Skip to main content
Si Ipung

follow us

Segera berlangganan !! Akan hadir video dan tutorial menarik dari siipung.com dengan cara Subscribe ke youtube, klik Siipung Channel

×

Shutter speed kamera dan contoh penggunaan shutter speed


Shutter speed adalah salah satu dari segitiga exposure, tentunya shutter speed adalah hal penting dalam kamera, bagi kalian yang ingin mahir dalam menggunakan kamera haruslah memahami shutter speed.

Siipung.com akan membahasnya lengkap dari fungsi shutter speed, contoh penggunaan shutter speed hingga cara penerapan shutter speed.


Shutter speed

Shutter speed adalah lamanya waktu rana kamera terbuka, memaparkan cahaya ke sensor kamera. Intinya, berapa lama kamera Anda menghabiskan waktu untuk mengambil foto. Ini memiliki beberapa efek penting dalam bagaimana gambar Anda akan disimpan.

Ketika Anda menggunakan Shutter speed yang panjang, Anda akhirnya mengekspos sensor Anda untuk periode waktu yang signifikan. Efek besar pertama itu adalah gerakan kabur . Jika Shutter speed Anda panjang, subjek yang bergerak dalam foto Anda akan tampak buram di sepanjang arah gerakan. Efek ini digunakan cukup sering dalam iklan mobil dan sepeda motor, di mana ada efek kecepatan dan gerakan diperlihatkan dengan sengaja mengaburkan roda yang bergerak.

Shutter speed lambat juga digunakan untuk memotret objek di malam hari, atau dalam lingkungan yang redup dengan tripod. Fotografer pemandangan mungkin sengaja menggunakan Shutter speed yang panjang untuk menciptakan efek gerakan di sungai dan air terjun, sambil menjaga objek lain agar terlihat tetap tajam.

Di sisi lain, Shutter speed juga dapat digunakan untuk melakukan gerakan freeze. Jika Anda menggunakan Shutter speed yang sangat cepat, Anda dapat menghilangkan gerakan bahkan dari objek yang bergerak cepat, seperti burung saat terbang, atau mobil yang melaju. Jika Anda menggunakan Shutter speed cepat saat mengambil gambar air, setiap tetesan akan terlihat tajam, yang bahkan mungkin tidak terlihat oleh mata kita sendiri.

Singkatnya, Shutter speed cepat membuat aksi freeze, sementara yang lama membuat efek gerakan saat Anda memotret objek yang bergerak.

Cara mengatur Shutter speed

Bagaimana cara mengatur shutter speed ? Mode manual memungkinkan fotografer untuk mengontrol Shutter speed serta ISO dan apertur, tetapi bagaimana jika Anda hanya memahami Shutter speed tanpa memahami ke dalam dua hal tadi? Ada mode untuk itu juga. Mode Shutter priority memungkinkan Anda untuk mengatur Shutter speed, sementara kamera akan mengatur otomatis sisanya. Itu cara yang bagus bagi pemula untuk belajar, tetapi fotografer tingkat lanjut menggunakannya juga untuk lebih simpel atau ketika pencahayaan dapat berubah dengan cepat.

Mode Shutter priority ditetapkan pada tombol mode kamera oleh S atau TV (untuk pengguna Canon dan Pentax). Dalam mode itu, ada kontrol Shutter speed di kanan belakang kamera di dekat ibu jari, (beberapa kamera juga memiliki tombol putar kedua di depan, atau bisa periksa manual kamera anda).

Sebagian besar Shutter speed adalah sepersekian detik, kebanyakan kamera tidak mencantumkan fraksi - sehingga 1/800 ditulis sebagai 800. Jika Shutter speed bukan faksi (yaitu lebih dari satu detik), kecepatan akan sering ditulis dengan tanda kutip atau "- misalnya, 8" adalah Shutter speed delapan detik sedangkan 8 adalah Shutter speed 1/8 detik.

Pada kamera dengan layar LCD di bagian atas, Shutter speed akan sering ditampilkan di sana. Jika DSLR atau mirrorless Anda tidak memiliki layar kedua itu, layar rana sering ditampilkan di layar LCD belakang - dan juga di dalam viewfinder, di bagian bawah atau samping.

Jadi apa yang harus Anda atur pada Shutter speed? Itu tergantung pada seberapa banyak cahaya di tempat kejadian serta seberapa cepat subjek bergerak. Misalnya, fotografer olahraga sering memotret 1/1000.

Shutter speed untuk mengurangi kabur

Saat rana terbuka, gambar sedang diambil - tetapi apa pun yang bergerak saat gambar itu diambil akan kabur. Shutter speed, harus sesuai dengan kecepatan dari apa yang Anda potret (jika Anda ingin menghindari buram). Jika Anda mengambil gambar pertandingan sepak bola pada 1/80, misalnya, para pemain kemungkinan akan kabur saat mereka bergerak. Sebagian besar olahraga diambil dengan Shutter speed yang jauh lebih tinggi - 1/500 atau lebih tinggi. Untuk orang ataupun hewan saat berlari tidak kencang. pengaturan shutter speed adalah 1/250.

Objek buram saat bergerak saat rana terbuka, tetapi jika seluruh kamera bergerak saat rana terbuka, seluruh gambar akan kabur. Ini disebut goyangan kamera. Tripod akan mencegah guncangan kamera, tetapi memotret dengan Shutter speed lambat tanpa tripod akan mengaburkan foto Anda.

Sebagai aturan umum, jangan gunakan Shutter speed yang lebih lambat dari panjang lensa Anda tanpa tripod. Apa artinya? Jika Anda menggunakan lensa 300mm, Shutter speed Anda setidaknya 1/300. Goyangan kamera ditekankan oleh lensa telefoto, jadi semakin panjang lensa Anda, semakin cepat Shutter speed.

Shutter speed untuk efek foto lebih kreatif


Apakah blur selalu membuat foto tidak bagus? Meskipun menggunakan Shutter speed dengan benar dapat membantu mencegah kekaburan yang tidak diinginkan, itu juga dapat membuat sejumlah efek kreatif dengan sengaja mengaburkan gambar.

Blur, di tempat yang tepat, membantu menambah kesan gerakan pada foto. Ketika memotret mobil balap, misalnya, banyak fotografer memilih kecepatan yang cukup cepat untuk mengaburkan ban sambil menjaga tubuh mobil terlihat tajam. Jika bannya tidak buram, mobil itu sepertinya terlihat seperti diparkir di lintasan.

Shutter speed juga dapat digunakan untuk menjaga subjek tetap tajam saat memburamkan latar belakang. Jika Anda mengikuti gerakan subjek saat rana terbuka, subjek akan cukup tajam sementara latar belakang akan buram. Panning adalah teknik yang rumit untuk dikuasai dan membutuhkan sedikit latihan, tetapi itu dapat menciptakan beberapa efek yang bagus. Shutter speed untuk teknik panning sedikit berbeda, tetapi seringkali lebih lambat, sekitar 1/30 atau 1/60.

Sudah paham kan tentang pengertian shutter speed, silahkan Anda coba menerapkan untuk mengambil foto dengan kamera Anda, semoga bermanfaat.

https://photographylife.com/what-is-shutter-speed-in-photography
https://www.creativelive.com/photography-guides/what-is-shutter-speed

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar