Skip to main content
Si Ipung

follow us

Segera berlangganan !! Akan hadir video dan tutorial menarik dari siipung.com dengan cara Subscribe ke youtube, klik Siipung Channel

×

Perangkat keras internet, macam macam perangkat keras internet

Perangkat keras internet merupakan kumpulan hardware atau perangkat keras yang digunakan untuk mengakses internet.

Untuk mengakses internet bisa menggunakan beberapa perangkat keras seperti modem, usb wifi atau bahkan cukup menggunakan smartphone, namun sebenarnya ada apa saja sih perangkat keras internet itu ? simak artikel dari siipung.com dibawah ini.


Apa itu perangkat keras ?

Sebelum membahas itu, ada baiknya kita pahami dulu tentang perangkat keras, perangkat keras atau hardware merupakan komponen, piranti atau peralatan yang dapat dilihat langsung dan mempunyai bentuk nyata.

 
Beberapa perangkat keras hanya dapat bekerja bila ada bantuan software, dalam hal ini software yang dimaksud adalah sebuah firmware untuk menjalankan perangkat keras tersebut.

 
Misalkan saja kita ambi contoh dari perangkat keras usb wifi, usb wifi saat dihubungkan dengan komputer ataupun laptop harus diinstal terlebih dahulu drivernya.


Perangkat keras internet

Perangkat keras internet adalah uatu piranti pendukung untuk membantu akses ke jaringan internet, perangkat internet atau piranti tersebut mempunyai fungsi berbeda dan jenis yang berbeda juga.

 
Seperti usb wifi yang hanya berfungsi untuk mengakses jaringan wifi saja agar bisa terkoneksi ke internet, berbeda dengan perangkat keras internet modem usb yang tidak perlu mencari jaringan wifi namun harus menggunakan sim card didalamnya agar bisa terkoneksi ke jaringainternet.

 
Nah untuk mengetahui macam-macam perangkat keras internet tersebut silahkan simakpoin dibaha ini.


Fungsi perangkat keras internet

Untuk fungsi perangkat keras internet sudah disinggung diatas bahwa setiap perangkat keras mempunyai fungsi yang berbeda-beda, namun untuk fungsi secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa perangkat keras internet berfungsi sebagai alat untuk mengakses jaringan internet.


Macam-macam perangkat keras internet


1. Komputer

Komputer terdiri dari beberapa bagian dan komponen yang memfasilitasi fungsi pengguna. Komputer memiliki dua kategori utama:

  • Perangkat keras : Struktur fisik yang menampung prosesor, memori, penyimpanan, port komunikasi, dan perangkat periferal komputer
  • Perangkat Lunak : Termasuk sistem operasi (OS) dan aplikasi perangkat lunak

Komputer bekerja dengan program perangkat lunak yang dikirim ke arsitektur perangkat keras yang mendasarinya untuk membaca, menafsirkan, dan mengeksekusi.

Komputer diklasifikasikan menurut daya komputasi, kapasitas, ukuran, mobilitas, dan faktor-faktor lain, seperti komputer pribadi (PC), komputer desktop, komputer laptop, komputer mini, komputer dan perangkat genggam, mainframe atau superkomputer.

Perangkat keras internet pendukung pada komputer cukup banyak seperti:

  • USB modem
  • USB wifi
  • Wifi card
  • Modem card

2. Laptop

Sebuah komputer laptop (juga disingkat menjadi hanya laptop , atau disebut komputer notebook ) portabel komputer pribadi (PC), biasanya memiliki LCD atau LED layar komputer yang dipasang di bagian dalam atas tutup clamshell dan keyboard alfanumerik.

 
Laptop umumnya digunakan dalam berbagai pengaturan, seperti di tempat kerja, dalam pendidikan, untuk bermain game, berselancar di internet, untuk multimedia pribadi, dan penggunaan komputer di rumah secara umum.

 
Laptop menggabungkan semua komponen input / output dan kemampuan komputer desktop , termasuk layar tampilan , speaker kecil , keyboard , drive hard disk , drive disk optik , perangkat penunjuk (seperti touchpad atau trackpad), prosesor , dan memori menjadi satu unit.

 
Sebagian besar laptop modern memiliki webcam terintegrasi dan mikrofon internal , sementara banyak juga yang memiliki layar sentuh.

 
Laptop dapat dijalankan dengan baik dari baterai internal atau oleh eksternal catu daya dari adaptor. 
Spesifikasi perangkat keras, seperti kecepatan prosesor dan kapasitas memori, sangat bervariasi di antara berbagai jenis, merek, model, dan titik harga .

 
Untuk perangkat keras internet pada laptop juga bisa didukung dengan :

  • Wifi
  • USB modem

3. Handphone / ponsel

Hanphone atau ponsel adalah perangkat genggam nirkabel yang memungkinkan pengguna untuk membuat dan menerima panggilan dan mengirim pesan teks, di antara fitur-fitur lainnya.

 
Generasi awal ponsel hanya dapat melakukan dan menerima panggilan. Ponsel masa kini,

bagaimanapun, dikemas dengan banyak fitur tambahan, seperti browser web, game, kamera, pemutar video dan bahkan sistem navigasi.

Telepon seluler milik jaringan Global System for Mobile Communications (GSM) menjadi mampu mengirim dan menerima pesan teks.

 
Ketika perangkat ini berkembang, ponsel menjadi lebih kecil dan lebih banyak fitur yang ditambahkan, seperti layanan pesan multimedia (MMS), yang memungkinkan pengguna untuk mengirim dan menerima gambar.

 
Sebagian besar perangkat berkemampuan MMS ini juga dilengkapi dengan kamera, yang memungkinkan pengguna untuk mengambil foto, menambahkan takarir , dan mengirimkannya ke teman dan kerabat yang juga memiliki ponsel berkemampuan MMS.

Ponsel dengan fitur-fitur canggih yang mirip dengan komputer disebut smartphone, sedangkan ponsel biasa dikenal sebagai ponsel berfitur.

 
Ponsel biasanya beroperasi pada jaringan seluler, yang terdiri dari situs sel yang tersebar di seluruh kota, pedesaan dan bahkan daerah pegunungan.

 
Untuk menggunakan handphone sebagai perangkat keras internet bisa menggunakan :

  • Koneksi wifi
  • Menggunakan SIM card

Bahkan masa kini handphone bisa digunakan sebagai perangkat keras internet untuk menghubungkan perangkat lain ke internet atau berbagi koneksifitas internet, yaitu pada handphone harus mengaktifkan hotspot agar perangkat lain seperti laptop bisa terhubung ke internet.


4. Modem

Modem adalah perangkat jaringan yang mengubah data menjadi sinyal sehingga dapat dengan mudah dikirim dan diterima melalui saluran telepon, kabel, atau koneksi satelit.

Dalam hal pengiriman melalui saluran telepon analog, yang dulunya merupakan cara paling populer untuk mengakses internet, modem mengubah data antara format analog dan digital secara real time untuk komunikasi jaringan dua arah.

Dalam hal modem digital berkecepatan tinggi yang populer saat ini, sinyalnya jauh lebih sederhana dan tidak memerlukan konversi analog ke digital.

Modem Dial-Up

Modem yang digunakan pada jaringan dial-up mengubah data antara bentuk analog yang digunakan pada saluran telepon dan bentuk digital yang digunakan pada komputer.

Modem dial-up eksternal dihubungkan ke komputer di satu ujung dan saluran telepon di ujung lainnya. Dahulu, beberapa pembuat komputer mengintegrasikan modem dial-up internal ke dalam komputer.

Modem jaringan dial-up modern mengirimkan data pada kecepatan maksimum 56.000 bit per detik. Namun, keterbatasan yang melekat pada jaringan telepon umum sering membatasi kecepatan data modem menjadi 33,6 Kbps atau lebih rendah.

Modem Broadband

Sebuah modem broadband seperti yang digunakan untuk DSL atau internet kabel akses menggunakan teknik signaling canggih untuk mencapai kecepatan jaringan secara dramatis lebih tinggi dari modem dial-up awal generasi.

Modem broadband sering disebut sebagai modem kecepatan tinggi. Modem seluler adalah jenis modem digital yang membangun konektivitas internet antara perangkat seluler dan jaringan ponsel .

Modem broadband eksternal disambungkan ke router broadband rumah atau perangkat gateway rumah lainnya di satu ujung dan antarmuka internet eksternal seperti saluran kabel di ujung lainnya.

Router atau gateway mengarahkan sinyal ke semua perangkat dalam bisnis atau rumah sesuai kebutuhan. Beberapa router broadband menyertakan modem terintegrasi sebagai unit perangkat keras tunggal.


5. NIC (Network Interface Card)

Network Interface Card atau kartu antarmuka jaringan, NIC juga disebut sebagai kartu Ethernet dan adaptor jaringan. Ini adalah kartu ekspansi yang memungkinkan komputer terhubung ke jaringan, seperti jaringan rumah, atau Internet menggunakan kabel Ethernet dengan konektor RJ-45 .

Karena popularitas dan biaya rendah standar Ethernet, hampir semua komputer baru memiliki antarmuka jaringan yang dibangun langsung ke motherboard.

Cara komputer dengan NIC terhubung ke jaringan

Kartu jaringan dapat berkomunikasi satu sama lain melalui jaringan yang sama menggunakan sakelar jaringan , atau jika dua komputer terhubung langsung. Ketika komputer di jaringan Anda perlu terhubung ke jaringan yang berbeda (misalnya, Internet ), harus terhubung ke router .

Di komputer desktop, kartu jaringan paling sering terletak di dekat port USB di bagian belakang komputer, jika itu adalah kartu jaringan onboard . Jika itu kartu jaringan yang terpisah (bukan onboard), biasanya terletak di bagian belakang komputer, dekat bagian bawah, mengambil slot PCI .

Di laptop, kartu jaringan terintegrasi ke motherboard. Port jaringan tempat Anda mencolokkan kabel jaringan sering terletak di samping laptop, atau mungkin terletak di bagian belakang.


6. Media transmisi kabel

1. Kabel twisted pair

Kabel twisted pair adalah jenis kabel di mana dua konduktor dari satu sirkuit dipelintir bersama untuk tujuan meningkatkan kompatibilitas elektromagnetik.

Dibandingkan dengan konduktor tunggal atau pasangan seimbang yang tidak terpilin, pasangan yang terpilin mengurangi radiasi elektromagnetik dari pasangan dan crosstalk antara pasangan kabel lain dan meningkatkan penolakan terhadap gangguan elektromagnetik eksternal. Itu ditemukan oleh Alexander Graham Bell.

2. Kabel coaxial

Kabel koaksial adalah jenis kabel listrik yang memiliki konduktor dalam dikelilingi oleh lapisan isolasi tubular, dikelilingi oleh tubular.

Banyak kabel koaksial juga memiliki selubung luar atau isolasi. Istilah koaksial berasal dari konduktor dalam dan perisai luar berbagi sumbu geometris.

Kabel koaksial diciptakan oleh fisikawan, insinyur, dan matematikawan Inggris Oliver Heaviside , yang mematenkan desain pada tahun 1880.

Kabel koaksial adalah jenis saluran transmisi , yang digunakan untuk membawa sinyal listrik frekuensi tinggi.

Ini digunakan dalam aplikasi seperti saluran telepon, kabel jaringan internet broadband, bus data komputer kecepatan tinggi, sinyal televisi kabel , dan menghubungkan pemancar dan penerima radio ke antena.

Ini berbeda dari kabel berpelindung lainnya karena dimensi kabel dan konektor dikontrol untuk memberikan jarak konduktor yang konstan dan tepat, yang diperlukan agar dapat berfungsi secara efisien sebagai saluran transmisi.

3. Registered Jack

Sebuah jack terdaftar ( RJ ) adalah standar telekomunikasi antarmuka jaringan untuk menghubungkan suara dan data peralatan untuk layanan yang disediakan oleh operator pertukaran lokal atau operator jarak jauh .

Spesifikasinya meliputi konstruksi fisik, perkabelan, dan semantik sinyal. Dengan demikian, jack terdaftar terutama dinamai dengan huruf RJ , diikuti oleh dua digit yang mengekspresikan tipe.
Misalnya, RJ11 , RJ14 , dan RJ25 adalah antarmuka yang paling umum digunakan untuk koneksi telepon untuk layanan satu, dua, dan tiga jalur, masing-masing.

Meskipun standar-standar ini adalah definisi hukum di Amerika Serikat, beberapa antarmuka digunakan di seluruh dunia.

Konektor yang digunakan untuk instalasi RJ terutama adalah konektor modular dan konektor pita miniatur 50-pin . Misalnya, RJ11 menggunakan konektor dua konduktor dua posisi ( 6P2C ) enam posisi, RJ14 menggunakan jack modular enam posisi empat konduktor ( 6P4C ), sedangkan RJ21 menggunakan konektor pita miniatur 25-pasang (50-pin).


7. HUB

Sebuah hub Ethernet , hub aktif , hub jaringan , repeater hub , multiport repeater , atau hanya hub adalah perangkat keras jaringan untuk menghubungkan beberapa Ethernet perangkat bersama dan membuat sebagai single segmen jaringan .

Ini memiliki beberapa input / output (I / O) port, di mana sinyal diperkenalkan pada input dari port apa pun muncul di output setiap port kecuali yang asli masuk.

Hubs sebagian besar sekarang sudah usang, telah digantikan oleh switch jaringan kecuali dalam instalasi yang sangat lama atau aplikasi khusus . Pada 2011, menghubungkan segmen jaringan dengan repeater atau hub sudah ditinggalkan oleh IEEE 802.3.


8. Bridge

Bridge adalah jenis perangkat jaringan komputer yang menyediakan interkoneksi dengan jaringan bridge lain yang menggunakan protokol sama.

Perangkat Bridge bekerja pada lapisan data link dari model Open System Interconnect (OSI), menghubungkan dua jaringan yang berbeda bersama-sama dan menyediakan komunikasi di antara mereka.

Bridge mirip dengan repeater dan hub karena mereka menyiarkan data ke setiap node. Namun, bridge mempertahankan tabel alamat kontrol akses media (MAC) segera setelah mereka menemukan segmen baru, sehingga transmisi selanjutnya dikirim ke hanya kepada penerima yang diinginkan.
Bridge juga dikenal sebagai sakelar Layer 2


9. Switch

Switch jaringan adalah perangkat perangkat keras kecil yang memusatkan komunikasi di antara banyak perangkat yang tersambung dalam satu jaringan area lokal (LAN) .

Perangkat switch Ethernet yang berdiri sendiri biasanya digunakan pada jaringan rumah bertahun-tahun sebelum router broadband rumah menjadi populer. Router rumah modern mengintegrasikan switch Ethernet langsung ke unit sebagai salah satu fungsi intinya.

Switch jaringan berkinerja tinggi masih banyak digunakan di jaringan perusahaan dan pusat data. Switch jaringan kadang-kadang disebut sebagai hub penghubung , hub penghubung atau jembatan MAC .


10. Router

Router adalah perangkat elektronik kecil yang menggabungkan beberapa jaringan komputer bersama melalui koneksi kabel atau nirkabel.

Bagaimana Router Bekerja ?
Dalam istilah teknis, router adalah perangkat gateway jaringan Layer 3  , yang berarti bahwa itu menghubungkan dua atau lebih jaringan dan bahwa router beroperasi pada lapisan jaringan   model OSI .

Router berisi prosesor (CPU), beberapa jenis memori digital, dan antarmuka input-output (I / O). Mereka berfungsi sebagai komputer dengan tujuan khusus, yang tidak memerlukan keyboard atau layar.

Memori router menyimpan sistem operasi tertanam  (O / S) . Dibandingkan dengan produk-produk OS serba guna seperti Microsoft Windows atau Apple Mac OS, sistem operasi router membatasi jenis aplikasi apa yang dapat dijalankan pada mereka dan juga membutuhkan ruang penyimpanan yang jauh lebih kecil.

Contoh sistem operasi router yang populer termasuk Cisco Internetwork Operating System (IOS) dan DD-WRT . Sistem operasi ini diproduksi menjadi citra firmware biner dan biasanya disebut firmware router .

Dengan mempertahankan informasi konfigurasi di bagian memori yang disebut  tabel perutean , router juga dapat menyaring lalu lintas masuk atau keluar berdasarkan alamat pengirim dan penerima.

Lihat pembahasan lengkap tentang :  fungsi router


11. Repeater

Sebuah jaringan perangkat yang digunakan untuk meregenerasi atau meniru sinyal. Repeater digunakan dalam sistem transmisi untuk membuat kembali sinyal analog atau digital yang terdistorsi. Repeater analog hanya dapat memperkuat sinyal sementara repeater digital dapat merekonstruksi sinyal mendekati kualitas aslinya.

Dalam jaringan data, repeater dapat menyampaikan pesan antara subnetwork yang menggunakan protokol atau jenis kabel yang berbeda. Hub dapat beroperasi sebagai pengulang dengan menyampaikan pesan ke semua komputer yang terhubung. Repeater tidak dapat melakukan routing cerdas yang dilakukan oleh bridge dan router .

Sekian dulu artikel dari siipung.com semoga bermanfaat dan jangan lupa bagikan artikel ini.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar