosting dan domain. Sedangkan jika pengujian dilakukan secara offline maka anda bisa memanfaatkan fungsi XAMPP tanpa harus membeli hosting dan domain terlebih dahulu. 

Fitur XAMPP

Berikut ini merupakan beberapa fitur XAMPP adalah :

Apache

Apache adalah aplikasi web server gratis (open source) yang dapat dijalankan di banyak sistem operasi. Apache merupakan alternatif dari server web Netscape.

MySQL

Singkatan dari “My Structured Query Languange” berperan sebagai server yang menyediakan akses mengelola sejumlah database (mengolah, mengedit dan mengapus daftar database). Umumnya, MySQL digunakan oleh software open source yang memerlukan fitur sistem manajemen database lengkap, contohnya WordPress, phpBB dan software open source LAMP.

PHP

PHP merupakan bahasa pemograman yang banyak digunakan untuk membuat website dinamis meskipun tidak menutup kemungkinan dipakai untuk kegunaan lain.

Bagaimana sangat bermanfaat kan fitur XAMPP ? Fitur XAMPP adalah fitur yang sangat berguna bagi pemula maupun yang sudah mahir dalam dunia programer, untuk selanjutnya kita akan bahas tentang bagian - bagian XAMPP.


Berikut ini merupakan bagian-bagian penting di dalam XAMPP :

Htdocs

Htdocs adalah folder bagian dari XAMPP yang menjadi tempat menyimpan berbagai file dan dokumen yang akan digunakan dalam sebuah halaman website seperti PHP, HTML, dan script lain. Langkah awal dari membuat web, anda harus membuat folder pada Htdocs yang berisi code-code halaman. 

phpMyAdmin

phpMyAdmin adalah bagian yang berperan mengelola database MySQL yang ada di komputer Anda. Pada bagian inilah data akan dipanggil menggunakan bahasa pemograman. Cara membuka phpMyAdmin di XAMPP melalui browser (Mozila atau Chrome) kemudian ketikkan alamat URL http://localhost/phpMyAdmin. Fungsi phpMyAdmin di XAMPP sama seperti pada web hosting.

Permudah desain database dengan : ERD


Control Panel

Control Panel adalah bagian yang memberikan akses untuk mengelola layanan XAMPP. Control Panel juga bisa digunakan untuk melakukan Stop dan Start aplikasi XAMPP. Jika secara online dalam hosting, Control Panel biasa dikenal dengan nama CPanel.

Sistem Operasi yang mendukung XAMPP

Beberapa sistem operasi yang mendukung XAMPP adalah:

  • Windows
  • Linux
  • Solaris
  • MacOS


Cara Kerja XAMPP

Cara kerja XAMPP sangat mudah, Anda hanya perlu mendownload dan menginstal aplikasi XAMPP seperti aplikasi pada umumnya.

Berikut ini cara menggunakan aplikasi XAMPP:

  1. Download dan instal file XAMPP
  2. Perbaiki error pada port web server
    • Sering terjadinya tampilan error pada XAMPP disebabkan oleh aplikasi lain yang menggunakan port 80 atau 443 pada PC/laptop. Dimana port tersebut digunakan oleh MySQL dan Apache.
  3. Pahami Control Panel XAMPP
    • Untuk mengontrol semua program yang ada dalam XAMPP, anda dapat menggunakan fitur Control Panel. Anda dapat melalukan Start dan Stop pada beberapa modul seperti MySQL dan Apache.
  4. Jalankan program XAMPP
    1. Jalankan program XAMPP dan lakukan langkah berikut :
    2. Setelah berhasil memperbaiki masalah port pada XAMPP. Jalankan kembali program XAMPP.
    3. Klik tombol “Start” pada kedua bagian yaitu Apache dan MySQL. Jika saat dijalankan tidak terjadi error, lanjutkan dengan mengakses localhost melalui http://localhost atau 127.0.0.1 pada browser.
  5. Lakukan setting database
    1. Lakukakn setting database Anda dengan cara berikut ini :
    2. Buatlah database terlebih dahulu sebelum melakukan instalasi WordPress. Akses link berikut http://localhost/phpmyadmin pada browser PC/laptop Anda.
    3. Jika sudah, yang harus dilakukan selanjutnya klik tab “Databases”, kemudian isi nama database yang diinginkan pada kolom “Create Database”, contoh: belajar_db.
    4. Kemudian klik tombol “Create”.


Pada tahap tersebut webserver xampp sudah berjalan beserta dengan databasenya, jika anda ingin menggunakan cms dalam local xampp juga bisa seperti menggunakan wordpress.

  1. Download dan instal WordPress
  2. Selesai melakukan setting database, langkah selanjutnya adalah mendownload dan menginstal WordPress seperti berikut ini:
  3. Download WordPress di link berikut https://wordpress.org/download/.
  4. Kemudian, agar program WordPress berjalan baik, pastikan Anda mengesktrak file WordPress dalam folder yang sama dengan saat instalasi file XAMPP. Jadi ekstrak file WordPres di folder C:/Program Files/XAMPP/htdocs. File yang telah diekstrak akan berupa folder. Buka folder WordPress tersebut kemudian ubah nama file wp-config-sample.php menjadi wp-config.php. Buka file yang direname, Anda dapat mengedit file tersebut mnggunakan Notepad atau software text editor lainnya. Pada file tadi terdapat kode-kode pemograman yang berfungsi menghubungkan WordPress ke database.
  5. Ubah baris database_name_here dengan nama database yang telah anda buat sebelumnya yaitu belajar_db.
  6. Pada bagian username_here diganti dengan root dan kosongkan saja bagian password_here. Kemudian simpan file.
  7. Jika sudah selesai malukakn instalasi WordPress, akses link berikut http://localhost/wordpress
  8. Anda akan diminta memilih bahasa yang akan anda gunakan pada WordPress.
  9. Kemudian tekan tombol “Continue” untuk melanjutkan ke langkah selanjutnya dan klik tombol “Let’s Go”.
  10. Ketikkan nama, username dan password database yang telah anda buat sebelumnya, kemudian klik tombol submit.
  11. Jika data yang anda masukkan sudah sesuai dengan database yang anda buat, maka akan muncul sebuah notifikasi. Klik tombol “Run the installation”.
  12. Isi kolom-kolom informasi seperti judul blog, username dan password untuk akses masuk ke admin, dan email. Jika sudah, klik tombol “Install WordPress”.
  13. Jika berhasil akan muncul halaman login ke admin. Masukkan username dan password. Anda dapat masuk ke bagian admin melalui http://localhost/wordpress/wp-admin, sedangkan untuk melihat tampilan website melalui http://localhost/wordpress.


Komponen XAMPP

Adapun di dalam XAMPP 1.8.3 untuk Windows terdapat beberapa komponen, terdiri atas :

  • Apache 2.4.4
  • MySQL 6.5.11
  • PHP 5.5.0
  • Tomcat 7.0.41 (with mod_proxy-ajp as connector)
  • Strawberry Perl 5.16.3.1 Portable
  • XAMPP Control Panel 3.2.1 (dari hackattack142)
  • PhpMyAdmin 4.0.4
  • FileZilla FTP Server 0.9.41

XAMPP 1.8.3 untuk Linux terdiri atas :

  • Apache 2.4.4
  • MySQL 6.5.11
  • PhpMyAdmin 4.0.4
  • OpenSSL 1.10.1e
  • PHP 5.5.0


Kelebihan dan Kekurangan XAMPP

Berikut ini beberapa kelebihan XAMPP adalah :

Karena bersifat open source, software ini banyak dimanfaatkan programmer.

  • Memiliki kapasitas sekitar 60.000 tabel dengan jumlah record hingga 5.000.000.000 dan bahkan lebih baru.
  • Keamanan data cukup aman meskipun keamanannya tidak sekuat Postgre ataupun Oracle.
  • Karena Cross Plartform, perangkat lunak ini dapat dijalankan di banyak sistem operasi.
  • Kelebihan paling utama dari XAMPP adalah kecepatannya.


Jika suatu software memiiki kelebihan, software tersebut juga dapat memiliki kekurangan. Berikut ini kelemahan XAMPP adalah:

  • XAMPP tidak cocok digunakan untuk menyimpan dan memproses data dalam jumlah besar.
  • Ketika data yang disimpan pada server melebihi kapasitas maksimum, maka kemampuan kinerja yang dimiliki XAMPP terbatas karena tidak menerapkan konsep Technology Cluste.


Cara Instal XAMPP di PC dan Laptop

Cara instlalasi aplikasi XAMPP tidak berbeda jauh dengan menginstal aplikasi komputer lainnya. Berikut ini langkah-langkah instalasi XAMPP yang dapat anda ikuti:

  1. Download file XAMPP terlebih dahulu jika belum punya.
  2. Setelah berhasil didownload, langkah selanjutnya siapkan ruang penyimpanan pada harddisk PC/laptop Anda minimal 1 GB guna menyimpan data-data dari website.
  3. Buka dan jalankan file XAMPP yang telah didownload. Jika muncul peringatan yang bertujuan memastikan apakah Anda akan menginstal aplikasi ini, pilih OK/Yes untuk melajutkan proses.
  4. Setelah muncul jendela setup pada layar, anda akan diminta memilih bahasa yang akan digunakan. Ada pilihan Bahasa Indonesia atau English.
  5. Kemudian anda akan diminta untuk memilih komponen yang akan digunakan. Pilih komponen sesuai dasar standar web berbasis CMS WordPress (MySQL, FileZilla FTP Server, dan Apache) dan bahasa pemograman phpMyAdmin, PHP dan Perl. Selesai memilih komponen sesuai kebutuhan kemudian klik tombol “Next”.
  6. Tahap selanjutnya adalah memilih lokasi file XAMPP yang akan diinstal. Langsung instal pada folder C:\XAMPP.
  7. Tunggu beberapa saat sampai proses instalasi selesai.
  8. Anda sudah dapat menjalankan program XAMPP untuk membuat website secara offline menggunakan localhost di laptop atau PC Anda.


Download XAMPP

Anda bisa mendownload XAMPP pada website resmi Apache Friends. Berikut ini link yang dapat Anda gunakan untuk mendownload XAMPP. Anda bisa memilih versi sesuai dengan sistem operasi yang Anda gunakan.

Link resmi download XAMPP adalah :
https://www.apachefriends.org/download.html 

Demikian pembahasan seputar XAMPP yang merupakan salah satu tool pendukung programmer pemula dalam membuat sebuah website. Semoga informasi yang disajikan di atas dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi pembaca.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar