Skip to main content
Si Ipung

follow us

Stay home but let your heart should be in a spirit of prayer.

GPS adalah sistem navigasi canggih, baca selengkapnya disini

GPS adalah sistem navigasi yang sering kita gunakan sehari-hari dalam menunjukkan sebuah lokasi. Pada artikel kali ini siipung.com akan membahasnya sangat lengkap, mulai dari Pengertian GPS, Sejarah GPS, Fungsi  GPS hingga Jenis-Jenis GPS.

Dari waktu ke waktu teknologi semakin berkembang menuju ke arah yang lebih canggih dan hampir semua kehidupan manusia memiliki keterkaitan dengan teknologi. GPS menjadi salah satu hasil teknologi yang sangat membantu manusia. Teknologi canggih ini mampu mendeteksi keberadaan suatu tempat sehingga kita semua bisa dengan mudah ketika melakukan perjalanan, bahkan ke tempat yang belum pernah didatangi sekalipun.

Kenyataan seperti ini tentu sangat berbeda sekali dengan beberapa dekade belakangan. Dahulu, ketika melakukan perjalanan kita membutuhkan yang namanya petunjuk arah. Kini rasanya semua itu sudah tergantikan dengan teknologi canggih bernama GPS yang tersematkan dalam smartphone. Teknologi yang membantu mobiltas semua orang. Terkait dengan GPS berikut ini kami hadirkan uraian lengkapnya. 


Pengertian GPS

GPS adalah serangkaian sistem navigasi yang dalam kerjanya menggunakan bantuan satelit supaya bisa menghadirkan posisi suatu tempat dengan instan, cepat serta informasi mengenai waktu yang sama di semua muka bumi tanpa terpengaruh oleh kondisi cuaca tertentu. 

Alat tersebut digunakan untuk menjangkau sinyal dari sitem satelit yang digunakan oleh kebanyakan orang dan dikenal dengan istilah GPS Tracker atau GPS Tracking. Ketika alat tersebut diaktifkan, sebagai pengguna kita semua bisa mengetahui posisi kendaraan atau armada lain secara Real-Time. 


Pengertian GPS Menurut Para Ahli

Merujuk arti istilah yang dikemukakan oleh Winardi: 2006, disampaikan jika GPS adalah sistem yang digunakan untuk mendetaksi letak di bumi menggunakan bantuan penyelasaran atau istilah ilmiahnya synchronization sinyal satelit. Sistem tersebut bekerja dengan memanfaatkan 24 satelit yang bekerja untuk mengirikan sinyal gelombang mikro ke Bumi. Kemudian sinyal yang diterima tersebut difungsikan untuk menentukan kecepatan, arah, letak serta waktu.

Selain GPS, di Rusia terdapar juga alat lain yang memiliki cara kerja serupa. Sistem tersebut dikenal dengan nama GLONASS. Awal mulanya, sistem ini dikenal dengan nama NAVSTASR GPS (Navigation Satellite Timing and Ranging Global Positioning System). Sistem tersebut hadir dengan tiga segmen utama berupa satelit, pengontrol serta penerima. Satelit yang digunakan oleh GPS ini memiliki titik orbit yang pasti. Satelit tersebut berjumlah 24 dengan 21 yang selalu aktif dan sisanya merupakan cadangan. 


Sejarah GPS

Berbicara mengenai sejarahnya, pertama kali GPS dikembangkan sebagai NAVSTAR Global Positioning System. Selain itu, sistem canggih satu ini juga dikenal dengan istilah NAVigation System with Timing And Ranging GPS. Sistem tersebut bekerja untuk menentukan sebuah posisi dengan menggunakan basis kerja utamanya menggunakan satelit yang juga digunakan sebagai tonggak revolusi dalam bidang pengukuran posisi serta navigasi. 

Awal mulanya sistem GPS ini berupa sistem navigasi ketentaraan yang didesain, digunakan, dibiayai serta dikembangkan oleh Jabatan Pertahanan Amerika Serikat (DoD). Pertama kali sistem ini dibuat oleh Jabatan Amerika Serikat pada awal tahun 1973. GPS ini merupakan sistem gabungan dari program U.S Navy TIMATION serta proyek U.S Air Force 621B yang berada di bawah naungan Joint Program Offive (JPO). 

Mengenai peluncurannya, sistem ini awal mulanya diluncurkan pada tahun 1978. Awal peluncurannya, GPS hanya digunakan oleh pihak tentara Amerika Serikat saja dan baru bisa digunakan oleh umum atau kalangan terbuka setelah diluluskannya dalam Kongres Amerika Serikat. 

Tujuan utama dibuatnya sistem ini adalah untuk membantu pihak tentara Amerika Serikat menentukan posisi darat, laut serta udara. Akan tetapi akhirnya sistem ini bisa digunakan dengan bebas oleh semua orang. 

Setelah mengetahui pengertian gps dan sejarah gps selanjutnya mari kita bahas fungsi gps yang sering kita gunakan.


Fungsi GPS

Berkat keberadaan GPS, maka seseorang bisa memberikan tanda mengenai semua tempat yang pernah didatanginya. Dengan adanya tanda tersebut, maka seseorang akan mendapatkan berbagai manfaat. Salah satu manfaat yang cukup membantu yaitu seseorang bisa dengan mudah memperkirakan jarak antar lokasi. Bahkan GPS keluaran terbaru bisa memprediksi jarak pengguna hingga sampai ke tujuan mulai dari estimasti waktu tempuh yang dibutuhkan secara actual dan real time. 

Bukan hanya itu saja, keberadaan GPS ternyata tidak hanya memberikan penanda untuk sebuah lokasi yang berada di daratan saja. Bahkan lokasi yang berada di tengah lautan sekalipun juga bisa diberikan tanda. Ibaratnya Anda sedang melakukan kegiatan camping dengan lokasi bukit yang berada di tengah lautan atau Anda ingin melihat indahnya matahari terbit dari puncak gunung. Tentu Anda akan bertanya bagaimana cara memberikan tanda untuk lokasi tersebut supaya ketika datang di lain waktu tidak tersesat. 

Dalam keadaan seperti itulah sistem GPS akan menujukkan manfaatnya untuk Anda semua. Dengan semua kecanggihannya, GPS ini bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan. Hampir semua orang bisa memanfaatkan teknologi canggih ini, mulai dari peneliti, petani, tentara, pilot, olahragawan, pendaki, petualangan, pelaut, pengantar barang hingga kurir. GPS bisa membantu semua kebutuhan supaya bisa meningkatkan keamanan, kemudahan dan juga produktivitas. 

Dari berbagai ulasan di atas, sederhananya fungsi GPS adalah :

  1. Menentukan lokasi terkait dengan salah satu titik yang ada di permukaan bumi.
  2. Berfungsi sebagai navigasi yang berguna untuk membantu keberadaan suatu titik di muka bumi.
  3. Untuk tracking, terkait dengan fungsi ini GPS bisa membantu melakukan monitoring pergerakan suatu obyek.
  4. Membantu melakukan pemetaan mengenai posisi tertentu dengan memperhitungkan jarak paling dekat.
  5. Bisa digunakan sebagai timing sehingga mampu menentukan jam yang ada di seluruh penjuru dunia. 


Cara Kerja GPS

Terkait dengan cara kerja GPS ternyata sangat tergantung dengan satelit dan juga cuaca. Perlu kita semua ketahui jika masing-masing wilayah yang ada di muka bumi ini bisa dijangkau setidaknya dengan 3 sampai 4 satelit. Akan tetapi, dalam kenyataannya jenis GPS terbaru mampu menerima sinyal dari 12 chanel satelit dalam waktu yang sama. Kinerjanya juga dipengaruhi dengan cuaca yang sedang berlangsung. 

Apabila kondisi langit sedang cerah-cerahnya, GPS akan lebih mudah menangkap sinyal yang dikirimkan dari satelit. Banyaknya satelit yang diterima ternyata juga berpengaruh terjadap akurasi kinerjanya.

Sederhananya, cara kerja GPS adalah sebagai berikut:

  1. Memanfaatkan perhitungan “triangulation” yang didapatkan dari satelit.
  2. Dalam perhitungan “triangulation” tersebut GPS akan melakukan pengukuran terhadap jarak. dengan memanfaatkan travel time sinyal radio
  3. Travel time tersebut bisa diukur dengan bantuan akurasi waktu yang cukup tinggi.
  4. Terkait dengan perhitungan jarak sangat dipengaruhi oleh posisi satelit serta tinggi orbitnya. 
  5. Untuk memsatikan semua bisa bekerja dengan maksimal maka perlu sekali melakukan koreksi ulang mengenai delay sinyal dalam perjalanan yang terjadi di atmosfer hingga sinyal bisa diterima oleh pengguna. 



Lihat juga berbagai perangkat keras internet yang dapat kamu gunakan

Dalam kerjanya, satelit tersebut akan mengitari bumi dalam waktu 12 jam dalam sebuah orbit yang pasti hingga akhirnya bisa mentransfer sinyal ke bumi. Dalam proses ini, GPS receiver akan mengambil informasi tersebut yang kemudian digunakan untuk menghitung “triangulation” supaya bisa menghitung lokasi dengan akurat. Tidak berhenti sampai disitu saja, GPS receiver juga bertugas untuk membandingkan waktu sinyal yang dikirimkan dengan waktu sinyal tersebut ketika diterima. Melalui informasi tersebut maka akan diketahui berapa jarak dalam satelit tersebut. 

Berkat adanya perhitungan jarak tersebut maka GPS receiver bisa melakukan perhitungan serta menentukan posisi pengguna dan juga menampilkan dalam peta elektronik. Dalam proses ini GPS receiver memiliki tugas untuk mengunci sinyal yang didapatkan dari 3 satelit supaya bisa menentukan posisi 2D yaitu posisi latitude serta longitude dan juga melakukan tracking pergerakan. Apabila GPS receiver bisa menerima lebih dari empat setelit maka bisa melakukan perhitungan letak 3D atau yang dikenal dengan latitude, longitude serta altitude. 

Tidak berhenti sampai disitu saja. Ketika posisi user sudah berhasil ditentukan GPS akan bekerja dengan menghitung informasi lain, mencakup kecepatan, arah yang dituju, tujuan perjalanna, jalur yang dituju, bahkan kapan matahari terbit dan terbenam serta berbagai informasi lain yang terkait. Anda tidak perlu khawatir terkait dengan informasi waktu yang dikirimkan. Pasalnya dalam memberikan informasi, GPS menggunakan jam atom sehingga perhitungannya sangat presisi. 

Jam atom tersebut mampu menghadirkan informasi yang lebih akurat dibandingkan dengam jam biasa. Perhitungan waktu yan akurat ini sangat menentukan akurasi perhitungan guna menentukan informasi lokasi terkini. Selain itu banyaknya sinyal yang bisa diterima juga berpengaruh terhadap tingkat presisi data yang akan diterima, mengingat tiga satelit tersebut bisa mengirimkan pseudo-random code serta waktu yang sama. 

Faktor lain yang menentukan yaitu ketinggian satelit. Ketinggian tertentu ternyata memberikan keuntungan serta mendukung kinerja GPS. Hal itu dikarenakan semakin tinggi posisinya maka semakin bersih juga atmosfernya, dengan demikian maka akan semakin sedikit dan juga akan lebih mudah mendapatkan perhitungan matematika yang sesuai. Selain itu, posisi satelit juga tidak boleh berubah. Hal tersebut supaya stasiun yang ada di bumi bisa melakukan monitor pergerakan dengan cukup mudah berkat bantuan radar yang sesuai dengan altitude, posisi dan juga kecepatan.


Struktur GPS

1. Segmen ruang

Komponen pertama ini merupakan komponen yang sangat penting. Dalam segmen ruang ini satelit yang dikirimkan ke orbit bumi memiliki fungsi untuk melakukan perekaman seluruh informasi terkait dengan lokasi serta detailnya yang ada di permukaan bumi. Selain itu, satelit ini akan memancarkan sinyalnya ke semua permukaan bumi sehingag bisa diterima oleh perangkat lain, mulai dari GPS Tracker, Smartphone dan berbagai perangkat lainnya. 


2. Segmen pengontrol

Sesuai dengan namanya, segmen kedua ini berfungsi untuk memantau semua satelit yang berada di orbit bumi langsung dari bumi juga. Sederhananya seperti pengontrol jarak jauh. Dengan adanya pengontrol ini maka semua pergerakan satelit bisa dikendalikan. Aktivitas ini juga dilakukan secara berkala saja. 


3. Segmen Pengguna 

Fungsi penting selanjutnya yang ada dalam teknologi GPS adalah fungsi pengguna atau Receiver. Fungsi ini bekerja dengan menerima serta mengolah semua data yang diberikan oleh satelit. Data yang dikirimkan oleh satelit tersebut selanjutya akan diterjemahkan menjadi data yang bisa dipahami dengan mudah oleh manusia terkait dengan letak, posisi hingga koordinat dari sebuah wilayah.


Baca ini juga : Firewall untuk keamanan jaringan

Jenis-Jenis GPS

GPS Untuk Kendaraan Bermotor

Dalam rentang waktu 2 tahun belakangan ini jenis GPS satu ini cukup diburu, kabarnya penjualannya meningkat 2 kali lipat dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Dibandingkan dengan segmen pasar lainnya, GPS untuk kendaraan bermotor ini dibilang paling laris. 

Hal tersebut bisa terjadi mengingat semakin banyak orang yang ingin memperoleh informasi dengan lebih akurat. Hingga akhirnya akurasi serta kegunaan dari sebuah peta juga mengalami peningkatan yang cukup pesat. Hal itu bisa dilihat dengan munculnya berbagai fitur tambahan yang memudahkan para penggunanya. Fitur tersebut diantaranya penambahan data lalu lintas yang memungkinkan pengguna bisa mengetahui kondisi jalanan terkini. 

Bukan hanya itu saja, kemampuannya untuk bisa terkoneksi dengan ponsel pintar serta GPS wireless juga semakin membuat banyak orang ingin memilikinya. Dan satu hal yang perlu diingat, pasar otomotif merupakan segmen yang tidak pernah mati sehingga akan semakin banyak serta terus mengalami perkembangan.

Jika Anda menggunakan GPS jenis ini, maka akan ditempatkan di mobil serta dilengkapi dengan berbagai aksesoris khusus untuk mengaitkan GPS tersebut. Jika Anda menggunakan kendaraan roda empat, Anda bisa juga menempatkannya di bagian dashboard mobil supaya pengemudi bisa mengetahui petunjuk arah yang diberikan.


GPS Handheld

Sesuai dengan namanya, Handled GPS adalah perangkat GPS yang setiap fungsinya bisa dijalankan dengan memegang GPS tersebut. Secara tidak langsung, GPS satu ini sudah mengubah bentuk kegiatan outdoor yaitu dengan mengganti peta serta kompas menjadi sebuah peta digital serta mampu mendapatkan lokasi, topografi, ketinggian serta berbagai data lain yang lebih akurat.

Dengan adanya perangkat jenis Handled ini sebagai pengguna bisa mendapatkan lokasi yang tepat untuk berbagai kegiatan seperti memancing, mendapatkan lokasi camping yang nyaman hingga berbagai informasi terkait dengan kegiatan outdoor. Selain itu, jenis GPS satu ini juga bisa memperkecil resiko bahaya ketika melakukan kegiatan outdoor dengan membantu mengurangi resiko tersesat. Meskipun hadir dengan bentuk yang kecil dan tebal, GPS satu ini juga sangat nyaman digunakan.


GPS Kegiaatan Olahraga

Memang benar teknologi sudah merambah ke berbagai aspek kehidupan. Berkat perkembangan tersebut cukup banyak orang yang membuat GPS untuk menunjang berbagai aktivitas olahraga. Untuk penggunanya juga bebas, GPS satu ini bisa digunakan oleh atlet ataupun bukan altet. Lebih detailnya, GPS ini dihadirkan untuk mereka yang sedakan melakukan program latihan serta fitness. 

Secara khusus ada GPS yang sangat pas untuk mereka yang hobi bersepeda dan ada juga yang fungsinya khusus untuk mereka yang sedang melakukan program latian. Keduanya memiliki fungsi yang sama dan biasanya memiliki kesamaan yang mirip dengan GPS yang digunakan untuk kegiatan olahraga yaitu anti-air serta hadir dengan bodi yang cukup kuat. Meskipun memiliki bentuk yang kecil namun fiturnya cukup lengkap. 


GPS untuk Aktivitas di Perairan

Jenis GPS ini dibuat untuk kendaraan seperti kapal, untuk penggunannya lebih banyak pada kapal komersil serta rekreasi. Peta yang digunakan untuk aktivitas di perairan ini hadir dengan tingkat akurasi yang cukup tinggi, mudah digunakan, bisa dioperasikan dalam berbagai kondisi serta yang paling penting aman ketika digunakan di perairan. 

Lokasi yang ditentukannyapun juga sangat tepat serta presisi. Bahkan Anda bisa mendapatkan info detail mengenai suatu informasi tertentu. Fitur yang dihadirkan juga sangat tepat untuk mengatasi berbagai bencana tak terduga. Tujuan dari diciptakannya GPS ini yaitu bisa digunakan sebagai peta digital berkemampuan tinggi. 

Informasi tambahan, jenis GPS ini berbeda dibandingkan dengan GPS tipe biasanya. Dengan menggunakan GPS jenis ini maka Anda bisa menjumpai berbagai informasi mengenai pantai-pantai pesisir dan informasi lain terkait dengan dunia perairan.


GPS untuk Pesawat

Jenis GPS yang terakhir ini hadir dengan teknologi yang mampu memenuhi kebutuhan era cockpits saat ini. Sehingga sangat bermanfaat untuk dunia penerbangan. Mengingat fungsinya yang sangat penting tersebut GPS jenis ini dibanderol dengan harga yang mahal. 


GPS vs Perangkat GNSS

GPS dan GNSS memang sama-sama digunakan untuk pemetaan suatu lokasi supaya mendapatkan data yang akurat. Untuk GPS sendiri bisa digunakan pada semua perangkat dengan memanfaatkan navigasi sebagai signal utamanya. Mengenai tingkat presisinya, GPS memiliki tingkat presisi hingga perhitungan centimeter. Di sisi lain, GNSS kini lebih berfungsi untuk memberikan sinyal bantu bagi GPS. GNSS ini mampu menghadirkan sinyal lebih akurat pada bumi bagian utara serta selatan. 

Ternyata cukup menarik sekali pembahasan mengenai GPS. Mulai dari pengertian GPS , fungsi GPS , cara kerja GPS hingga jenis-jenisnya. Uraian lengkap di atas kami hadirkan untuk Anda yang saat ini membutuhkan informasi terkait dengan perangkat canggih satu ini. Kami berharap informasi ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar