Skip to main content
Si Ipung

follow us

Segera berlangganan !! Akan hadir video dan tutorial menarik dari siipung.com dengan cara Subscribe ke youtube, klik Siipung Channel

×

Pengertian browser, fungsi browser, semua dibahas lengkap

Pengertian browser - Pada artikel sebelumnya, kita telah membahas tentang browsing dan bagaimana cara memaksimalkan browsing di internet. Nah, kali ini kita akan mengupas tuntas mengenai browser, sejarahnya, hingga browser-browser terkenal di dunia.

Bagaimana selengkapnya? Yuk kita simak dengan scroll ke bawah.

Pengertian browser - Apa Itu Browser?

Pengertian browser adalah dalam bahasa Indonesia disebut juga dengan istilah penjelajah web atau peramban,yaitu sebuah aplikasi software untuk menerima dan menyajikan informasi yang ada di internet berupa halaman web, gambar, video, atau bentuk konten lainnya.


Loh Kalau Begitu Apa Bedanya Browser dan Browsing?

Perbedaannya sederhana sekali. Browsing adalah aktivitas mencari informasi di internet menggunakan peramban, sedangkan browser adalah alat untuk melakukan aktivitas tersebut. Nah, lebih lanjutnya, mari kita intip pengertian browser menurut para ahli di bawah ini.


Ini Dia Pengertian Browser Menurut Para Ahli

Berikut adalah pengertian browser atau peramban web menurut beberapa ahli.

1. Gustaf Pahala Frans
Menurut penulis buku Tip Trik Menggunakan Browser Opera ini, browser adalah aplikasi yang digunakan untuk mengoperasikan internet atau media untuk melakukan browsing, surfing, dan melakukan aktivitas dunia maya lainnya.

2. Lia Kuswayatno
Menurut penulis buku Mahir Berkomputer ini, browser adalah perangkat lunak atau software yang digunakan untuk membuka website dengan cara mengisi alamat situs pada kotak alamat.


Sejarah Browser

Bicara tentang sejarah browser, mau tidak mau kita juga harus berbicara tentang WorldWideWeb , penjelajah web pertama yang diciptakan oleh Tim Berners-Lee, yang kemudian diubah namanya menjadi Nexus. Browser ini pertama kali diluncurkan pada tahun 1991.

Namun, sayangnya pada tahun 1993, Marc Andreessen merilis browser tandingan yang dinamakan Mosaic dan hanya selisih satu tahun kemudian WorldWideWeb pun berhenti beroperasi.

Mosaic ini menjadi peramban web populer pertama di dunia, sehingga internet menjadi sesuatu yang mudah diakses oleh banyak orang. Bisa dibilang Mosaic lah yang memicu ledakan popularitas internet di dunia pada tahun 1990an.

Pada tahun 1995, Microsoft tidak mau kalah dan menciptakan peramban sendiri yang dinamakan Internet Explorer , yang banyak dipengaruhi oleh Mosaic. Nah, sejak saat itulah perang browser dimulai.

Karena Internet Explorer merupakan software yang dibundel dengan Windows, IE menjadi lebih populer. Puncaknya pada tahun 2002, sekitar 95% pengguna internet di dunia mengakses internet menggunakan Internet Explorer.

Satu tahun setelah peluncuran Internet Explorer, sebuah browser baru bernama Opera pun lahir. Opera ini tidak sempat digunakan secara luas, tetapi versi mininya yakni Opera Mini banyak digunakan di ponsel internet hingga tahun 2o11. Bahkan console video seperti Nintendo Wii juga menggunakan Opera.

Tersaingi oleh Internet Explorer, Netscape tidak mau kalah dan meluncurkan Mozilla Foundation pada tahun 1998. Software yang satu ini kemudian berevolusi menjadi software open source yang kita kenal dengan nama Mozilla Firefox saat ini.

Lima tahun kemudian, Apple juga turut meramaikan perang browser dengan meluncurkan Safari versi beta pada Januari 2003. Safari ini cukup disukai oleh penggunanya, tetapi hanya populer di kalangan pengguna Apple saja karena pengguna komputer dengan sistem operasi selain macOS tidak familiar dengan browser ini.

Kemudian pada tahun 2008, barulah browser favorit kamu, yakni Google Chrome diluncurkan. Sebenarnya dulu CEO Google, Eric Schmidt, tidak setuju jika Google ikut-ikutan perang browser karena pada saat itu perusahaannya belum sebesar sekarang. Tetapi beberapa mantan teknisi Mozilla Firefox membuat demo Google Chrome dan Schmidt pun setuju dengan ide Chrome ini.


Fungsi Browser

Browser memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan manusia pada saat ini. Berikut adalah lima fungsi terpenting browser yang membuat pengguna internet tidak bisa terlepas dari browser untuk mendapatkan informasi di era digital ini.

1. Membuka Laman Website
Bisa dibilang fungsi yang satu ini merupakan fungsi paling dasar dari web browser. Dengan fungsinya yang satu ini, kita bisa diarahkan kepada alamat web yang kita inginkan dan mengais informasi yang kita perlukan.

2. Memastikan Keamaanan Website
Sedang membuka suatu website, tiba-tiba kamu mendapatkan pemberitahuan situs tidak aman? Hal ini bisa terjadi karena browser memiliki proses authetification untuk memastikan keamaan suatu website supaya komputer kamu tidak terjangkit virus.

3. Menggunakan Search Engine
Seperti yang kita tahu, untuk melakukan searching, kita memerlukan search engine dan search engine ini dapat dijalankan dalam sebuah browser. Mengapa demikian? Karena pada umumnya search engine merupakan bagian dari web browser, jadi kita tidak perlu mengetikkan alamat web di kolom address, melainkan bisa langsung mengetikkan kata kunci yang kita perlukan.

4. Mengumpulkan Data
Dengan browser, kita dapat mengumpulkan berbagai data yang kita perlukan. Mulai dari data berupa teks, foto, video, dan lain sebagainya.

5. Mendukung Permintaan Data
Yang dimaksud dari mendukung permintaan data adalah kita bisa menyimpan langsung data yang kita perlukan ke dalam komputer kita. Istilah yang umum digunakan untuk fungsi yang satu ini adalah Requesting Supporting Data.


10 Browser Terpopuler


1. Google Chrome

Google Chrome pertama kali diluncurkan pada tahun 2008 untuk Microsoft Windows. Kemudian browser ini menjadi multiplatform dan dapat digunakan untuk perangkat dengan sistem operasi Linux, macOS, iOS, dan Android .

Browser ini memiliki beberapa kelebihan, di antaranya sebagai berikut.

- Desain User Interface yang Minimalis

Tampilan user interface Google Chrome lebih minimalis dibandingkan dengan browser lainnya, terutama karena banyak menu yang ditampilkan dalam bentuk icon, sehingga pengguna tidak terlalu terganggu dengan pilihan menu yang banyak dalam bentuk teks.

- Lebih Hemat RAM

- Proses Loading Setiap Tab Terpisah

- Dapat Mendeteksi Kata Kunci

- Dukungan Aplikasi dan Add Ons yang Banyak

Banyak aplikasi dan add ons yang mendukung Google Chrome sehingga pengguna merasa lebih nyaman menggunakan Google Chrome, salah satunya adalah Internet Download Manager yang memudahkan pengguna mengunduh konten yang mereka inginkan.

Meski demikian browser ini juga memiliki beberapa kekurangan, seperti misalnya potensi bug dan error yang tinggi. Karena adanya bug inilah pengalaman browsing kita terkadang menjadi tidak terlalu menyenangkan.


2. Mozilla Firefox

Mozilla Firefox adalah web browser open source yang dikembangkan oleh The Mozilla Foundation. Browser ini bisa digunakan untuk Windows, macOS, Linux, BSD, illumos, dan Solaris. Selain itu, sekarang juga ada Firefox for Android yang bisa digunakan untuk Android. Browser yang satu ini memiliki beberapa kelebihan, di antaranya:

- Ukuran Aplikasi yang Relatif Kecil

Mozilla Firefox hanya berukuran 4,7 MB. Relatif lebih kecil daripada Internet Explorer yang mencapai 80 MB.

- Keamanan yang Bagus

Salah satu alasan pengguna Internet Explorer migrasi besar-besaran ke Mozilla Firefox adalah karena sistem keamanan Mozilla Firefox yang bagus.

- Tampilan Halaman Lebih Ringkas

- Konfigurasi Browser Lebih Lengkap

Meski memiliki seabrek kelebihan, Mozilla Firefox juga memiliki beberapa kelemahan. Berikut kelemahan-kelemahan Mozilla Firefox.

- Update yang Lama Karena Harus Download Baru

- Waktu Proses Halaman Lambat Dibanding Google Chrome

- Butuh Waktu Lama Ketika Menjalankan Program Pertama Kali


3. Internet Explorer

Internet Explorer adalah salah satu browser legendaris yang sempat digunakan secara luas oleh seluruh pengguna internet di dunia. Browser ini memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Berikut kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan:

- Sudah dilengkapi add-ons, meski tidak banyak

- Terhubung dengan fitur-fitur Windows Live, sehingga nyaman digunakan untuk pengguna Windows Live

Kekurangan:

- Terlalu banyak menu, sehingga tidak praktis digunakan

- Desain yang kuno

- Tidak bisa membaca script di beberapa halaman situs


4. Opera

Software asal Norwegia ini pertama kali diluncurkan pada 1995 dan bersifat multiplatform. Bahkan untuk versi mobilenya saja, ada tiga versi yang bisa kamu manfaatkan, yaitu Opera Mobile , Opera Touch , dan Opera Mini . Berikut kelebihan dan kekurangan Opera yang perlu kamu ketahui.

Kelebihan:

- Aplikasi Ringan dan Cepat

- Bisa Sinkronisasi dengan Opera Mini

- Fitur Mouse Gesture

Kekurangan:

- Beberapa halaman situs dengan script tertentu lambat diproses

- Terlalu banyak menu, tetapi dapat dimodifikasi


5. Safari

Safari merupakan peramban buatan Apple yang awalnya khusu untuk sistem operasi macOS. Tetapi seiring dengan berjalannya waktu, peramban ini juga mulai tersedia untuk Windows. Berikut adalah ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan peramban yang satu ini.

Kelebihan:

- Desain sangat menarik

Seperti yang kita tahu, Apple memang tidak tanggung-tanggung dalam melakukan riset untuk membuat produk dengan kualitas dan desain yang bagus. Oleh karena itu, tidak heran jika desain user interface Safari terlihat cantik sekali.

- Pengguna macOS tidak perlu instalasi

Karena merupakan aplikasi bawaan, jadi pengguna macOS tidak perlu menginstal browser ini. Tetapi untuk kamu yang menggunakan Windows, jika ingin merasakan sensasinya menggunakan Safari kamu perlu mengunduh browser ini dan menginstalnya.

- Mendukung HTML 5

Browser yang satu ini sudah mendukung format HTML 5, yang merupakan format terbaru dari sebuah web. Sehingga Safari bisa membuka dan menampilkan situs apapun yang dibuka oleh penggunanya.

Kekurangan:

- Tidak ada restore session

Sayangnya Safari tidak memiliki restore session, sehingga kita tidak bisa mengulangi halaman web yang telah kita kunjungi jika browser mengalami hang.

- Carpet Bombing

Carpet Bombing ini merupakan sebuah kondisi ketika para hacker memanfaatkan bug yang ada dalam Safari untuk menyerang dekstop pengguna Safari.

- Tampilan yang tidak familiar

Karena biasanya hanya digunakan untuk komputer dengan sistem operasi macOS, banyak pengguna Windows yang merasa janggal dengan tampilan Safari. Tetapi, tenang saja, ini hanya masalah kebiasaan saja kok.


6. Lightning

Lightning merupakan web browser yang pertama kali diluncurkan pada tahun 2004 dan dikembangkan oleh Mozilla Foundation. Web browser yang satu ini didukung oleh beberapa sistem operasi seperti Windows, macOS, dan Linux. Berikut adalah ulasan tentang kelebihan dan kekurangan Lightning Browser.

Kelebihan:

- Slide-out Tab Switcher

- Software gratisd an open source

- Built-in Reading Mode

Kekurangan:

- Kecepatan browsing masih kalah dari Google Chrome dan Mozilla

- Tidak mudah digunakan


7. Maxthon

Maxthon ini merupakan peramban gratis asal Tiongkok yang bisa digunakan di Windows, Linux, dan Android. Peramban yang satu ini cukup populer pada tahun 2011, hingga kemudian pada tahun 2016, browser ini mengalami masalah keamanan yang cukup serius.

Sebagai salah satu peramban yang pernah populer, Maxthon memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut adalah ulasannya.

Kelebihan:

- Ringan dijalankan dan irit memori

- Tampilan bersahabat dan mudah dimodifikasi

- Memiliki fitur snap untuk mengcapture layar

- Memiliki fitur reader mode

Kekurangan:

- Add on sedikit

- Tidak banyak software downloader yang mensupport Maxthon

- Tidak terlalu aman


8. SeaMonkey

SeaMonkey , Browser yang satu ini merupakan browser open source yang dulunya dikembangkan oleh Mozilla Foundation. Akan tetapi, Mozilla Foundation memutuskan untuk lebih fokus pada Firefox dan Thunderbird, sehingga muncullah developer baru yang dinamakan SeaMonkey Council dan meluncurkan SeaMonkey pada tahun 2006.

Dibandingkan dengan Firefox, SeaMonkey ini lebih mirip dengan Netscape. Selain itu, add on untuk Firefox dan Thunderbird juga bisa dimodifikasi untuk SeaMonkey. Berikut kelebihan dan kekurangan browser yang satu ini.

Kelebihan:

- Penerjemahan lebih akurat

- Bisa digunakan sebagai email maupun browser

- Dapat memfilter email spam dan virus

Kelemahan:

- Terkadang tidak bisa membuka website dengan script tertentu


9. Dolphin

Dolphin browser cukup terkenal di kalangan pengguna browser android. Browser yang dikembangkan oleh MoboTap ini memang dibuat khusus untuk pengguna Android dan iOS.

Pada 2011 lalu, aplikasi ini pernah menerima penghargaan Best iPhone and iPad Apps of 2011 dan pada 2012 Dolphin kembali menyabet penghargaan PC Magazine Editors Choice. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan browser yang satu ini.

Kelebihan:

- Fitur add on cukup banyak dan dapat ditambah sesuka hati

- Ada add on password manager untuk kamu yang suka lupa password

- Tampilan rame tetapi tidak lambat

- Akses yang sangat cepat meski jaringan EDGE

Kekurangan:

- Boros kuota


10. UC Browser

UC Browser merupakan browser buatan perusahaan internet dari Tiongkok, UCWeb yang sekarang dimiliki oleh Alibaba.

Pada tahun 2018 lalu, browser yang pertama kali diluncurkan pada 2014 lalu ini disebut-sebut sebagai browser terpopuler peringkat 4 di dunia setelah Google Chrome, Safari, dan Mozilla Firefox.

Seperti apa kelebihan dan kekurangannya? Yuk kita lihat.

Kelebihan:

- Bisa memangkas data saat browsing sehingga irit

- Tombol navigasi elegan dan jelas

- Smart download

- Privasi aman

- Fitur-fitur oke

Kekurangan:

- Tidak mendukung RSS Feed dan Javascript


Cara Kerja Browser

Secara mudahnya, cara kerja browser dapat dipahami melalui gambar berikut ini.

Sumber gambar: http://uttermpaperwrhr.allthehits.us/how-does-a-web-browser-work.html

Jadi, untuk mengakses sebuah website, kita perlu mengetikkan URL pada address bar, kemudian web browser menerima permintaan dari user dan akan melakukan pengambilan data pada DNS Server.

Setelah mengambil data berupa IP dari DNS server, browser akan mengakses server dengan IP yang telah didapatkan, lalu server akan menampilkan data yang user butuhkan dalam bentuk HTML atau format lainnya.

Sekian dulu postingan dari siipung.com tentang browser, semoga bermanfaat dan jangan lupa share ke teman-temanmu.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar