Skip to main content
Si Ipung

follow us

Pengertian email, sejarah, fungsi, jenis-jenis email, lengkap !

Pengertian email - Di era modern seperti saat ini, dimana perkembangan semakin cepat tentu beragam perubahan dapat terjadi. Salah satu perubahan paling besar yang bisa kita rasakan saat ini yaitu perubahan dalam bidang komunikasi.

Sebelum adanya internet, orang melakukan komunikasi dengan berkirim surat. Namun, saat ini, pengiriman surat semakin mudah Anda lakukan.

Untuk melakukan aktivitas kirim surat, Anda tidak perlu datang ke kantor pos. Bagaimana caranya? Yaitu dengan melalui email.

Email adalah salah jenis surat elektronik yang bisa digunakan oleh pengguna untuk melakukan berbagai aktivitas berkirim surat secara online. Saat ini hampir semua orang yang menggunakan internet sudah memiliki email. Untuk Anda semua yang bertanya-tanya terkait dengan mekanisme pengirimannya, yuk langsung saja, simak uraian berikut ini.


Pengertian Email

Pengertian email adalah salah satu media yang bisa digunakan untuk mengirim serta menerima surat dalam bentuk digital. Email ini bisa dikirim dengan menggunakan jaringan komputer serta jaringan internet.

Yang membedakan cara pengiriman pesan via email yaitu terletak pada perangkat yang digunakannya. Pengiriman via email hanya bisa dilakukan dengan menggunakan laptop/ komputer, serta beberapa perangkat gadget lain yang sudah terkoneksi dengan internet.

Hal ini tentu sangat berbeda dengan zaman dahulu, bayangkan dahulu untuk berkirim surat kita harus menulis terlebih dahulu di kertas kemudian dikirimkan ke kantor pos, dan diperlukan waktu berhari-hari untuk menunggu kedatangan surat tersebut.

Keberadaan email ini tentu sangat memudahkan, terlebih jika Anda merupakan orang yang memiliki beragam aktivitas cukup padat. Anda bisa bertukar pesan dengan mudah, cepat dan efisien.


Pengertian Email Menurut Para Ahli

Berikut kami berikan beberapa pengertian email menurut para ahli

1. Pengertian email menurut Ali Zaki dan Smitdev Community

Email adalah salah satu jenis surat elektronik yang membuat semua orang bisa salin mengirimkan pesan dengan menggunakan jaringan internet.

2. Pengertian email menurut Happy Chandraleka

Email adalah surat yang dalam penyampaiannya menggunakan perangkat elektronik.

3. Pengertian Email Menurut Jasmadi dan E-Media Solusindo

Email adalah singkatan dari electronic mail. Secara sederhana email ini adalah metode pengiriman pesan secara elektronik melalui media internet.

4. Pengertian email menurut Erima Oneta dan Yosep. S

Email adalah salah satu jenis fasilitas yang saat ini sedang populer di dunia internet, selain itu, email merupakan salah satu jenis fasilitas paling awal yang ada di internet. Dengan menggunakan email, maka kita semua bisa menyusun, mengirim, membaca dan membalas pesan dengan mudah, tepat, aman serta cepat.

5. Pengertian email menurut Jack Popo

Email adalah salah satu jenis sarana yang bisa digunakan untuk berbagi foto melalui jaringan internet. Ketika melakukan kirim surat melalui email, hal yang paling dibutuhkan adalah jaringan internet.


Sejarah Email

Sejarah perkembangan email dimulai sejak tahun 1960-an, dimana saat itu sedang ada sebuah program penelitian bernama APRANET (Advanced Research Project Agency) , yang merupakan program bentukan pemerintah Amerika Serikat.

Perkembangan selanjutnya, APRANET ini mengembangkan sebuah sistem yang dikenal dengan nama internet saat ini. pengiriman email pertama kali dilakukan di tahun 1971 oleh Ray Tomlinson.

Terkait dengan pengiriman email pertama kali tersebut, berisi sebuah pesan “testing 1-2-3”. Pesan tersebut kemudian dikirimkan serta diterima oleh komputer milik Ray Tomlinson, yang sebelumnya juga dikirim menggunakan jaringan komputer lain.

Perkembangan selanjutnya, Ray kemudian mengirimkan pesan kepada temannya yang juga menggunakan sistem APRANET dengan tujuan untuk memberitahukan adanya surat elektronik dan memberikan petunjuk pengiriman, dengan menggunakan standar alamat seperti saat ini.

Email yang dikembangkan di awal tersebut selanjutnya akan diperbaiki di tahun 1972, hingga akhirnya hadir berbagai fasilitas yang sampai sekarang masih digunakan. Fasilitas-fasilitas tersebut seperti fasilitas penyimpanan email yang sudah terima, fasilitas membuang email, serta fasilitas melakukan pengiriman email dengan menggunakan program yang sama.


Contoh Alamat Email

Alamat dari sebuah email terdiri dari pengirim serta penerima pesan. Ketika Anda hendak melakukan pengiriman email, maka alamatnya harus disesuaikan.

Jika Anda hendak mengirimkan email sesama komputer dan jaringan lokal atau intranet maka Anda cukup menggunakan nama Anda saja. Berbeda ketika mengirim menggunakan jaringan komputer dunia atau yang dikenal dengan internet, maka harus mematuhi beberapa aturan tertentu.

Aturan umum ini merupakan salah satu bagian pertama dari nama Anda, yang selanjutnya diikuti dengan sebuah simbol @(at) kemudian nama pengguna internet.

Contoh alamat email yang umum digunakan seperti alexander@yahoo.co.id.

Dalam contoh alamat email ini, “Alexander” merupakan nama pengguna, kemudian “yahoo” merupakan nama perusahaan pengguna email, serta “co.id” merupakan nama yang berasal dari “co” yang artinya company atau perusahaan serta “id” yang memiliki arti Indonesia.

Baca juga penting : Bagaimana membuat alamat email yang benar 


Penyedia Layanan Email Gratis

Untuk bisa berkirim pesan menggunakan email, maka Anda perlu terdaftar di salah satu platfrom penyedia email, terdapat beberapa platform yang menyediakan email gratis, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Gmail
Gmail merupakan salah satu penyedia layanan email yang sedang populer saat ini. Gmail banyak digunakan untuk melakukan komunikasi secara pribadi atau untuk keperluan bisnis. Data menyebutkan, hingga saat ini pengguna Gmail terhitung lebih dari satu miliar.

2. Outlook.com
Outlook.com juga menhadirkan berbagai fitur canggih. Salah satu fitur canggihnya yaitu fasilitas undelete yang bisa memulihkan email yang terhapus.

3. iCloud Mail

iCloud Mail - Email yang disediakan oleh iCloud juga mencakup beberapa fitur lain seperti autoresponder serta beberapa layanan filter dasar.

4. Yahoo mail
yahoo mail merupakan penyedia layanan email yang dibekali dengan beberapa fitur, seperti penghapusan pesan secara otomatis jika 30 hari tidak digunakan, memiliki filter sistem dan kapasitas penyimpanan yang cukup besar.

5. AOL Mail
AOL Mail juga menghadirkan beberapa fitur canggih seperti filter spam serta perlindungan email dari virus.


Fungsi Email

Email memiliki fungsi untuk melakukan pengiriman pesan. Berikut ini beberapa fungsi email yang perlu untuk diketahui.

  1. Mengirim serta menerima pesan
  2. Melakukan pendaftaran akun sosial media dan beberapa jenis akun lainnya
  3. Email bisa digunakan sebagai sarana promosi
  4. Email bisa digunakan untuk mengirim serta menerima file
  5. Email bisa digunakan untuk mengaktifkan Smartphone

Cara Kerja Email

Saat Anda melakukan pengiriman email, syarat pertama yang Anda miliki yaitu Anda harus memiliki alamat email dalam bentuk xxx@domain.com.

Secara singkat, server SMTP ini akan menghubungi penyedia Domain Name System. Server ini memiliki kinerja seperti layaknya ponsel, atau buku telepon yang ada di dalam internet, melakukan perubahan domain ke dalam alamat IP.

Selanjutnya, akan dilakukan pemeriksaan apakah nama domain tersebut memiliki MX atau exchanger server. Proses ini seperti ketika Anda sedang bepergian ke kantor pos untuk melihat apakah alamat tersebut memiliki kontak pos.

Ketika server SMPTP sudah mendeteksi dengan benar, maka pesan akan dikirimkan ke server mail penyedia exchange di domain tersebut. Nah server ini juga dikenal sebagai MTA atau Mail Transfer Agent. Server tersebut memiliki tugas untuk menempatkan email yang dikirimkan, selanjutnya penerima email tersebut akan melakukan pengambilan surat. Pengambilan surat ini dilakukan oleh client yang sudah bekerjasama melalui POP.


Jenis-Jenis Email

Sebagai pengguna email, wajib juga untuk Anda semua mengerti jenis-jenis email. Adapun jenis-jenis email diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Email Gratis
Namanya juga gratis. Jenis email ini bisa Anda dapatkan secara Cuma-Cuma. Anda bisa menggunakan email ini tanpa bayaran sepeserpun. Email gratis merupakan jenis email yang bisa dimiliki oleh semua orang dari beragam jenis usia. Adapun contoh dari email gratis seperti gmail. Ymail, hotmail dan berbagai jenis email gratis lainnya.

2. Email Berbayar
Ada gratis, tentu ada juga yang berbayar. Email berbayar berbeda dengan email gratis. Email berbayar merupakan jenis email yang cukup unik. Terkait dengan perbedaannya salah satunya yaitu ada penggunaan nama “custom” yang bisa Anda sesuaikan dengan keinginan Anda.


3. Webmail
Jenis email ini memiliki kemiripan dengan jenis email sebelumnya, yaitu adanya penggunaan nama custom di belakang email. Akan tetapi, supaya bisa menggunakan jenis email ini, Anda harus memiliki website terlebih dahulu. Email ini memiliki kelebihan yaitu ketika Anda memiliki website maka Anda bebas mengatur dan menggunakannya.


Penggunaan Email

Penggunaan email sangatlah mudah. Email bisa Anda gunakan kapan saja dan dimana saja dengan catatan terdapat jaringan internet. Untuk menggunakan email, Anda langsung saja mengakses alamat dari email tersebut. Dalam hal ini saya memberikan contoh penggunaan email Gmail. Untuk menggunakan Gmail, silahkan Anda akses di www.gmail.com

Ketika sudah berhasil masuk ke akun gmail, maka silahkan Anda pilih bagian yang Anda butuhkan. Anda bisa menggunakan Gmail untuk mengirim pesan, mengirim file, mengirim promosi hingga beragam keperluan lain terkait dengan kirim mengirim surat elektronik.


Kelebihan Email

Terdapat banyak kelebihan ketika Anda menggunakan email sebagai media komunikasi sehari-hari. terdapat kelebihan email yang bisa digunakan sebagai sarana berkomunikasi. Terkait dengan hal ini, email memiliki peranan yang sangat penting. Lalu apa saja kelebihan penggunaan email?

1. Melakukan pengiriman pesan dengan cepat
Ketika Anda menggunakan layanan email untuk berkirim pesan, Anda tidak perlu menunggu waktu lama-lama, dalam sekejap, pesan Anda sudah terkirim.

2. Email mampu mengirim pesan multimedia dengan hasil kualitas tinggi
Anda bisa melakukan pengiriman berkas multimedia melalui email. Meskipun terdapat batasan ukuran multimedianya, tetap email mampu mengirimkan hasil multimedia dengan cukup baik.

3. Sebagai sarana pertukaran dokumen penting
Email bisa Anda manfaatkan untuk mengirimkan jenis dokumen yang penting. Berkas tersebut akan diterima dalam waktu yang singkat, serta sangat aman untuk penerimanya.

4. Tersedia layanan gratis
Kelebihan selanjutnya yaitu surat elektronik bisa dengan gratis Anda dapatkan. Hal ini tentu memiliki manfaat cukup besar untuk pengguna.

5. Terdapat keamanan ketika melakukan pengiriman pesan
Dengan menggunakan email, maka Anda bisa melakukan pertukaran jenis informasi yang tergolong cukup sensitif. Email hadir dengan fitur keamanan yang terbilang cukup ketat.


Kekurangan Email

Jika ada kelebihan tentu ada kekurangan juga. Hal ini juga berlaku pada email. Dibalik kelebihannya tersebut, email ternyata juga menyimpan beberapa kekurangan.

1. Hanya bisa digunakan ketika ada koneksi internet
Untuk mengirim email, Anda harus memiliki koneksi internet yang stabil. Ketika koneksi internet sangat lambat, maka ada kemungkinan pesan Anda tidak terkirim.

2. Email sangat tergantung dengan jenis hardware
Untuk bisa mengakses email, dibutuhkan hardware tertentu. Adapun jenis hardware tersebut seperti komputer, laptop atau gadget.

3. Tidak semua orang dapat menggunakan email
Kita juga harus memahami jika masih ada beberapa orang yang belum bisa menggunakan email, masih ada beberapa orang yang sama sekali tidak mengerti apa itu email.


Etika Penggunaan Email

Meskipun ini merupakan layanan gratis, namun tetap ada etika yang harus Anda jaga. Etika tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Tetaplah menggunakan bahasa yang sopan
  2. Jangan bertele-tele ketika menuliskan pesan email
  3. Gunakan huruf besar hanya di awal kalimat saja
  4. Jangan menggunakan email hanya Anda ingin terhindar dari kontak personal
  5. Ketika hendak mengirim email gunakan bagian subject untuk menunjukkan isi pesan Anda

Keamanan dalam Menggunakan Email

  1. Gantilah kata sandi atau password anda secara berkala
  2. Hindari membuka lampiran dari orang yang tidak Anda kenal
  3. Tetap waspada dengan pesan yang memberikan instruksi kepada Anda untuk mengaktifkan makro
  4. Jangan lupa untuk menggunakan anti virus di perangkat Anda
  5. Jangan memberikan username dan password Anda kepada siapapun

Itulah uraian lengkap mengenai email. Terkait dengan hal tersebut dapat ditarik kesimpulan jika email adalah salah satu jenis layanan yang memudahkan kita untuk mengirim pesan, kapan saja selama 24 jam penuh.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar