Skip to main content
Si Ipung

follow us

Stay home but let your heart should be in a spirit of prayer.

Sistem Operasi adalah software penting dalam perangkatmu

Sistem Operasi adalah perangkat lunak penting yang harus ada dalam komputer atau gadgetmu, bahkan tanpa sistem operasi bisa bisa tidak berguna lagi komputer serta gadgetmu, yuk pelajari selengkapnya tentang sistem operasi hanya di siipung.com

Pengertian Sistem Operasi

Sistem operasi adalah perangkat lunak yang berkomunikasi dengan perangkat keras dan memungkinkan program lain untuk berjalan. Ini terdiri dari perangkat lunak sistem, atau file fundamental yang dibutuhkan komputer Anda untuk boot dan berfungsi. Setiap komputer desktop, tablet, dan ponsel cerdas menyertakan sistem operasi yang menyediakan fungsionalitas dasar untuk perangkat tersebut.

Sistem operasi desktop umum termasuk Windows, sistem operasi X, dan Linux . Meskipun setiap sistem operasi berbeda, sebagian besar menyediakan antarmuka pengguna grafis, atau GUI, yang mencakup desktop dan kemampuan untuk mengelola file dan folder. Mereka juga memungkinkan Anda untuk menginstal dan menjalankan program yang ditulis untuk sistem operasi. Windows dan Linux dapat diinstal pada perangkat keras PC standar , sedangkan sistem operasi X dirancang untuk berjalan pada sistem Apple. Oleh karena itu, perangkat keras yang Anda pilih memengaruhi sistem operasi apa yang dapat Anda jalankan.

Perangkat seluler, seperti tablet dan smartphone juga termasuk sistem operasi yang menyediakan GUI dan dapat menjalankan aplikasi . sistem operasi seluler umum termasuk Android, isistem operasi, dan Windows Phone. sistem operasi ini dikembangkan secara khusus untuk perangkat portabel dan oleh karena itu dirancang dengan input layar sentuh . Meskipun sistem operasi seluler awal tidak memiliki banyak fitur yang ditemukan di sistem operasi desktop, sekarang sistem tersebut menyertakan kemampuan tingkat lanjut, seperti kemampuan untuk menjalankan aplikasi pihak ketiga dan menjalankan beberapa aplikasi sekaligus.

Karena sistem operasi berfungsi sebagai antarmuka pengguna dasar komputer , ini secara signifikan memengaruhi cara Anda berinteraksi dengan perangkat. Oleh karena itu, banyak pengguna lebih suka menggunakan sistem operasi tertentu. Misalnya, satu pengguna mungkin lebih suka menggunakan komputer dengan sistem operasi X daripada PC berbasis Windows. Pengguna lain mungkin lebih memilih smartphone berbasis Android daripada iPhone , yang menjalankan isistem operasi.

Ketika pengembang perangkat lunak membuat aplikasi, mereka harus menulis dan menyusunnya untuk sistem operasi tertentu. Ini karena setiap sistem operasi berkomunikasi dengan perangkat keras secara berbeda dan memiliki antarmuka program aplikasi tertentu, atau API , yang harus digunakan oleh pemrogram. Meskipun banyak program populer bersifat lintas platform , artinya program tersebut telah dikembangkan untuk beberapa sistem operasi, beberapa hanya tersedia untuk satu sistem operasi. Oleh karena itu, saat memilih komputer, pastikan sistem operasi mendukung program yang ingin Anda jalankan.

Baca juga : Pengertian BIOS


Sejarah Sistem Operasi

Komputer awal dibangun untuk melakukan serangkaian tugas tunggal, seperti kalkulator. Fitur sistem operasi dasar dikembangkan pada tahun 1950-an, seperti fungsi monitor tetap yang dapat secara otomatis menjalankan berbagai program secara berurutan untuk mempercepat pemrosesan. Sistem operasi tidak ada dalam bentuk modern dan lebih kompleks sampai awal 1960-an. Fitur perangkat keras telah ditambahkan, yang memungkinkan penggunaan perpustakaan runtime , interupsi , dan pemrosesan paralel . Ketika komputer pribadi menjadi populer pada 1980-an, sistem operasi dibuat untuk mereka serupa dalam konsep dengan yang digunakan pada komputer yang lebih besar.

Pada 1940-an, sistem digital elektronik paling awal tidak memiliki sistem operasi. Sistem elektronik saat ini diprogram pada deretan sakelar mekanis atau dengan kabel jumper pada plugboard . Ini adalah sistem tujuan khusus yang, misalnya, menghasilkan tabel balistik untuk militer atau mengontrol pencetakan cek gaji dari data pada kartu kertas berlubang. Setelah komputer tujuan umum yang dapat diprogram ditemukan, bahasa mesin (terdiri dari string digit biner 0 dan 1 pada pita kertas berlubang) diperkenalkan yang mempercepat proses pemrograman (Stern, 1981). 

Pada awal 1950-an, komputer hanya dapat menjalankan satu program dalam satu waktu. Setiap pengguna memiliki penggunaan komputer sendiri untuk jangka waktu terbatas dan akan tiba pada waktu yang dijadwalkan dengan program dan data mereka pada kartu kertas berlubang atau selotip berlubang . Program akan dimuat ke dalam mesin, dan mesin akan mulai bekerja sampai program selesai atau macet . Program umumnya dapat di-debug melalui panel depan menggunakan sakelar sakelar dan lampu panel. Dikatakan bahwa Alan Turing adalah ahli ini pada mesin Manchester Mark 1 awal , dan dia sudah mendapatkan konsepsi primitif dari sebuah sistem operasi dari prinsip-prinsip mesin Turing universal . 

Kemudian mesin datang dengan pustaka program, yang akan ditautkan ke program pengguna untuk membantu dalam operasi seperti input dan output dan kompilasi (menghasilkan kode mesin dari kode simbolik yang dapat dibaca manusia ). Ini adalah asal mula sistem operasi modern. Namun, mesin masih menjalankan satu pekerjaan pada satu waktu. Di Universitas Cambridge di Inggris, antrean pekerjaan pada satu waktu adalah garis pencuci (tali jemuran) tempat kaset digantung dengan penjepit pakaian berwarna berbeda untuk menunjukkan prioritas pekerjaan. 

Peningkatan adalah Atlas Supervisor . Diperkenalkan dengan Atlas Manchester pada tahun 1962, ini dianggap oleh banyak orang sebagai sistem operasi modern pertama yang dapat dikenali.  Brinch Hansen menggambarkannya sebagai "terobosan paling signifikan dalam sejarah sistem operasi." 


Jenis sistem operasi

Single-tasking and multi-tasking

Sistem tugas tunggal hanya dapat menjalankan satu program dalam satu waktu, sementara sistem operasi multi-tugas memungkinkan lebih dari satu program berjalan secara bersamaan . Ini dicapai dengan berbagi waktu , di mana waktu prosesor yang tersedia dibagi di antara beberapa proses. Proses ini masing-masing terganggu berulang kali dalam irisan waktu oleh subsistem penjadwalan tugas dari sistem operasi. Multi-tasking dapat dicirikan dalam tipe preemptive dan co-operative.

Dalam multitasking preemptive , sistem operasi memotong waktu CPU dan mendedikasikan sebuah slot untuk setiap program. Sistem operasi mirip Unix , seperti Solaris danLinux dan juga yang tidak mirip Unix, seperti Amigasistem operasi mendukung multitasking preemptive. Multitasking kooperatif dicapai dengan mengandalkan setiap proses untuk menyediakan waktu bagi proses lain dengan cara yang ditentukan. Versi 16-bit dari Microsoft Windows menggunakan multi-tasking kooperatif; Versi 32-bit dari Windows NT dan Win9x menggunakan multi-tasking preemptive.


Single- and multi-user

Sistem operasi pengguna tunggal tidak memiliki fasilitas untuk membedakan pengguna, tetapi dapat memungkinkan beberapa program berjalan secara bersamaan. Sistem operasi multi-pengguna memperluas konsep dasar multi-tasking dengan fasilitas yang mengidentifikasi proses dan sumber daya, seperti ruang disk, milik banyak pengguna, dan sistem mengizinkan banyak pengguna untuk berinteraksi dengan sistem pada saat yang sama . Sistem operasi berbagi waktu menjadwalkan tugas untuk penggunaan sistem yang efisien dan mungkin juga termasuk perangkat lunak akuntansi untuk alokasi biaya waktu prosesor, penyimpanan massal, pencetakan, dan sumber daya lainnya ke banyak pengguna.


Distributed

Sistem operasi terdistribusi mengelola sekelompok komputer jaringan yang berbeda dan membuatnya tampak seperti satu komputer, karena semua komputasi didistribusikan (dibagi di antara komputer penyusun).


Templated

Dalam konteks komputasi awan dan terdistribusi dari sebuah sistem operasi, pembuatan template mengacu pada pembuatan gambar mesin virtual tunggal sebagai sistem operasi tamu, lalu menyimpannya sebagai alat untuk beberapa mesin virtual yang sedang berjalan . Teknik ini digunakan baik dalam virtualisasi dan manajemen komputasi awan, dan umum di gudang server besar.


Embedded

Sistem operasi tertanam dirancang untuk digunakan dalam sistem komputer tertanam . Mereka dirancang untuk beroperasi pada mesin kecil dengan otonomi yang lebih rendah (misalnya PDA). Mereka sangat kompak dan sangat efisien berdasarkan desain, dan mampu beroperasi dengan sumber daya yang terbatas. Windows CE dan Minix 3 adalah beberapa contoh sistem operasi tertanam.


Real-time

Real team sistem operasi adalah sistem operasi yang menjamin untuk memproses peristiwa atau data pada saat tertentu dalam waktu. Sistem operasi waktu nyata mungkin tunggal atau multi-tasking, tetapi ketika multitasking, ia menggunakan algoritma penjadwalan khusus sehingga sifat deterministik dari perilaku tercapai. Sistem yang digerakkan oleh peristiwa tersebut beralih di antara tugas-tugas berdasarkan prioritasnya atau peristiwa eksternal, sedangkan sistem operasi berbagi waktu mengalihkan tugas berdasarkan interupsi jam .


Library

Library sistem operasi adalah sistem di mana layanan yang disediakan oleh sistem operasi tipikal, seperti jaringan, disediakan dalam bentuk perpustakaan dan disusun dengan aplikasi dan kode konfigurasi untuk membangun sebuah unikernel : ruang alamat tunggal yang terspesialisasi, gambar mesin yang dapat diterapkan ke cloud atau lingkungan yang disematkan.



Properti Sistem Operasi

Pemrosesan batch

Pemrosesan batch pada sistem operasi adalah teknik di mana Sistem Operasi mengumpulkan program dan data bersama-sama dalam satu batch sebelum pemrosesan dimulai. Sistem operasi melakukan aktivitas berikut terkait dengan pemrosesan batch 

  • sistem operasi mendefinisikan pekerjaan yang memiliki urutan perintah, program, dan data yang telah ditentukan sebelumnya sebagai satu unit.
  • sistem operasi menyimpan sejumlah pekerjaan di memori dan menjalankannya tanpa informasi manual.
  • Pekerjaan diproses dalam urutan pengajuan, yaitu fashion yang datang lebih dulu.
  • Saat sebuah pekerjaan selesai dieksekusi, memorinya dilepaskan dan keluaran untuk pekerjaan tersebut disalin ke dalam spool keluaran untuk dicetak atau diproses nanti.


Multitasking

Multitasking pada sistem operasi adalah ketika beberapa pekerjaan dieksekusi oleh CPU secara bersamaan dengan beralih di antaranya. Peralihan terjadi begitu sering sehingga pengguna dapat berinteraksi dengan setiap program saat sedang berjalan. sistem operasi melakukan aktivitas berikut yang terkait dengan multitasking 

  • Pengguna memberikan instruksi ke sistem operasi atau program secara langsung, dan menerima tanggapan segera.
  • sistem operasi menangani multitasking sedemikian rupa sehingga dapat menangani banyak operasi / menjalankan banyak program sekaligus.
  • Sistem Operasi Multitasking juga dikenal sebagai sistem berbagi waktu.
  • Sistem Operasi ini dikembangkan untuk menyediakan penggunaan sistem komputer secara interaktif dengan biaya yang wajar.
  • Sistem operasi time-share menggunakan konsep penjadwalan CPU dan multiprogramming untuk menyediakan setiap pengguna sebagian kecil dari CPU time-share.
  • Setiap pengguna memiliki setidaknya satu program terpisah di memori.
  • Program yang dimuat ke dalam memori dan sedang dijalankan biasanya disebut sebagai proses .
  • Saat sebuah proses dijalankan, biasanya proses tersebut dijalankan hanya dalam waktu yang sangat singkat sebelum selesai atau perlu melakukan I / O.
  • Karena I / O interaktif biasanya berjalan pada kecepatan yang lebih lambat, mungkin perlu waktu lama untuk menyelesaikannya. Selama waktu ini, CPU dapat digunakan oleh proses lain.
  • Sistem operasi memungkinkan pengguna untuk berbagi komputer secara bersamaan. Karena setiap tindakan atau perintah dalam sistem waktu bersama cenderung singkat, hanya sedikit waktu CPU yang dibutuhkan untuk setiap pengguna.
  • Karena sistem mengalihkan CPU dengan cepat dari satu pengguna / program ke program berikutnya, setiap pengguna diberi kesan bahwa dia memiliki CPU-nya sendiri, sedangkan sebenarnya satu CPU sedang digunakan bersama di antara banyak pengguna.


Multiprogramming

Berbagi prosesor, ketika dua atau lebih program berada di memori pada saat yang sama, disebut multiprogramming . Multiprogramming mengasumsikan satu prosesor bersama. Multiprogramming meningkatkan pemakaian CPU dengan mengatur pekerjaan sehingga CPU selalu memiliki tugas untuk dieksekusi.

sistem operasi melakukan aktivitas berikut yang berkaitan dengan multiprogramming.

  • Sistem operasi menyimpan beberapa pekerjaan di memori dalam satu waktu.
  • Kumpulan task ini adalah bagian dari pekerjaan yang disimpan di kumpulan pekerjaan.
  • Sistem operasi mengambil dan mulai menjalankan salah satu tugas di memori.
  • Sistem operasi multiprogramming memantau status semua program aktif dan sumber daya sistem menggunakan program manajemen memori untuk memastikan bahwa CPU tidak pernah menganggur, kecuali jika tidak ada tugas untuk diproses.


Interaktivitas

Interaktivitas mengacu pada kemampuan pengguna untuk berinteraksi dengan sistem komputer. Sistem Operasi melakukan aktivitas berikut terkait dengan interaktivitas -

  • Memberikan pengguna antarmuka untuk berinteraksi dengan sistem.
  • Mengelola perangkat masukan untuk mengambil masukan dari pengguna. Misalnya keyboard.
  • Mengelola perangkat keluaran untuk menunjukkan keluaran kepada pengguna. Misalnya, Monitor.

Waktu respons sistem operasi harus singkat, karena pengguna mengirimkan dan menunggu hasilnya.


Sistem Real Time

Sistem waktu nyata biasanya merupakan sistem khusus yang tertanam. Sistem operasi melakukan aktivitas berikut yang terkait dengan aktivitas sistem waktu nyata.

  • Dalam sistem seperti itu, Sistem Operasi biasanya membaca dari dan bereaksi terhadap data sensor.
  • Sistem Operasi harus menjamin respons terhadap peristiwa dalam periode waktu tertentu untuk memastikan kinerja yang benar.


Distributed Environment

Lingkungan terdistribusi mengacu pada beberapa CPU atau prosesor independen dalam sistem komputer. Sistem operasi melakukan aktivitas berikut terkait dengan lingkungan terdistribusi -

  • sistem operasi mendistribusikan logika komputasi di antara beberapa prosesor fisik.
  • Prosesor tidak berbagi memori atau jam. Sebaliknya, setiap prosesor memiliki memori lokalnya sendiri.
  • sistem operasi mengelola komunikasi antar prosesor. Mereka berkomunikasi satu sama lain melalui berbagai jalur komunikasi.


Spooling

Spooling pada sistem operasi adalah singkatan dari operasi periferal secara simultan secara online. Spooling mengacu pada penempatan data berbagai pekerjaan I / O dalam buffer. Buffer ini adalah area khusus dalam memori atau hard disk yang dapat diakses oleh perangkat I / O.

Sistem operasi melakukan aktivitas berikut terkait dengan lingkungan terdistribusi -

  • Menangani spooling data perangkat I / O karena perangkat memiliki kecepatan akses data yang berbeda.
  • Mempertahankan buffer spooling yang menyediakan stasiun tunggu tempat data dapat beristirahat sementara perangkat yang lebih lambat mengejar.
  • Mempertahankan komputasi paralel karena proses spooling karena komputer dapat melakukan I / O secara paralel. Ini menjadi mungkin untuk membuat komputer membaca data dari tape, menulis data ke disk dan menulis ke tape printer ketika sedang melakukan tugas komputasi.


Fungsi Sistem Operasi

Keamanan

Sistem operasi menggunakan perlindungan kata sandi untuk melindungi data pengguna dan teknik serupa lainnya. itu juga mencegah akses tidak sah ke program dan data pengguna. 

 

Kontrol atas kinerja sistem

Memantau kesehatan sistem secara keseluruhan untuk membantu meningkatkan kinerja. mencatat waktu respons antara permintaan layanan dan respons sistem untuk mendapatkan gambaran lengkap tentang kesehatan sistem. Ini dapat membantu meningkatkan kinerja dengan memberikan informasi penting yang diperlukan untuk memecahkan masalah. 

 

Akuntansi pekerjaan

Sistem operasi Melacak waktu dan sumber daya yang digunakan oleh berbagai tugas dan pengguna, informasi ini dapat digunakan untuk melacak penggunaan sumber daya untuk pengguna atau kelompok pengguna tertentu. 

 

Alat bantu pendeteksi kesalahan

Sistem operasi secara konstan memonitor sistem untuk mendeteksi kesalahan dan menghindari kerusakan sistem komputer. 

 

Koordinasi antara perangkat lunak dan pengguna lain

Sistem operasi juga mengoordinasikan dan menetapkan juru bahasa, penyusun, perakit, dan perangkat lunak lain ke berbagai pengguna sistem komputer. 

 

Manajemen Memori

Sistem operasi mengelola Memori Utama atau Memori Utama. Memori utama terdiri dari sejumlah besar byte atau kata di mana setiap byte atau kata diberi alamat tertentu. Memori utama adalah penyimpanan yang cepat dan dapat diakses langsung oleh CPU. Untuk program yang akan dieksekusi, itu harus dimuat terlebih dahulu di memori utama. Sistem Operasi melakukan aktivitas berikut untuk manajemen memori: 

Itu menyimpan jejak memori utama, yaitu, byte memori mana yang digunakan oleh program pengguna mana. Alamat memori yang telah dialokasikan dan alamat memori dari memori yang belum digunakan. Dalam multi pemrograman, sistem operasi memutuskan urutan proses mana yang diberikan akses ke memori, dan untuk berapa lama. Ini Mengalokasikan memori ke proses ketika proses memintanya dan membatalkan alokasi memori ketika proses telah dihentikan atau melakukan operasi I / O. 


Manajemen Prosesor

Dalam lingkungan multi pemrograman, sistem operasi memutuskan urutan proses mana yang memiliki akses ke prosesor, dan berapa banyak waktu pemrosesan yang dimiliki setiap proses. Fungsi sistem operasi ini disebut penjadwalan proses. Sistem Operasi melakukan aktivitas berikut untuk manajemen prosesor. 

Melacak status proses. Program yang melakukan tugas ini dikenal sebagai pengontrol lalu lintas. Mengalokasikan CPU yang merupakan prosesor ke suatu proses. De-alokasi prosesor saat proses tidak lagi diperlukan. 


Manajemen Perangkat

sistem operasi mengelola komunikasi perangkat melalui drivernya masing-masing. Itu melakukan aktivitas berikut untuk manajemen perangkat. Melacak semua perangkat yang terhubung ke sistem. menunjuk program yang bertanggung jawab untuk setiap perangkat yang dikenal sebagai pengontrol Input / Output. Memutuskan proses mana yang mendapatkan akses ke perangkat tertentu dan untuk berapa lama. Mengalokasikan perangkat dengan cara yang efektif dan efisien. Batalkan alokasi perangkat saat tidak lagi diperlukan. 


Manajemen File

Sistem file diatur ke dalam direktori untuk navigasi dan penggunaan yang efisien atau mudah. Direktori ini mungkin berisi direktori lain dan file lain. Sistem Operasi melakukan aktivitas manajemen file berikut. Itu melacak di mana informasi disimpan, pengaturan akses pengguna dan status setiap file dan banyak lagi ... Fasilitas ini secara kolektif dikenal sebagai sistem file. 

 

Selain itu, Sistem Operasi juga menyediakan layanan tertentu ke sistem komputer dalam satu bentuk atau lainnya. 

Sistem Operasi menyediakan layanan tertentu kepada pengguna yang dapat didaftar dengan cara berikut: 

  • Eksekusi Program : Sistem Operasi bertanggung jawab untuk mengeksekusi semua jenis program baik itu program pengguna atau program sistem. Sistem Operasi menggunakan berbagai sumber daya yang tersedia untuk menjalankan semua jenis fungsi secara efisien.
  • Menangani Operasi Input / Output : Sistem Operasi bertanggung jawab untuk menangani semua jenis input, yaitu dari keyboard, mouse, desktop, dll. Sistem Operasi melakukan semua antarmuka dengan cara yang paling tepat, menilai semua jenis Input dan Output. Misalnya terdapat perbedaan sifat pada semua jenis perangkat periferal seperti mouse atau keyboard, maka Sistem Operasi bertanggung jawab untuk menangani data di antara keduanya.
  • Manipulasi Sistem File : Sistem Operasi bertanggung jawab untuk membuat keputusan mengenai penyimpanan semua jenis data atau file, misalnya, floppy disk / hard disk / pen drive, dll. Sistem Operasi memutuskan bagaimana data harus dimanipulasi dan disimpan.
  • Deteksi dan Penanganan Kesalahan : Sistem Operasi bertanggung jawab untuk mendeteksi semua jenis kesalahan atau bug yang dapat terjadi saat melakukan tugas apa pun. sistem operasi yang diamankan dengan baik terkadang juga bertindak sebagai tindakan balasan untuk mencegah segala jenis pelanggaran ke Sistem Komputer dari sumber eksternal dan mungkin menanganinya.
  • Alokasi Sumber Daya: Sistem Operasi memastikan penggunaan yang tepat dari semua sumber daya yang tersedia dengan memutuskan sumber daya mana yang akan digunakan oleh siapa untuk berapa lama. Semua keputusan diambil oleh Sistem Operasi.
  • Akuntansi: Sistem Operasi melacak akun dari semua fungsi yang terjadi di sistem komputer pada suatu waktu. Semua detail seperti jenis kesalahan yang terjadi dicatat oleh Sistem Operasi.
  • Perlindungan Informasi dan Sumber Daya: Sistem Operasi bertanggung jawab untuk menggunakan semua informasi dan sumber daya yang tersedia di mesin dengan cara yang paling terlindungi. Sistem Operasi harus menggagalkan upaya dari sumber daya eksternal untuk menghambat segala jenis data atau informasi.



Contoh Sistem Operasi

Microsoft Windows

Microsoft menciptakan sistem operasi Windows pada pertengahan 1980-an. Ada banyak versi Windows yang berbeda, tetapi yang terbaru adalah Windows 10 (dirilis pada 2015), Windows 8 (2012), Windows 7 (2009), dan Windows Vista (2007). Windows telah dimuat sebelumnya di sebagian besar PC baru, yang membantu menjadikannya sistem operasi paling populer di dunia.


Mac sistem operasi

macsistem operasi (sebelumnya disebut sistem operasi X ) adalah jajaran sistem operasi yang dibuat oleh Apple. Itu sudah dimuat sebelumnya di semua komputer Macintosh, atau Mac. Beberapa versi spesifik termasuk Mojave (dirilis pada 2018), High Sierra (2017), dan  Sierra (2016).

Menurut StatCounter Global Stats , jumlah pengguna macsistem operasi kurang dari 10% dari sistem operasi global — jauh lebih rendah daripada persentase pengguna Windows (lebih dari 80% ). Salah satu alasannya adalah harga komputer Apple cenderung lebih mahal. Namun, banyak orang lebih menyukai tampilan dan nuansa macsistem operasi daripada Windows.


Linux

Linux sistem operasi adalah keluarga sistem operasi sumber terbuka , yang berarti dapat dimodifikasi dan didistribusikan oleh siapa saja di seluruh dunia. Ini berbeda dengan perangkat lunak berpemilik seperti Windows, yang hanya dapat dimodifikasi oleh perusahaan pemiliknya. Keunggulan Linux adalah gratis , dan terdapat banyak distribusi atau versinya yang dapat Anda pilih.

Menurut StatCounter Global Stats , pengguna Linux menyumbang kurang dari 2% dari sistem operasi global. Namun, sebagian besar server menjalankan Linux karena relatif mudah untuk disesuaikan.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang Qdistribusi Linux yang berbeda, kunjungi situs web Ubuntu , Linux Mint , dan Fedora , atau rujuk ke Sumber Daya Linux kami . Untuk daftar yang lebih lengkap, Anda dapat mengunjungi daftar Distribusi Linux Terbaik dari MakeUseOf .

Lebih lengkap  : Sistem operasi Linux


Sistem operasi untuk perangkat seluler

Sistem operasi yang telah kita bicarakan sejauh ini dirancang untuk berjalan di komputer desktop dan laptop . Perangkat seluler seperti ponsel , komputer tablet , dan pemutar MP3 berbeda dari komputer desktop dan laptop, sehingga menjalankan sistem operasi yang dirancang khusus untuk perangkat seluler. Contoh sistem operasi seluler termasuk Apple isistem operasi dan Google Android. Pada gambar di bawah, Anda dapat melihat isistem operasi berjalan di iPad.


Sistem operasi adalah salah satu komponen penting dalam perangkat komputer maupun gadget, semoga informasi diatas bermanfaat, jangan lupa bagikan artikel ini.


You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar