Skip to main content
Si Ipung

follow us

Perangkat input dan contoh perangkat input, dibahas lengkap

Perangkat input ? Apa itu ? Di dunia yang semakin modern ini tentunya banyak sekali hal disekeliling kita yang tidak lepas dari sistem komputer.

Saat ini, untuk hanya sekadar memesan tiket kereta api atau tiket nonton saja sudah bisa kamu beli di swalayan terdekat dengan menggunakan komputer yang sudah di sediakan disana lho.

Belum lagi kalo kita perhatikan para petugas kasir yang juga menggunakan sebuah perangkat komputer dalam pekerjaanya. Semakin kesini, komputer dan device lainnya yang digunakan pada pekerjaan kasir itu pun semakin canggih.

Seperti layar komputer yang kini sudah menggunakan touchscreen tak lagi menggunakan mouse, alat scanning barcode yang semakin responsive dan banyak lagi!

Pada artikel kali ini siipung.com akan membahas lebih dalam lagi tentang perangkat input ya sob, yuk simak!


Pengertian perangkat input

Ngomong - ngomong soal komputer. Kamu tau gak sih apa itu komputer? Komputer adalah istilah dari sebuah kesatuan antara beberapa komponen atau bagian yang saling bekaitan antara lain seperti input device atau perangkat input, processing, dan perangkat output . Ketiga bagian tersebut tentu memiliki tugas dan fungsi yang berbeda – beda satu sama lain.

Masing - masing bagian tersebut juga terdiri dari bermacam - macam perangkat lho, seperti contohnya pada “perangkat input” atau pun perangkat yang memiliki bagian tugas pada penginputan setiap perintah dari user atau pengguna untuk selanjutnyaperintah tersebut memasuki perangkat processing yang akan memproses perintah tersebut untuk pada akhirnya di tampilkan oleh perangkat output atau output device.

Pengertian perangkat input secara umum merupakan perangkat – perangkat masukan pada setiap personal komputer yang memiliki fungsi untuk menginput atau memasukan setiap data atau perintah dari pengguna berupa gambar, teks, suara, dan maupun perangkat penyimpanan yang dapat digunakan untuk memasukkan program ke perangkat komputer.

jika kita coba telisik berdasarkan sifatnya, perangkat - perangkat input divece ini bisa kita beda kan jenisnya menjadi dua, yaitu:

perangkat input langsung, yaitu perangkat input yang saat dimasukkan pada personal komputer kamu akan memiiki peranan langsung sebagai penghubung antara apa yang di inginkan oleh pengguna dalam mengoperasikan sebuah piranti atau sebuah personal komputer.

Layaknya mainan mobil jarak jauh berbasis radio atau RC, untuk mengendalikan mainan tersebut kamu tentu harus mengoperasikan remot kendali yang sudah di intgrasikan. Nah, seperti itu juga lah penggambaran dari fungsi perangkat input pada perangkat komputer. Perangkat Input langsung ini bisa kamu

perangkat input tidak langsung, yaitu perangkat input yang menggunakan media tertentu dan direkam lebih dulu pada suatu “media machine form” yang berbentuk simpanan luar atau external storage sebelum input tersebut diproses oleh CPU pada komputermu.


Contoh perangkat input Beserta Cara Kerjanya

perangkat input sendiri sebetulnya terdiri dari banyak sekali macam perangkat yang bisa kamu pakai, dan sebagian besar mungkin juga cukup familiar bagi kamu. Karena pada dasarnya perangkat input  merupakan perangkat yang utama dalam pengoperasian komputer.

Apa saja sih contoh perangkat pada perangkat input ? Dan bagaimana sih cara kerjanya? Yuk simak daftar berikut di bawah ini!


Perangkat input langsung :

KEYBOARD

Jika di artikan dalam bahasa Indonesia alat ini biasa di sebut dengan sebutan papan tuts. Bentuk alat ini seperti sebuah papan dengan bermacam tombol di atasnya, tombol - tombol tersebut berupa huruf alphabet dan angka hingga tombol dengan bergbagai fungsi lainnya.

Alat ini memiliki tugas khusus untuk pengimputan teks dan juga mengontrol pengoperasian piranti komputer mu.

Berikut ini merupakan cara kerja keyboard:

Cukup menekan tombol yang berada diatas keyboard. Saat tombol tersebut di tekan maka tombol itu juga akan menekan bantalan karet yang berada di bawah tombol tersebut.

Bantalan karet tersebut menngirimkan kode ke buffer keyboard yang bertugas untuk mentransmisikan bentuk – bentuk menggunakan kode biner.

Lalu controller keyboard mengirimkan interrupt request kepada software sistem yang juga di transmisikan dengan menggunakan kode biner.

Software sistem segera merespon interrupt tersebut dengan membaca kode biner dari buffer keyboard yang akhirnya akan di generate oleh chip komputer.

Setelah di generate oleh chip, software sistem mengirimkan kembali kode tersebut ke CPU dengan tampilan yang sudah berbentuk huruf yang sama seperti tombol yang kamu tekan pada keyboard.

Perangkat keyboard memiliki bermacam - macam port yaitu, ps2, port serial, port USB dan juga wireless.

Mouse

Jika di artikan kata ini memiliki arti tikus, namun istilah untuk perangkat mouse dalam bahasa Indonesia itu adalah Tetikus. Alat ini dinamakan mouse karena bentuknya yang menyerupai tikus, kecil dengan kabel yang menghubungkan alat ini seperti buntut pada tikus.

Meskipun saat ini Mouse sudah bertransformasi menjadi bentuk yang lebih menarik bahkan ada juga jenis mouse yang gak lagi menggunakan kabel penghbung, atau sudah wireless.

Selain itu, alat input ini dilengkapi trackball atau saat ini digantikan dengan sensor infra red yang terletak di bagian bawah. Alat ini berfungsi untuk mengatur posisi kursor pada layar komputer mu dengan hanya menggesernya lalu kursor pada layar komputerpun akan bergeser dan bergerak sesuai dengan arah mouse yan anda gerakan.

Cara kerja perangkat ini cukup sederhana. Kita tinggal menekan dan menggerakannya saja sesuai dengan keinginan. Trackball atau sensor infra red yang berada di bagian bawah mouse akan mengrimkan motion signal yang di proses oleh processor dan diterjemahkan dengan tampilan kursor yang bergerak sesuai dengan gerakan mouse.

Trackball

Perangkat input ini memiliki bentuk yang bulat seperti bola. Sistem kerjanya hampir sama dengan mouse, namu yang membedakan hanya pada konfigurasinya saja.

Jika mouse bekerja dengan cara menggerakkan seluruh tubuh perangkatnya sehingga membutuhkan ruang dalam pengoperasiannya, maka trackball ini cukup kamu letajkan saja bahkan ditempat yang sempit sekalipun.

Karena kamu hanya tinggal menggerakan bola bulat tersebut untuk dapat menggerakan kursor kemanapun yang kamu inginkan

Trackpad

Sama dengan mouse dan trackball, trackpad atau bantalan sentuh juga memiliki fungsi untuk meggerakan kursor pada komputer. Cara kerjanya kamu hanya tinggal menggunakan jarimu pada trackpad untuk menggerakan kursor pada komputer.

Scanner

Alat input  satu ini memiliki bentuk dan cara kerjanya yang hampir sama dengan mesin fotocopy. Namun perbedaanya alat ini hasilnya akan di tampilkan pada layar monitor dan memungkinkan untuk kamu edit kembali dengan hasil terbaik! Berbeda dengan foto copy, hasilnya hanya akan langsung terlihat pada medium kertas yang digunakan.

Tidak hanya dapat merubah atau memodifikasi file hasil scan yang berbentuk gambar, kamu juga bisa memodifikasi text file, maupun dokumen lho sob.Alat ini mempnyai bentuk dan ukuran yang beragam. Ada yang jenisnya berukuran sebesar kertas folio, sebesar alat printer bahkan seukuran postcard.

Joystick

Perangkat input ini biasanya di gunakan untuk control lebh baik pada aplikasi permainan. Adapun bentuknya beragam, seperti tongkat atau tuas tunggal dengan beberapa tombol, berbentuk kotak dengan tombol - tombol yang berguna untuk menangkao gerak dinamis yang di kehendaki, berbentuk bundar seperti stir, dan lain – lain.

Cara kerja perangkat ini yaitu dengan memberikan isyarat seperti menggerakan tuas, maupun menekan tombol yang selanjutnya di pancarkan oleh joystick kepada proyektil via radio yang masuk ke prosesor lalu diterjemahkan untuk menggerakkan objek yang di kehendaki didalam video game.

Microphone

Microphone merupakan salah satu perangkat keras yang termasuk pada Perangkat input. Adapun cara kerjanya ialah dengan cara menangkap suara analog lalu mengubahnya menjadi suara digital. Microphone juga memiliki fungsi untuk merekam suara, selain itu alat ini juga biasa kamu gunakan untuk berkomunikasi pada saat kamu sedang melakukan video call.

Touch Screen

Saat ini sudah sangat tersedia layar monitor komputer yang juga bisa touch screen. Pada prinsipnya, perangkat ini memudahkan pengguna untuk dapat memilih sesuatu yang tampak pada layar moitor secara langsung dengan menyentuh layar tanpa menggunakan Mouse, trackpad maupun perangkat lain yang berfungsi untuk menggerakan kursor pada komputer.


Perangkat Input Tidak langsung

Perangkat input ini bisa juga tergolong sebagai media penyimpanan, seperti halnya flashdisk yang sudah umum untuk menyimpan sebuah file, namun disisi lain juga bisa disebut dengan perangkat input.

HardDisk

Alat ini merupakan salah satu perangkat Perangkat input pada komputer. Alat ini menyediakan ruang penyimpanan untuk menyimpan atau membaca data dan file pada piranti atau komputermu.

Harddisk merupakan jenis memori komputer yang memiliki sifat non-volatile memory yang berarti data pada memori jenis ini tidak akan hilang meski perangkat tersebut telah dimatikan.

FlashDisk

Flasdisk adalah sebuah perangkat keras atau perangkat tambahan yang termasuk pada kategori Perangkat input. Flashdisk berguna untuk menyimpan maupun memindahkan data dalam bentuk digital. Flashdisk memiliki dimensi ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan hard disk. Cukup praktis untuk dibawa kemana – mana.

Compact Disk

Compact Disk juga memiliki fungsi yang sama untuk menyimpan data atau file. Namun cara untuk penyimpananya sedikit berbeda denga Harddisk maupun flashdisk. Compact disk membutuhkan aplikasi untuk memproses penyimpanan data maupun filenya, biasa disebut dengan burning cd . Proses yang dikenal dengan kata burninv menjadi pembeda dengan media penyimpanan data lainnya.

Lihat ini Media penyimpanan data Google drive yang canggih


Perbedaan Perangkat input dan Perangkat output

Seperti yang sudah sama sama kita ketahui bahwa komputer merupakan rangkaian komponen maupun periferal yang memiliki fungsi dan bagian kerjanya masing masing dan menjadi sistem kerja secara kesatuan yang berkesinambungan antara satu dengan yang lain.

Sebelumnya saya sudah jelaskan di atas mengenai dua periferal yang dimiliki oleh piranti komputer, yaitu Perangkat input dan Perangkat output. Lalu apa saja kah perbedaan antara Perangkat input dan Perangkat output?

Perbedaanya tentu saja dapat ditemukan dengan jelas pada sistem kerjanya, Jika Perangkat input bekerja dalam memasukan data, informasi maupun perintah pengguna piranti komputer kedalam program dalam pengoperasian komputer.

Lihat selengkapnya tentang perangkat output
Maka perangkat output berfungsi menampilkan hasil pengolahan data dan informasi pada komputer yang sebelumnya melalui proses input untuk selanjutnya di proses pada CPU dan akhirnya diterjemahkan menjadi visual yang ditampilkan oleh layar komputer, maupun suara yang dikeluarkan oleh speaker, atau gambar dan dokumen yang telah dicetak menggunakan printer dan lain lain.

Yups demikian lah artikel kali ini tentang Perangkat input yang dapat siipung.com sampaikan. Semoga bermanfaat! Jangan lupa untuk terus update pengetahuan tekhnologi! Sampai jumpa.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar