Skip to main content
Si Ipung

follow us

Segera berlangganan !! Akan hadir video dan tutorial menarik dari siipung.com dengan cara Subscribe ke youtube, klik Siipung Channel

×

Perangkat lunak atau software - Jangan sembarang install !!

Perangkat lunak atau software adalah hal yang sangat penting - Apa sebenarnya Perangkat lunak itu ?, silahkan baca sampai habis artikel dari siipung.com dibawah ya.

Teknologi sebagai salah satu bidang yang selalu berkembang, di mana para pembuatnya selalu dapat berinovasi untuk dapat menghasilkan sebuah alat yang canggih dan dapat membantu masyarakat.

Salah satu teknologi yang hingga saat ini adalah komputer merupakan perangkat yang memang pada saat ini sering dibutuhkan. Komputer sendiri terdiri dari beberapa bagian yang harus menjadi satu kesatuan agar dapat difungsikan sebagaimana mestinya.

Adapun beberapa hal yang perlu Anda pahami tentang perangkat lunak dan juga perangkat keras, di mana dalam artikel ini akan dibahas secara menyeluruh tentang perangkat lunak ,


Perangkat lunak Adalah Bagian Penting Dari Perangkat keras

Ada beberapa pengertian tentang perangkat lunak yang perlu Anda ketahui, di mana dalam hal ini ada lebih dari satu pendapat yang ada.

Secara umum pengertian perangkat lunak adalah salah satu bagian dari sistem yang tidak mempunyai bentuk fisik dan tidak dapat terlihat, karena perangkat lunak adalah sekumpulan data elektronik yang telah disimpan dan diatur oleh perangkat keras dan berupa program yang dapat menjalankan suatu perintah.

perangkat lunak adalah suatu program data yang sudah dibuat, diformat, dan disimpan secara digital yang tidak mempunyai bentuk fisik, namun dapat dijalankan dan dioperasikan oleh penggunanya dengan menggunakan komputer atau gadget.

Sehingga dapat disimpulkan software atau perangkat lunak adalah sebuah penghubung antara pengguna dan juga perangkat keras atau hardware untuk dapat menjalankan perintah tertentu. Dengan kata lain tanpa perangkat lunak, komputer atau gadget sama sekali tidak dapat dioperasikan.


Pengertian Perangkat lunak Berdasarkan Para Ahli

Selain pengertian perangkat lunak secara umum, ada beberapa pengertian yang telah dikemukakan oleh beberapa ahli, berikut ini adalah beberapa pendapat dari ahli tentang pengertian dari perangkat lunak :

Wiwit Siswoutomo
Menurut ahli Wiwit Siswoutomo yang satu ini pengertian Perangkat lunak adalah sebuah nyawa dari hardware, di mana sebuah hardware hanyalah sebuah benda mati yang tidak dapat digunakan apabila tidak mempunyai software atau perangkat lunak ini.

Roger S. Pressman
Pendapat lain dikemukakan oleh Roger S. Pressman , di mana ahli ini berpendapat bahwa Perangkat lunak merupakan suatu perintah program pada komputer atau gadget yang apabila dieksekusi oleh user-nya atau pengguna akan memberikan fungsi dan untuk bekerja sesuai yang diharapkan oleh penggunanya.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa perangkat lunak berfungsi untuk memberikan perintah agar dapat bekerja secara optimal sesuai dengan perintah dari user atau pengguna.

Melwin Syafrizal Daulay
Pendapat lain datang dari Melwin Syafrizal Daulay yang mengatakan bahwa Perangkat lunak adalah sebuah perangkat yang diperuntukan untuk mengatur seluruh aktivitas pada komputer atau gadget dan seluruh intruksi yang mengarah pada sistem komputer atau gadget dan menjembatani interaksi antara user dengan komputer atau gadget .

Imam Prayogo Pujiono
Imam Prayogo Pujiono sendiri memberikan pendapat dari Perangkat lunak ini. Di mana ahli ini menyatakan pengertian Perangkat lunak adalah satu program dalam komputer atau gadget yang telah dirancang sedemikian rupa dan jika dijalankan akan memberikan perintah kepada komputer, dalam hal ini khususnya Perangkat lunak maupun perangkat keras dalam rangka menyelesaikan sebuah tugas yang diperintahkan sesuai keinginan user.

Wilman dan Riyan
Menurut Wilman dan Riyan, pengertian Perangkat lunak adalah sebuah perangkat yang akan beroperasi kerja untuk menjalankan berbagai komponen pada hardware atau komputer atau gadget yang memiliki sifat tidak terlihat akan tetapi bermanfaat bagi user atau penggunanya.


Fungsi Dari perangkat lunak Secara Umum

Seperti yang diketahui, secara garis besar pengertian Perangkat lunak adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk menjalankan atau mengoperasikan komputer sesuai dengan perintah dari penggunanya.

Tentu saja perangkat lunak mempunyai beberapa fungsi yang menegaskan sebuah arti dari perangkat lunak. Berikut ini adalah beberapa fungsi dari perangkat lunak :

  • Menyediakan fungsi dasar pada komputer atau gadget agar dapat dioperasikan dengan baik.
  • Mengatur semua bagian hardware atau perangkat keras agar dapat bekerja secara berkesinmabungan.
  • Menjadi sebuah penghubung antara perangkat lunak lainnya dengan perangkat keras yang ada pada komputer atau gadget .
  • Perangkat lunak juga merupakan penerjemah bahasa komputer atau gadget menjadi bahasa mesin agar dapat dibaca oleh hardware atau perangkat keras.
  • Perangkat lunak sendiri juga dapat mendeteksi sebuah program yang ada pada komputer atau gadget .

Dengan adanya penjelasan di atas memang sudah dapat dilihat dan diartikan bahwa perangkat lunak adalah sebuah nyawa dari perangkat keras agar dapat berjalan dengan sempurna dan dapat berfungsi sesuai dengan kebutuhan dari penggunanya.


Sejarah Perkembangan perangkat lunak

Sesuai dari pengertian perangkat lunak adalah sebuah nyawa dari hardware dan juga fungsinya, ternyata perangkat lunak sendiri juga mempunyai sejarah yang panjang dan juga mengalami banyak sekali perubahan hingga pada saat ini.

pPerangkat lunak sendiri dibagi menjai beberapa era yang mungkin memang menjadi salah satu perjalanan yang sangat panjang. Berikut ini adalah era perkembangan dari perangkat lunak :

Era Pioner
Pada era ini sendiri, pengertian perangkat lunak adalah sebuah sambungan kabel-kabel yang dihubungkan ke dalam komputer. Di mana pada masa ini sendiri, sebuah komputer dijalankan dengan menggunakan sebuah kartu yang dilubangi dan disebut dengan punched card.

Di mana pada era ini sendiri sebuah komputer masih dioperasikan secara langsung yang mana sebuah perangkat lunak digunakan untuk tujuan yang sesuai dengan kebutuhan. Dengan kata lain, di era awal dari perangkat lunak masih menjadi satu kesatuan dengan perangkat keras.

Era Stabil
Pada era stabil ini, Perangkat lunak sudah mengalami perubahan di mana Perangkat lunak tidak dijalankan satu persatu. Perangkat lunak yang ada pada komputer atau gadget di era ini sendiri sudah dapat menjalankan perintah secara sekaligus atau biasa dikenal dengan multitasking yang dilakukan secara cepat dan juga real time.

Di era ini juga sudah terjadi perubahan yang sangat jauh, di mana komputer atau gadget mempunyai basis data yang membuat sebuah program dan data terpisah.

Era Mikro
Pada era mikro merupakan salah satu gebrakan yang membuat Perangkat lunak dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu Perangkat lunak Sistem yang mempunyai isi Windows, Linux, Machintos, dan lain-lain. Lalu ada Perangkat lunak Aplikasi Ms.Office, OpenOffice, dan lain-lain serta yang terakhir adalah Languange Perangkat lunak/Bahasa Pemograman Assembler, Visual Basic, Delphi, dan lain-lain.

Era Modern
Era modern dari Perangkat lunak merupakan sebuah era yang pada saat ini digunakan. Di mana Perangkat lunak tidak hanya dapat digunakan di dalam komputer atau gadget tetapi juga di ponsel yang dapat disebut dengan smartphone atau telepon pintar.

Di mana tingkat kecerdasan dari perangkat lunak ini sudah semakin meningkat dan menjadikan pengertian Perangkat lunak adalah sebagai sebuah perangkat yang dapat dioperasikan sesuai perintah penggunanya menjadi sangat terlihat.


Klasifikasi perangkat lunak Menurut Jenis dan Distribusinya

Setelah mengenal tentang sejarah, pengertian dan juga fungsi dari Perangkat lunak. Ada poin lain yang harus dapat dipahami, di mana perangkat lunak sendiri mempunyai klasifikasi yang berdasarkan dua aspek.

Aspek tersebut adalah dari jenis dan distribusinya, di mana di dalam aspek tersebut masih ada beberapa klasifikasi lainnya. Berikut ini adalah penjelasan dari klasifikasi Perangkat lunak :


Perangkat lunak Berdasarkan Jenisnya

Menurut salah satu ahli, pengertian perangkat lunak adalah sebuah perangkat yang dapat menghubungkan perangkat lunak lain dengan hardware agar dapat dioperasikan sesuai dengan penggunanya. Di mana perangkat lunak ini sendiri dibagi lagi sesuai fungsinya, salah satunya adalah berdasarkan jenisnya. Berikut ini adalah perangkat lunak yang dibagi berdasarkan jenisnya :

Operating System (Sistem Operasi)

Jenis perangkat lunak yang pertama adalah Sistem operasi yang berfungsi mengatur dan menkoordinasikan setiap komponen dan fungsi komputer. Beberapa dari contoh operating sistem ini adalah Windows , Linux , UNIX , DOS .

Progamming Language (Bahasa Pemorgraman)

Jenis selanjutnya adalah Bahasa pemrograman yang betugas sebagai pemberi instruksi standar dan melibatkan sintak dan semantik yang digunakan untuk dapat menjelaskan suatu program pada sebuah aplikasi komputer. Beberapa contoh dari Bahasa Pemrograman ini adalah PHP, Java, Microsoft Visual Basic.

Application Program (Program Aplikasi)

Jenis dari program aplikasi mempunyai fungsi tertentu, semisalnya adalah perangkat lunak untuk presentasi, perangkat lunak berhitung, menggambar atau desain dan lain sebagainya. Beberapa contoh dari Program Aplikasi ini adalah Microsoft Office Word, Microsoft Office Excel, MYOB, OpenOffice.org, dan lain sebagainya.


Perangkat lunak Berdasarkan Distribusinya

Selain dari jenisnya, klasifikasi perangkat lunak juga dapat dilihat dari distribusinya. Di mana ini menjadi salah satu penegasan dari pengertian perangkat lunak adalah sebagai sebuah komponen yang dapat membuat perangkat lunak dapat bekerja sesuai dengan keinginan dari user atau pengguna. Berikut ini adalah perangkat lunak berdasarkan distribusinya :

Freeware

Merupakan sebuah perangkat lunak yang dapat dimiliki serta digunakan secara gratis tanpa memiliki batas waktu. Biasanya perangkat lunak jenis ini tidak terlalu sempurna dan juga tidak terlalu maksimal.

Adware

Merupakan sebuah perangkat lunak yang didapatkan secara gratis tanpa membayar, akan tetapi mempunyai konsekuensi di mana ada iklan yang muncul.

Spyware

Spyware merupakan sebuah perangkat lunak yang biasanya digunakan untuk memata-matai segala aktivitas komputer atau gadget yang dilakukan oleh seorang pengguna. Kebanyakan spyware ini sering disalah gunakan untuk mencuri data dari komputer atau gadget lain dan digunakan untuk kepentingan pribadi.

Open Source

perangkat lunak yang satu ini merupakan sebuah perangkat lunak yang kodenya dapat dibuka dan diubah, ditingkatkan, serta disebar luaskan. Biasanya perangkat lunak yang satu ini bisa didapatkan secara gratis dan dapat dikembangkan oleh seseorang yang mempunyai lisensi GPL atau General Public Lisense

Shareware

Perangkat lunak ini merupakan sebuah perangkat lunak yang dapat diperoleh secara gratis, akan tetapi mempunyai kurun waktu tertentu. Kebanyak shareware ini dapat digunakan secara gratis selama tiga puluh hari.


Contoh perangkat lunak

Seperti dalam pengertian software adalah perangkat lunak yang menjadi sebuah nyawa pada hardware dan mempunyai fungsi sebagai peghubung antara perangkat lunak lain dengan perangkat keras, maka tidak heran jika Anda akan menemukan banyak sekali contoh dari Perangkat lunak ini.

Ada beberapa perangkat lunak yang berbayar maupun dapat diperoleh dengan gratis.

Contoh-contoh perangkat lunak di bawah ini merupakan sebuah nama yang sering kali Anda temukan. Berikut ini adalah contoh-contoh dari perangkat lunak :

  1. Microsoft Windows, merupakan salah satu operasi sistem komputer yang berbasis command-line.
  2. Microsoft Office Words merupakan salah satu perangkat lunak yang digunakan untuk dapat menulis sebuah dokumen atau mengedit serta memperbaharui.
  3. Microsoft Power Point adalah perangkat lunak yang dapat digunakan untuk membuat sebuah presentasi atau video.
  4. Google Chrome adalah salah satu perangkat lunak yang dapat digunakan sebagai browsing atau berinternetan.
  5. Adobe Photoshop merupakan salah satu perangkat lunak yang biasanya digunakan untuk membuat sebuah desain gambar atau edit foto.
  6. KMPlayer adalah salah satu perangkat lunak yang dapat memutar sebuah musik dan juga video pada komputer.
  7. Corel draw merupakan sebuah perangkat lunak desain grafis.

Cara Mendapatkan Sebuah perangkat lunak

Melihat dari pengertian software adalah sebuah perangkat yang tidak terlihat dan dapat dioperasikan untuk menjalankan perintah dari pengguna, tentu saja ada beberapa cara untuk bisa memperoleh perangkat lunak yang aan digunakan sesuai dengan fungsinya.

Cara yang pertama yang paling dasar adalah perangkat lunak sudah disediakan di dalam perangkat komputer atau gadget yang Anda punyai atau beli.

Setiap komputer atau gadget pada era ini sendiri selalu dilengkapi oleh perangkat lunak yang mempunyai fungsi dasar, seperti menulis atau membuat dokumen, melihat foto, mendengarkan musik, menonton video dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk beberapa perangkat lunak yang memang dijadikan sebagai fungsi tambahan, Anda dapat memperoleh dari berbagai distributor resmi atau hanya dengan mendownload tersebut melalui internet. Ada beberapa perangkat lunak yang telah disediakan secara gratis untuk dapat diunduh dan ada juga perangkat lunak yang memang harus bayar.


Hati - hati dalam menginstall suatu perangkat lunak !!

Perangkat lunak memang sangat penting, tetapi tidak semuanya baik untuk perangkat keras yang sedang kita gunakan.

Mendapatkan perangkat lunak memang sangat mudah, bisa mendownload ataupun membeli, tapi jika sembarangan menginstallnya bisa berpengaruh buruk kepada perangkat keras yang sedang digunakan dan bisa juga berpengaruh buruk pada data yang ada.

Perangkat lunak bisa berpotensi sebagai virus yang sangat merugikan kita, bisa membuat perangkat yang sedang digunakan menjadi lemot dan hang,


Akibat buruk bila perangkat lunak tersebut tersisipi virus :

  • Perangkat yang kita gunakan akan lemot, bahkan bisa sampai hang
  • Perangkat lunak atau aplikasi lain terkadang tidak bisa lagi difungsikan
  • Privasi kita akan mudah dilihat oleh si pembuat virus (jika tujuannya untuk mencuri data)
  • Data penting tidak bisa dibuka lagi, lebih parahnya akan hilang.
  • Dan masik banyak lagi kemungkinan buruk lainnya.

Bahaya kan?? Jadi usahakan berhati-hati dan usahakan pula mendapatkan perangkat lunak atau software dari sumber yang jelas.


Tips :

  • Pasang anti virus diperangkat, pasang cukup satu anti virus saja asalkan rutin diupdate
  • Install perangkat lunak yang benar-benar dibutuhkan saja
  • Pastikan sumbernya jelas, atau download aplikasi pada layanan resmi (Misalnya Playstore untuk android, App strore untuk IOS, Microsoft Store untuk pengguna Windows)

Perangkat lunak RESMI / ORIGINAL BISA BERBAHAYA !!

Kok bisa berbahaya ? kan sumber jelas dan resmi ? Tetap akan berbahaya jika perangkat keras kita tidak support pada perangkat lunak tersebut

Kita asumsikan sedang menggunakan laptop spesifikasi rendah.
Dengan spesifikasi rendah saat kita memasang sebuah perangkat lunak yang membutuhkan perangkat keras spesifikasi tinggi maka laptop kita tidak bisa menjalankannya, kalaupun bisa justru malah akan berbahaya karena lemot dan cepat panas.


Tips :

  • Sebelum beli ataupun download lihat dulu System Requirements Minimum pada perangkat lunak tersebut, jika memang tidak memnuhi maka jangan paksakan untuk memasangnya.
  • Lebih baik lagi penuhi Recommended Requirements
  • Upgrade perangkat keras atau gadget anda ke spesiikasi lebih tinggi, jika pada laptop ataupun komputer bisa menambah kapasitas RAM atau mengganti HDD menjadi SDD

Perbedaan Perangkat lunak Dengan Perangkat keras

Setelah melihat pengertian software adalah sebuah perangkat yang mempunyai sifat tidak terlihat tapi mempunyai manfaat, maka Anda akan menemukan hardware. Ya, perangkat lunak dan perangkat keras sendiri mempunyai perbedaan yang tentu saja sangat terlihat. Untuk pengertian hardware adalah perangkat dari sebuah komputer atau gadget yang berupa kabel, casing, keyboard dan lain sebagainya.

Dengan kata lain, jika Perangkat lunak merupakan sebuah perangkat lunak yang tidak dapat dilihat dan hardware merupakan perangkat keras yang dapat disentuh dan mempunyai bentuk. Sebuah hardware tidak mungkin bisa dioperasikan tanpa adanyan perangkat lunak.

Akan tetapi perangkat lunak sendiri juga tidak dapat berdiri sendiri. Di mana perangkat lunak biasanya akan disimpan pada sebuah memori yang menjadi salah satu perangkat keras dalam komputer atau gadget.

Baca selengkapnya tentang perangkat keras komputer


Desain Dan Implementasi Dari Perangkat lunak

Pada sebuah pembuatan perangkat lunak diperlukan desain dan implementasi. Di mana secara garis besar desain dan implementasi dari perangkat lunak ini sendiri adalah tentang bagaimana cara sebuah sistem agar dapat memiliki tampilan yang baik dan alur yang jelas.

Di mana sistem ini akan di susun secara rapi ke dalam sebuah pemrograman menjadi sebuah perangkat lunak.

Dengan adanya penjelasan tersebut dapat dikatakan, adanya desain dan implementasi untuk perangkat lunak memungkinkan pengembang untuk bisa mengidentifikasi sebuah komponen perangkat lunak dan membuatnya menjadi sebuah desain program.

Dalam desain dan implementasi perangkat lunak ini sendiri terdapat beberapa fungsi yang harus dipahami. Berikut ini adalah fungsinya

  • Untuk menunjukkan bagaimana cara membuat sebuah model sistem dan desain arsitektur yang dimasukan ke dalam pengembangan perangkat lunak yang berorientasi objek.
  • Untuk lebih mengenal tentang isu-isu implementasi penting. Di mana biasanya implementasi ini tidak tercakup dalam buku pemrograman.
  • Untuk dapat mengenal tentang penggunaan kembali beberapa aspek perangkat lunak yang sudah ada seperti mengenal tentang manajemen konfigurasi, dan pengembangan open source.

Sampai disini dulu pembahasan tentang perangkat lunak, semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk share.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar