Skip to main content
Si Ipung

follow us

Segera berlangganan !! Akan hadir video dan tutorial menarik dari siipung.com dengan cara Subscribe ke youtube, klik Siipung Channel

×

Pengertian karikatur, contoh karikatur, fungsi karikatur, jenis karikatur

Pengertian Karikatur, Contoh karikatur, Fungsi karikatur dan Jenis karikatur akan dibahas lengkap pada artikel siipung.com kali ini

Kata Karikatur seringkali terdengar, terlebih saat melihat sebuah objek yang memiliki kesan lucu atau humoris. Akan tetapi, sebenarnya apasih pengertian karikatur itu? Selama ini pengertian karikatur lebih menjurus pada gambar-gambar kartun yang banyak dijumpai diberbagai media. Apakah memang demikian?

Mengenai penjelasan lebih lanjutnya mari kita simak uraian lengkap terkait dengan pengertian karikatur berikut ini.


Pengertian Karikatur

Dari id.wikipedia dijelaskan bahwasannya pengertian karikatur adalah sebuah gambar atau penggambaran mengenai sebuah objek konkret dengan cara melebih-lebihkan ciri khas dari gambar tersebut. mengenai asal katanya, karikatur ini berasal dari kata caricare, yaitu sebuah kata dari bahasa Italia yang memiliki arti memberi muatan atau melebih-lebihkan.

Karikatur adalah sebuah gambar yang menggambarkan sebuah subjek yang dikenal serta secara umum dimaksudkan untuk memberikan kesan lucu kepada pihak yang mengenal gambar tersebut. Jika selama ini karikatur sering dikaitkan dengan kartun, ternyata tidak demikian. Pasalnya untuk menjadi kartun sebuah gambar harus memiliki rangkain cerita tersendiri. Lebih tepatnya, karikatur merupakan unsur yang ada di dalam kartun.

Secara keseluruhan, dapat disimpulkan bahwa pengertian karikatur adalah sebuah gambar yang memviasualkan objek tertentu dengan ada tambahan-tambahan tersendiri sehingga menimbulkan kesan yang unik.


Sejarah Karikatur

Setelah mengetahui pengertian karikatur, mari membahas mengenai sejarahnya. Perkembangan karikatur sudah dimulai sejak abad ke-16. Meskipun sebelumnya sejak zaman Mesir Kuno sudah banyak ditemukan berbagai gambar hewan yang memiliki tingkah laku seperti manusia. Akan tetapi popularitas dari karya seni satu ini mulai popular di Italia, yaitu saat abad Renaisans.

Pada waktu itu, karikatur hanya dibuat untuk leluconan saja. Beberapa seniman seperti Leonardo da Vinci serta Carracci dan beberapa seniman lain sengaja menciptakan gambar tersebut untuk menghibur diri serta menghibur teman-temannya. Hingga pada akhirnya seorang seniman bernama Pier Leone Ghezzi mulai menekuni kesenian tersebut dan berhasil menciptakan lebih dari 2.000 karya karikatur.

Akan tetapi hasil karya Pier Leone Ghezzi tidak dipublikasikan untuk umum. Karyanya menjasi biburan kalangan elite pada masa itu. Setelah menyebar luas di Italia saat abad ke-16, selanjutnya karikatur meluas di Eropa di abda ke-18 hingga awal abda ke-19.

Di abda ke-18 karikatur mulai berkembang di Inggris, tepatnya setalah diterbitkannya beberapa karya Ghezzi serta seniman Italia lain di tahun 1744. Beberapa kartunis yang terkenal waktu itu seperti James Gillray, Thomas Rowlandson serta Georga Cruikshank. Pada waktu itu mereka berhasil menggabungkan unrus karikatur dengan kartun, hingga akhirnya menghasilkan sebuah kartun satire.

Akan tetapi, di tahun 1830-an jenis karya tersebut mulai berkurang di Inggris, hingga akhirnya dieskpor ke Prancis dalam mingguan La Caricature dan meluas ke harian Le Charivari. Dengan adanya dua tempat terbitan tersebut, menjadikan Prancis sebagai pusat perkarikaturan.

Hingga pada akhirnya dunia karikatur ini juga mulai merambah ke media lain, salah satunya patung. Pembuatan patung karikatur ini dimulai dari sebuah patung karikatur karya Jean-Pierre Dantan. Hasil karya patung karikatur seniman ini pada akhirnya memberikan pengaruh besar pada seniman lain. Para seniman tersebut membuat berbagai karikatur unik berupa patung kepala penyanyi, penulis bahkan tokoh terkenal dunia.

Tidak hanya sampai disitu saja, di akhir abad ke-19 tepatnya di tahun 1868 di London, seorang seniman bernama Thomas Gibson Bwoles mulai menerbitkan Vanity Fair, yaitu sebuah majalah yang memuat isu-isu mengenai politik, sosial serta kesusastraan. Hingga pada akhirnya terkenal dikarenakan memuat karikatur dengan berbagai corak warna yang menggambarkan tokoh sastra, raja hingga politis.

Karikatur yang diterbitkan tersebut sebagian besar digambar oleh Carlo Pellegrini, yaitu seorang kartunis Italia. Carlo menggunakan nama samaran “Singe” yang dalam bahasa Prancis memiliki arti monyet. Serta “Ape” yang dalam bahasa Inggris berarti untuk kerja. Secara filosofis nama tersebut memiliki arti untuk mencerminkan pekerjaan yang meniru sebuah objek namun tidak sempurna.

Masih di Abad ke-19, ternyata karikatur yang diterbitkan oleh Vanitu Fair memberikan pengaruh yang sangat besar pada hasil karya Josspeh Kepper, yaitu seorang imigran Australia yang menerbitkan majalah Puck di New York, Amerika Serikat. Majalah tersebut mulai terbit pada tahun 1876 menggunakan bahasa Jerman. Baru setengah tahun kemudian terbit menggunakan bahasa Inggris.

Majalah Puck mengalami kesuksesan, hingga akhirnya banyak penerbit lain yang ikut meniru. Oleh karena itu, pada abad ke-19 itu banyak sekali penerbitan yang setiap hari menerbitkan karikatur. Bahkan sebuah karikatur yang dimuat di majalah Harper’s Weekly juga memiliki andil dalam tumbangnya kekuasan politikus pada waktu itu.

Perkembangan selanjutnya yaitu di awal abad ke-20. Perkembangan karikatur di awal abad ke-20 dimulai dari hijarhnya Marius d Zayas, yaitu seorang karikaturis asal meksiko yang hijrah ke New York. Seniman tersebut mulai mengembangkan gaya seni lukis yang dikenal dengan sebutan karikatur abstrak.

Di awal abad ke-20, karikatur mengalami perkembangan yang sangat dramatis. Tepatnya setelah Perang Dunia 1 berakhir. Seiring dengan perkembangan film, fotografi dan juga majalah. Bersamaan dengan hal tersebut, maka munculah sebuah genre bernama karikatur teatris. Al Frueh merupakan seniman pertama yang mulai mengenalkan genre tersebut dengan menerbitkan Stage Folk, dan juga kumpulan karikaturnya dengan gaya Art Deco yang diterbitkan pada tahun 1922.

Karikatur terus mengalami perkembangan. Di akhir abda ke-20, tepatnya ada akhir tahun 1960-an dan awal tahun 1970-an, karikatur dengan genre politik mulai popular lagi. Pada waktu itu, Steven Heller yang merupakan direktur seni senior dari The New York Times juga mengatakan jika periode tersebut merupakan periode yang sangat penting dalam dunia perkarikaturan abad ke-20.

Beberapa polemik politik yang terjadi saat itu seperti Perang Vietnam, skandal Watergate, kebudayaan, feminisme hingga hak-hak sipil menjadi bahasan pokok yang akhirnya turut berperan dalam lahirnya karikatur politik. Seniman sepeti David Levine, Edward Sorel serta Robert Grossman yang mulai mempelopori jenis karikatur politik. Karya kariktur tersebut banyak dimuat di majalah The New York Review of Books, Esquire, New York hingga berbagai media lainnya.

Hingga pada tahun 1980-an, siaran televisi Spitting Image turut andil dalam menayangkan berbagai karikatur dalam bentuk boneka yang lain tidak lain bertujuan untuk mengolok-olok politisi serta para pemimpin partai di era Margaret Thatcher. Siaran ini mulai ditayangkan pada tahun 1984-1996 yang dipelopori oleh Roger Law serta Peter Fluck, dan di tahun 1970-an sudah membuat karikatur yang diterbitkan The Sundaru Times Magazine, The New York Times hingga berbagai media international lain.


Alat Pembuatan Karikatur

Dari pengertian karikatur hingga sejarah karikatur, mari kita perluas pembahasannya ke alat pembuatan karikatur. Untuk menghasilkan sebuah karya tentu dibutuhkan alat tertentu. Untuk menghasilkan sebuah karya karikatur, maka seorang kartunis terlebih dahulu akan melakukan observasi terhadap objek tertentu. Observasi ini dilakukan untuk menentukan ciri khas dari objek yang akan dijadikan karikatur.

Oleh karena itu, maka seorang karikarturis akan melakukan perbandingkan antara wajah objek dengan wajah rata-rata sebagian besar orang. Contohnya ketika karikaturis memiliki objek dengan hidung yang berukuran lebih panjang dibandingkan hidung yang dimiliki kebanyakan orang, maka kartunis tersebut akan membuatnya lebih panjang lagi.

Dengan demikian, jika ada orang yang bertanya alat apa yang digunakana untuk membuat gambar karikatur, lain tidak lain adalah ingatan dari karikaturis yang dibantu dengan beberapa gambar pembanding lainnya.

Akan tetapi, sebuah hal tentu mengalami perkembangan. Sama halnya menganai alat untuk membuat karikatur. Jika awal mulanya dibuat dengan manual, berkat perkembangan teknologi, kini karikatur bisa dibuat dengan menggunakan komputer.

Sebuah perangkat lunak ciptaan Susan E Brennen telah membantu banyak karikatunis untuk membuat gambar karikatur dengan lebih mudah dan cepat. Susan E Brennern menciptakan sebuah perangkat lunak yang bisa menghasilkan gambar karikatur secara interaktif. Sistem yang dibuat yaitu dengan membandingkan dua gambar, yaitu gambar orang yang akan dibuat karikatur dan juga gambar orang yang dianggap rata-rata.

Hingga akhirnya banyak sistem pembuat karikatur terkomputerasi yang mengadopsi metode yang digunakan oleh Brennan ini. Hingga akhirnya muncul banyak sistem yang berusaha untuk mempelajari bagaimana karikatur bisa dihasilkan dengan menggunakan kecerdasan buatan.


Karikatur dan Persepsi Wajah

Karikatur adalah sebuah karya seni yang memanfaatkan persepsi wajah untuk menghasilkan bentuk-bentuk tertentu. Terkait dengan hal ini, penggunaan karikatur di dalam pengenalan wajah serta persepsi wajah juga mengalamai perkembangan. Hingga akhirnya turut ditelaah oleh pra psikolog kognitif.

Beberapa hasil penelitan mengatakan bahwasannya bentuk wajah dilebih-lebihkan, yaitu gambar yang dibuat dengan menggunakan sistem pembuat karikatur yang sudah terkomputerisasi ternyata gambar tersebut lebih mudah dikenali dibandingkan dengan foto asli orang tersebut. Hal ini dikenal dengan sebutan carricature effect atau efek karikatur.

Keadaan ini bisa jadi disebabkan karena ciri-ciri wajah yang dilebih-lebihkan tersebut ternyata lebih mudah untuk dikenali. Selain itu, tiap-tiap wajah juga memiliki ciri khusus yang memang mudah dikenali dibandingkan wajah yang umum. Selain itu, karikatur juga sudah dipelajari sebagai salah saru mekanisme dalam meningkatkan sketsa foto atau foto komposit pada wajah tertentu.


Pembuatan Karikatur

Masih seputar pengertian karikatur. Pembahasan selanjutnya ini akan mengulas hal terkait dengan bagaimana proses pembuatan karikatur. Singkatnya, pengertian karikatur adalah sebuah gambar yang dilebih-lebihkan dari bentuk wajah sebenarnya.

Mengenai pembuatannya, hal terpenting dalam pembuatan karikatur adalah bagaiamana menghasilkan sebuah obyek yang mirip dengan obyek yang kita maksud. Biasanya, karikatur menggambarkan beberapa public figure seperti artis, presiden atau public figure lainnya.

Pembuatan karikatur bisa dilakukan dengan berbagai cara serta berbagai media. Alat yang digunakan untuk menggambar terdiri dari spidol, pensil, rapido, kapur tulis, airbrush, drawing pen, konte dan juga bolpoin.

Kemudian mengenai bahan yang dibutuhkan mencakup cat. Bisa menggunakan cat minyak, cat air, cat akrilik, cat semprot bahkan cat kayu. Penggunaan catnya bisa disesuaikan dnegan media yang kita gunakan.

Kemudian mengenai proses pembuatannya bisa dengan menggunakan manual atau menggunakan bantuan komputer. Jika menggunakan metode manual, maka kita dituntut untuk memiliki jam terbang. Dalam hal ini yang dimaksud yaitu seorang tidak bisa langsung membuat, kecuali dirinya memiliki bakat alami.

Jika menggunakan bantuan komputer, maka bisa menggunakan berbagai program. Mengenai jenis program yang digunakan, saya menyarankan untuk menggunakan adobe photoshop. Silahkan Anda menggunakan fasilitas liquify yang disediakan oleh aplikasi adobe. Tools ini memiliki fungsi untuk menghasilkan distorsi pada bagian menu tertentu.

Akan tetapi, jika Anda ingin membuat dari nol, maka Anda bisa menggunakan berbagai jenis program berbasis vektor atau garis. Mengenai aplikasinya, bisa menggunakan Corel Draw ataupun Adobe Ilustrator.

Jika Anda ingin menjadi seorang karikatur yang baik, ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan saat membuat karikatur ini. Beberapa hal tersebut diantaranya:


1. Pemilihan Tema

Saat akan membuat karikatur, sebaiknya Anda memilih jenis tema yang saat ini sedang menjadi topik peebincangan di masyarakat. Dengan demikian, maka karikatur yang Anda buat akan lebih menarik banyak orang.


2. Proses Pembuatan Gambar

Kemudian mengenai gambar atau lukisan yang akan dibuat menjadi karikatur juga diperlukan sebuah teknik khusus. Pasalnya karikatur berbeda dengan lukisan yang akan dibuat untuk pajangan atau hiasan dinding tertentu. Hal yang paling penting dalam pembuatan karikatur ini adalah karakter yang dihasilkan. Oleh karena itu, sebaiknya membuat karakter yang memiliki kesan kuat.


3. Memperhatikan Eskpresi

Ekspresi merupakan hal yang menjadi daya tarik dalam sebuah gambar karikatur. Keistimewaan karikatur ini terletak di dalam ekpresi. Khususnya untuk wajah. Bukan hanya itu saja, bentuk tubuh juga perlu mendapatkan perhatian yang lebih. Semuanya harus memiliki unsur kelucuan serta unik, bukan hanya letak skalanya.


4. Menyesuaikan Media serta Sasaran

Sebagai contoh Anda akan membuat gambar karikatur untuk media atau untuk majalah koran politik. Untuk itu pesan yang disampaikan juga harus memuat hal yang terkait dengan isu politik saat ini. Hal ini berlaku juga untuk tema lain yang akan Anda angkat. Dengan demikian, maka gambar yang Anda buat akan lebih mengena dan menarik perhatian.


Teknik Karikatur

Pengertian karikatur manual yaitu sebuah gambar yang digambar langsung di atas media kertas atau kanvas dengan memanfaatkan berbagai peralatan gambar manual seperti cat minyak, pensil dan berbagai perangkat menggambar lainnya.

Sedangkan untuk pengertian karikatur digital adalah karikatur yang dalam teknik pembuatannya menggunakan bantuan komputer serta perangkat pendukung lain seperti pen tablet. Terdapat beberapa teknik dalam seni karikatur digital. Teknik tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.


1. Teknik gabungan manual dan digital

Teknik yang pertama ini akan menggabungkan teknik manual serta digital. Pengaplikasiannya dnegan melakukan sketsa gambar berwarna hitam putih dengan menggunakan pensil pada media kertas.

Jika sudah membentuk sketsa tertentu maka gambar tersebut dipindahkan di dalam media komputer dengan file berformat jpg. Pembuatan karikatur dilanjutkan dengan melakukan proses pewarnaan menggunakan software tertentu.


2. Teknik menggunakan sofware grafis

Mengenai teknik yang kedua ini menggunakan software grafis seperti coral draw, freehand dan berbagai jenis software lainnya. Untuk teknik yang kedua ini gambar yang dihasilkan berupa gambar vector.


3. Teknik kombinasi corel dan photoshop

Untuk teknik yang ketiga, awal mulanya membuat sketsa awal di corel dan dilanjutkan dengan melakukan finishing dengan menggunakan photoshop.

Sebelum mendesain pahami:  perbedaan grafis vektor dan bitmap


Fungsi Karikatur

Fungsi karikatur adalah untuk mencetak opini masyarakat. Selain itu juga berfungsi sebagai gambar kegembiraan. Terkait dengan mencetak opini, karikatur bisa menggiring opini seseorang untuk bersikap pro serta kontra terhadap suatu hal. Dengan ini, karikatur menjadi salah satu sarana yang cukup efektif untuk bisa memunculkan opini karena banyak dimuat di media.

Selain itu sebagai sarana hiburan, gambar-gambar yang dihasilkan oleh seorang karikaturis dengan bentuk yang dilebih-lebihkan mampu membuat orang lain terhibur. Lebih dari itu, karikatur juga berfungsi sebagai pencitraaan. Karikatur bisa digunakan sebagai media pencitraan untuk karakter seseorang.


Jenis Karikatur

Karikatur sendiri hadir dengan berbagai jenis yang bisa disesuaikan dengan selera konsumen. Berikut ini beberapa jenis karikatur yang biasa dijumpai.


1. Karikatur Jurnalistik

Jenis karikatur ini merupakan gambar karikatur yang digunakan untuk menafsirkan sebuah berita di dalam bentuk grafis lengkap dengan sudut pandang kritis.


2. Karikatur Realitas

Jenis karikutur ini membahas beberapa masalah yang ada kaitannya dengan kehidupan sehari-hari.


3. Karikatur Politik

Jenis karikatur satu ini merupakan karikatur yang terkait dengan masalah politik atau beberapa fakta yang ada di dalam kehidupan nyata. Tujuannya tidak lain untuk melebihkan beberapa figur tertentu atau situasai tertentu untuk mengomunikasikan kritik tertentu.


Ciri-ciri Karikatur

Gambar karikatur tentu memiliki ciri-ciri tertentu. Berikut ini beberapa ciri-ciri yang menggambarkan sebuah gambar karikatur:

  • Menyajikan bentuk kepala manusia dalam ukuran lebih besar.
  • Ada beberapa perubahan anatomi, dengan demikian nampak seperti gambar kartun, namun karikatur lebih mirip dengan bentuk wajah aslinya.
  • Bisa dijumpai di media cetak seperi koran, majalah dan poster.
  • Gambar karikatur biasanya menyinggung sebuah peristiwa tertentu.
  • Gambar karikatur lekat dengan nilai humor atau hiburan.

Ahli Karikatur Terkenal


James Gillary

Gambar karikatur karya James Gillary ini sampai menjadikan Napoleon Bonaparte gusar. Bahkan Bonaparte juga menyebut jika Gillary sudah melakukan sesuatu yang lebih besar bahkan melebihi pasukan Eropa yang menjatuhkanku”.


Honore Daumier

Daumeier membuat gambar karikatur yang membuat Lous Philippe resah. Bahkan dirinya juga pernah didakwa dengan pasal penebar kebencian serta penghinaan kepada pemerintah pada waktu itu. Dengan adanya kasus tersebut akhirnya Daumier mendekam di penjara.


Thomas Nast

Karya karikatur dari Nasy yang menggambarkan Willian Tweed dengan judul “The Tammany Hall” juga turut andil jatuhnya pemerintah tersebut. Gambar yang dihasilkan berhasil membuat masyarakat turut menyerang pemerintah.


Perbedaan Karikatur dan Kartun

Orang kerap menyamakan karikatur dengan kartun. Akan tetapi ternyata keduanya memiliki perbedaan. Gambar karikatur adalah sebuah gambar yang dibuat untuk menggambarkan objek yang nyata. Penggambarannya dengan cara membuat bentuk objek berlebihan sehingga menimbulkan sebuah kesan tertentu.

Sedangkan untuk kartun yaitu sebuah gambar yang dihadirkan dengan bentuk yang lucu saat mempresentasikan sebuah peristiwa tertentu. Secara keseluruhan, perbedaannya terletak dalam rangkain ceritanya. Kartun membentuk sebuah rangkaian cerita tertentu, sedangkan karikatur tidak membentuk sebuah rangkaian cerita.

Secara keseluruhan, bisa diambil garis besar jika pengertian karikatur adalah sebuah gambar yang dilebih-lebihkan dengan tujuan tertentu, salah satunya untuk hiburan. Selain itu, sejarah perkembangannya juga sangat menarik untuk dipelajari.

Berikut ini saya berikan gambar karikatur menarik:

Gambar:

Hint

Melalui uraian tentang pengertian karikatur semoga Anda semua bisa memahami lebih jauh mengenai pengertian karikatur dan beberapa ulasan lain terkait di dalamnya. Jangan lupa bagikan artikel ini.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar