Skip to main content
Si Ipung

follow us

Segera berlangganan !! Akan hadir video dan tutorial menarik dari siipung.com dengan cara Subscribe ke youtube, klik Siipung Channel

×

Pengertian GPRS adalah - cara kerja GPRS dan kegunaan GPRS

Pengertian GPRS adalah - Sudah tidak asing lagi kan dengan layanan komunikasi GPRS ?

Ya layanan ini sering kita jumpai pada telepon seluler, GPRS adalah layanan komunikasi berbasis paket yang koneksinya berkelanjutan atau secara kontinu.

Pada artikel kali ini siipung.com akan menyajikan tentang pengertian GPRS, cara kerja GPRS, kegunaan GPRS dan masih banyak lagi, simak artikel ini sampai habis.


Pengertian GPRS

General Packet Radio Service atau GPRS adalah layanan data seluler berbasis paket pada sistem global untuk komunikasi seluler (GSM) sistem komunikasi seluler 3G dan 2G. Ini adalah teknologi packet-switching non-suara, berkecepatan tinggi dan bermanfaat yang ditujukan untuk jaringan GSM.

GPRS dapat digunakan untuk mengaktifkan koneksi tergantung pada protokol Internet yang mendukung berbagai macam perusahaan, serta aplikasi komersial.

Ini memungkinkan pengiriman dan penerimaan semburan data yang padat dan volume data yang besar di seluruh jaringan ponsel. Sebelum mengirim data, data dipecah menjadi paket-paket individual dan dialihkan melalui jaringan inti dan radio. Data tersebut kemudian disusun kembali di ujung penerima.

Layanan berbasis paket General Packet Radio Service atau GPRS akan lebih murah bagi pengguna daripada layanan circuit-switched karena saluran komunikasi digunakan berdasarkan penggunaan bersama, sebagai paket yang diperlukan daripada didedikasikan hanya untuk satu pengguna pada satu waktu.

General Packet Radio Service atau GPRS juga lebih mudah untuk membuat aplikasi yang tersedia untuk pengguna seluler karena kecepatan data yang lebih cepat, berarti bahwa middleware saat ini diperlukan untuk mengadaptasi aplikasi dengan kecepatan yang lebih lambat dari sistem nirkabel tidak lagi diperlukan.

Karena General Packet Radio Service atau GPRS telah tersedia secara luas, bersama dengan layanan 2.5G dan 3G lainnya, pengguna seluler dari jaringan pribadi virtual ( VPN ) telah dapat mengakses jaringan pribadi secara terus menerus melalui nirkabel daripada melalui koneksi dial-up yang telah di-root.

GPRS juga melengkapi Bluetooth , standar untuk mengganti koneksi kabel antara perangkat dengan koneksi radio nirkabel. Selain Internet Protocol (IP), GPRS mendukung X.25 , protokol berbasis paket yang digunakan terutama di Eropa. GPRS adalah langkah evolusi menuju Enhanced Data GSM Environment ( EDGE ) dan Universal Mobile Telephone Service ( UMTS ).

Baca juga Pengertian GSM dan cara kerja GSM  , pengertian CDMA dan cara kerja CDMA


Sejarah GPRS

Sejarah GPRS - General Packet Radio Service atau GPRS adalah salah satu teknologi pertama yang memungkinkan jaringan seluler untuk terhubung dengan  jaringan Protokol Internet,

mencapai adopsi luas di awal 2000-an. Kemampuan untuk menjelajahi web dari telepon kapan saja melalui jaringan data yang selalu aktif,

sementara diterima begitu saja di sebagian besar dunia sekarang, adalah hal baru ketika diperkenalkan. GPRS digunakan di bagian dunia di mana terlalu mahal untuk memutakhirkan infrastruktur jaringan seluler ke alternatif yang lebih baru.

Penyedia internet seluler menawarkan layanan data GPRS bersama dengan paket berlangganan suara sebelum  teknologi 3G dan 4G  meluas.

Pelanggan pada awalnya membayar layanan GPRS sesuai dengan berapa banyak bandwidth jaringan yang  mereka gunakan untuk mengirim dan menerima data sampai penyedia menawarkan paket penggunaan flat-rate seperti biasa hari ini.

Peningkatan kecepatan data untuk teknologi GSM Evolution (EDGE) (sering disebut 2.75G) dikembangkan pada awal 2000-an sebagai versi GPRS yang disempurnakan. EDGE juga disebut GPRS yang Ditingkatkan atau EGPRS.

European Telecommunications Standard Institute menstandarkan teknologi GPRS. Penyebaran GPRS dan EDGE keduanya dikelola di bawah pengawasan Proyek Kemitraan Generasi ke - 3.


Komponen GPRS

Komponen-komponen utama dari jaringan GPRS adalah:


1. GGSN

Gateway GPRS Support Node adalah penghubung jaringan GPRS ke jaringan internet.
Fungsi dari komponen GGSN sebagai interface ke information routing, network screening, user screening, address mapping dan Public Data Network (PDN).


2. SGSN

Serving GPRS Support Node adalah penghubung jarigan BSS/BTS ke jaringan GPRS,
Fungsi dari komponen SGSN sebagai mengirim paket data ke MS, update pelanggan ke HLR dan registrasi pelanggan baru.


3. PCU

Komponen pada GPRS ini di level BSS yang berfungssi untuk menghubungkan terminal ke jaringan GPRS.


Kegunaan GPRS

Dengan dijelaskannya pengertian GPRS selanjutnya kita bahas apa manfaat atau kegunaan dari GPRS.

Teknologi jaringan GPRS membawa sejumlah manfaat bagi pengguna dan operator jaringan pada sistem GSM dasar.

Secara luas GPRS digunakan untuk memberikan kemampuan data yang realistis melalui teknologi telekomunikasi seluler.

Teknologi GPRS menawarkan beberapa manfaat signifikan ketika diluncurkan, kegunaan GPRS adalah:


Kecepatan

Salah satu kegunaan utama teknologi GPRS adalah bahwa jaringan GPRS menawarkan kecepatan data yang jauh lebih tinggi daripada yang dimungkinkan dengan GSM.

Kecepatan hingga 172 kbps, meskipun kecepatan data maksimum yang secara realistis dapat dicapai dalam sebagian besar kondisi akan berada dalam kisaran 15 - 40 kbps.


Operasi paket diaktifkan

Tidak seperti jaringan GSM yang menggunakan teknik circuit switched, teknologi GPRS menggunakan packet switching yang sejalan dengan Internet.

Ini membuat penggunaan kapasitas yang tersedia jauh lebih efisien, dan memungkinkan kesamaan yang lebih besar dengan teknik Internet.


Selalu terhubung dengan konektivitas

Keuntungan lebih lanjut dari GPRS adalah menawarkan kemampuan "Selalu Aktif". Saat menggunakan teknik circuit switched, biaya didasarkan pada waktu sirkuit digunakan, yaitu berapa lama panggilan itu.

Untuk packet switched, biaya teknologi adalah jumlah data yang dibawa, karena ini yang menggunakan kapasitas penyedia layanan.

Dengan demikian, selalu pada konektivitas sangat dimungkinkan.


Lebih banyak aplikasi

Teknologi packet switched adalah konektivitas selalu aktif yang dikombinasikan dengan kecepatan data yang lebih tinggi dan tentunya membuka lebih banyak kemungkinan untuk aplikasi baru.

Salah satu bidang pertumbuhan utama yang muncul dari GPRS adalah Blackberry dari ponsel atau PDA. Ini disediakan untuk aplikasi email jarak jauh bersama dengan penjelajahan web, dll.

Baca tentang: perangkat keras internet


CAPEX dan OPEX

Pengeluaran Modal (CAPEX) dan pengeluaran operasional (OPEX) adalah dua masalah utama bagi operator.

Karena GPRS adalah peningkatan pada jaringan GSM yang ada (sering diimplementasikan sebagai peningkatan perangkat lunak yang dicapai dari jarak jauh), pengeluaran modal untuk memperkenalkan teknologi GPRS tidak setinggi menggelontorkan jaringan baru.

Selain itu OPEX tidak terlalu terpengaruh karena infrastruktur base-station dasar pada dasarnya tetap sama. Terutama elemen jaringan inti baru yang diperlukan.

Elemen GSM dan GPRS dari sistem dioperasikan secara terpisah.

Teknologi GSM masih melakukan panggilan suara, sementara teknologi GPRS digunakan untuk data. Akibatnya suara dan data dapat dikirim dan diterima secara bersamaan. Beberapa orang menyebut sistem sebagai GSM GPRS.

Untuk lebih mengembangkan GPRS, kemajuan lebih lanjut dibuat dan sistem lain yang dikenal sebagai EDGE atau Enhanced GPRS, EGPRS dikembangkan.


Fitur GPRS

GPRS mengandalkan pengalihan paket  untuk transmisi data. GPRS beroperasi pada kecepatan yang sangat lambat menurut standar saat ini

kecepatan data untuk unduhan berkisar dari 28 Kbps  hingga 171 Kbps, dengan kecepatan unggah yang bahkan lebih rendah.

Sebaliknya, EDGE mendukung kecepatan pengunduhan 384 Kbps saat diperkenalkan. Kemudian, ditingkatkan menjadi sekitar 1 Mbps.

Fitur lain yang didukung oleh GPRS adalah :

  • Layanan Pesan Singkat : Protokol komunikasi tujuan khusus yang dirancang untuk pengiriman pesan teks.
  • Layanan Pesan Multimedia : Ekstensi ke SMS untuk memungkinkan transmisi video selain teks.
  • Wireless Application Protocol : Protokol komunikasi khusus untuk peramban seluler, sekarang sudah usang.

Cara kerja GPRS

Berikut ini beberapa proses dari cara kerja GPRS :

  • Lampirkan proses : Proses yang dilampirkan oleh MS (yaitu, menghubungkan) ke SGSN dalam jaringan GPRS.
  • Proses otentikasi : Proses dimana SGSN mengotentikasi pelanggan seluler.
  • Proses aktivasi PDP : Proses di mana sesi pengguna dibuat antara MS dan jaringan tujuan.
  • Detach proses : Proses dimana MS melepaskan (yaitu, terputus) dari SGSN di jaringan GPRS.
  • Permintaan PDP yang diprakarsai oleh jaringan untuk alamat IP statis : Proses ketika panggilan dari jaringan data paket mencapai MS menggunakan alamat IP statis.
  • Permintaan PDP yang diprakarsai jaringan untuk alamat IP dinamis : Proses melalui mana panggilan dari jaringan data paket mencapai MS menggunakan alamat IP dinamis.

Skema dan kecepatan pengkodean

Beberapa faktor dapat mempengaruhi kecepatan download dan upload dalam jaringan GPRS, faktor-faktor pengaruh kecepatan dalam jaringan GPRS adalah :

  1. jumlah slot waktu BTS TDMA yang ditetapkan oleh operator
  2. pengkodean saluran yang digunakan.
  3. kemampuan maksimum perangkat seluler yang dinyatakan sebagai kelas multislot GPRS

Beberapa skema akses

Metode akses berganda yang digunakan dalam jaringan GSM dengan jaringan GPRS didasarkan pada dupleks pembagian frekuensi (FDD) dan TDMA.

Selama sesi, seorang pengguna ditugaskan untuk sepasang saluran frekuensi up-link dan down-link. Ini dikombinasikan dengan multiplexing statistik domain waktu yang memungkinkan beberapa pengguna berbagi saluran frekuensi yang sama.

Paket memiliki panjang konstan, sesuai dengan slot waktu GSM. Down-link menggunakan penjadwalan paket first-first-served , sedangkan up-link menggunakan skema yang sangat mirip dengan reservasi ALOHA (R-ALOHA).

Ini berarti menempatkan ALOHA(S-ALOHA) digunakan untuk permintaan reservasi selama fase pertengkaran, dan kemudian data aktual ditransfer menggunakan TDMA dinamis dengan first-come first-served.


Kelebihan dan kekurangan GPRS


Kelebihan GPRS

Berikut manfaat atau keunggulan GPRS:

  • GPRS menggunakan kembali antarmuka udara yang serupa (TDMA / FDMA, Bursts, struktur rangka) sebagaimana didefinisikan dalam standar GSM. Itu menggunakan burst normal dan akses burst didefinisikan oleh GSM. Ia menggunakan struktur frame yang merupakan bingkai tunggal 52 bingkai (untuk lalu lintas dan pensinyalan) tidak seperti struktur ganda GSM dari bingkai multi-bingkai 26 untuk lalu lintas dan bingkai multi-bingkai 51 untuk pensinyalan. Lihat GSM versus GPRS >> untuk informasi lebih lanjut.
  • Sebagai GPRS menggunakan kembali infrastruktur GSM yang ada, penyebaran lebih mudah. Gambar-1 menggambarkan arsitektur jaringan GPRS. Elemen jaringan inti GPRS adalah SGSN dan GGSN. SGSN adalah singkatan dari Melayani Node Dukungan GPRS dan GGSN singkatan dari Node Dukungan GPRS Gateway.
  • Layanan data berbasis GPRS (Web, E-mail) dan aplikasi dapat digunakan pada perangkat seluler tanpa memerlukan konektivitas internet broadband. Selain itu ia menyediakan konektivitas tanpa batas dan instan dengan internet.
  • Pengguna hanya dikenakan biaya ketika data dikirim dan diterima tidak seperti pengguna non-GPRS lainnya. Selain itu dalam GPRS, biaya didasarkan pada jumlah data yang ditransfer.
  • Sebagai GPRS tersedia di semua perangkat seluler, ia menyediakan akses internet nirkabel.
  • Memungkinkan penggunaan layanan suara dan data secara simultan. Oleh karena itu pengguna dapat melakukan panggilan suara dan panggilan data secara bersamaan. Panggilan data mengacu pada penggunaan internet dengan menelusuri atau mengunduh atau mengunggah data.
  • Seperti memungkinkan transfer data pada kecepatan rendah yang ideal untuk aplikasi yang membutuhkan lebih sedikit data yang membutuhkan privasi / keamanan.

Kekurangan GPRS

Berikut ini adalah kelemahan dari GPRS:

  • Kecepatan data (171.2 / 384 Kbps) yang didukung lebih lambat dibandingkan dengan standar nirkabel terbaru seperti HSPA, LTE, LTE-advanced dll.
  • Jaringan dapat terpengaruh Ketika lebih banyak pengguna GPRS di area yang sama memanfaatkan layanan gprs pada saat bersamaan. Hal ini menyebabkan kemacetan yang menyebabkan koneksi data lebih lambat.
  • Tidak mungkin memecahkan masalah jika terjadi masalah. Ini berarti salah satu layanan GPRS berfungsi dengan baik atau tidak berfungsi.

Generasi


Generasi 2G

Jaringan seluler seluler generasi kedua diluncurkan pada tahun 1991 di bawah standar GSM . Perbedaan utama antara generasi pertama sebelumnya dan generasi yang lebih baru, berubah dari jenis komunikasi berbasis analog ke digital.

2G pertama   terutama dibangun untuk layanan suara dengan transfer data yang lambat untuk pesan teks SMS. Dengan percakapan telepon generasi ke-2 menjadi terenkripsi secara digital dan jaringan menjadi jauh lebih efektif sehingga memungkinkan tingkat penetrasi seluler yang lebih besar.

Dampak utama dibuat dengan memperkenalkan GPRS (Layanan Radio Paket Umum) yang telah memperpanjang rangkaian paket GSM.

Kombinasi 2G dan GPRS ini biasanya digambarkan sebagai 2.5G dan memungkinkan 114 kbit / detik  unduhan dan 20 kbit / detik  tingkat data unggahan.

GPRS mendukung: Protokol Internet ( IP ) dan Protokol Titik-ke-Titik ( PPP ).  Kecepatan untuk SMS ditingkatkan menjadi 30 SMS per menit. Layanan paling penting yang terlibat oleh GPRS adalah: MMS , P2P, P2M  dan  WAP.

Beberapa tahun kemudian GPRS telah berevolusi menjadi EDGE  yang mewakili (Tingkat Data yang Ditingkatkan untuk Evolusi GSM) juga dikenal sebagai GPRS yang Diperpanjang . EDGE meningkatkan kecepatan data menjadi  384 kbit / s untuk diunduh dan 60 kbit / s untuk diunggah. Kombinasi ini juga dikenal sebagai 2.75G.


Generasi 3G

Generasi ketiga diluncurkan pada tahun 2001 sebagai  jaringan UMTS . Kecepatan transmisi data ditingkatkan dengan memperkenalkan HSPA  yang memungkinkan hingga 7,2 Mbit / detik untuk diunduh dan 2 Mbit / detik untuk kecepatan unggah.

Hal-hal seperti TV di ponsel atau streaming langsung menjadi mungkin. HSPA +  diperkenalkan pada 2008 dan membawa peningkatan kecepatan terbesar, memungkinkan  56 Mbit / detik untuk diunduh dan  22 Mbit / detik  untuk diunggah. Ini juga dikenal sebagai 3.5G .

Umumnya generasi ketiga meningkatkan semua aspek dari generasi sebelumnya. Bandwidth dan informasi lokasi yang tersedia untuk perangkat 3G menimbulkan aplikasi yang sebelumnya tidak tersedia untuk pengguna ponsel.


Generasi 4G

Generasi keempat memiliki dua sistem kandidat yang dikerahkan secara komersial: WiMAX dan LTE . Sistem 4G harus menyediakan kemampuan yang ditentukan oleh ITU  dan  IMT Advanced . Jaringan pertama diperkenalkan di Korea Selatan pada tahun 2007.

Berbeda dengan generasi sebelumnya, yang keempat tidak mendukung layanan telepon circuit-switched tradisional, tetapi semua komunikasi berbasis IP seperti IP telephony.

4G membutuhkan layanan pada 100 Mbit / s  untuk komunikasi mobilitas tinggi dan 1 Gbit / s  untuk komunikasi mobilitas rendah.

Karena versi WiMAX dan LTE rilis pertama mendukung kecepatan bit puncak kurang dari 1 Gbit / s untuk komunikasi mobilitas rendah, mereka tidak sepenuhnya memenuhi persyaratan IMT-Advanced, tetapi sering diberi merek 4G oleh penyedia layanan.

Keduanya sudah memiliki penerus bernama WiMAX 2  dan LTE Advanced  yang sepenuhnya mengikuti generasi keempat.

Aplikasi potensial dan saat ini termasuk amandemen akses web seluler, layanan game, TV seluler HD, konferensi video, TV 3D, dan komputasi awan.


Perbedaan GPRS dengan WAP

  1. GPRS adalah metode koneksi ke penyedia Anda sementara WAP adalah protokol yang berjalan di atas GPRS 
  2. WAP cocok untuk koneksi GPRS saja. Ada juga layanan lain yang menggunakan GPRS selain dari WAP 
  3. WAP dapat juga dapat digunakan pada EDGE dan bahkan pada koneksi 3G

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar