Pengertian chatting adalah, Fungsi chatting dan aplikasi chatting

Pengertian chatting adalah aktifitas percakapan menggunakan media aplikasi chatting, untuk ulasan lengkapnya baca sampai habis ya.

Saat ini, chatting sudah menjadi bagian dalam kehidupan. Dewasa ini seiring dengan perkerbangan zaman, manusia semakin dimudahkan dalam melakukan salah satu kebutuhan dasar manusia sebagai makhluksosial, yaitu berberkomunikasi.

Sebuah aktifitas yang sudah dilakukan dari zaman purba, hingga saat ini. Adapun mengenai cara dan media dalam berkomunikasi sangatlah berbeda dan selalu berkembang di setiap masanya.

Dari masa manusia berkomunikasi melalui isyarat dan tanda atau gambar hingga memanfaatkan alam menggunakan burung yang dilatih khusus dalam mengirim pesan yang tentu sangat terbatas, baik itu dalam penyampaiannya, waktu, hingga jarak efektif dalam komunikasi tersebut. Beruntunglah kita yang terlahir dimasa modern ini, karena saat ini komunikasi menjadi tidak lagi terbatasi oleh jarak, tempat dan waktu.

Hanya dengan menggunakan gadget ditangan maupun perangkat komputer di hadapan, kini kita sudah bisa berkomunikasi dengan siapapun menggunakan fitur chat pada sebuah aplikasi. Aktifitas tersebut pun dinamakan Chatting.

Mungkin sudah sangat familiar dengan istilah chatting bukan? Tapi, apakah kamu tau apa itu pengertian daric hating? Fungsi, manfaat hingga dampaknya bagi kita? Berikut kami rangkum hal tersebut khusus buat kamu! Yuk simak!


Pengertian Chatting

Chatting adalah istilah yang menamai sebuah aktivitas komunikasi antara dua orang mapun lebih dengan menggunakan media berupa aplikasi chatting lengkap dengan jaringan internet.

Semakin hari aplikasi chatting juga semaking canggih dan terkini. Tidak sebatas pada komunikasi menggunakan pesan teks saja, aktivitas chatting saat ini juga kian dilengkapi dengan fitur emoticon, berkirim video bahkan pesan suara.

“Chatting” adalah bukti pesatnya perkembangan kecanggihan teknologi informasi dewasa ini, sekaligus perkembangan komunikasi manusia pada masa ini. Bahkan tak hanya orang dewasa, anak kecil saat ini pun sudah sangat familiar dengan istilah chatting berserta pemanfaatanya.

Pengertian singkatnya, chatting adalah suatu program dalam aplikasi yang menggunakan koneksi internet dan perangkat komunikasi untuk dapat saling mengirimkan pesan satu orang dengan yang lainnya. Sejauh ini, Chatting menjadi bentuk atau cara komunikasi yang paling efisien dan efektif saat ini.


Pengertian Chatting Server

Pengertian chatting server adalah sebuah perangkat yang didedikasikan untuk menyediakan kekuatan pemrosesan untuk menangani dan memelihara mengobrol dan pengguna.

Misalnya, ada ribuan server khusus yang diatur untuk IRC , masing-masing server ini dianggap sebagai chatting server.

Contoh Chatting server

Banyak chatting server tersedia untuk membuat ruang obrolan online yang disesuaikan. Di bawah ini adalah beberapa contohnya Server obrolan IRC

  • IRCd atau IRC daemon - IRCd adalah server obrolan IRC yang awalnya dikembangkan oleh Jarkko Oikarinen yang memutar ircu (daemon yang digunakan untuk jaringan IRC Undernet ) dan daemon IRC lainnya.
  • UnrealIRCd - Salah satudaemon server IRC open-source paling populeryang berjalan di Linux , macOS , dan Windows .
  • InspIRCd - Server obrolan IRC dikembangkan dari awal untuk Linux,BSD , Windows, dan sistem macOS.
Server obrolan XMPP Openfire - Openfire adalah server RTC (kolaborasi real time) yang menggunakan XMPP (juga disebut Jabber). Openfire sangat mudah diatur dan dikelola, tetapi menawarkan keamanan dan kinerja yang kokoh.

Penasaran nggak sih sama sejarah chatting? Yuk simak lagi!


Sejarah Chatting

Sejarah chatting:

Hint

Sebelum era Internet hadir, ada istilah chatting yang dulu dikenal dengan Chat server. Apakah itu chat server?

Chat server merupakan jaringan komunikasi yang dibangun menggunakan server lokal untuk menyambungkan beberapa perangkat komputer yang akhirnya dapat dignakan untuk bertukar pesan.

Chat server juga masih digunakan hingga saat ini, basanya ada di sekolah, universitas maupun kantor yang bertujuan untuk membangun komunikasi yang efektif dalam suatu instansi sekaligus menghemat biaya komunikasi.

Penasaran untuk sejarah lengkapnya? Yuk simak!

Awalnya pada tahun 60-an, kampus MIT merupakan tempat pertama kali lahirnya konsep instant messaging. Sebuah program yang nama Compatible Time-Sharing System (CTSS) menjadi cikal bakal aplikasi chatting itu ada.

Jarkko Oikarinen, di tahun 1988 membuat sebah aplikasi IRC (Internet Chat and Relay). IRC juga dilengkapi dengan fitur “channels” yang memungkinkan para penggunanya untuk dapat berkomunikasi di banyak grup. IRC juga sudah dilengkapi dengan fitur untuk saling berkirim data.

Lalu pada tahun 1995, mIRC dirilis oleh seorang programmer Inggris keturunan Palestina dan Suriah bernama Khaled Mardam-Bey. Kehadiran mIRC ini dikarenakan pada saat itu software Windows memiliki kekurangan dalam menggunakan fitur IRC.

Satu tahun setelahnya, yaitu Tahun 1996 Mirabilis, sebuah perusahaan teknologi asal Israel merilis aplikasi ICQ. Aplikasi ini merupakan aplikasi berkirim pesan teks pertama yang dapat digunakan oleh masyarakat umum namun harus menggunakan koneksi internet.

Selanjutnya pada tahun 1997, AOL sebuah perusahaan amerika merilis AIM. AIM merupakan pelopor instant messaging yang lebih modern. AIM akhirnya berhasil mendominasi pasar instant messaging pada tahun 2005 dengan 53 juta pengguna.

Satu tahun setelah kelahiran AIM, sebuah aplikasi yang bernama Pidgin pun lahir. Pidgin merupakan aplikasi instant messaging yang berbasis open source, sehingga para pengguna Pidgin dapat saling bertukar pesan walaupun berbeda OS yang digunakan.

Tahun 1999 Microsoft juga merilis MSN Messenger, seolah tak ingin kalah dengan turut masuk ke sector instant messaging. Namun kemudian pada tahun 2005 MSN Messenger berganti nama menjadi Windows Live Messenger. Pengguna aplikasi ini semakin membludak pada tahun 2009 yaitu mencapai angka 330 juta pengguna.

Tahun 2000 merupakan tahun kelahiran dari sebuah aplikasi instant messaging yang multi protocol, yaitu Jabber. Aplikasi ini layaknya gerbang bagi layanan instant messaging berupa AIM, MSN Messenger hingga Yahoo! Messenger. Dengan aplikasi ini pengguna tidak di repotkan dengan berganti akun ke akun instant messaging lainnya.

Selanjutnya di Tahun 2002 Apple juga mulai merilis aplikasi instant messaging yang bernama iChat lalu pada tahun 2011 berubah nama menjadi iMessage. Tahun selanjutnya Skype turut hadir di ranah instant messaging yang dilengkapi fitur video andalanya yang lebih variatif.

Pada tahun 2005 Google juga tidak ingin ketinggalan untuk bergabung pada ranah aplikasi instant messaging yang bernama Google Talk. Disusul MySpace dengan merilis MySpaceIM pada tahun 2006, sebuah platform media sosial pertama yang membuat aplikasi instant messaging.

Selanjutnya di tahun 2008 Facebook juga turut melahirkan aplikasi instant messaging yaitu Facebook Chat atau yang saat ini dikenal dengan Facebook Messenger dan juga tersedia untuk platform mobile. Setahun kemudian lahirlah WhatsApp, sebuah aplikasi instant messaging yang juga baru-baru ini sudah diakuisisi oleh Facebook. Whatsapp menjadi aplikasi instant messaging paling popular saat ini.

Tak mau kalah dengan WhatsApp, Tencent turut melahirkan WeChat yang juga dilengkapi fitur untuk mendukung semua aktivitas digital mulai dari kanal gaming, belanja online, portal pembayaran, dan lain sebagainya.

Lalu Snapchat lahir pada tahun 2011, sebuah evolusi bar dari instant messaging. Pengguna dapat mengunggah pesan berupa video pendek yang dapat dikustomisasi secara unik dalam waktu tertentu. Diikuti Instagram dan berbagai aplikasi instant messaging sudah makin menjamur dan akan terus berkembang.


Aplikasi untuk chatting

Perlahan tapi pasti, dunia beralih dari SMS dan MMS sebagai cara standar untuk mengirim pesan teks kepada orang lain.

Pada dasarnya Anda memiliki lebih banyak opsi sekarang daripada yang Anda perlukan. Aplikasi messenger mana yang terbaik? Dalam daftar aplikasi chatting ini, siipung.com akan merekomendasikan aplikasi messenger dan aplikasi chat terbaik untuk Android .

Band
Band adalah aplikasi obrolan terbaru untuk grup. Anda dapat membuat semua grup yang Anda inginkan dan mengundang semua orang yang Anda inginkan.
Pengembang merekomendasikan aplikasi ini kepada orang-orang di tim olahraga, grup sekolah, klan game, kelompok kerja, dan hal-hal seperti itu.
Semua orang bergabung, mengobrol, dan bersenang-senang. Anda dapat mengatur grup Anda menjadi berbagai saluran yang mirip dengan aplikasi seperti Discord dan Slack.
Anda juga dapat langsung mengirim pesan kepada individu dan menambahkan acara kalender untuk kegiatan grup. Ini bekerja dengan baik dalam pengujian kami dan gratis untuk digunakan.

Discord
Discord salah satu di antara aplikasi messenger terbaik untuk gamer. Discord memiliki fitur dukungan lintas-platform antara sebagian besar perangkat ponsel serta sistem operasi pada komputer.
Tersedia pula versi web client  untuk platform tersebut tanpa aplikasi . Aplikasi ini juga dilengkapi chatting suara, chatting teks berganda, dukungan gambar GIF, dan masih banyak lagi.
Orang-orang di layanan dapat membuat server mereka sendiri atau bergabung dengan orang lain yang mereka butuhkan.
Ini sebagian besar untuk bermain game. Namun, beberapa orang menggunakannya hanya untuk sistem organisasi yang fantastis dan kemampuan obrolan suara di atas rata-rata.

Facebook Messenger
Facebook Messenger merupakan salah satu aplikasi chatting paling populer. Facebook memiliki dua jenis aplikasi.
Yang biasa mencakup semua fitur seperti obrolan, stiker, dan fitur lainnya. Facebook Versi Lite hanyalah aplikasi chatting dasar dengan fitur lebih sedikit.
Mereka yang banyak berinvestasi dalam pengalaman Facebook Messenger mungkin menginginkan aplikasi reguler. Namun, jika anda yang tidak ingin aplikasi berat maka harus menggunakan versi Lite.
Facebook akhirnya memperkenalkan iklan ke aplikasi obrolan ini. Namun, mereka bebas untuk digunakan. 
Facebook memiliki beberapa masalah keamanan sebelumnya pada tahun 2018. Namun banyak orang masih akan menggunakan Facebook.

Kik
Kik adalah aplikasi messenger populer lainnya. Ini memungkinkan Anda memilih nama tampilan, bukan nama asli atau nomor telepon.
Aplikasi ini sangat populer di kalangan gamer kasual dan orang-orang yang suka mengobrol.
Aplikasi ini juga mencakup stiker, emoji, obrolan grup, obrolan video, tema, dan Desain Material. 
Pembelian dalam aplikasi chatting ini memberi Anda paket stiker tambahan dan hal-hal lainnya. Aplikasi obrolan bagus lainnya dalam genre ini adalah GroupMe. Ini memiliki banyak fitur yang sama dan melayani tipe orang yang sama.

Slack
Slack adalah salah satu aplikasi chatting yang lebih baik ditujukan untuk bisnis. Slack memiliki tampilan dan nuansa yang sangat clean dan profesional.
Grup dapat membuat saluran, melakukan panggilan suara, dan lainnya. Aplikasi chatting ini juga dilengkapi dukungan aplikasi pihak ketiga seperti Giphy, Google Drive, Asana, serta tools menyenangkan atau juga tools produktif lainnya.
Pengguna juga dapat bergabung dengan beberapa server Slack. Ini seperti versi Discord yang lebih profesional, jujur. Seperti Discord, ini juga sepenuhnya gratis tanpa pembelian dalam aplikasi.

Skype
Skype adalah salah satu aplikasi chatting yang sangat dikenal. Semua orang tahu apa itu aplikasi chatting Skype dan tentang apa itu aplikasi chatting  Skype.
Anda juga dapat mengirim pesan teks, panggilan video, dan panggilan suara ke anggota lain. Anda bahkan dapat memanggil orang dengan nomor telepon asli dengan biaya nominal.

Namun, aplikasi chatting ini juga memiliki dukungan lintas platform yang sangat baik, dukungan untuk banyak obrolan, dan dukungan untuk sebagian besar jenis file, termasuk dokumen, GIF, dan hal-hal lainnya. Ini adalah opsi yang sangat bagus dan ada versi Lite jika Anda suka Skype tetapi tidak membutuhkan semua fitur.

Snapchat
Snapchat merupakan salah satu aplikasi chatting yang lebih unik. Ini mendukung beberapa hal, termasuk panggilan suara, pesan video, pesan foto, dan pesan teks.
Layanan menghapus pesan setelah melihat. Itu berarti tidak ada hostori untuk dibicarakan di luar counter beruntun. Ada juga Story Snapchat. Itu memungkinkan orang mengirim pembaruan status yang dapat dilihat oleh semua pengikut mereka.
Banyak fitur aplikasi yang ditiru oleh aplikasi lain (kebanyakan Instagram). Namun, Snapchat masih cukup populer di kalangan orang-orang muda dan itu pasti sesuatu yang berbeda.

Telegram
Telegram adalah salah satu aplikasi chatting paling populer untuk menjaga privasi. Telegram menawarkan enkripsi AES 256-bit simetris, enkripsi RSA 2048-bit, dan masih banyak lagi. Itu menjadikannya salah satu layanan pesan teraman.
Aplikasi telegram juga memiliki fitur berbagi file, dukungan lintas platform, chatting grup, dukungan gambar GIF, dan banyak lagi.
Popularitasnya tumbuh sangat cepat. Itu membuatnya sulit untuk dinilai pada awalnya. Namun, banyak orang menggunakan layanan ini sekarang.

Viber Messenger
Viber tidak besar di beberapa bagian dunia. Namun, viber messenger adalah salah satu aplikasi messenger paling populer yang pernah ada.
Viber menawarkan pengalaman penuh, termasuk pesan, panggilan, obrolan, obrolan grup, pesan video, obrolan video, dan banyak lagi.
Ini juga mencakup beberapa tambahan seperti stiker, berita di seluruh dunia, dan banyak lagi. Sebagian besar paket stiker ada tambahan harga ekstra, karenanya ada pembelian dalam aplikasi. Ini sebenarnya adalah pengalaman chatting yang cukup lengkap.

WhatsApp
Semua orang tahu WhatsApp. WahtsApp adalah aplikasi messenger paling populer di dunia. WhatsApp memiliki banyak fitur, serta mendapat pembaruan yang cukup sering, dan bersaing secara positif dengan setiap aplikasi chat yang lainnya.
Ini termasuk obrolan suara dan video, pesan teks, obrolan grup, dukungan untuk sebagian besar format multimedia seperti GIF, video, dll, dan banyak lagi.

Sumber : www.androidauthority.com


Fungsi chatting dan mafaat Chatting

Adapun beberapa fungsi dan manfaat pada Chatting, yaitu :

Sebagai media berkomunikasi ter-mudah, cepat sekaligus efisien.

Kebayang gak sih kalau hingga saat ini manusia masih berkomunikasi jarak jauh dengan menggunakan burung dara? Hmmmm, pasti komunikasi menjadi sangat kurang efektif dan efisen yah. Ditambah lagi gak semua orang bisa melakukan komunikasi dengan cara tersebut, tentu sedikit menyulitkan bukan?

Lihat juga ini : apa itu email

Sebagai sarana berkonsultasi yang lebih mudah.

Kemajuan zaman memang selalu memberikan kemudahan bagi manusia, sala satunya yaitu Chatting yang memudahkan manusia dalam kebutuhan komunikasi yang cukup intens kapan saja dan dimana saja.

Alat untuk menjalin hubungan dengan orang lain

Sebagaimana manusia sebagai makhluk sosial yang membutuhkan komunikasi untuk mempererat tali silaturahmi atau bahkan menjalin sebuah hubungan baru dengan orang lain. Chatting menghadirkan fungsi itu! Kali ini kamu gaperlu repot untuk sekedar tegur sapa dengan teman lama mu. Tinggal chat dan Tanya kabarnya, lalu atur jadwal bertemu deh. Mudah bukan?

Bisa digunakan untuk berkumpul pada suatu grup atau multiple chat.

Tak perlu repot lagi kirim surat ke semua teman temanmu satu persatu, atau menghabiskan waktu mencari alamat teman lama mu untuk sekadar mengajak bertemu dan berkumpul. Saat ini , dengan menggunakan fitur grup atau multiple chat kamu bisa langsung berkomunikasi dengan banyak orang sekaligus. Semakin efisien untuk menyebarkan informasi bukan?

Memudahkan setiap pekerjaan

Terbayang dong bagaimana jadinya jika saat ini kita tidak bisa chatting? Terlebih untuk urusan pekerjaan maupun bisnis, komunikasi menjadi sangat vital untuk perkembanganya. Terutama dalam berkomunikasi dengan client, atau pelanggan pada perusahaan atau bisnis kamu. Tentu chatting ini bisa menambah produktifitas mu dalam berkerja yah!


Dampak Negatif Chatting

Bagaikan dua sisi mata uang, segala hal memang selalu memiliki dampak tertentu, seperti halnya Chatting juga pasti memiliki dampak negative di balik segala kemudahan dan hal – hal positif yang di tawarkan. Hmmm, penasaran apa saja kah dampak negative dari penggunaan chatting pada masyarakat?

Adapun beberapa dampak negatif dari chatting sebagai berikut :

Membuka kemungkinan adanya obrolan tak senonoh

Internet merupakan dunia maya yang seringkali kita menemukan lawan bicara yang kadang tidak menampilkan hal yang sebenarnya, tentu ada baiknya untuk kamu berhati hati dalam berkenalan dengan orang baru. Karena tidak menutup kemungkinan banyak sekali orang yang tak bertanggung jawab memiliki maksud dan tujuan yang buruk.

Sudah banyak kasus yang terjadi dimana seseorang melontarkan kata kata yang tak senonoh hingga cenderung pada pelecehan seksual hingga perkosaan. Duh, hati hati yah sob.

Terkena Virus

Chatting bisa juga loh digunakan seseorang yang tak bertanggung jawab sebagai media penyebar virus yang berbahaya untuk perangkat computer ataupun ponsel genggammu. Adapun file yang sering kali berisi virus yang merusak yaitu : .COM, .PIF, .BAT, .INI, .VBS, dan .EXE . Tentu kamu harus lebih cermat yaa dalam memilah file apa yang akan kamu unduh ketika seseorang yang tidak dkenal tiba tiba mengirimkan hal tersebut.

Rematik dan Otot Pegal

Tak hanya permasalahan perangkat, namun juga kesehatan. Duduk lama di depan computer ataupun ponsel kamu ketika tengah asyik chatting bisa menyebabkan penyakit rematik. Selain itu otot juga akan terasa pegal, terutama pada jari- jari hingga punggung.

Hal ini dikarenakan penggunaan tombol keyboard atau ponselmu dengan posisi duduk yang lama tidak berubah. Maka dari itu, chattingan pun harus memperhatikan waktu dan posisi dudukmu ya. Jangan lupa juga peregangan otot disela aktifitas chattingmu.

Maniak Chatting

Hal ini seing terjadi, karena Chatting adalah aktifitas yang sangat menyenangkan. Apalagi ketika kita bisa menemukan teman chat yang tepat untuk bertukar fikiran, sharing atau hanya sekedar bercanda mengobrol santai. Selain mengasyikan, Namun kita juga harus tetap menjaga waktu agar nantinya jangan sampai membuatmu lupa beribadah, makan, gosok gigi, mandi, bahkan tidur ya!

Cukup menarik bukan pembahasan tentang Chatting? dari mulai pengertian dari chatting, sejarah, manfaat hingga dampak yang akan kamu rasakan baik itu positif maupun negative. Semoga bermanfaat ya!

Reaksi:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser