Skip to main content
Si Ipung

follow us

Pengertian Google Drive serta Fungsi Google drive - Lengkap

Pengertian google drive - Di era yang semuanya serba digital ini Anda semakin dimudahakan dalam melakukan berbagai hal, termasuk dalam hal simpan menyimpan data.

Saat ini Anda tidak perlu lagi menyimpan data atau file Anda dalam bentuk hard copy, Anda dapat menyimpan data Anda dalam bentuk soft copy dan dapat dengan mudah membuka file Anda di manapun dan kapanpun.

Salah satu layanan yang dapat digunakan untuk membuka file atau data yang Anda miliki ialah Google Drive (GDrive).

Dengan GDrive Anda dapat membuka file atau dokumen yang Anda miliki melalui laptop (PC) maupun smartphone.

Apa itu Google Drive? Mungkin sebagian dari Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah tersebut. Namun, bagi kamu yang belum mengetahui dan masih asing dengan istilah ini, ada baiknya kamu menyimak penjelasan mengenai GDrive ini.


Pengertian Google Drive

Secara umum, Pengertian Google Drive adalah sebuah layanan yang disediakan oleh google yang memiliki fungsi sebagai tempat untuk menyimpan file atau dokumen secara online berbasis internet atau Cloud.

Google Drive memiliki layanan yang dapat digunakan secara gratis maupun berbayar. GDrive memberikan kapasitas layanan gratis sebesar 5 GB, kapasitas tersebut dapat ditambah menggunakan layanan yang GDrive yang berbayar.

Selain untuk menyimpan file dan dokumen, Google Drive juga terhubung dengan berbagai fitur milik google seperti google search, Gmail, dan berbagai fitur google lainnya. Fitur yang bisa digaris bawahi dari GDrive adalah API’s untuk para Developer. Hingga kini GDrive telah terhubung dengan puluhan aplikasi pihak ketiga


Sejarah Google Drive

Menurut Wikipedia, Google Drive diluncurkan pada tanggal 24 April 2012. Layanan GDrive yang terus berkembang, memungkinkan pengguna untuk mengetik, membuat bahan atau slide presentasi, mengedit gambar, dan kainnya. GDrive merupakan pengganti dari fitur google yang terdahulu, yakni google docs . Karenanya URL yang digunakan oleh google docs secara langsung akan digantikan dengan URL GDrive setelah diaktifkan.


Fungsi Google Drive

Hingga saat ini, Google Drive telah menjadi salah satu aplikasi penyimpan file atau data yang banyak diminati sekaligus banyak digunakan oleh sebagian besar orang.

Hal itu dikarenakan Google Drive memiliki banyak fungsi yang tentu saja dapat memudahkan penggunanya dalam mengakses file atau data miliknya. Berikut merupakan beberapa fungsi GDrive yang dapat Anda ketahui:


Sebagai tempat penyimpanan data

Salah satu fungsi yang paling menonjol dari Google Drive ialah sebagai wadah penyimpanan file atau dokumen.

Dengan menyimpan file atau dokumen di GDrive, pengguna dapat mengakses file atau dokumen miliknya dimanapun dan kapanpun selama pengguna terkoneksi dengan internet.

Dengan menggunakan layanan dari Google Drive, artinya pengguna telah memiliki back-up file atau datanya di internet, sehingga jika suatu saat terjadi sesuatu yang tidak diinginkan seperti kerusakan file yang tersimpan di laptop karena terkena virus, file hilang, atau terjadi kerusakan pada laptop atau smart phone, maka file yang terdapat di GDrive akan tetap aman dan dapat diakses melalui laptop atau smart phone lain yang terkoneksi dengan internet tentunya.


Membuat dan mengedit dokumen

Google Drive memungkinkan penggunanya untuk mengedit serta membuat lembar kerja dan slide baru.

Di dalam menu atau aplikasi Google Drive terdapat tautan langsung yang dapat menghubungkan GDrive dengan fitur google lainnya seperti Gmail, google browser, dan google plus.

Video, foto dan data yang tersimpan di dalam GDrive akan secara langsung tersinkronasi dengan google plus. Artinya, apa yang kamu simpan di GDrive tersebut akan secara otomatis tersimpan juga di google plus tanpa kamu harus menyimpannya kembali secara manual.


Manfaat menggunkan Google Drive

Bagi mereka yang sangat sibuk dan memiliki mobilitas yang tinggi, layanan Google Drive yang disediakan oleh google ini ternyata memiliki banyak sekali manfaat. GDrive dapat diakses dimanapun dan kapanpun sehingga dapat mempercepat segala proses yang harus dilakukan.

Google Drive dapat menjaga file atau dokumen penggunanya dengan sangat baik, sehingga pengguna tidak perlu merasa khawatir akan kehilangan data atau file miliknya suatu saat. Hal itu tentunya sangat bermanfaat bagi siapapun penggunanya.

Lalu dengan menyimpan file atau dokumen Anda ke dalam GDrive, Anda juga dapat menghemat ruang penyimpanan di laptop atau smart phone Anda.

Google Drive juga bisa membuka format file yang tidak didukung oleh komputer Anda. File semacam itu bisa dibuka dengan menggunakan browser web, dan secara otomatis akan mencari program yang sesuai yang bisa digunakan untuk membukanya.


Fitur Google Drive


Kapasitas penyimpanan besar

Google Drive memberikan ruang penyimpanan gratis kepada pengguna layanannya sebesar 15 GB.


Preview isi file

Google Drive memungkinkan pengguna untuk mem-preview lebih dari 30 tipe file yang berbeda.


Integrasi google office webapp (office versi google)

GDrive memiliki layanan yang terintegrasi dengan office versi web. Dengan demikian, Google Drive memungkinkan penggunanya untuk membuat dokumen baru melalui GDrive.


History document

Melalui Google Drive, pengguna dapat mengembalikan file atau dokumen yang pernah diubah kembali ke dokumen sebelum di ubah.


Integrasi dengan aplikasi pihak ketiga

Saat ini terdapat berbagai macam aplikasi berbasis web di internet. Dengan segala perkembangannya, GDrive telah terintegrasi dengan berbagai aplikasi berbasis web seperti Pixlr, lucidart, HelloFax, DocuSign, dan berbagai aplikasi berbasis web lainnya.


Sinkronasi antar device

Dengan layanan sinkronasi antar device ini pengguna dapat mengakses atau berbagi data melalui sebuah akun GDrive.


Cara menggunakan Google Drive

Langkah pertama, kunjungi situs www.google.com

Lalu pilih drive.google.com. Jika sebelumnya Anda belum pernah menggunakan layanan Google Drive, maka Anda perlu mendaftar terlebih dahulu, lalu isi form yang telah disediakan. Setelah selesai mengisi form yang tersedia, maka Anda bisa masuk menggunakan akun GDrive yang telah Anda buat. Dengan begitu, Anda sudah memiliki media penyimpanan di internet sebesar 15 GB.

Selanjutnya, jika Anda ingin langsung menggunakan layanan Google Drive karena telah memiliki akunnya, klik pada tombol “Kunjungi GDrive” yang terdapat pada halaman awal GDrive.

Berikutnya akan muncul tampilan halaman untuk login. Kemudian, Anda bisa mengisinya menggunakan akun google yang telah Anda miliki.

Setelah proses login selesai, Anda akan menjumpai halaman utama dari layanan GDrive yang telah Anda miliki. Akhirnya, Anda dapat mengunggah berbagai file ke dalam GDrive.


Menu-menu pada Google Drive

Agar Anda dapat menggunakan layanan Google Drive dengan baik, maka Anda perlu mengenal menu dan toolbar apa saja yang terdapat di dalam GDrive.

Menu-menu pada Google Drive:

Hint

Baru / New
Cara cepat menggunakan GDrive.

Drive Saya / My Drive
Tempat unutk menyimpan file dan folder milik pengguna.

Dibagikan kepada saya / Share with me
Tempat file dan folder yang dibagikan oleh pengguna kepada Anda.

Google foto
Tempat gambar dan foto yang tersimpan di google foto.

Terbaru / Recent
Daftar file dan folder yang terakhir kali diakses.

Berbintang / Starred
Daftar file dan folder yang difavoritkan.

Sampah / Trash
Tempat file yang telah Anda hapus dari My Drive

79 KB of 15 GB used
Estimasi penggunaan dan kapasitas yang masih tersisa dari Drive yang Anda miliki.

Folder
Digunakan untuk membuat folder baru

File upload
Digunakan untuk mengunggah file dari komputer ke GDrive.

Folder upload
Digunakan untuk mengunggah folder dari komputer ke GDrive

Google Docs
Digunakan untuk mengolah dokumen melalui aplikasi Google Docs.

Google Sheets
Digunakan untuk mengolah tabel dan angka melalui aplikasi Google Sheets.

Google Slides
Digunakan untuk mengolah bahan presentasi melalui aplikasi Google Slides.

Pratinjau / Preview
Untuk melihat isi file.

Buka dengan / Open with
Untuk membuka file menggunakan aplikasi yang tersedia di GDrive.

Bagikan / Share
Untuk membagikan file dan folder kepada pengguna lain.

Get shareable link
Untuk mendapatkan link untuk berbagi.

Pindahkan ke / Move to
Untuk memindahkan file atau dokumen.

Beri Bintang / Add Star
Untuk menambahkan file ke dalam daftar favorit Anda.

Ganti nama / Rename
Untuk mengganti nama file Anda.


Platforms Google Drive

  • Windows, Google Drive dapat beroperasi pada Windows 7 atau yang lebih baru.
  • MacOS, OS X Lion atau yang lebih baru.
  • Android, Android 4.1 "Jelly Bean" atau lebih baru.
  • iPhone dan iPad yang menjalankan iOS 8 atau lebih baru.

Backup and sync, pengguna dapat mengatur folder tertentu untuk terus menyinkronkan ke Drive akun Google mereka. Folder dan file yang disinkronkan dihitung berdasarkan kuota bersama yang dialokasikan antara Gmail, Foto Google, dan GDrive.

Website interface, GDrive memiliki situs web yang memungkinkan penggunanya untuk melihat file mereka dari komputer yang terhubung ke internet tanpa harus mengunduh aplikasi.


Penyimpanan Google Drive

Google memberi setiap pengguna 15 GB penyimpanan gratis meskipun file Google One, Google Docs, Sheets, dan Slides tidak masuk dalam batas penyimpanan. Pada Mei 2013, Google mengumumkan gabungan keseluruhan penyimpanan di Gmail, Google Drive, dan Foto Google+, memungkinkan pengguna mendapatkan 15 GB penyimpanan gratis terpadu antar layanan.


Penyimpanan

15 GB Gratis

100 GB
$1.99 /bulan ($20.99 tahun)

200 GB
$2.99/bulan ($29.99/tahun)

2 TB
$9.99/bulan ($99.99/tahun)

10 TB
$99.99/bulan

20 TB
$199.99/bulan

30 TB
$299.99/bulan

Pengguna Chromebook dapat memperoleh 100 GB penyimpanan GDrive gratis selama 2 tahun selama promosi diaktifkan dalam 180 hari sejak pembelian awal perangkat Chromebook.

Google menawarkan 30 GB penyimpanan drive untuk semua pelanggan G Suite Basic, dan penyimpanan tanpa batas untuk mereka yang menggunakan G Suite Business atau G Suite untuk Pendidikan, selama setidaknya ada 5 anggota. Asosiasi dengan anggota kurang dari 5 mendapat 1 TB per pengguna.


Kelebihan dan kekurangan Google Drive

Walaupun google drive milik perusahaan raksasa Google dan mempunyai banyak fitur, namu masih ada kekurangannya, dari kelebihan dan kekurangan google drive semoga pengguna dapat menyesuaikan.


Kelebihan google drive

  • Google Drive memberikan ruang penyimpanan gratis yang cukup besar.
  • Google Drive terintegrasi dengan berbagai layanan milik google lainnya.
  • Berbagai aplikasi dari pihak ketiga juga dapat terintegrasi dengan baik dengan Google Drive.
  • Mendukung berbagai macam platform.
  • Google Drive mendukung penyimpanan 30 macam jenis file.
  • Google Drive menyediakan layanan berbayar yang dapat memperbesar ruang penyimpanan.
  • Dapat dengan mudah diakses dimanapun dan kapanpun dengan mudah selama terkoneksi dengan internet.
  • Dapat mengedit dan membuat dokumen dan bahan presentasi baru.
  • Memiliki sistem penelusuran yang sangat canggih.

Kekurangan google drive

  • Keharusan memiliki akun google
  • Tampilan yang cukup membingungkan bagi pengguna yang masih awam.

Edisi Profesional Google Drive

GDrive for Work, adalah Google Drive versi bisnis. Layanan ini memiliki penyimpanan tanpa batas, pelaporan file audit tingkat lanjut, dan layanan eDiscovery, bersama dengan kontrol administrasi yang ditingkatkan dan API baru yang secara khusus berguna untuk bisnis.

Pengguna dapat mengunggah file sebesar 5 TB. GDrive for Work akan mematuhi standar keamanan dan privasi ISO / IEC 27018: 2014 yang baru, yang mengonfirmasi bahwa google tidak akan menggunakan data dalam akun Drive for Work untuk iklan, mengaktifkan alat tambahan untuk penanganan dan mengekspor data, lebih banyak transparansi tentang penyimpanan data, dan perlindungan dari permintaan data pihak ketiga.

Google Drive for education, adalah Google Drive yang digunakan untuk kepentingan pendidikan. memiliki ruang penyimpanan tanpa batas dan dukungan untuk file individual dengan unkuran mencapai 5TB.

Team Drives, pada team drives, kepemilikan file dikelola oleh seluruh tim, bukan hanya oleh satu individu saja, selain itu pengguna baru dapat memiliki akses ke semua file dan informasi yang tersedia di dalam Google Drive.

Dengan segala kelebihan, maka dapat disimpulkan jika Google Drive merupakan mesin penyimpanan yang canggih di era digital saat ini.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar