Skip to main content
Si Ipung

follow us

Stay home but let your heart should be in a spirit of prayer.

Perangkat keras jaringan komputer beserta gambar dan penjelasan

Perangkat keras jaringan komputer adalah kumpulan piranti yang digunakan untuk mengakses komunikasi dan interkasi sebuah jaringan, dalam artikel kali ini akan siipung.com jelaskan pengertian perangkat keras jaringan komputer, fungsi perangkat keras jaringan komputer hingga macam macam perangkat keras jaringan komputer.


Pengertian perangkat keras jaringan komputer

Perangkat keras jaringan, juga dikenal sebagai peralatan jaringan atau perangkat jaringan komputer , Perangkat keras jaringan adalah perangkat elektronik yang diperlukan untuk komunikasi dan interaksi antar perangkat pada jaringan komputer . Secara khusus, mereka memediasi transmisi data dalam jaringan komputer. Unit yang merupakan penerima atau penghasil data terakhir disebut host , sistem akhir atau peralatan terminal data.

Perangkat jaringan mencakup berbagai peralatan yang dapat digolongkan sebagai komponen jaringan inti yang menghubungkan komponen jaringan lainnya, komponen hibrid yang dapat ditemukan di inti atau perbatasan jaringan dan komponen perangkat keras atau perangkat lunak yang biasanya berada pada titik koneksi dari berbagai jaringan.

Jenis perangkat keras jaringan yang paling umum saat ini adalah adaptor Ethernet berbasis tembaga yang merupakan standar inklusi pada kebanyakan sistem komputer modern. Jaringan nirkabel telah menjadi semakin populer, terutama untuk perangkat portabel dan genggam.

Perangkat keras jaringan lain yang digunakan dalam komputer termasuk peralatan pusat data (seperti server file , server database dan area penyimpanan ), layanan jaringan (seperti DNS , DHCP , email , dll.) Serta perangkat yang menjamin pengiriman konten .

Mengambil pandangan yang lebih luas, telepon seluler , komputer tablet , dan perangkat yang terkait dengan internet dapat juga dianggap sebagai perangkat keras jaringan. Seiring kemajuan teknologi dan jaringan berbasis- IP yang diintegrasikan ke dalam pembangunan infrastruktur dan utilitas rumah tangga, perangkat keras jaringan akan menjadi istilah yang ambigu karena semakin banyak jumlah titik akhir jaringan yang mampu.

Baca juga : Perangkat keras internet


Perangkat keras jaringan komputer

Berikut ini daftar beberapa perangkat keras jaringan komputer yang digunakan untuk membuat jaringan atau akses internet :

Server komputer


Server adalah program komputer atau Perangkat keras jaringan komputer yang menyediakan fungsionalitas untuk program atau perangkat lain, yang disebut " klien ". Ini arsitektur disebut model client-server .

Server dapat memberikan berbagai fungsionalitas, sering disebut "services (layanan)", seperti berbagi data atau sumber daya di antara banyak klien, atau melakukan perhitungan untuk klien. Satu server dapat melayani banyak klien, dan satu klien dapat menggunakan beberapa server. Proses klien dapat berjalan pada perangkat yang sama atau dapat terhubung melalui jaringan ke server pada perangkat yang berbeda. 

Server tipikal adalah server basis data, Server file , mail server , server cetak , server web , server game , dan aplikasi server .

Sistem client-server saat ini paling sering diimplementasikan oleh model request–response : klien mengirim permintaan ke server, yang melakukan beberapa tindakan dan mengirimkan respons kembali ke klien.

Komputer sebagai "perangkat keras kelas server" menyiratkan bahwa khusus untuk menjalankan server di dalamnya. Ini sering menunjukkan bahwa komputer itu lebih kuat dan dapat diandalkan daripada komputer pribadi standar , tetapi sebagai alternatif, cluster komputasi besar dapat terdiri dari banyak komponen server yang relatif sederhana dan dapat diganti.


Komputer (klien)


Sebuah klien adalah bagian dari perangkat keras komputer atau perangkat lunak yang mengakses layanan yang disediakan oleh server yang. Server sering (tetapi tidak selalu) pada sistem komputer lain, dalam hal ini klien mengakses layanan melalui jaringan.

Klien adalah komputer atau program yang, sebagai bagian dari operasinya, bergantung pada pengiriman permintaan ke program lain atau perangkat keras komputer atau perangkat lunak yang mengakses layanan yang disediakan oleh server (yang mungkin atau mungkin tidak terletak di komputer lain ).

Sebagai contoh, browser web adalah klien yang terhubung ke server web dan mengambil halaman web untuk ditampilkan. Klien email mengambil email dari server email . Obrolan online menggunakan berbagai klien, yang bervariasi pada protokol obrolan yang digunakan. Permainan video multipemain atau permainan video online dapat berjalan sebagai klien di setiap komputer. Istilah "klien" juga dapat diterapkan ke komputer atau perangkat yang menjalankan perangkat lunak klien atau pengguna yang menggunakan perangkat lunak klien.

Klien adalah bagian dari model klien-server , yang masih digunakan sampai sekarang. Klien dan server dapat berupa program komputer yang dijalankan pada mesin yang sama dan terhubung melalui teknik komunikasi antar proses . Dikombinasikan dengan soket Internet , program dapat terhubung ke layanan yang beroperasi pada sistem yang mungkin jauh melalui rangkaian protokol Internet . Server menunggu klien potensial untuk memulai koneksi yang mungkin mereka terima.


Kabel Jaringan


Perangkat keras jaringan Kabel yang paling umum digunakan disebut sebagai kabel Kategori 5 RJ-45.:

Hampir setiap komputer memiliki port serial. Jika Anda harus menghubungkan banyak komputer untuk membuat sebuah jaringan, solusinya adalah dengan menggunakan objek pusat yang dapat disambungkan komputer dan sumber daya lainnya, dan kemudian objek ini bertanggung jawab untuk "mendistribusikan" atau mengelola lalu lintas jaringan

Jenis distributor jaringan yang paling sering digunakan adalah hub, router, dan switch.


Hub


Hub adalah perangkat keras jaringan komputer antarmuka yang menghubungkan perangkat fisik (perangkat keras) seperti printer, perangkat I / O, desktop, perangkat penyimpanan , dan semua server di pusat data. Itu sesuai dengan persyaratan atau rencana untuk memilih konfigurasi hub. Hub memainkan peran utama dalam topologi bintang.

Jenis Hub

Ada tiga jenis yang digunakan menurut penggunaannya. Yaitu pasif, aktif, dan intelligent (cerdas). Dalam beberapa hari terakhir, modifikasi dilakukan ke hub yang memberikan kinerja tinggi.

1. Pasif Hub

Pasif hub sederhana yang menerima paket pada port dan kemudian disebarkan ke semua port.

Pasif hub memiliki port 10base-2 dan konektor RJ-45 yang terhubung ke setiap perangkat jaringan area lokal. Connecter ini diterapkan sebagai standar di jaringan Anda. Port AUI ditempatkan di hub pasif lanjutan yang terhubung sebagai transceiver sesuai desain jaringan.


2. Hub Aktif

Hub aktif memiliki beberapa fitur tambahan selain hub pasif. Bisa memonitor data yang dikirim ke perangkat yang terhubung. Ini memiliki peran unik dalam komunikasi jaringan ini dengan menggunakan teknologi Store di mana ia memeriksa data sebelum mengirim dan memprioritaskan paket mana yang akan dikirim terlebih dahulu.

Memiliki opsi untuk memperbaiki paket-paket yang rusak dan menahan arah dan distribusi sisa paket. Jika sinyal satu minggu diterima di port tetapi masih dapat dibaca maka hub yang aktif menguatkannya ke sinyal yang lebih kuat sebelum dikirim kembali ke port lain.

Jika ada perangkat penghubung yang tidak berfungsi dalam jaringan itu dapat meningkatkan sinyal yang dilihat oleh perangkat lain dengan hub pasif. Oleh karena itu membantu kelanjutan layanan di jaringan area lokal.

Tetapi beberapa dari hub aktif akan menjelaskan kerusakan perangkat apa pun dan kemampuan diagnostik terkait di jaringan area lokal. Hub aktif dapat melakukan sinkronisasi ulang paket dan mengirimkannya kembali.


3. Intelligent Hub

Intelligent Hub memberikan banyak keuntungan daripada hub pasif dan aktif. Manajemen yang ingin memperluas bisnis mereka dalam jaringan dapat menetapkan pengguna untuk berbagi kumpulan bersama secara efisien dan bekerja lebih cepat menggunakan hub cerdas. Teknik di belakang mereka dieksplorasi baru-baru ini dan sekarang banyak diminati di pasar.

Terbukti memberikan kinerja yang tak tertandingi untuk jaringan area lokal Anda. Jika ada masalah terdeteksi dengan perangkat fisik apa pun itu mudah dideteksi, didiagnosis, dan solusi untuk masalah tersebut menggunakan data manajemen yang dapat diperbaiki oleh hub.

Intelligent Hub adalah peningkatan standar atas hub aktif. Mendeteksi alat manajemen terpusat yang membantu mengeksplorasi jaringan yang kehabisan perangkat untuk menemukan perangkat yang berfungsi rendah.

Fitur lain adalah fleksibilitas yang memiliki tingkat transmisi tinggi ke berbagai perangkat. Mereka memiliki persyaratan standar dengan tingkat transmisi 10, 16, dalam kecepatan 100Mbps ke desktop


Bridge


Bridge adalah perangkat keras jaringan komputer yang menghubungkan dua segmen jaringan bersama dan merupakan repeater selektif. Perangkat keras jaringan Bridge memeriksa alamat MAC dari lalu lintas yang dilihatnya dan mempelajari segmen jaringan mana yang berisi berbagai alamat MAC.

Bridge menggunakan informasi ini untuk memutuskan apakah akan mengulangi lalu lintas di segmen jaringan atau tidak.

Bridge bekerja di level 2 (Level tautan data) dan akan mengirimkan broadcasts.


Switch


Switch menghubungkan dua atau lebih komputer bersama-sama dan digunakan sebagai preferensi untuk hub atau bridge.

Seperti bridge, Perangkat keras jaringan komputer Switch mempelajari tentang alamat MAC yang terhubung ke setiap port dan hanya akan mengirim data pada port itu yang ditujukan ke alamat MAC tersebut.

Menggunakan switch biasanya mempercepat jaringan tetapi tergantung pada konfigurasi jaringan. 

Sebuah switch unmanaged dasar memerlukan konfigurasi nol. Anda cukup memasukkannya ke jaringan.

Sebuah switch managed dasar memberi Anda kontrol penuh dari switch. Namun Anda dapat mengontrol switch, mengonfigurasikan Port, dll. Jenis ini biasanya tidak digunakan pada jaringan rumah karena kerumitannya dan hanya ada sedikit kebutuhan.

Sebuah smart switch adalah suatu tempat di antara dikelola dan unmanaged dan ditemukan pada jaringan rumah membutuhkan VLAN.


POE


Power over Ethernet (POE) adalah teknologi yang memungkinkan kabel jaringan membawa daya listrik.

Misalnya, kamera keamanan digital biasanya membutuhkan dua koneksi yang harus dibuat ketika diinstal:

  • Sebuah koneksi jaringan , agar dapat berkomunikasi dengan merekam video dan peralatan display
  • Koneksi daya, untuk menghasilkan daya listrik yang dibutuhkan kamera untuk beroperasi

Namun, jika kamera ini mendukung POE, hanya koneksi jaringan yang perlu dibuat, karena ia akan menerima daya listriknya dari kabel ini juga.

Power over Ethernet mengurangi jumlah kabel yang dibutuhkan untuk menghubungkan kamera IP POE


Kelebihan POE

Menentukan Daya atas Ethernet membawa banyak keuntungan untuk pemasangan:

  • Penghematan waktu dan biaya - dengan mengurangi waktu dan biaya pemasangan kabel listrik. Kabel jaringan tidak memerlukan tukang listrik yang memenuhi syarat untuk memasangnya, dan dapat ditemukan di mana saja.
  • Fleksibilitas - tanpa ditambatkan ke stopkontak listrik, perangkat seperti kamera IP dan titik akses nirkabel dapat ditemukan di mana pun mereka paling dibutuhkan, dan diposisikan ulang dengan mudah jika diperlukan.
  • Keselamatan - Pengiriman POE cerdas, dan dirancang untuk melindungi peralatan jaringan dari kelebihan beban, kekurangan tenaga, atau pemasangan yang salah.
  • Keandalan- Daya POE berasal dari sumber pusat dan kompatibel secara universal, daripada kumpulan adaptor dinding yang didistribusikan. Itu dapat didukung oleh catu daya yang tidak pernah terputus, atau dikendalikan untuk dengan mudah menonaktifkan atau mengatur ulang perangkat.
  • Skalabilitas - memiliki daya yang tersedia di jaringan berarti pemasangan dan distribusi koneksi jaringan sederhana dan efektif.


Perangkat yang menggunakan Power over Ethernet

POE memiliki banyak aplikasi, tetapi tiga bidang utama adalah:

  • Telepon VoIP - aplikasi POE asli. Menggunakan POE berarti ponsel memiliki koneksi tunggal ke stopkontak, dan dapat dimatikan dari jarak jauh, seperti halnya dengan sistem analog yang lebih lama.
  • Kamera IP - POE sekarang ada di mana-mana pada kamera pengintai jaringan, di mana memungkinkan penyebaran cepat dan reposisi mudah.
  • Nirkabel - Wifi dan Bluetooth AP dan pembaca RFID umumnya kompatibel dengan PoE, untuk memungkinkan lokasi yang jauh dari outlet AC, dan relokasi mengikuti survei situs.


Wireless Access Point


Perangkat keras jaringan komputer wireless access point menghubungkan perangkat nirkabel ke jaringan Ethernet, dan satu sama lain. Secara efektif melakukan pekerjaan yang sama sebagai hub / switch tetapi untuk perangkat nirkabel.

Banyak Access points dapat diaktifkan menggunakan POE (Power over Ethernet) yang berarti bahwa mereka dapat ditempatkan di posisi di mana tidak ada koneksi listrik yang membuatnya sangat fleksibel.


Injector PoE


Perangkat keras jaringan ini digunakan untuk menghubungkan perangkat akhir PoE ke perangkat non PoE seperti legacy switch.  Legacy switch tidak dapat menyediakan daya sehingga injektor melakukannya.

PoE Splitter - Membagi data dari daya dan digunakan untuk menghubungkan perangkat non PoE ke sumber PoE.


Daya yang diekstraksi oleh splitter sering digunakan untuk memberi daya pada perangkat menggunakan input daya terpisah, yang ditunjukkan adalah DSLRKIT Active PoE Splitter yang digunakan untuk memberi daya pada Raspberry Pi.


Router


Router menghubungkan jaringan bersama. Router beroperasi pada level jaringan stack protokol TCP / IP.

Pada jaringan Rumah, Perangkat keras jaringan  router untuk menghubungkan jaringan rumah ke Internet dan menyediakan beberapa layanan jaringan penting seperti:

  • DHCP
  • DNS

Sebagian besar router rumah menyediakan koneksi Wi-Fi dan Ethernet.

Router rumah juga menyediakan layanan NAT (Network Address Translation).

Umumnya dikenal sebagai hub tetapi ini tidak benar-benar menggambarkan peran jaringan mereka.

Ada juga ulasasn lengkap : Fungsi Router


Jenis Koneksi Internet Router

Ada empat jenis koneksi Internet utama yang digunakan

  • ADSL - lama
  • VDSL - Digunakan dengan Fibre to cabinet connections (FTTC)
  • Fiber - Digunakan dengan FTTP
  • Kabel - Jaringan kabel


Wi-Fi Range Extender/ Repeater


Perangkat keras jaringan ini ditempatkan dalam jangkauan jaringan nirkabel yang ada, dan akan mengambil sinyal dari jaringan dan menyebarkan sinyal ualng, sehingga meningkatkan jangkauan jaringan.

Repeater adalah perangkat jaringan yang beroperasi pada lapisan fisik model OSI yang memperkuat atau membuat ulang sinyal yang masuk sebelum mengirimkannya kembali. Mereka tergabung dalam jaringan untuk memperluas area jangkauannya. Mereka juga dikenal sebagai penguat sinyal.

Ketika sinyal listrik ditransmisikan melalui saluran, itu akan dilemahkan tergantung pada sifat saluran atau teknologi. Ini menimbulkan batasan pada panjang LAN atau area jangkauan jaringan seluler. Masalah ini diatasi dengan menginstal repeater pada interval tertentu.

Pengulang menguatkan sinyal yang dilemahkan dan kemudian mengirimkannya kembali. Repeater digital bahkan dapat merekonstruksi sinyal yang terdistorsi oleh hilangnya transmisi. Jadi, repeater populer digabungkan untuk menghubungkan antara dua LAN sehingga membentuk LAN tunggal yang besar.


Mi-Fi -BroadBand Wi-FI Hub


Sebuah Perangkat keras jaringan Mi-Fi Hub adalah perangkat yang relatif baru, dan dapat digunakan untuk menghubungkan beberapa perangkat ke Internet melalui jaringan seluler (3g dan 4G).

Perangkat Anda terhubung ke hub menggunakan Wi-Fi dan Hub terhubung ke jaringan seluler menggunakan 3G / 4G.Mi-Fi-tablet

Namun akan diperlukan Sim dan paket data seluler.


Adaptor Homeplug


Perangkat keras jaringan ini adalah Ethernet cards yang dihubungkan langsung ke soket listrik, dan menggunakan kabel listrik untuk membawa sinyal Ethernet sebagai pengganti kabel UTP .

Adaptor Homeplug terdiri dari 1 pasang dan Anda membutuhkan minimal 2 adapter.

Adaptor Homeplug menyambungkan ke listrik dan memiliki soket Ethernet yang dapat Anda gunakan untuk menghubungkan ke komputer, switch, router dll.

Anda juga bisa mendapatkan yang berfungsi sebagai titik Akses Nirkabel yang digunakan untuk memperluas jaringan untuk mengatasi batasan jangkauan Wi-Fi.

Terlihat seperti adaptor homeplug biasa tetapi memiliki jalur akses nirkabel.


Wired Network Cards (Kartu Jaringan Berkabel) : Internal


Untuk terhubung ke jaringan, komputer harus dilengkapi dengan perangkat yang disebut kartu jaringan. Kartu jaringan, atau adaptor jaringan, juga disebut kartu antarmuka jaringan, atau NIC, memungkinkan komputer terhubung ke eksterior. Jika Anda membeli komputer dari salah satu toko populer atau perusahaan besar di Internet, sebagian besar komputer mereka memiliki kartu jaringan.

Ada dua kategori kartu jaringan: internal dan eksternal. Kartu jaringan internal terlihat seperti papan sirkuit.

Ada dua jenis kartu dan Anda harus tahu mana yang cocok (atau mana yang ingin Anda gunakan) untuk komputer Anda. Satu jenis NIC menggunakan koneksi PCI (peripheral component interconnect). Tipe lain menggunakan arsitektur standar industri (ISA).

Ada dua cara utama Anda mengganti kartu jaringan internal. Dalam kebanyakan kasus, Anda akan mengeluarkan kartu yang sudah dimiliki komputer Anda dan memasang yang baru. Dalam beberapa kasus lain, Anda hanya akan menambahkan kartu baru tetapi Anda tidak dapat mengganti yang sudah ada karena merupakan bagian dari motherboard. Area tempat Anda menambahkan kartu jaringan disebut slot.


Wireless Network Cards (Kartu Jaringan Nirkabel) : Internal


Sebagian besar laptop sudah memiliki kartu nirkabel built-in sehingga Anda mungkin tidak harus mendapatkannya. Banyak komputer desktop baru sekarang memiliki kemampuan nirkabel built-in.

Secara keseluruhan, pemasangan fisik kartu jaringan nirkabel mengikuti aturan yang sama dengan NIC kabel.

Sebagian besar komputer desktop (workstation) tanpa kartu jaringan nirkabel.

Selain kartu jaringan nirkabel yang dapat dipasang di dalam komputer, Anda dapat menggunakan kartu eksternal. Ini diinstal menggunakan port USB. Berikut adalah contoh adaptor USB:


Adaptor ini, seperti kebanyakan objek USB, mudah dihubungkan dan digunakan.

Tidak seperti komputer desktop, sebagian besar laptop saat ini dilengkapi dengan kartu jaringan nirkabel (sebagian besar laptop saat ini sudah ada adaptor kabel dan nirkabel).


Aksesori Jaringan

Printer

Jika Anda memasang printer ke satu komputer dan membuatnya dapat diakses banyak komputer atau gadget, saat komputer itu mati, tidak ada yang dapat mengaksesnya lagi. Alternatifnya adalah membeli printer jaringan. Artinya, printer yang akan langsung terhubung ke jaringan dan semua perangkat dapat langsung mengaksesnya. Ada dua jenis printer dalam hal ini:

  • Beberapa printer dilengkapi dengan kartu jaringan. Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan kabel RJ-45 untuk menghubungkannya ke router atau hub
  • Sebagian besar printer saat ini memiliki port USB yang dapat digunakan untuk menghubungkannya ke router
  • Banyak printer dilengkapi dengan kemampuan nirkabel. Ini berarti bahwa komputer dapat terhubung ke printer tanpa menggunakan kabel dan langsung dapat mengakses printer tersebut

Jika Anda menggunakan jaringan nirkabel dan printer Anda tidak memiliki kapabilitas nirkabel, Anda dapat membeli server cetak nirkabel. Ini memungkinkan Anda untuk menghubungkan hampir semua jenis printer, dengan atau tanpa kartu jaringan, ke jaringan.


Penyedia Layanan Internet (ISP)

Penyedia Layanan Internet (ISP) adalah perusahaan yang berfungsi sebagai perantara antara jaringan Anda (atau Anda) dan Internet. Jika Anda berencana untuk memberikan akses ke Internet kepada anggota jaringan Anda, Anda mungkin memerlukan jenis perusahaan ini. Anda dapat mulai dengan memeriksa dengan perusahaan telepon lokal atau perusahaan TV kabel Anda.


Firewall

Firewall adalah keamanan yang berguna untuk melindungi jaringan. Ini penting jika Anda berencana untuk menghubungkan jaringan Anda ke Internet. Ada dua jenis firewall: perangkat keras dan perangkat lunak.

Selengkapnya tentang Pengertian firewall dan fungsinya


Sekian dulu artikel dari siipung.com tentang perangkat keras jaringan komputer, semoga bermanfaat dan jangan lupa bagikan artikel ini.



You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar