Skip to main content
Si Ipung

follow us

Segera berlangganan !! Akan hadir video dan tutorial menarik dari siipung.com dengan cara Subscribe ke youtube, klik Siipung Channel

×

Pengertian brosur adalah - contoh brosur dan tujuan brosur

Brosur adalah sebuah media promosi yang sangat efektif. Pernahkah anda mendapatkan brosur dari sales atau tim pemasaran ketika anda hendak melihat-lihat sesuatu produk?

Tentunya hampir semua orang pernah mendapatkannya, dan tak sedikit orang yang bingung dalam membedakan brosur dengan pamflet. Memang untuk membedakan kedua jenis media promosi ini sedikit sulit bagi orang yang awam, namun pada artikel ini kami akan menjelaskannya secara detail.
Sebelum masuk ke topik perbedaan antara brosur dan pamflet, ada baiknya bila mengetahui pengertian brosur.


Pengertian Brosur

Brosur adalah sebuah alat untuk mempromosikan sebuah barang kepada konsumen, produk yang ditawarkan tak serta merta hanya sebuah barang namun juga bisa berupa jasa dan sebagainya. Brosur umumnya terbuat dari kertas, dimana dalam kertas tersebut berisi akan informasi serta penawaran dari produk atau jasa yang diberikan.

Brosur juga bisa diartikan sebagai alat untuk publikasi secara resmi bagi sebuah perusahaan dalam bentuk cetakan, dimana di dalamnya mengandung informasi akan produk dan jasa yang ditawarkan. Jadi, tujuan utama brosur adalah sebagai media promosi, sehingga calon konsumen tertarik untuk membeli atau menggunakan jasa yang ditawarkan tersebut.

Brosur akan dibagikan secara gratis oleh pihak penjual kepada pembeli, tujuannya agar calon pembeli mengerti betul detail dan deskripsi produk yang hendak dibeli. Media promosi ini masuk ke sistem marketing public relations , sehingga proses penjualan menjadi lebih mudah dan tepat.

Menurut kamus besar bahasa Indonesia, brosur adalah bahan informasi yang tertulis dalam menjelaskan sesuatu masalah secara tersusun dan sistematis. Umumnya cetakannya terdiri dari beberapa halaman, dan bentuknya bisa dilipat dan tanpa dijilid.

Selebaran ini umumnya berisi akan keterangan secara singkat, namun detailnya lengkap dan membahas mengenai produk dari sebuah perusahaan maupun organisasi. Tujuan brosur adalah untuk meningkatkan pemahaman calon konsumen, dari produk yang mereka inginkan untuk dibeli.

Brosur bisa dikatakan sebagai media yang dapat digunakan oleh pihak perusahaan untuk menawarkan sebuah produk, dan biasanya brosur diterbitkan secara tidak reguler yang terdiri dari beberapa halaman saja. Brosur sendiri umumnya terdiri dari sampul yang tidak berjilid.

Demikianlah pengertian brosur secara umum yang perlu Anda ketahui. Pengertian brosur menurut para ahli sendiri bisa dikatakan sama, karena tidak ada ahli yang memiliki pendapat berbeda. Agar anda semakin paham atas pengertian brosur, berikut ini penjelasan singkat atas fungsi media promosi ini.


Fungsi Brosur

Pembuatan brosur dilakukannya bukan tanpa adanya sebab ataupun fungsi, brosur memiliki fungsi yang sangat penting utamanya dalam pemasaran dan promosi. Fungsi utama dari brosur adalah sebagai pemberi informasi kepada masyarakat umum, mengenai sebuah produk yang akan ditawarkan dan bisa dipahami mendetail oleh konsumen.

Agar konsumen bisa tertarik untuk memperhatikan peristiwa ini, umumnya brosur dibuat dengan desain yang sangat menarik dan memiliki isi yang jelas.

Setidaknya ada tiga fungsi dari brosur yang perlu Anda ketahui, berikut ini akan kami Jelaskan pembagian fungsi ini beserta detailnya.


1. Fungsi informatif

Yang pertama fungsi brosur adalah fungsi informatif, dimana brosur adalah salah satu alat komunikasi sebagai media untuk menginformasikan pada konsumen yang berpotensi untuk menggunakan jasa maupun membeli produk dari perusahaan anda.

Informasi yang dimaksud ada kaitanya dengan penjelasan informasi perusahaan, produk terbaru ataupun produk unggulan dari perusahaan.


2. Fungsi iklan

Fungsi yang kedua dari brosur adalah fungsi iklan, dimana brosur benar-benar memiliki peran yang sangat penting dalam hal pengiklanan maupun media untuk promosi. Bila anda seorang salesman, anda akan sangat membutuhkan brosur ini untuk mendeskripsikan kepada calon konsumen anda akan jasa maupun produk yang Anda jual.


3. Fungsi identifikasi

Yang terakhir fungsi brosur adalah fungsi identifikasi, dimana desain dari sebuah brosur yang baik akan membuat perusahaan anda memiliki kriteria dan identitas tersendiri di pasaran. Kriteria yang dimiliki perusahaan bisa disebutkan dalam brosur, tentunya konsumen bisa dengan mudah mengidentifikasi perusahaan anda.

Hal ini mampu mengangkat prestise dan kredibilitas perusahaan anda, sehingga brosur akan memiliki peran yang sangat penting dan tidak bisa diabaikan.

Usahakan untuk memberikan logo pada brosur yang anda bagikan, sehingga konsumen bisa dengan mudah mengenali perusahaan anda dari dengan desain yang menarik dan tidak terlalu memaksakan.


Tujuan Brosur

Secara garis besar, tujuan brosur adalah untuk menjadi perantara perusahaan dalam mendeskripsikan sebuah produk. Tentunya penjelasan pada brosur ini sangat lengkap, dan perlu adanya tim marketing untuk menyampaikan detail brosur ini kepada calon konsumen.

Ada beberapa poin yang dimiliki dari pengertian brosur, yakni sebagai media informasi, promosi, untuk meningkatkan daya tarik pada sebuah produk dan identitas suatu perusahaan akan produk yang dimilikinya.


1. Informasi

Suatu produk umumnya akan akan memiliki deskripsi yang lengkap, dimana deskripsi atau informasi produk ini bisa didapatkan dari brosur. Inilah fungsi utama brosur, dimana memberikan pemahaman kepada konsumen untuk memahami produk tanpa harus mencoba produknya.


2. Promosi

Untuk menarik minat konsumen untuk membeli atau menggunakan jasa yang disediakan, umumnya brosur akan memberikan sebuah promo atau diskon. Inilah kenapa brosur juga bisa dikatakan sebagai media promosi, dan pada brosur biasanya akan dituliskan keunggulan dari produk yang disediakan.


3. Meningkatan daya tarik produk

Seorang pembeli umumnya kurang begitu paham dari produk yang akan mereka beli, tentu masih terdapat keraguan pada pembeli bila tidak mengetahui informasi secara jelas dari produk yang akan dibeli.

Dengan dijelaskan produk pada konsumen, tentu konsumen akan semakin jelas dan tertarik untuk membeli produk tersebut. Tentunya brosur harus memiliki desain yang menarik, sehingga konsumen bisa yakin akan kualitas produk yang diberikan.


4. Identitas perusahaan

Ketika seseorang sudah mengetahui segala informasi yang mereka butuhkan, umumnya mereka akan mengenal brand atau merek dari produk tersebut. Disinilah keuntungan perusahaan anda, dimana konsumen bisa mengenal dan hafal dengan perusahaan penjual produk tersebut.

Anda juga bisa meletakkan logo pada brosur yang anda berikan, sehingga konsumen bisa tahu identitas perusahaan anda dari logo yang anda sematkan tersebut.

Dengan mengetahui tujuan dari pembuatan brosur, akan meyakinkan anda bahwa brosur adalah media sangat penting untuk promosi perusahaan anda. Untuk anda yang saat ini ingin membuat brosur untuk produk yang akan anda jual, berikut ini beberapa contoh yang bisa anda gunakan untuk patokan pembuatan brosur anda.


Contoh Brosur

Berikut ini akan kami bagikan beberapa contoh brosur dari berbagai produk yang sering anda temukan di sekitar Anda. Point penting yang perlu Anda jadikan perhatian adalah, bagaimana si pembuat brosur merangkai pilihan kata, tata warna dan peletakan gambarnya.


1. Contoh brosur makanan

Umumnya pada brosur makanan akan menjelaskan mengenai informasi dari menu makanan yang ditawarkan secara lengkap, selain itu juga akan dilengkapi dengan gambar serta harga makanan tersebut.


2. Contoh brosur bahasa Inggris

Brosur bahasa Inggris ini maksudnya adalah Bosur yang ditulis menggunakan bahasa Inggris, dan seluruh informasinya dijelaskan menggunakan bahasa Inggris. Seperti contohnya brosur Waterland, di mana Di dalam brosur ini akan disebutkan apa saja wahana yang ada di dalam waterland tersebut.


3. Contoh brosur sekolah

Brosur sekolah ini biasanya akan diisi dengan informasi yang berkaitan dengan jadwal penerimaan siswa baru, selain itu juga bisa brosur-brosur kegiatan sekolah.


4. Contoh brosur produk obat

Pada brosur ini umumnya akan mencakup berbagai informasi dari kegunaan obat tersebut, selain itu juga akan disebutkan bahan-bahan yang terkandung di dalamnya.

Software desain grafis menakjubkan Corel Draw

Masih ada banyak sekali jenis brosur yang ada di sekitar anda, yang anda butuhkan ketika hendak membuat brosur adalah tujuannya dan keterkaitan informasi dengan brosur anda. Untuk menyajikan brosur yang baik, tentu anda perlu menyisipkan gambar yang berkaitan dengan informasi produk anda.


Ciri-Ciri Brosur Yang Baik

Untuk anda yang ingin mengetahui ciri-ciri atau karakteristik brosur, berikut ini akan kami bagikan ciri-ciri brosur.

  • Umumnya sebuah brosur memiliki isi pesan tunggal
  • Memiliki tujuan sebagai pemberi informasi, mengedukasi dan juga mengajak atau membujuk kurang kerjaan konsumen untuk membeli produk.
  • Brosur umumnya hanya diterbitkan sekali saja
  • Umumnya brosur yang digunakan sangat menarik sehingga mampu menarik perhatian dan minat publik.
  • Pendistribusian brosur dilakukan secara personal oleh pembuat brosur.
  • Desain yang digunakan sangat menarik serta isinya jelas dan mendeskripsikan dari produk yang dijual.

Baca juga hal yang wajib diketahui desainer grafis :

Brosur sendiri banyak disamakan dengan pamflet. Meskipun brosur adalah objek yang berbeda, keduanya memiliki kesamaan fungsi. Namun, brosur dan pamflet ini memiliki perbedaan dari beberapa sisi. Untuk anda yang ingin tahu dari perbedaan brosur dan pamflet, berikut ini penjelasan lengkapnya.


Perbedaan Brosur Dan Pamflet

Secara garis besar unsur digunakan sebagai kebutuhan komersial, sementara pamflet digunakan untuk kebutuhan non komersial .


1. Berdasarkan tujuan dan kegunaannya

Yang paling utama dari perbedaan kedua media ini dapat dilihat dari tujuan dan kegunaannya, dimana tujuan brosur adalah sebagai pemberi deskripsi lengkap mengenai penawaran sebuah produk.

Umumnya perusahaan akan menggunakan brosur untuk mengiklankan produk maupun jasa agar pembaca tahu mengenai promosi yang terbaru.

Brosur juga biasa digunakan untuk memberikan info mengenai bisnis yang dijalankan perusahaan serta layanan yang bisa didapatkan konsumen, sedangkan pamflet dipakai untuk mengiklankan informasi mengenai subjek maupun topik.

Dari penggunaan pamflet adalah sebagai pemberi informasi dan bukan untuk menjual produk, sedangkan brosur lebih fokus untuk penjualan produk.


2. Perbedaan berdasarkan ukuran

Brosur memiliki ukuran yang besar dengan 4 atau 8 panel, dimana ada brosur lipatan 2 dan 3. Kertas yang digunakan adalah A4, dan deskripsi dari produk yang diberikan sangatlah lengkap.

Karena ukuran brosur yang besar itulah, banyak perusahaan yang menggunakan sebagai media pemasaran. Pasalnya perusahaan bisa membagikan penjelasan secara detail akan produk yang dipromosikan.

Sedangkan pamflet memiliki ukuran yang kecil, karena pamflet memiliki tujuan utama sebagai penarik perhatian pembaca dan memudahkan mereka untuk membawanya.

Ada ulasan lengkap tentang pamflet : Pamflet dan jenis-jenis pamflet

Dari penjelasan diatas, bisa disimpulkan bahwa brosur dan pamflet itu sebagai media untuk menyebarkan informasi namun memiliki tujuan yang berbeda. Dimana brosur lebih mengarah kepada penjualan produk, sedangkan pamflet lebih mengarah ke sebuah edukasi atau informasi yang bukan mengarah ke penjualan produk.

Demikian artikel mengenai pengertian brosur, semoga bermanfaat dan terimakasih sudah membaca hingga tuntas.

Jangan lupa bagikan artikel ini.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar