Skip to main content
Si Ipung

follow us

Stay home but let your heart should be in a spirit of prayer.

Program adalah sekumpulan instruksi. Pengertian program & contoh program

Program adalah instruksi yang dirangkai guna melakukan tugas tertentu, namun bagaimana program dapat berjalan ? sebelumnya siipung.com bahas lebih rinci terlebih dahulu tentang pengertian program.

Kata program tentu sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Meskipun sering terdengar dan sering dibicarakan ternyata belum banyak orang yang tahu mengenai arti dari kata satu ini. Beberapa orang beroikir jika program ini identic dengan serangkaian sistem yang rumit dalam sebuan teknologi tertentu. Apakah benar demikian? Langsung saja kita simak pembahasan lengkapnya berikut ini.


Pengertian Program

Sebanarnya program ini sendiri merupakan singkatan dari program komputer, program adalah sekumpulan instruksi yang dirangkai guna melakukan tugas tertentu dalam sistem komputer. Keberadaan program sangatlah penting, hal tersebut dikarenakan komputer tidak akan bisa bekerja tanpa adanya sebuah program. Untuk itu dibutuhkan serangkaian perintah tertenu di dalam prosessor komputer.

Supaya bisa bekerja secara langsung, setiap program hadir dengan cara tertentu. Dalam hal ini terdapat sebuah kode yang bisa dibaca oleh manusia. Kode tersebut dikenal dengan kode sumber, yaitu sebuah program yang memungkinkan seorang programmer melakukan analisis dan juga mendalami lebih lanjut

Hingga akhirnya sebuah kode tersebut kemudian dikumpulan dalam sebah bahasa pemograman tertentu hingga bisa menjadi sebuah program tertentu. Terkait dengan hal ini ternyata ada cara lain untuk mengeksekusi sebuah program, yaitu dengan menggunakan bantuan interpreter. Ketika menggunkan bantuan interpreter, maka sebuah kode langsung dilajankan oleh utilitas interpreter di dalam sebuah bahasa pemograman yang digunakan.

Beberapa jenis program bisa difungsikan dalam computer dalam satu waktu yang sama. Kemampuan untuk melakukan beberapa fungsi program dalam satu waktu dikenal dengan istilah multitasking. Mengenai program computer ini sendiri juga dikategorikan sesuai dengan fungsinya masing-masing.


Pengertian program menurut para ahli

Untuk menambah pengetahuan terkait dengan program ini, berikut ini kami hadirkan beberapa pengertian program menurut pendapat para ahli, diantaranya adalah sebagai berikut:

Pengertian Program Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Merujuk pengertian KBBI dapat kita ketahui jika program di dalam ilmu computer, program adalah sebuah program yang secara khusus dibuat supaya computer bisa menjalankan fungsi tertentu.

Pengertian Program Menurut Sukrisno

Sukrisno mengatakan jika program adalah bentuk ekpresi, kata serta pernyataan yang disusuan serta dirangkai sedemikian rupa sehingga membentuk sebuah kesatuan. Dalam hal ini kesatuan mencakup prosedur, urutan langkah yang dibuat untuk menyelesaikan masalah yang secara khusus diimplementasikan menggunakan bahasa tertenu supaya bisa dijalankan oleh komputer.

Pengertian Program Menurut Amikom Yogyakarta

Terkait dengan pengertian program, Amikom juga turut memberikan pendapat. Menurut Amikom Pengertian Program adalah sekumpulan perintah yang ada dalam sebuah komputer. Dalam hal ini metode serta tahapan sistematis dikenal dengan istilah algoritma.

Janner Sinarmata

Menurut Janner, Pengertian Program adalah sebuah aplikasi yang secara khusus dibuat menggunakan bahasa tertentu dan diinstal dalam sistem komputer.

Emma Utami

Singat Ema mengatakan Pengertian Program adalah sebuah bahasa pemograman.

Anwar Harjono

Terkait dengan program, Anwar berpendapat jika Pengertian Program adalah urutan perintah guna menjalankan sebuah komputasi tertentu.

Sindhunata

Sindhunata berpendapat jika Pengertian Program adalah sekelompok pernyatan yang sama serta berurutan yang memiliki funsgi untuk memberikan informasi kepada komputer supaya bisa menjalankan sebuah pekerjaan tertentu.

Saifuddin Anshari

Terkait dengan pengertian program menurut Saifudin yaitu sekumpulan daftar yang sudah tersusun rapi berkaitan dengan acara serta usaha yang dikerjakan.

WP

Di sisi lain WP memberikan pengertian program adalah sekumpulan perintah yang ditulis untuk menjalankan fungsi tertentu dalam komputer.

Sunarto, Kom

Kemudian menurut Sunarto, Pengertian Program adalah sekelompok perintah yang ditampilkan dalam bentuk bahasa, kode, skema atau yang lainnya. Yang mana semua itu disusun menggunakan media supaya bisa dibaca oleh computer serta menjadikan computer bisa bekerja dalam melakukan fungsi-fungsi tertentu.

Wiryanto Dewobroto

Mengenai Program, Wiryanto memberikan pengertian program adalah hasil penyusunan yang detail terkait dengan langjah-langkah solusi atau yang dikenal dengan alogaritma dari sebuah masalah tertentu.

Agoeng Widyatmoko

Terkait dengan program, Agoeng berpendapat jika Pengertian Program adalah aplikasi hasil analisis pemecahan suatu permasalahan yang diciptakan di dalam bentuk program komputer.

Sugiyono

Pengertian Program adalah sekumpulan rangkaian perintah yang menggunakan bahasa komputer serta disusun dalam bentuk logis dan sistematis.

Yulikuspartono (2009:29)

Pengertian Program adalah sekumpulan perintah atau pernyataan yang dimengerti oleh komputer.

Binanto (2009:1)

Menurut Binanto, Pengertian Program dapat diartikan dalam berbagai hal, diantaranya:

  1. Menggambarkan perintah tersendiri atau yang dikenal dengan Souce Code yang dibuat oleh seorang programmer.
  2. Memberikan deskripsi menyeluruh bagian dari software atau perangkat lunak yang executable.
  3. Program adalah sekumpulan perintah tertelus yang diciptakan oleh seorang programmer atau bagian executable dalam sebuah software atau peangkat lunak.
  4. Pemograman berarti membuat program komputer itu sendiri. 
  5. Pemograman adalah sekumpulan perintah yang ada dalam komputer untuk mnjalankan perintah. Terkait dengan perintahnya tersebut membutuhkan sebuah bahasa pemograman tersendiri dimana bahasa tersebut bisa dipahami oleh sistem komputer.


Fungsi Program

Bisa dikatakan program adalah sesuatu yang wajib dalam ada dalam sebuah komputer. Hal ini dikarenakan program komputer bekerja untuk mengontrol perangkat keras supaya bisa bekerja dengan baik. Tanpa adanya sebuah program, komputer hanyalah mesin yang tidak bisa menjalankan tugas apapun yang dibutuhkan oleh penggunanya.

Merujuk pengertian program di atas, bisa diambil kesimpulan sederhana jika fungsi utama dari sebuah program adalah untuk mengendalikan mesin komputer supaya bisa menjalankan tugas tertentu yang dibutuhkan oleh pengguna. Untuk itu, maka program memiliki beberapa kegunaan seperti:

Program komputer menjalankan tugasnya untuk mengatur hubungan antara satu hardware dengan hardware lainnya supaya bisa bekerja sesuai dengan fungsinya masing-masing tanpa adanya sebuah hambatan.

Melakukan identifikasi terhadap sebuah program tertentu. Contohnya, File Explorer yang merupakan program utama untuk melakukan berbagai akses menuju program lain yang disimpan dalam mesin komputer.

Program memiliki fungsi untuk menghubungkan antar hardware dengan program itu sendiri. Misalnya Device Manager memiliki fungsi sebagai program untuk mengelola semua hardware yang dikenali oleh sistem operasi Windows.

Dengan adanya program, maka bahasa mesin bisa diterjemahkan. Misalnya komputer yang merupakan salah satu bahasa pemograman.


Jenis - Jenis Program dan Contoh Program

1. Sistem Operasi

Pada dasarnya jenis program sistem operasi adalah sebuah program komputer yang kompleks serta di dalamnya berisi berbagai program lain yang dalam funsginya bekerja sebagai penghubung antara pengguna serta komputer yang digunakannya.

Terkait dengan hal ini, keberadaan sistem operasi memiliki manfaat yang cukup besar. Dengan adanya sistem operasi maka komputer bisa bekerja secara optimal untuk setiap komponen yang terdapat dalam komputer tersebut. Terkait dengan sistem operasi ini sendiri terdapat beberapa jenis, diantaranya adalah sebagai berikut.

Unix

Contoh Program Unix adalah salah satu sistem operasi yang memiliki keunggulan dalam tingkat kestabilan yang lebih tinggi apabila dibandingkan dengan jenis sistem operasi lain yang ada. Apabila Anda mengenal komputer LINUX, maka UNIX program adalah program turunan dari LINUX.

Macintosh Operating System

Contoh Program MAC OS ini hadir dengan tampilan mirip dengan UNIX dengan antarmukanya yang juga berbasis GUI sehingga tidak perlu diragukan lagi tingkat kestabilannya. Sistem operasi satu ini dirilis pada tahun 1984, hingga sekarang ini lebih dikenal dengan Mac OS.

Microsoft Windows

Jika Anda bertanya jenis operasi mana yang cukup banyak ditemukan dalam sebuah komputer, jawabannya Microsoft Windows. Sesuai dengan namanya, Contoh Program ini dikembangkan dengan model Microsoft lengkap dengan desain antar muka menggunakan basis GUI (Graphical User Interface). Sistem operasi ini sudah mengalami berbagai peningkatan. Hingga saat ini sistem operasi Windows sudah masuk dalam Windows 10.


2. Program Aplikasi

Jenis program satu ini dalam fungsinya melakukan tugas dengan lebih spesifik. Adapun beberapa contoh aplikasi yang menjadi bagian dari program adalah sebagai berikut:

Contoh Program Pengolahan kata

Sekilas mendengar namanya saja kita sudah bisa menebak mengenai program satu ini. Ya benar sekali, sesuai dengan yang diberikan, program ini bekerja untuk melakukan pengolahan kata. Mengenai contohnya juga cukup bervariatif, diantaranya Microsoft Word, Corel Word Perfect, Lotis Word Pro, Open Office Writer dan masih banyak lagi jenisnya.

Contoh Program Pengolahan angka

Jika pengolahan kata berfungsi untuk mengolah kata, maka pengolahan angka ini secara sengaja sudah didesaian untuk mengolah data yang berbentuk angka. Anda bisa menemukan jenis aplikasi ini dalam berbagai versi seperti Microsoft Excel, Lotus 123, Kspread, StarOffice hingga berbagai versi lainnya.

Contoh Program Pengolahan database

Secara khusus, aplikasi satu ini dibuat untuk menjalankan program manipulasi data dalam jumlah yang cukup besar. Jenis pengolahan database juga cukup banyak, adapun contohnya seperti Microsoft Acces, Firebird, MySQL, MySQL server dan berbagai contoh lainnya.

Contoh Program Pengolahan data statistic

Sesuai dengan namanya, secara khusus aplikasi ini dibuat untuk menjalankan tugas analisa dalam data statistic. Anda bisa mengenal contoh aplikasi ini seperti SPSS, SAS, Minitab dan berbagai contoh lainnya.

Contoh Program Aplikasi akuntansi

Secara khusus aplikasi satu ini didesain untuk menjalankan berbagai program pengeloaan data keuangan. Adapun contohnya seperti MYOB, MOAE, Sybiz dan berbagai contoh lainnya.

Contoh Program Aplikasi presentasi

Jenis aplikasi selanjutnya ini secara khusus didesaian untuk memberikan berbagai informasi dengan tampilan berbentuk slide. Adapun contoh aplikasinya seperti Microsoft PowerPoint, Macromedia Flash, Open Office Impress serta masih banyak lagi contoh lainnya.

Contoh Program Aplikasi grafis

Aplikasi grafis ini dibuat secara khusus untuk melakukan pengolahan data di dalam bentuk gambar. Contohnya Corel Draw, Microsoft Visio serta Adobe Photoshop dan masih banyak contoh lainnya.

Contoh Program Aplikasi Multimedia

Berkaitan dengan namanya, jenis aplikasi satu ini hadir dengan berbagai informasi seperti bentuk multimedia, mulai dari music, video dan berbagai macam contoh lainnya. Winamp, GOM Player, Media Player juga termasuk dalam aplikasi multimedia.


3. Program Utility

Utility Program adalah program komputer yang memiliki fungsi untuk melakukan maintenance. Terkait dengan hal ini ada tiga bentuk tugas, seperti menjalankan proses konfigurasi, melakukan analisa serta menghadirkan sistem keamanan yang lebih optimal dalam perangkat komputer. Mengenai jenisnya, terdapat 9 jenis program utility yang cukup banyak digunakan. Diantaranya adalah sebagai berikut.

Contoh Program Antivirus

Selama ini kita mengenal ancaman virus bisa membahayakan perangkat komputer. Untuk itu dibuatlah sebuah program khusus, yang selama ini kita kenal dengan antivirus. Fungsi dari program satu ini juga erat sekali dengan namanya. Yaitu memberikan perlindungan terhadap komputer supaya tidak mudah terserang virus.

Untuk itu, demi keamanan perangkat, setidaknya ada 1 jenis program antivirus. Pasalnya, jika tidak maka resiko ancaman data oleh virus semakin tinggi. Bukan hanya kerusakan data saja, tetapi juga ada berbagai resiko yang bisa dihindari apabila dipasang antivirus dalam komputer, seperti mencegah supaya komputer tidak diretas oleh hacker.

Antivirus ini sendiri juga terdiri dari berbagai jenis, seperti Microsoft Security Essentials, AVG Antivirus, Kaspersky, Avira, BitDefenfer dan masih banyak lagi.

Mengenai pengunaannya, jenis program antivirus tersebut merupakan program berbayar. Akan tetapi, ada juga antivirus yang menghadirkan dua jenis, yaitu jenis uji coba dan jenis gratis. Tentu keduanya memiliki perbedaan.

Jika Anda menggunakan versi uji coba atau trial, Anda bisa menggunakan program dengan full dan gratis tetapi hanya berlaku sementara saja. Dengan demikian, ketika sudah habis masanya, maka Anda harus membayar lagi supaya antivirus tersebut bisa dijalankan sebagaimana fungsinya.

Lihat juga contoh software, jangan sembarang install !

Contoh Program Achivers dan Data Compression

Jika Anda ingin membuat beberapa file dalam satu kesatuan serta berbentuk arsip dan juga hemat data, maka Achivers dan Data Compression ini bisa Anda jadikan sebagai pilihan. Terlebih jika Anda sering malakukan kegiatan transfer data melalui email dalam ukuran yang cukup banyak, maka Anda tidak perlu memasukkan file berkali-kali. Cukup satu kali saja, kemudian file langsung dikirim dengan lebih mudah dan ukurannya juga relative kecil.

Mengenai contohnya seperti WinRAR, WinZio, FlipZip, 7-Zip, PowerISO yang didalamnya sudah dilengkapi dengan virtual disk drive serta berbagai jenis lainnya. Terkait dengan penggunanya, cukup banyak yang menggunakan WinRAR yang menyediakan versi trial selama 30 hari.

Contoh Program Backup Software

Sesuai dengan namanya, jenis program selanjutnya ini memiliki fungsi untuk membuat arsip yang berasal dari hardisk drive. Hal tersebut bertujuan untuk membuat arsip file untuk dijadikan sebagai backup. Mengenai contohnya seperti Northon Ghost, Acronis True Image serta Nova Backup.

Contoh Program Disk Checkers

Jika Anda ingin melakukan pengecekan hard disk drive, maka Anda bisa menggunakan jenis program satu ini. Adapun mengenai contohnya seperti CrytalDiskInfo serta HD Sentiel. Dengan melakukan pemeriksaan hard drive ini maka Anda bisa mengetahui status dari hard drive, bagaimana kesehatan temperature hingga berbagai aspek lain yang terdapat dalam hard disk komputer.

Terkait dengan program satu ini, biasanya setiap sistem operasi sudah dibekali oleh developernya. Akan tetapi Anda bisa menggunakan program lain seperti CrystalDiskInfo serta HDSentiel yang siap memberikan informasi seputar kondisi hardisk dengan lebih rinci. Selain itu juga diinformasikan mengenai sisa hardisk drive sebelum akhirnya mengalami kerusakan.

Contoh Program Disk Cleaners

Disk Cleaner ini berfungsi untuk membersihkan berbagai jenis file yang terdapat dalam hard disk drive yang dikenal dengan file sampah (junk file). Ketika file sampah dibersihkan, mak Anda bisa mengoptimalkan penggunaan ruang kosong dalam hard disk drive. Contoh dari Disk Cleaners yang bisa Anda jadikan pilihan adalah CCleanser.

Contoh Program Disk Defragmenters

Program komputer selanjutnya ini memiliki fungsi untuk mendefrag sebuah partisi dari hard disk drive. Dengan demikian maka hard drive bisa bekerja dengan lebih optimal sehingga membuat data bisa dibaca dengan lebih cepat.

Contoh Program Disk Partition Editors

Jika Anda ingin mengukur ukuran partisi, maka program satu ini bisa Anda jadikan pilihan. Terdapat berbagai contoh dari program disk partition editor ini diantaranya Partition Wizard serta Partition Magic. Terkait dengan hal ini, sebaiknya Anda menyesuaikan partisi dalam hard disk drive sesuai dengan kebutuhan.

Jika melakukan penyimpanan data dalam jumlah yang lebih besar, seperti file video sebaiknya Anda menggunakan jenis partisi dengan ukuran yang lebih besar juga. Sebaliknya, jika hanya menyimpan data dalam ukuran kecil, seperti dokumen maka sebaiknya menggunaan partisi dalam ukuran kecil juga.

Contoh Program Resgistry Cleaner

Perlu Anda ketahui apabila menggunakan sistem operasi Windows ini jika sering digunakan maka secara otomatis bagian registry bisa tidak efisien. Untuk itu perlu sekali melakukan pembersihan secara rutin. Anda bisa menggunakan CCleaner untuk membersihkan registry dalam sistem operasi Windows.

Contoh Program Startup Maneger

Saat Anda pertama kali menghidupkan komputer yang sebelumnya mati, maka ada program yang ikut menyala bersama dengan sistem operasi. Peristiwa seperti itu bisa memperpanjang proses booting time yang sedang berjalan.

Terkait dengan hal tersebut perlu sekali melakukan proses kontrol dengan lebih baik. Proses kontrol ini berfungsi untuk melakukan penyaringan mengenai jenis program yang perlu diaktifkan serta tidak pelu diaktifkan. Akan tetap, ketika melakukan sebaiknya berhati-hati pasalnya ada beberapa jenis program yang memang harus dijalankan.


4. Bahasa Pemograman

Selain ketiga jenis program di atas, masih ada satu jenis program komputer yang tidak kalah pentingnya, yaitu bahasa pemograman. Melalui bahasa pemograman ini maka sebuah komputer bisa bekerja sesuai dengan fungsinya. Adapun contoh dari bahasa pemograman ini diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Low Lever Languge, adapun contoh dari bahsa pemograman satu ini seperti Assembly.
  2. Middle Level Language, mengenai contoh dari bahasa pemogramanan ini yaitu Bahasa C.
  3. High Level Language, terkait dengan contohnya bahasa pemograman ini seperti Basic dan Pascal.

Object Oriented Language, contoh dari bahasa pemogramanan jenis ini antara lain Delphi, Visual C, Visual Foxpro serta Visual dBase.


Eksekusi serta Penyimpanan

Sebelum program komputer dijalankan oleh sistem operasi, terlebih dahulu disimpan dalam memori utama yang dikenal dengan (RAM). Jika sudah, maka prosesor mengeksekusi program tersebut sesuai dengan intruksinya hingga akhirnya program tersebut bisa diterminasi. Dalam hal ini prosesor mengeksekusi sebuah program yang dikenal dengan istilah proses.

Terkadang dalam proses tersebut terjadi terminasi atau penghentian eksekusi sebuah program. Hal tersebut bisa terjadi dikarenakan adanya permintaan dari pengguna, kesalahan dari program, interupsi pengguna ataupun adanya kesalahan dari perangkat keras yang sedang dioperasikan. Mengenai letak penyimpanan sebuah program itu sendiri juga dibedakan dalam 3 jenis yang kami uraikan berikut ini.

1. Program terpancang

Program terpancang ini mengumpulkan beberapa jenis program komputer tertentu yang kemudian dipancangkan dalam perangkat keras sebagai sebuah program yang digunakan untuk kebutuhan identifikasi dan juga inisialisasi atau semua aspek guna memastikan sebuah perangkat bisa berfungsi.

Dalam menjalankan proses inisialiasi ini, program terpancang dipanggil oleh sistem operasi hingga akhirnya menjembatani proses penggunaan perangkat keras supaya bisa bekerja dengan lebih baik.


2. Program manual

Awal mulanya program komputer ini diinput secara manual ke prosessor utama dengan menggunakan berbagai jenis pengalih sebagai bentuk representasi atas perintah dalam keadaan on/off. Ketika proses konfigurasi sudah ditetapkan maka tombol eksekusi ditekan.

Proses ini dijalankan dengan iterative. Dalam sejarahnya, program komputer ini juga pernah dibuat menggunakan paper tape atau punced cards. Setelah Anda memasukkan alamat awal eksesuku, maka tombol eksekusi selanjutnya n ditekan.


3. Membuat program otomatis

Pemograman generative adalah jenis dari program komputer yang digunakan untuk membuat berbagai kode sumber melalui kelas generik, template, aspek, prototype hingga membuat serangkaian kode atau code generator. Hal tersebut dikalkukan supaya produktifitas programmer semakin meningkat.

Kode sumber yang dibuat melalui utilitas pemograman tersebut seperti memproses template dalam sebuah IDE tertentu. Adapun bentuk yang sangat sederhana dari proses satu ini bisa dilihat dalam bahasa bahasa pemogramanan C.

Itulah ulasan lengkap terkait dengan program mulai dari pengertian program, fungsi program, contoh program hingga eksekusi dan penyimpan. Anda bisa menggunakan ulasan ini sebagai referensi ketika mencari informasi seputar program. Semoga bermanfaat.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar