Skip to main content
Si Ipung

follow us

Stay home but let your heart should be in a spirit of prayer.

Kartun adalah seni yang multifungsi, pelajari selengkapnya disini

Kartun adalah sebuah gambar yang diciptakan untuk berbagai fungsi, salah satunya sebagai media hiburan, dan tentunya masih banyak lagi, yuk simak artikel selengkapnya hanya di siipung.com.

Pngertian kartun

Pengertian kartun - Kartun adalah bentuk ekspresi, atau komunikasi yang mengacu pada beberapa bentuk seni, termasuk ilustrasi lucu, gambar politik satir, dan film animasi. Awalnya, istilah ini mengacu pada gambar skala penuh untuk berbagai bentuk seni rupa, seperti lukisan dinding dan permadani.

Dari pertengahan abad 19 kartun memperoleh makna parodi gambar, lucu dan sering menyindir dalam penggambaran peristiwa sosial dan politik. Majalah seperti Punch dan The New Yorker ,mempopulerkan bentuk visual lelucon ini, yang terus digunakan dengan efek besar pada masyarakat. Memberikan komentar paling tajam tentang masalah-masalah yang menjadi perhatian saat itu, kartun editorial khususnya telah berperan dalam memantau dan memengaruhi kehidupan sosial dan politik mereka yang berada di posisi kekuasaan dan pengaruh.

Kartun animasi lebih melayani audiens yang lebih muda, menghibur anak-anak dengan petualangan hewan antropomorfis, pahlawan super, dan protagonis anak.

Dari seni rupa hingga komentar politik dan hiburan, kartun telah memainkan peran penting dalam membentuk dunia seperti yang kita kenal.


Sejarah kartun

Kata "kartun" berasal dari kata Italia cartone atau kata Belanda cart , yang keduanya merupakan kata yang menggambarkan kertas yang kuat, tebal atau berat, atau papan tulis. Ilustrasi ini pada awalnya dilakukan pada selembar kertas yang kokoh sebagai studi persiapan atau modello untuk karya yang sudah jadi, seperti lukisan, permadani atau kaca patri. Seniman jalan kembali kemudian menggunakan kartun untuk membentuk lukisan dinding, untuk secara tepat menghubungkan komponen komposisi ketika dicat pada plester basah selama beberapa hari, yang disebut sebagai giornate.


Sejarah kartun, dari zaman kuno hingga abad ke-19

Membuat ilustrasi mengingatkan jauh ke Zaman Paleolitik, sebagaimana dibuktikan oleh lukisan gua kuno. Sementara tujuan pasti dari lukisan-lukisan ini tidak dapat ditentukan, manusia mempertahankan teknik ini dan menggunakannya untuk mengekspresikan perasaan, emosi, atau ide-ide mereka. Seiring waktu, itu membawa orang untuk membuat gambar dan ilustrasi, yang berkembang sebagai kartun dan animasi. Mereka tetap menjadi salah satu bentuk ekspresi terkuat dan paling efektif.

Selama abad ke - 17 , asal-usul kartun modern dimulai sebagai karikatur. Seniman seperti Leonardo da Vinci dan Lorenzo Benini menggunakan karikatur untuk memberikan bentuk dan bentuk yang pasti untuk fitur subjek mereka. Namun, William Hogarth-lah yang mengembangkan sindiran bergambar, yang menjadi pendahulu perkembangan kartun politik dan editorial.

Itu juga selama era yang sama di mana kartunis memperkenalkan gaya main-main dan aneh yang menggambarkan karikatur. Mereka menggambar karakter kartun dan menghubungkannya dengan humor untuk menyajikan acara sosial dan mode terbaru. Selama Revolusi Perancis (1789-1799), kartunis menggunakan produksi mereka sebagai bentuk propaganda satir.

Kartun juga digunakan sebagai sarana yang kuat untuk menggambarkan peristiwa yang terjadi selama Perang Saudara Amerika. Abraham Lincoln adalah tokoh terkemuka dari kartun-kartun itu. Pada pertengahan abad ke -19, seorang kartunis Jerman-Amerika bernama Thomas Nast menerapkan teknik menggambar dan sketsa Jerman yang tampak realistis pada kartun-kartun politiknya di Amerika, yang mendefinisikan ulang kartun Amerika. 160 kartun-nya tanpa henti berkampanye melawan "mesin Tweed" di New York City. Kartun-kartun ini berperan penting dalam kejatuhan organisasi politik Tammany Hall yang korup dan akhirnya ditangkap oleh pemimpinnya, "Boss Tweed" (William Magear Tweed dalam kehidupan nyata).

Nast (yang meninggal pada tahun 1902) juga banyak menggunakan gambar Paman Sam dan Donkey Demokrat, dan pada dasarnya, mempopulerkannya.


Buku komik dan kartun di abad ke -20 dan seterusnya

Buku komik, sebagai media cetak, telah ada di Amerika sejak tahun 1840-an, dengan penerbitan The Adventures of Mr. Obadiah Oldbuck pada tahun 1842 dalam bentuk hardcover. Ini dianggap sebagai awal dari buku-buku komik modern.

Komik Funnies on Parade menjadi buku pertama yang menetapkan standar untuk ukuran, format, dan durasi buku komik modern. Itu diikuti oleh Famous Funnies: A Carnival of Comics, komik 36 halaman yang diterbitkan oleh Dell. Itu menjadi buku komik kios nyata pertama.

Perkembangan artistik yang berkelanjutan dan perlindungan publik terhadap buku-buku komik mengarah ke Masa Keemasan Buku-Buku Komik tahun 1930-an, yang dianggap sebagai asal mula buku-buku komik yang kita kenal sekarang. Buku komik yang sukses terus berlanjut hingga Zaman Perak Buku Komik selama 1950-an, yang juga merupakan periode kemajuan artistik.

Namun, kesuksesan buku komik tidak datang tanpa pertanyaan atau kritik. Psikiater Fredric Wertham menerbitkan sebuah buku berjudul "Seduction of the Innocent" pada tahun 1954, di mana ia melemparkan banyak kritik terhadap buku-buku komik. Bukunya mendorong Senat Amerika untuk menyelidiki buku Wertham, untuk menentukan apakah buku komik berkontribusi pada meningkatnya insiden kenakalan remaja di Amerika.

Menanggapi pengawasan yang semakin ketat dari pemerintah dan media, industri komik Amerika mendirikan Comics Magazine Association of America (CMAA), yang menanamkan Komik Kode Komik dan Komik Kode untuk tujuan penyensoran. Namun, pada 1970-an, semua buku komik telah diterbitkan tanpa harus menjalani pemeriksaan CMAA. Akhirnya, Komik Kode secara resmi dibuat tidak berfungsi pada tahun 2011.

Pada tahun 1922, kartunis editorial surat kabar Rollin Kirby memenangkan Hadiah Pulitzer Pertama untuk kartunnya "On the Road to Moscow" (1921). Dia kemudian memenangkan beberapa Hadiah Pulitzer untuk karyanya “News from the Outside World” (1924) dan “Tammany” (1928). Pada tahun 1927, Dr. Seuss mulai menjual kartun ke majalah dan berbagai publikasi lainnya.


Jenis jenis kartun

Jenis jenis kartun dapat kita bedakan dari berbagai tujuan dan fungsi kartun, banyak jenis kartun yang sering kita temui, jenis jenis kartun adalah :

Kartun untuk karya seni

Karya seni kartun adalah sebuah gambar untuk lukisan yang akan diletakkan di dinding atau langit-langit. Kartun itu akan disematkan pada dinding dan desainnya ditandai pada plester dinding. Kartun juga dibuat untuk mendesain permadani. Kartun paling terkenal adalah satu set oleh Raphael yang menunjukkan "Life of St Peter". Kartun-kartun itu berada di Museum Victoria & Albert . Permadani yang sudah jadi milik Vatikan dan dibuat untuk Kapel Sistine .


Kartun politik 

Di tahun 1700-an, artis seperti William Hogarth sering dibuat set lucu (funny) gambar yang tentang subyek politik, seperti kemiskinan , pemilu , perang dan kerusuhan . Gambar-gambar itu dibuat menjadi cetakan dan dijual murah. Cetakan ini tidak disebut kartun pada waktu itu, tetapi mereka mengarah pada ide kartun politik modern di surat kabar.

Saat ini banyak surat kabar menerbitkan kartun politik yang berbeda di koran, setiap hari. Kata "kartun" pertama kali digunakan dengan cara ini pada tahun 1843 di sebuah majalah bahasa Inggris bernama Punch .

Kartun politik tidak selalu memperlihatkan orang sungguhan. Kadang-kadang mungkin menggunakan personifikasi dari negara atau organisasi sebagai orang, binatang, atau rakasa. Misalnya, Inggris mungkin ditampilkan sebagai seorang wanita yang menggendong bayi Australia di lengannya. Rusia mungkin ditampilkan sebagai beruang . The Amerika Serikat mungkin akan ditampilkan sebagai Bald Eagle .


Strip komik 

Kartun politik sering kali ditarik untuk memperlihatkan beberapa tahap berbeda dari cerita yang sama. Banyak kartun politik terkenal Hogarth yang melakukan ini. Dari sinilah muncul ide menceritakan kisah-kisah lucu dalam serangkaian gambar. Strip komik adalah jenis "kartun" yang diterbitkan di surat kabar, tetapi biasanya hanya disebut "strip komik". Beberapa komik paling awal adalah The Katzenjammer Kids (1897) dan Ginger Meggs (1921). Terkadang mereka mewakili binatang seperti Garfield . Strip komik kemudian dari tahun 1950 dan seterusnya menunjukkan superhero seperti Superman dan The Phantom .

Buku komik mengumpulkan banyak strip dalam sebuah buku. Buku itu mungkin menceritakan kisah panjang, lebih lama dari yang ingin dicetak oleh surat kabar, atau beberapa cerita. Big Five kartun pemilik studio besar pembuat maskot studio membuat studio Disney Mickey Mouse , Warner Bros ' Bugs Bunny , Lucy the Mouse Paramount Popeye dari 20th Century dan Woody Woodpecker Universal .

Strip komik yang diposting di internet adalah komik web . Beberapa menggunakan animasi dan suara untuk efek khusus. Seperti buku komik, buku-buku itu mungkin besar, dan sebagian besar menawarkan banyak koleksi strip sebelumnya untuk pembaca baru, sehingga cerita yang lebih panjang dapat diceritakan. Banyak webcomics yang diterbitkan (diperlihatkan kepada orang-orang) oleh seniman independen.


Kartun Film 

Dari awal industri film , beberapa seniman mulai bereksperimen dengan membuat gambar yang sepertinya bergerak. Gambar bergerak ini juga dikenal sebagai "kartun". Mereka sering menggambarkan binatang daripada manusia. Mereka sering hanya untuk bersenang-senang, tetapi kadang-kadang, terutama selama Perang Dunia II , digunakan untuk alasan politik, seperti kartun di koran. Walt Disney , 20th Century Fox dan Warner Bros keduanya membuat kartun terkenal. Tokoh kartun terkenal adalah Felix the Cat (1919), Mickey Mouse (1928), Lucy the Mouse (1935), Betty Boop (1930), Bugs Bunny (1938), Tom and Jerry(1940), Woody Woodpecker (1940) dan Popeye (1919).

Awalnya, film kartun cukup pendek. Ketika seseorang membeli tiket film, mereka akan melihat program berita, dua atau tiga kartun hitam putih dan sebuah film. Walt Disney kemudian mendapat ide untuk menceritakan kisah panjang sebagai "kartun". Contoh pertama yang dibuat adalah Putri Salju dan Tujuh Kurcaci (1937). Film kartun segera menjadi jenis hiburan yang populer. Kartun film modern kadang-kadang dibuat menggunakan grafis komputer, bukan kartun yang digambar tangan. Mereka termasuk Toy Story (1995) dan Shrek (2001).


Fungsi Kartun

Kartun kini telah banyak hadir dalam kehidupan sehari-hari dan yang sering kita jumpai adalah dalam film animasi anak-anak sering muncul kartun, namun fungsi kartun tidak hanya menjadi media hiburan saja. Beberapa fungsi kartun adalah :

Hiburan

Kartun tentunya sering kita lihat ditelevisi ataupun diinternet yang fungsinya sebagai hiburan seperti film animasi anak-anak, atau berbentuk komik.

Di Inggris pada tahun 1930-an majalah petualangan menjadi sangat populer, terutama yang diterbitkan oleh DC Thomson ; penerbit mengirim pengamat ke seluruh negeri untuk berbicara dengan anak laki-laki dan mempelajari apa yang ingin mereka baca. Alur cerita di majalah, buku komik dan bioskop yang paling menarik bagi anak laki-laki adalah kepahlawanan glamor tentara Inggris yang berperang yang menyenangkan dan adil. DC Thomson menerbitkan The Dandy Comic pertama pada bulan Desember 1937. Ia memiliki desain revolusioner yang memisahkan diri dari komik anak-anak biasa yang diterbitkan dalam ukuran besar dan tidak terlalu berwarna. Thomson memanfaatkan kesuksesannya dengan produk serupa The Beano pada tahun 1938.


Media belajar

Menggunakan kartun sebagai media belajar tentunya sangat bisa dilakukan, karena dengan menggunakan kartun pembelajaran menjadi lebih menarik dan tidak membosankan, Kartun seperti xkcd juga menemukan tempat mereka di dunia sains , matematika , dan teknologi . Sebagai contoh, kartun Wonderlab melihat kehidupan sehari-hari di laboratorium kimia. Di AS, satu kartunis terkenal untuk bidang ini adalah Sidney Harris . Banyak kartun Gary Larson memiliki cita rasa ilmiah.


Promosi

Pastinya kita sering melihat kartun terpampang dengan sebuh produk didalamnya, ya dengan menggunakan media kartun sebuah produk dapat menjadi lebih menarik untuk dipromosikan.

Media promosi dengan kartun tidak hanya untuk sebuah produk saja, namun dapat dilakukan oleh beberapa bidang lain seperti promosi sebuah even, promosi sekolah dan masih banyak lagi.


Politik

Kartun politik seperti editorial bergambar yang melayani komentar visual tentang peristiwa politik. Mereka menawarkan kritik halus yang secara cerdik dikutip dengan humor dan sindiran sejauh yang dikritik tidak menjadi pahit.

Satir bergambar William Hogarth dianggap sebagai pelopor perkembangan kartun politik di Inggris abad ke-18. George Townshend menghasilkan beberapa kartun dan karikatur politis pertama yang terang-terangan di tahun 1750-an.  Media mulai berkembang di bagian akhir abad ke-18 di bawah arahan para eksponen besarnya, James Gillray dan Thomas Rowlandson , keduanya dari London. Gillray mengeksplorasi penggunaan medium untuk lampooning dan karikatur , dan telah disebut sebagai bapak kartun politik. Dengan memanggil raja, perdana menteri, dan jenderal untuk menjelaskan perilaku mereka, banyak satires Gillray diarahkan terhadap George III , menggambarkannya sebagai badut sok penting, sementara sebagian besar karyanya didedikasikan untuk mengolok-olok ambisi revolusioner Prancis dan Napoleon . George Cruikshank menjadi kartunis terkemuka pada periode setelah Gillray, dari 1815 hingga 1840-an. Kariernya terkenal dengan karikatur sosial kehidupan Inggris untuk publikasi populer.


Software untuk menggambar kartun

1. Pencil2D

Memiliki software Pencil2D seperti memiliki alat khusus untuk menggambar dan membuat kartun menggunakan perangkat Mac, Windows atau Linux. Pencil2D telah memasukkan lebih banyak opsi berorientasi gambar. Pencil2D sepenuhnya gratis untuk digunakan dan didukung oleh sumber terbuka: Anda dapat mengunduh untuk ketiga OS. Terlepas dari antarmuka profesionalnya, software pembuat kartun ini mudah digunakan terutama untuk pemula. Beberapa fitur tersedia termasuk dukungan multi-layer, berbagai mode ekspor dan dukungan lengkap untuk animasi berbasis FLV.


2. Cartoon Maker Zone

Cartoon Maker Zone adalah situs web pembuatan kartun gratis dari Cambridge English Online. Seperti yang bisa Anda tebak, itu dibuat untuk tujuan pendidikan. Meski begitu, Anda dapat menggunakan Cartoon Maker Zone untuk membuat beberapa set kartun yang mengesankan. Anda dapat membuat kartun strip dan kartun superhero dari antarmuka, dan semuanya hanya dengan sekali klik. Tingkat kustomisasi dasar tersedia di seluruh aplikasi web. Anda dapat memilih ukuran kertas, menambahkan karakter yang Anda sukai dan bahkan menyesuaikan detailnya. Pada akhirnya, setelah Anda memiliki cukup konten, Anda dapat mencetak atau mengekspor kartun untuk akses yang lebih mudah.


3. Pixton

Apakah Anda mencari sesuatu yang lebih dari sekadar kartun hitam-putih tradisional? Nah, jika Anda berencana membuat komik, Anda pasti dapat mencoba Pixton. Pixton merupakan platform di mana Anda dapat berbagi komik juga. Bahkan, Anda dapat membuat komik atau kartun tingkat profesional menggunakan Pixton, dengan mudah. Yang perlu Anda lakukan adalah memilih ukuran kartun, pilih latar belakang di mana cerita Anda ditetapkan, pilih jumlah karakter dan mulailah mengerjakan komik. Anda dapat menggunakan banyak asset, termasuk ikon dan action. Setelah Anda memiliki semua yang ada di layar, anda bisa unduh atau terbitkan hasil karya anda.


4. Artoonix

Jika Anda mencari perangkat lunak pembuat kartun berdedikasi, Artoonix adalah pilihan yang layak dipertimbangkan dari daftar diatas. Artoonix juga mengatakan bahwa Anda dapat menghemat waktu berbulan-bulan ketika Anda beralih dari kartun yang diubah ke Artoonix. Anda dapat menggunakan alat yang sama untuk membuat kartun statis maupun film animasi. Software gratis ini memiliki dukungan bawaan untuk sinkronisasi trek audio dan ekspor file yang mudah. Beberapa fitur animasi hanya tersedia dalam versi terdaftarnya.


5. Inkscape

Inkscape tidak direkomendasikan untuk pemula yang tidak memiliki pengetahuan teknis tentang grafik vektor. Inkscape adalah perancang grafis vektor yang lengkap, tersedia untuk Mac, Windows dan Linux. Ini adalah perangkat lunak yang agak berat dan membutuhkan ilmu tentang grafis. Anda mungkin ingin melihat beberapa video tutorial atau kursus sebelum Anda berencana untuk membuat karya Anda dengan Inkscape. Namun, bagian terbaiknya adalah kartun Anda tidak akan pernah diragukan dalam hal kualitas.


Sekian dulu artikel dari siipung.com tentang kartun sampai fungsi kartun, kartun adalah gambar yang sangat menarik dan fungsional, segera belajar membuat karya berupa kartun. Semoga bermanfaat jangan lupa bagikan artikel ini.



Source
https://www.newworldencyclopedia.org/entry/Cartoon
https://mentalitch.com/the-history-of-cartoons/
https://simple.wikipedia.org/wiki/Cartoon
https://en.wikipedia.org/wiki/Cartoon
https://xtendedview.com/computer/best-cartoon-making-software-websites


You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar