Skip to main content
Si Ipung

follow us

Segera berlangganan !! Akan hadir video dan tutorial menarik dari siipung.com dengan cara Subscribe ke youtube, klik Siipung Channel

×

Contoh software dan jenis-jenis software, baca dulu sebelum install

Contoh Software, begitu banyak software yang telah beredar dengan berbagai fungsinya masing-masing.

Tidak hanya software gratis namun ada juga software berbayar, dengan banyaknya software kita juga harus berhati-hati dalam menginstallnya pada perangkatkita, karena ada juga software yang membahayakan.

Simak artikelnya sampai habis.


Pengertian Software

Sebelum membahas lebih jauh tentang contoh software ini, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu pengertian software. Software atau dalam bahasa Indonesia diistilahkan dengan perangkat lunak merupakan suatu bagian dalam sistem komputer yang tidak mempunyai wujud fisik serta tidak dapat dilihat dan didengar secara langsung oleh penginderaan manusia.

Software sendiri merupakan kumpulan data elektronik yang tersimpan dan dikelola dalam komputer. Umumnya software ini berupa program maupun aplikasi yang dapat menjalankan perintah tertentu yang kemudian ditampilkan oleh perangkat output komputer.

Pengertian lain tentang software juga menyebut bahwa perangkat lunak ini merupakan data yang diprogram, diformat serta dan disimpan dalam bentuk digital, tidak memiliki rupa fisik namun dapat dioperasikan oleh pengguna melalui hardware komputer.

Dengan kata lain, software menjadi jembatan penghubung antara pengguna dengan berbagai macam hardware komputer sehingga dapat terjalin suatu interaksi berupa perintah tertentu. Tanpa adanya software, komputer yang ada dihadapan Anda hanyalah mesin yang tidak dapat melakukan perintah apapun.

Ingin tahu lebih lengkapnya tentang software baca ini : Pengertian dari software atau perangkat lunak


Fungsi Software Secara Umum

Setelah memahami pengertian software di atas, maka Anda dapat mengetahui bahwa pada dasarnya fungsi utama dari keberadaan software yaitu untuk membuat alat-alat komputer bisa mengeksekusi berbagai perintah dari pengguna. Jika dijabarkan lebih lanjut, maka fungsi umum dari software antara lain;

  • Menyediakan berbagai fungsi dasar dari komputer agar dapat dioperasikan oleh pengguna, contohnya adalah sistem operasi dan berbagai sistem pendukung
  • Mengatur kinerja hardware yang terpasang pada komputer agar dapat bekerja
  • Menghubungkan antar software serta dengan hardware relevan
  • Menjadi pengantar perintah dari software lain agar dapat dijalankan oleh hardware
  • Mengenali berbagai macam program yang sudah terpasang di komputer

Sementara secara spesifik, beberapa fungsi dari software di dalam suatu komputer antara lain sebagai

  • Software Aplikasi, yang memanfaatkan sistem komputer untuk menyediakan fungsi tertentu atau menampilkan konten hiburan melebihi kemampuan standar bawaan komputer itu sendiri
  • Software Sistem, yang berfungsi untuk mengelola perilaku komputer seperti halnya menyediakan fungsional dasar yang memang dibutuhkan oleh pengguna, atau sekedar untuk menjaga software lain dapat berjalan sebagaimana mestinya. Software sistem ini juga dibuat untuk menjadi platform untuk aplikasi.
  • Contoh software sistem :
    • Sistem Operasi yang berisi sekumpulan software untuk mengelola dan menyediakan berbagai layanan untuk software lain yang berjalan di atas sistem tersebut.
    • Driver yang mengoperasikan jenis perangkat keras tertentu yang terpasang ke komputer. Setiap perangkat memerlukan setidaknya driver yang relevan.
    • Utility yang berfungsi untuk membantu pengguna dalam merawat dan menjaga performa komputer.
    • Malware memiliki kemampuan untuk merusak dan mengganggu komputer maupun pengguna.
  • Alat Pemrograman, yang berfungsi untuk membuat software, termasuk melakukan debug, mengelola (memperbaiki atau meningkatkan) atau memberikan dukungan untuk software. Software ini dibutuhkan oleh developer (progammer, ahli coding, peretas dan teknisi).

Jenis-jenis Software dan Penjelasannya

Software yang tersebar di seluruh perangkat komputer di dunia saat ini dibagi menjadi berbagai macam berdasarkan bentuk, fungsi maupun sifat distribusinya. Selain itu ada pula penentuan jenis software berdasar kriteria tertentu. Namun berdasar distribusinya, jenis software antara lain;

1. Freeware merupakan software gratis atau tidak perlu membayar untuk mendapatkan dan menggunakannya tanpa ada batasan waktu penggunaan. Freeware ini pada umumnya disumbangkan untuk komunitas, namun tetap memiliki hak selaku developer sekaligus pengontrol pengembangan selanjutnya.

Developer freeware dapat membagikan source code (kode sumber) kepada pengembang lain ataupun menyatakan software boleh dikembangkan secara bebas bersama-sama.

2. Shareware , contoh software uji coba dibagikan secara gratis namun memiliki keterbatasan fitur misalnya tidak adanya fungsi tertentu yang membuatnya tidak dapat dimanfaatkan secara optimal.

Software ini dibagikan dengan tujuan perkenalan sekaligus sebagai salah satu wujud strategi marketing pengembangan software yang juga sering disebut dengan trialware ini.

3. Firmware merupakan software yang tertanam di dalam ROM (Read Only Memory) hardware. Software ini tidak akan mengalami perubahan meskipun tidak ada aliran daya.

4. Commercial Software yang memiliki tujuan komersial dibalik penyebarannya. Software ini bisa dibeli pada distributor, developer ataupun rekanan developer tersebut. Pembeli software ini pun tidak diperkenankan untuk menyebarluaskan serta membagikan kembali software ini tanpa seizin developer maupun penyalurnya. Software ini uga dilindungi oleh Undang-Undang Hak Cipta.

5. Free Software merupakan contoh software bebas dan boleh diutak-atik oleh pengguna. Dengan kata lain pengguna bisa secara bebas menggunakan, menggandakan, memodifikasi sehingga dapat dipergunakan oleh pengguna selanjutnya.

Meskipun terdapat kata "free", tiap orang yang ada dalam credit software ini bisa saja mengkomersilkan software atas proses pendistribusian maupun modifikasi source code.

6. Open Source Software , yaitu contoh software yang source code-nya dibagikan dengan tujuan agar dipelajari, dirubah, ditingkatkan dan disebarluaskan dengan tujuan utama sebagai pengembangan yang dilakukan suatu komunitas untuk tujuan tertentu.

7. Malware (Malicious Software) merupakan contoh software yang sengaja dibuat untuk merusak baik itu dalam ranah sistem komputer maupun jejaring komputer yang mungkin akan digunakan tanpa seizin pemilik komputer.

Software perusak ini meliputi virus, trojan, adware, worm, rootkit, crimeware dan sebagainya yang memiliki kemampuan merusak dan mengganggu.


Contoh Software dan Fungsinya

Setelah mengetahui pengertian dan jenis software, mari kita bahas tentang contoh software dan beberapa fungsinya untuk lebih memudahkan Anda dalam memahami apa itu software secara lebih detail. Contoh software antara lain;


1. Sistem Operasi (OS)

Software ini memiliki fungsi untuk mengendalikan seluruh komponen yang ada di dalam sistem komputer. Tanpa adanya OS, maka berbagai software aplikasi dan utlitas tidak akan berpengaruh kepada hardware sehingga tidak ada interaksi antara pengguna dengan komputer. Contoh OS terpopuler saat ini antara lain

Microsoft Windows  ; sistem operasi yang biasa disebut dengan Windows ini dikembangkan Bill Gates memanfaatkan tampilan berbasis GUI (Graphical User Interface).

UNIX ; sistem operasi buatan Ken Thompson dan Dennis Ritchie yang dikembangkan AT&T Bell Labs dengan konsep portabel, multi-tasking serta multi-user dan lebih menekankan pada kinerja workstation dan server yang kemudian berkembang menjadi LINUX.

LINUX ; adalah OS yang pada awalnya dikembangkan Linus Torvalds untuk kebutuhan emulasi terminal untuk akses ke server UNIX yang dimiliki oleh universitasnya. Linux kemudian menggunakan kernel monolitik yang mengendalikan proses, jaringan, periferal maupun akses sistem berkas.

MAC-OS ; sistem operasi buatan Apple Computer yang dibuat khusus khusus untuk komputer Macintosh saja. MAC-OS menjadi OS pertama yang memakai interface berbasis grafik ( GUI ).


2. Program Aplikasi

Adalah suatu program yang ditulis menggunakan bahasa pemrograman tertentu yang diterapkan untuk bidang tertentu pula. Contoh dari aplikasi yang paling populer antara lain;

Microsoft Office ; paket software untuk kebutuhan perkantoran yang khusus untuk dijalankan pada OS Windows dan MAC OS X. Aplikasi yang paling banyak digunakan dalam paket Microsoft Office ini antara lain Word, Excel dan PowerPoint.

Adobe Photoshop ; merupakan contoh software pengolah gambar maupun foto buatan Adobe System. Aplikasi ini umumnya digunakan editor foto, fotografer dan perusahaan iklan untuk mengedit foto menghasilkan gambar dan foto sesuai kebutuhan dan keinginan.

Adobe Dreamweaver ; merupakan aplikasi penyunting halaman web yang dulunya dikenal dengan nama Macromedia Dreamweaver buatan Macromedia yang kemudian dibeli Adobe. Program ini sering digunakan developer web sebab memiliki fitur yang fungsional dan mudah digunakan.

Adobe Acrobat ; menjadi aplikasi pertama yang mampu mengeksekusi file Portable Document Format (PDF) format dokumen portabel. Aplikasi ini terdiri atas Adobe Reader (gratis) yang hanya bisa digunakan untuk membaca dan mencetak PDF dan Adobe Acrobat (berbayar) untuk menyunting PDF.

Corel Draw : contoh software yang satu ini merupakan software yang sangat populer untuk para desainer grafis, Corel draw menjadi software yang sangat handal dalam bidang desain, tidak hanya itu, sekarang Corel Draw sering dijadikan mata software pelajaran grafis utama dilembaga pendidikan.

Ada artikel tentang : Software desain Corel Draw

Google Chrome ; aplikasi peramban web open source yang dikembangkan Google menggunakan rendering WebKit. Proyek open source-nya dinamakan Chromium yang kemudian banyak diadopsi oleh berbagai aplikasi browser lain.

WinRAR ; shareware manajemen arsip dan kompresi yang dibuat Eugene Roshal. Aplikasi ini dapat memadatkan file dengan 40% kompresi dari ukuran awal sehingga dapat menghemat ruang penyimpanan


3. Program Utilitas

Adalah software yang memiliki fungsi utama untuk membantu memudahkan pengguna dalam mengelola, merawat dan mempertahankan kinerja sistem operasi. Contoh software utilitas ini antara lain;

Antivirus ; merupakan software yang berfungsi melindungi komputer dari ancaman malware, adware, spyware, trojan, worm dan sebagainya. Contoh aplikasi ini seperti buatan Avast, AVG dan SmadAV.

Windows Media Player ; sesuai dengan namanya, aplikasi ini merupakan software pemutar konten media seperti musik, video dan foto. Aplikasi buatan Microsoft ini menjadi bagian dalam platform Windows Media yang dikembangkan Microsoft.

Winamp ; aplikasi freeware atau shareware untuk memutar media dari berbagai codec dan dari bermacam format file audio. Aplikasi buatan Nullsoft juga bisa dikostumisasi. Sayangnya aplikasi ini kini telah berhenti pembaruannya.

FLV Player ; aplikasi pemutar Adobe Flash Video yang mendukung fitur pemutaran lokal maupun streaming.


4. Program Perusak

Program ini diciptakan untuk menemukan kelemahan dari suatu software yang sedang dalam tahap pengembangan. Umumnya malware ini didesain untuk meretas dan merusak software ataupun OS tertentu. Contoh software perusak yang dikenali antara lain

Virus ; program yang mampu menggandakan diri, memanipulasi data dan menjangkiti program lain yang berada dalam 1 ekosistem komputer. Contohnya Trojan.Lodear, W32.Beagle.CO@mm, Backdoor.Zagaban

Worm ; memiliki kemampuan menyebar dan menggandakan diri dengan sangat cepat dalam jaringan komputer memanfaatkan celah atau port yang terbuka. Contoh ADMw0rm, Code Red, LoveLetter

Keylogger ; program yang merekam dan mencatat tiap input pada keyboard yang biasa ditemukan di komputer publik misalnya di warnet atau lainnya. Contoh KGB Key Logger 5.2, Keylogger Douglas 1.1, Revealer Keylogger Free Edition 1.4

Trojan Horse ; atau disebut sebagai trojan ini mampu merusak sistem tanpa diketahui dengan cara membuka port tertentu lalu menunggu diaktifkan penyerang. Sistem komputer yang terinfeksi pun bisa dikendalikan penyerang sebagai komputer client. Contoh Win-Trojan/Back Orifice, Win-Trojan/SubSeven, Win-Trojan/Ecokys(Korean).

Spyware ; program yang mengumpulkan informasi tentang pengguna lalu mengirimnya tanpa sepengetahuan pengguna. Tujuan aplikasi ini umumnya untuk pengamatan dan penggalangan informasi tentang aktivitas pengguna. Contoh PC recorder, Parental Control Software, Detective Software.

Adware ; program yang hanya menampilkan iklan berbentuk banner dan pop-up di monitor komputer. Meskipun tidak terlalu berbahaya, program ini bisa mengganggu privasi dan kenyamanan pengguna. Contoh MyWay Searchbar, AOL Mail, Ziddu.

Demikianlah contoh software dari siipung.com yang mungkin sudah pernah Anda kenali atau bahkan masih dipergunakan hingga saat ini. Untuk menjaga kinerja komputer Anda selalu dalam kondisi optimal, sebaiknya Anda selalu menggunakan software dari developer dengan reputasi yang baik.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar