Skip to main content
Si Ipung

follow us

Stay home but let your heart should be in a spirit of prayer.

Macam macam browser terbaik untuk berbagai gadgetmu

Macam macam browser, Pengertian, Fungsi, Cara Kerja dan Rekomendasi Web Browser Terbaik akan siipung.com bahas lengkap pada artikel kali ini.

Hidup di era digital seperti saat ini tentu kita semua tidak bisa dijauhkan dengan namanya internet. Banyak kegiatan yang dilakukan ketika berselancar di dunia maya. Mulai dari melakukan belanja online, mengkases situs tertentu hingga menonton film. Untuk bisa melakukan kegiatan menyenangkan tersebut dibutuhkan yang namanya web browser.

Browser adalah sebuah perangkat lunak yang digunakan untuk mencari berbagai informasi di internet. Keberadaan web browser ini sangat menguntungan Anda saat melakukan akses data. Web browser juga terdiri dari berbagai macam jenis, seperti Google Chrome, Mozila Firefox, safari, opera mini dan masih banyak lagi.

Nah, terkait lebih lanjut mengenai fungsi, macam macam browser hingga cara kerjanya, langsung saja kita simak ulasan berikut ini.


Pengertian browser

Sebelum membahas tentang macam macam browser mari kita ketahui dulu pengertian browser. Dalam Wikipedia dijelaskan web browser adalah aplikasi atau sistem perangkat lunak yang befungsi untuk mengambil, menyajikan serta melintasi berbagai infotmasi dalam sebuah jaringan internet (world wide web). Yang dimaksud dengan sumber-sumber informasi tersebut diantaranya halaman situs, gambar infografis, video, konten dan masih banyak lagi jenisnya.

Lihat juga : Contoh software

Kemudian merujuk pada kutipan dari Techopedia, dijelaskan jika web browser merupakan perangkat atau software yang dalam fungsinya mencari, mengakses serta menampilkan halaman web, khususnya situs-situs serta konten yang ada dalam internet.

Apa itu software ? Jangan sembarang install software

Fungsi Browser


1. Mengakses halaman website

Fungsi web browser yang sangat unik, salah satu kemampuan uniknya yaitu mampu membuat pengguna mengajses alamat website yang dituju. Dengan bantuan web browser, pengguna bisa dengan mudah menuju alamat dimana dia akan melakukan akses data. Berbeda ketika seseorang menggunakan serach engine yang hanya bisa mendapatkan beberapa informasi terkait dengan kata kunci yang dibidik.


2. Memastikan keamanan sebuah website

Apakah Anda pernah mendapatkan notifikasi keamanan ketika sedang mengakses alamat website tertentu? Ketika Anda melakukan akses web melalui web browser dan ternyata situs yang Anda akses tersebut kurang aman, maka web browser akan mengirimkan notifikasi tersebut.

Hal tersebut terjadi karena di dalam sebuah web browser terdapat sebuah proses aunthentication atau yang akrab dikenal dengan proses verifikasi sebuah website atau halaman.

Proses tersebut dilakukan dengan tujuan untuk memastikan apakah halaman tersebut aman atau berbahaya ketika diakses. Dengan proses tersebut pengguna akan lebih berhati-hati ketika sedang mengakses halaman website.


3. Mendukung permintaan data

Selain memastikan keamanan dari sebuah website, fungsi web browser selanjutnya yaitu mendukung permintaan data yang diperlukan oleh pengguna atau yang kerap dikenal dengan requesting supporting data item. Bisa dikatakan semua alamat website bisa diakses dengan menggunakan web browser. Dengan demikian, maka Anda mengakses semua data berupa file atau jenis media lainnya kemudian disimpan diperangkat.


4. Mengumpulkan data serta memaksimalkan tampilan

Bukan hanya memberikan kemudahan untuk mengakses halaman yang akan dituju, lebih dari itu web browser juga berfungsi untuk mengumpulkan berbagai data yang tersimpan dalam sebuah website tertentu. Dengan adanya hal tersebut maka halaman bisa tampil dengan lebih baik dan maksimal.


5. Memaksimalkan penggunaan search engine

Fungsi web browser selanjutnya yaitu untuk memaksimalkan penggunaan search engine. Hal ini dikarenakan mesin pencari atau yang dikenal dengan search engine ini adalah bagian yang tidak terpisahkan dari web browser. Dengan menggunakan web browser, Anda dimudahkan untuk mengambil data dengan lebih cepat tanpa perlu menuliskan alamat webnya di address bar.

Setelah mengetahui fungsi browser selanjutnya akan kita bahas tentang macam macam browser.


Macam Macam Browser


Berikut ini macam macam browser yang bisa dijadikan referensi untuk memilih browser terbaik diberbagai perangkat.


Browser untuk Smartphone


Macam macam Browser Smartphone Android

Sebagai pengguna sistem operasi Android, tentu Anda ingin mendapatkan pengalaman terbaik saat berselancar di dunia maya. Berikut ini kami hadirkan beberapa macam macam browserterbaik untuk Anda semua.

Google Chrome

Selain dikenal sebagai browser yang kencang dan aman, Chrome juga hadir dengan berbagai layanan terbaik dari Google, seperti Google Search dan Google translate . Bukan hanya itu saja. Ketika Anda sudah sign in dengan akun Google, maka Anda bisa mengakses semua hasil penelurusan melalui semua perangkat, mulai dari PC, smartphone hingga tablet.


Firefox Focus

Firefox merupakan salah satu web browser keluaran Mozilla yang cukup banyak digunakan. Akan tetapi, Firefox Focus ini memiliki perbedaan dibandingkan dengan firefox biasa. Ketika berselancar menggunakan mesin browser satu ini Anda hanya bisa membuka satu tab saja. Setelah selesai menikmati berbagai informasi, firefox akan menyimpan semua kunjungan di dalam history browser.


Opera Touch

Mesin browser dari opera ini memberikan solusi untuk Anda yang ingin mengoperasikan layar smartphone berukuran besar dengan satu tangan saja. Ketika dibuka, browser ini akan mengajak Anda untuk langsung masuk ke menu penelusuran.


Kegiatan berselancar di internet bisa dilakukan dengan satu tangan saja. Hal tersebut dikarenakan adanya tombol action pada bagian bawah layar sehingga mudah dijangkau dengan jari tangan.


Flynx

Jika Anda senang melakukan kegiatan secara multitasking serta membuka berbagai tautan yang ada di social media, menggunakan browser satu ini bisa mendukung semua kegiatan multitasking Anda. Ketika Anda sedang membuka sebuah tautan, Anda tidak akan langsung keluar dari halaman media social melainkan dibawa ke browser.


Brave Browser

Jika Anda khawatir dengan penyalahgunaan data untuk penjual iklan, menggunakan Brave Browser merupakan solusi terbaik. Web browser satu ini bukan hanya menghadirkan fitur Ad-Block, lebih dari itu performa yang dihadirkan juga sangat kencang.


Macam macam Browser Terbaik Smartphone ios

Selain Android, pengguna ios juga cukup banyak. Perbedaan jenis sistem operasi yang digunakan tentu memiliki perbedaan juga terkait dengan software yang digunakan, termasuk web browsernya. Berikut ini beberapa macam macam browsersistem operasi ios yang bisa dijadikan pilihan.


Safari

Jika Anda merupakan pengguna iPhone, tentu sudah tidak asing lagi dengan browser satu ini. Safari merupakan browser yang sangat ringan serta cepat. Pasalnya browser satu ini memang khusus dihadirkan untuk pengguna iPhone. Kinerjanya yang sudah sesuia dengan iPhone menjadikan Safari bisa bekerja dengan lebih cepat.


Google Chrome

Google Chrome juga termasuk dalam daftar web browser untuk pengguna iPhone yang tahan banting. Pasalnya Chrome menghadirkan keamanan tinggi terhadap serangan malware. Selain itu, pilihan toolsnya juga sangat beragam sehingga memudahkan Anda ketika berselancar di dunia maya.


Mercury

Selain Safari dan Google Chrome, Mercury juga menjadi browser yang cukup banyak digunakan oleh pengguna iPhone. Fitur yang dihadirkan juga sangat lengkap, mulai dari kemanan, Sync, Ad Block, Modus siang, malam semua bisa Anda temukan ketika menggunakan browser satu ini.


UC Browser

UC Browser merupakan salah satu software yang cukup berkembang di kawasan Asia. Browser buatan Cina ini juga menghadirkan berbagai fitur yang menarik. UC Browser banyak digunakan karena memiliki fasilitas yang cukup baik ketika mendownload data. Sebagai pengguna Anda tidak akan kecewa ketika melakuka download data menggunakan UC Browser.


Opera

Untuk Anda pengguna iPhone yang ingin berselancar namun tetap hemat data, maka opera bisa dijadikan pilihan. Pasalnya browser satu ini hadir dengan fitur kompresi web baik untuk gambar serta video. Meskipun sudah dikonversi Anda tidak perlu khawatir karena kualitasnya tidak akan menurun drastis.


Browser untuk laptop atau komputer


Macam macam Browser untuk Windows

Sebenarnya Windows keluaran terbaru, yaitu windows 10 sudah dibekali dengan browser default, yaitu Microsoft Edge. Browser tersebut merupakan browser resemi keluaran Microsoft. Akan tetapi, jika Anda ingin menggunakan browser lain, berikut ini beberapa macam macam browserterbaik untuk sistem operasi Windows 10.


Firefox Quantum

Firefox Quantum merupakan generasi terbaru dari Firefox terdahulu. Browser satu ini hadir dengan berbagai fitur keamanan yang lebih baik. Selain itu, browser satu ini juga hanya membutuhkan sedikit memori dalam pengoperasiannya sehingga tidak akan membuat kinerja laptop menjadi berat.


Opera Neon

Opera Neon merupakan browser terbaru keluaran Opera yang rilis tahun 2017 lalu. Opera Neon hadir dengan tampilan terkini sehingga lebih modern. Browser satu ini hadir dengan fitur Opera Tube sehingga bisa memperkecil ukuran halaman yang sedang diakses. Kabarnya bisa diperkecil hingga 80%. Fitur tersebut tentu sangat membantu Anda yang memiliki kondisi jaringan kurang baik.


Google Chrome

Software browser satu ini sangat dikenal para pengguna PC Windows. Hal itu semakin dibuktikan dengan data statistic yang membahas terkait penggunaan web browser ini. Salah satu alasan kuat mereka tetap menggunakan Google Chrome yaitu tampilannya yang sederhana.
Selain itu keberadaan ekstensi yang cukup banyak sangat memudahkan pengguna. Akan tetapi, sayang sekali memorynya cukup besar, sehingga untuk PC atau Laptop dengan spesifikasi yang rendah akan terasa sekali kinerjanya.


Monument Browser

Jika Anda merupakan pengguna Windows 10 tentu sudah tidak asing sekali dengan jenis browser satu ini. Monument Browser hadir dengan tampilan yang sangat menarik terlebih dengan adanya fitur Fluent Design semakin menyempurnakan tampilan. Tidak hanya itu saja, browser satu ini juga sudah dilengkapi dengan fitur Split Screen yang memungkinkan Anda melakukan aktifitas membuka serta membaca page di dalam satu halaman.


UC Browser

Software browser selanjutnya ini memang masih tergolong baru. Meskipun demikian UC Browser mendapatkan sambutan cukup baik dikalangan pengguna internet. Hal tersebut dikarenakan kecepatan aksesnya yang lebih cepat dibandingkan dengan browser lain. Selain iti hal lain yang membuat pengguna setia menggunakan UC Browser yaitu fitur hemat kuota mencapai 90% dikarenakan keberadaan teknologi Cloudnya.


Macam macam Browser terbaik Macbook

Saat ini cukup banyak sekali web browser yang bisa dijadikan pilihan untuk berselancar di internet. Jika Anda menggunakan platform desktop, sistem operasai Windows serta Mac keduanya sama-sama memiliki browser bawaan yang cukup baik. Akan tetapi, jika Anda merupakan penggunan OS X, terdapat beberapa browser yang cukup menjanjikan. Langsung saja, berikut rekomendasi macam macam browser.

Safari

Browser Safari hadir dengan teknologi rendering yang lebih cepat serta stabil untuk pengguna OS X. selain itu, browser satu ini juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur yang cukup baik. Apple membekali browser safari dengan managemen bookmark yang lebih baik serta save page keluaran terbaru yang memudahkan pengguna untuk membaca offline.
Tidak berhenti sampai disitu saja, Safari juga sudah dibekali dengan fitur untuk mengompres tampilan web yang memudahkan pengguna membaca konten dengan lebih mudah.


Google Chrome

Jika Anda senang dengan tampilan web browser yang sederhana namun cepat maka Gooogle Chrome tepat sekali dijadikan pilihan. Akan tetapi browser satu ini lebih boros batrei ketika digunakan di Macbook. Akan tetapi, jika Anda lebih sering menggunakan Google, maka Chrome ini bisa dijadikan pilihan. Salah satu kelebihan yang ditawarkan yaitu pilihan ekstensi yang cukup banyak.


Firefox

Dibadingkan dengan Chrome, Firefox lebih hemat daya ketika digunakan untuk Macbook. Selain itu, web browser satu ini juga hadir dengan fitur rendering yang lebih cepat serta impressive. Jika kamu sering melakukan aktivitas download, Firefox juga bisa diandalkan. Browser terbaik satu ini juga sudah dilengkapi dengan beberpa fitur terbaru. Salah satunya management bookmark.


Yandex

Yandex hadir dengan tampilan yang minimalis serta muncul ketika sedang dibutuhkan, hal tersebut memudahkan pengguna untuk bisa melakukan browsing dengan lebih mudah. Selain itu, Yandex juga dilengkapi dengan berbagai fitur toolbar yang sederhana dan mudah digunakan.


Maxthon

Untuk Anda yang menginginkan pengalaman browsing yang lebih halus, menginstal Maxthon merupakan jawaban yang tepat. Selain itu, browser satu ini juga sudah dilengkapi dengan sistem cloud teraik sehingga memudahkan pengguna untuk melakukan transfer data berupa teks, video, gambar hingga URL antar perangkat dengan lebih mudah.


Macam macam Browser Terbaik OS Linux

Dibandingkan dengan Windows atau Mac sistem operasi satu ini memang tidak begitu popular. Akan tetapi, bagi yang senang melakukan otak-atik sistem komputer, sistem operasi satu ini tetap mendapat tempat tersendiri. Jika kebetulan Anda merupakan pengguna Linux serta sedang mencari rekomendasi browser terbaik, berikut ini kami hadirkan macam macam browseruntuk Anda semua.


Mozila Firefox

Hampir semua pengguna komputer mengenal browser satu ini. Firefox menjadi salah satu browser yang cukup enak digunakan menjelajah internet. Hal tersebut dikerenakan Firefox hadir dengan sistem keamanan yang sangat tinggi. Selain itu, dengan menggunakan Firefox Anda juga bisa melakukan transfer file dengan aman berkat fitur enkripsi end-to-end.


Brave

Untuk Anda yang ingin menjelajah dengan cepat, Brave bisa Anda jadikan sebagai pilihan. Beberapa review menyebutkan jika Brave ini hadir dengan kecepatan membuka halaman 2X lebih cepat. Lebih dari itu, browser satu ini juga sudah dibekali dengan sistem keamanan yang tinggi.


Opera

Opera hadir dengan fitur yang cukup menarik sehingga membuat pengalaman menjelajah semakin nyaman. Selain itu, browser satu ini juga sudah dilengkapi dengan fitur blokir iklan yang membuat pengguna semakin nyaman ketika berselancar.


Vivaldi

Rekomendasi web browser selanjutnya ini hadir dengan tampilan UI yang menarik. Sebagai pengguna, Anda bisa melakukan pengaturan di setiap aspek yang disediakan. Bukan hanya itu saja, browser satu ini juga memudahkan Anda untuk melakukan pengaturan di setiap tampilan sesuai dengan kebutuhan Anda.


Qutebrowser

Qutebrowser hadir dengan GUI yang simpel sehingga membuat tampilan terkesan bersih serta sederhana. Browser ini lebih menitikberatkan pada keberadaan tulisan dibandingkan dengan gambar. Tidak mengherankan jika tampilannya nampak bersih dan sederhana.

Bagaimana sudah menemukan browser yang sesuai dengan perangkat anda? setelah mengetahi macam macam browser selanjutnya kita bahas tentang cara kerja browser.


Cara Kerja Browser

Setalah mempelajari mengenai pengertian browser, fungsi hingga macam macam browser. Berikut ini kami hadirkan cara kerja web browser. Mengenai cara kerjanya diantaranya adalah sebagai berikut:


Pengguna yang sedang membuka sebuah website menuliskan alamat situs atau URL di menu address bar misalnya : Facebook.com.

  1. Selanjutnya web browser akan menerima permintaan dari pengguna hingga kemudian melakukan fetching atau pengambilan data di DNS Server.
  2. Data yang diambil tersebut merupakan IP dari perintah yang ditulis user.
  3. Kemudian web browser akan melakukan akses ke server menggunakan IP yang sudah didapatkan dari DNS Server.
  4. Selanjutnya server akan mengirimkan data konten ke dalam bentuk HTML.
  5. Jika sudah, maka web browser akan menampilkan konten sesuai dengan permintaan dari user.

Cukup banyak bukan rekomendasi browser dan macam macam browser yang bisa dijadikan pilihan untuk mendapatkan pengalaman menyenangkan ketika menjelajah internet. Anda bisa menyesuaikan jenis web browser sesuai dengan kebutuhan. Sekian informasi mengenai pengertian, fungsi, macam macam browserhingga cara kerja web browser, semoga informasi ini bisa memberikan manfaat untuk Anda semua.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar