Skip to main content
Si Ipung

follow us

Stay home but let your heart should be in a spirit of prayer.

Pengertian Animasi 2D dan tip trik membuat animasi 2D

Pengertian Animasi 2D - Apa sih animasi 2D itu? pasti kita sering melihat melihat serial animasi 2D dimasa kecil kan ? pada artikel kali ini siipung.com akan membahas tentang pengertian animasi 2D, yuk simak artikel selengkapnya.

Sebelum membahas tentang pengertian animasi 2D, yuk baca juga : Apa itu animasi ?

Pengertian Animasi 2D

Pengertian animasi 2D - Sebelum kita masuk ke pengertian animasi 2D, mari kita pahami dulu apa itu 2D. Bentuk 2D adalah suatu sosok atau benda yang memiliki dua dimensi yaitu panjang dan tinggi. Semua bentuk 2D terletak pada permukaan datar, menempatkannya dalam kategori bentuk biasa atau gambar polos. Bentuk 2D memiliki luas, tetapi tidak memiliki volume.

Dalam animasi 2D, setiap aspek video termasuk karakter, objek, dan latar belakang ditampilkan dalam ruang datar dua dimensi.

Bentuk apapun yang memiliki dua dimensi adalah bentuk 2D. Jika Anda ingin memahami atau membuat konsep tentang apa itu 2D, pikirkan tentang sebuah bidang, yang merupakan contoh sempurna dari bentuk semacam itu.

Tidak hanya bentuk, tetapi figur juga bisa 2D. Bentuk 2D hanya akan menjadi satu jika memiliki panjang dan lebar. Jumlah sisi dari bangun-bangun ini bisa sebanyak yang Anda inginkan dan sisinya bisa melengkung sekaligus lurus.

Dalam istilah matematika, konsep seperti 2D dan 3D adalah pengaturan geometris. Dalam 2D, Anda memerlukan dua nilai, dan dalam 3D, Anda memerlukan 3 nilai untuk mengetahui posisi tepat elemen dalam geometri.

Sekarang Anda tahu apa itu 2D, memahami pengertian animasi 2D menjadi sangat sederhana.

Kata animasi menelusuri akarnya kembali ke eksperimen ahli anatomi Italia Luigi Galvani, di mana ia mencoba menstimulasi kaki katak melalui impuls listrik dan kemudian "bergerak". Hal inilah yang menjadi acuan bagi kata Animasi yaitu gerak Hewan.

Pengertian animasi 2D berarti seni bergerak apa pun yang dibuat untuk bekerja dalam ruang dua dimensi. Di dalamnya, gambar individu disatukan dalam urutan dan ketika mereka dimainkan bersama, itu memberikan ilusi film bergerak. Hal ini memungkinkan animator untuk membuat seni bergerak tanpa melibatkan manusia atau pemandangan alam dan membuat semua jenis karakter, makhluk, dan latar belakang sesuai keinginan.

Seperti namanya, animasi 2D berhubungan dengan objek dan gambar 2D, yang hanya dapat diukur dari tinggi dan lebarnya.

Video animasi 2D digunakan sebagai media artistik untuk bercerita dan menyampaikan pesan melalui karakter dan objek yang bergerak dalam lingkungan dua dimensi.

Aspek kunci dari Layanan animasi 2D termasuk:

  • Membuat sketsa desain
  • Mendesain karakter
  • Mengembangkan papan cerita
  • Membuat efek khusus
  • Adegan animasi
  • Latar belakang transisi

Tujuan dari video animasi adalah untuk mengkomunikasikan cerita atau pesan secara jelas dan melibatkan penonton dengan menciptakan pengalaman visual yang koheren.

Setelah memahami tentang pengertian animasi 2D selanjutnya kita bahas tentng kelebihan animasi 2D dan kekurangan animasi 2D.


Lebih lengkap : Pengertian Animasi


Kelebihan Animasi 2D Adalah :

Biaya Produksi Lebih Murah - Jika dibandingkan dengan animasi 3D, animasi 2D adalah alternatif yang hemat biaya.

Produksi cepat - Animasi 2D lebih cepat diproduksi, membuat pembuatan konten video lebih cepat.

Animasi 2D tidak terlalu rumit – Animasi 2D tidak bergantung pada teknologi dan perangkat lunak, membuatnya lebih mudah diproduksi daripada animasi 3D.


Kekurangan Animasi 2D Adalah :

Animasi 2D bisa menjadi membosankan - Animasi 2D sangat bergantung pada efek pendukungnya untuk memastikannya menarik dan seringkali bisa menjadi membosankan.

Permintaan yang lebih sedikit - Saat animasi 3D semakin populer, permintaan akan konten 2D dalam industri film terpukul dengan karya-karya klasik 2D yang dibuat ulang dalam 3D.


Sejarah Animasi 2D

Sejarah animasi 2D - Animasi 2D adalah proses pembuatan ratusan gambar dan kemudian dianimasikan dengan memutarnya secara berurutan. Ini adalah bentuk animasi yang paling umum, dan telah digunakan selama beberapa dekade di beberapa bentuk media.

Animasi 2D tradisional melibatkan pembuatan gambar dan kemudian membuat gambar kedua dari hal yang sama, tetapi dengan perubahan yang sangat halus (seperti mulut tertutup ke mulut terbuka atau orang yang mengambil satu langkah kaki). Ratusan, jika tidak ribuan, gambar unik dibuat yang dimulai dari awal adegan hingga akhir adegan. Gambar-gambar tersebut kemudian ditampilkan dalam urutan yang sangat cepat (biasanya 24 bingkai, atau gambar unik, per detik). Ini memberikan ilusi bahwa banyak gambar diam membentuk animasi yang lancar dan lengkap.

Proses animasi ini telah dilakukan selama lebih dari 100 tahun. Meskipun Walt Disney sering dikreditkan dengan membuat animasi 2D dengan Mickey Mouse, dia bukanlah orang pertama yang membuat animasi 2D. Animasi 2D pertama yang pernah dibuat berjudul Fantasmagorie, kartun pendek yang dibuat oleh Emile Cohl. Dibuat seluruhnya dalam warna hitam dan putih, kartun ini dimulai dengan Emile menggambar seorang pria tongkat sederhana dalam aksi langsung. Animasi dimulai saat pria tongkat jatuh dari sebuah batang. Kartun itu memiliki beberapa adegan singkat di dalamnya, termasuk seorang pria terjebak di teater di belakang seorang wanita bertopi besar, dan pria tongkat melompat keluar dari sebuah kotak kecil. Kartun berakhir dengan pria tongkat yang mengendarai kuda dari layar. Kartun ini berdurasi sekitar 75 detik dan membutuhkan sekitar 700 gambar berbeda untuk dibuat. Animasi bersejarah ini dirilis pada tahun 1908,

Beberapa perusahaan di tahun 1930-an-1970-an (biasanya disebut sebagai "Zaman Keemasan" animasi) terkenal di dunia karena kartun mereka yang berkualitas tinggi dan menghibur, termasuk Disney (pencipta Mickey Mouse, Donald Duck, Goofy, dan fitur yang tak terhitung jumlahnya film panjang), Warner Brothers (pembuat Looney Tunes yang membintangi Bugs Bunny, Daffy Duck, dan Porky Pig) dan Hanna-Barbera (yang membuat beberapa kartun televisi selama tahun 50-an-70-an, terutama The Flinstones dan Scooby Doo) . Perusahaan-perusahaan ini membantu menyebarkan dan mempopulerkan penggunaan Animasi 2D.

Pada 1960-an, animasi 2D menyimpang dari bioskop dan pindah ke layar TV. Beberapa serial kartun dibuat selama periode ini, termasuk The Jetsons dan The Flinstones, program animasi pertama yang sukses di TV prime-time. Kartun juga jauh lebih lama, dari kartun 5-10 menit menjadi kartun 20-25 menit. Untuk menekan biaya, beberapa jalan pintas dibuat. Ini sering kali hanya melibatkan gerakan satu bagian layar per bingkai (biasanya mulut yang berbicara) dan tidak ada yang lain. Beberapa kartun Hannah-Barbera terkenal terkenal karena mengulang-ulang latar belakang yang sama, biasanya ketika karakter sedang berjalan atau mengemudi. Meskipun animasi ini tidak sehalus dan serumit animasi teatrikal, mereka masih cukup bagus untuk meyakinkan dan menghibur ribuan orang di seluruh dunia.

Pada akhir 80-an dan 90-an, kartun mulai bergeser ke arah demografi yang lebih tua. Contoh besar pertama adalah The Simpsons, yang memulai debutnya pada tahun 1989. Kartun ini terkenal sebagai salah satu kartun pertama yang menangani situasi yang sangat dewasa dan konflik kehidupan nyata, termasuk alkohol, seks, dan kekerasan. Banyak orang tua yang marah ketika acara ditayangkan pertama kali, khawatir anak-anak akan mendapatkan ide-ide buruk dari melihat materi pelajaran yang “bukan milik” dalam kartun animasi. Meskipun ada beberapa kekhawatiran, pertunjukan itu langsung sukses. Pertunjukan tersebut mendapat peringkat tinggi, menghasilkan banyak uang dalam barang dagangan, dan membuktikan bahwa kartun tidak selalu harus untuk anak kecil. Hal ini menyebabkan terciptanya beberapa kartun animasi lain yang ditujukan untuk remaja atau orang dewasa, termasuk South Park, Futurama, dan Family Guy.

Dari akhir 90-an hingga hari ini, animasi 2D masih sangat menonjol. Beberapa kartun masa kini, termasuk Spongebob Squarepants, menggunakan komputer untuk membantu membuat animasi 2D. Sel animasi saat ini sering difoto dan disimpan secara digital, memungkinkan pengaturan dan penyimpanan sel yang mudah. Proses ini juga dapat digunakan untuk menambahkan warna ke karakter secara digital, daripada harus mengecat setiap bingkai dengan tangan. Beberapa kartun juga menggabungkan penggunaan animasi 2D dan 3D, termasuk episode The Simpsons dan Family Guy yang lebih baru.

Animasi juga bisa sepenuhnya digital. Program seperti Adobe Flash dapat membuat seluruh animasi hanya dengan menggunakan komputer. Flash juga dapat membuat bingkai di antara secara otomatis, sangat mengurangi jumlah gambar unik yang perlu dibuat. Satu keuntungan besar menggunakan program komputer adalah beberapa hal kecil, seperti warna dan kecepatan bingkai, dapat diubah dalam sekejap. Ini memberi pengguna kendali penuh atas kartun mereka. Animasi 2D digital menjadi sangat populer dan menonjol.

Animasi 2D telah berkembang pesat. Dari Fantasmagorie pada tahun 1908 hingga kartun dan animasi Flash yang tak terhitung jumlahnya saat ini, animasi 2D telah membawa pemirsa ke dunia dan tempat yang fantastis yang hanya mungkin dipikirkan melalui imajinasi. Proses yang memakan waktu ini menjadi lebih mudah seiring dengan berlalunya waktu. Meskipun animasi 3D menjadi sangat populer, akan selalu ada tempat untuk animasi 2D.


Jenis Animasi 2D Populer



Di sini kita akan melalui ikhtisar dari beberapa jenis yang lebih populer.


Video 2D Explainer

Video explainer 2D adalah salah satu gaya animasi 2D paling populer yang membantu menyederhanakan konsep atau layanan yang jika tidak akan terlalu membosankan untuk dibaca orang. Video penjelasan dibuat untuk kesadaran publik tentang suatu produk atau layanan, mengapa mereka harus menggunakannya, bagaimana menggunakannya, dan untuk menampilkan proposisi unik layanan kepada klien potensial.


Video Papan Tulis Animasi (Animated Whiteboard Videos)

Animated Whiteboard Videos juga merupakan media penyadaran dan sering digunakan untuk dua hal.

  • Menunjukkan bagaimana suatu produk dibuat
  • Meningkatkan kesadaran tentang suatu produk dan cara menggunakannya.

Ada juga kasus penggunaan lain, tetapi ini yang paling populer. Animated Whiteboard Videos menggunakan pena kuno dan nuansa papan tulis, memberikan nostalgia kepada pemirsa tentang ruang kelas lama mereka saat menggunakan skrip kreatif untuk menyampaikan pesan atau meningkatkan kesadaran.


Demo Produk

Video Demo Produk cukup jelas dengan judulnya. Mereka terbiasa memperkenalkan produk atau platform baru kepada calon pengguna untuk memberi mereka wawasan tentang nilai yang dapat ditambahkannya ke dalam hidup mereka.

Sebagian besar digunakan untuk menunjukkan masalah unik yang dapat dipecahkan oleh produk, video ini adalah alat yang efektif untuk membuat klien Anda tertarik dengan produk baru yang Anda rilis. Jika Anda siap untuk meluncurkan produk baru ke pasar, video demo produk dapat membantu membuat digunakan untuk tujuan pemasaran untuk menciptakan sensasi pra-peluncuran untuk meningkatkan pendapatan Anda melalui lebih banyak keterlibatan pengguna dan unduhan.


Contoh animasi 2D

Beberapa animasi 2D populer yang terkenal meliputi:

  • Looney Tunes (Bugs Bunny, Daffy Duck, Elmer Fudd)
  • Disney Klasik (Putri Salju, Buku Hutan, Putri Duyung Kecil)
  • Acara TV (The Simpsons, Family Guy, South Park, Rick dan Morty)
  • Dan anime seperti Naruto, DragonBall

Animasi 2D adalah metode animasi tradisional yang telah ada sejak akhir tahun 1800-an. Ini adalah satu gambar yang diikuti oleh gambar lainnya dengan pose yang sedikit berbeda, diikuti gambar lainnya dengan pose yang sedikit berbeda, seterusnya, dan seterusnya, pada 24 bingkai per detik.

Secara tradisional, gambar-gambar ini disatukan dalam proses yang luar biasa di mana seniman menggambar gambar pensil dari setiap bingkai film, kemudian gambar-gambar ini dilukis pada lembaran plastik bening yang disebut 'cels', dan masing-masing dari ribuan sel yang digambar tangan dan dilukis ini difoto. satu per satu di atas gambar latar yang dilukis dengan tangan, dan ribuan gambar tersebut dikompilasi untuk dijalankan sebagai film dengan kecepatan 24 bingkai per detik.

Saat ini, sebagian besar animator 2D menggunakan perangkat lunak komputer sampai tingkat tertentu, dengan aplikasi mulai dari mewarnai sel secara digital untuk difoto dengan metode tradisional, hingga menyusun setiap elemen animasi dalam antarmuka komputer.


Baca juga : Apa itu Kartun


Proses pembuatan animasi 2D

Bagaimana Animasi 2D Dibuat?

Ada 2 jenis proses animasi . Ada proses animasi 2D dan ada proses animasi 3D. Kami akan berfokus pada proses animasi 2D yang dapat Anda ikuti untuk membuat video animasi 2D.

Animasi 2D memerlukan penggunaan alat animasi 2D khusus dan mengikuti proses yang ditetapkan termasuk aspek seperti Storyboarding, animasi, tata letak, audio, visual, dll. Animator merupakan bagian integral dari keseluruhan proses, melakukan segalanya mulai dari membuat sketsa kasar awal ide untuk finalisasi video.

Pekerjaan ini hanyalah salah satu bagian dari jalur produksi, yang terbagi menjadi tiga bagian: pra produksi, produksi, dan pasca produksi:


Pra-Produksi

Praproduksi menandai tahap pertama pembuatan segala jenis animasi. Pada tahap ini, tim animator bekerja dengan penulis untuk mengunci cerita dan naskah animasinya.

Selanjutnya, mereka mendesain karakter video, membuat storyboard, memilih tema warna, dan membuat latar belakang video.

Dengan semua ini, tim menetapkan blok bangunan untuk proses utama.

Ada beberapa hal penting yang perlu diingat pada tahap ini. Naskah yang Anda kerjakan harus mengarahkan tindakan visual dan alur cerita video. Ini membantu membuat papan cerita, yang mewakili urutan peristiwa yang seharusnya diikuti oleh video.

Untuk membuat karakter dan background, proses desain biasanya dilakukan dalam dua langkah. Pertama, tim desain membuat sketsa sederhana dari karakter dan elemen lainnya. Setelah tim puas dengan sketsa awal, ini kemudian diubah menjadi desain dan gambar yang detail.

Setelah selesai, tim memilih tema warna untuk video, dengan mempertimbangkan objek dan elemen serta strategi pencahayaan untuk video.

Ini menyelesaikan fase praproduksi untuk membuat animasi 2D.


Produksi

Selama produksi, tujuannya adalah untuk mengumpulkan elemen-elemen yang dibuat dan menyatukannya untuk menghasilkan adegan animasi.

Mulai dari melukis latar belakang, menghidupkan aksi dan aktivitas karakter hingga merancang adegan dan membuat animasi kasar adalah bagian dari prosesnya.

Untuk pekerjaan yang lebih kompleks, pelacakan animasi dan inbetweening juga dilakukan selama produksi.

Inilah yang dibutuhkan oleh kedua proses ini.

Pelacakan melibatkan pembersihan animasi kasar baik pada lapisan animasi baru atau secara langsung atau di atas lapisan yang sama dengan warna berbeda.

Di sisi lain, Inbetweening seperti mengoles mesin. Inbetweening melibatkan penambahan frame transisi antara dua mainframe untuk membuat animasi terlihat mulus.

Selanjutnya, tugas-tugas kecil seperti menambahkan warna pada desain juga diselesaikan pada tahap ini.

Agar berhasil menyelesaikan tugas ini, animator dapat membuat lembar eksposur dengan instruksi adegan demi adegan lengkap. Sheet ini dibagi menjadi 5 bagian:

  1. Lapisan Animasi
  2. Latar belakang
  3. Waktu dan Tindakan
  4. Lihat Perspektif
  5. Dialog Latar Belakang dan Musik.

Tahap selanjutnya adalah menggabungkan elemen sesuai dengan lembar eksposur. Ini disebut proses pengomposisian. Di sini, tim akan menambahkan latar belakang, suara, efek, bingkai, sorotan, dan hal lain yang mereka butuhkan untuk menyelesaikan adegan.


Pasca Produksi

Dalam pascaproduksi, tim animasi melakukan semua pengeditan akhir dari animasi 2D. Pada fase ini, fokus utamanya adalah pada peningkatan. Dari efek suara hingga panjang bingkai, untuk memastikan bahwa dampak pesan video jelas dan berdampak, memberi pemirsa sesuatu yang layak untuk dilibatkan.

Setelah semuanya selesai, versi ini kemudian dirender dan dikompresi menjadi file video untuk format yang berbeda.

Untuk pemula, ini adalah rincian proses animasi tingkat permukaan. Setiap tugas yang disebutkan di atas melibatkan teknik kompleks yang dapat Anda pelajari untuk memulai perjalanan Anda ke dunia animasi 2D.


Tip dan Trik Animasi 2D



Animasi 2D atau jenis animasi lainnya, tujuan pembuatnya adalah membuatnya lebih realistis dan mengesankan. Tapi bagaimana cara membuat gambar tak bernyawa lebih nyata dan hidup? Animator Disney Ollie Johnston dan Frank Thomas menyarankan 12 prinsip animasi :

  1. Squash and stretch - berikan bobot dan volume pada karakter Anda saat mereka bergerak
  2. Anticipation - beri tahu penonton tentang tindakan besar yang akan terjadi
  3. Staging - ungkapkan niat yang jelas dari karakter Anda melalui setiap pose atau tindakan
  4. Straight ahead action and pose to pose - pilih salah satu teknik membuat animasi: gambar pose kunci lalu tambahkan pose transisi, atau buat setiap adegan satu demi satu
  5. TFollow through and overlapping action - perhatikan gerakan karakter, karena beberapa bagian bergerak lebih cepat dari yang lain dan ketika karakter berhenti, beberapa bagian tubuh masih terus bergerak.
  6. Slow in and slow out  - untuk membuat tindakan lebih realistis, gambar lebih banyak bingkai di awal dan di akhir tindakan dan lebih sedikit bingkai di tengah.
  7. Arc - tambahkan gerakan sedikit melingkar pada tindakan karakter
  8. Secondary action - untuk menekankan tindakan utama, gunakan tindakan sekunder yang menambah keaktifan di dalamnya
  9. Timing - sesuaikan waktu adegan dengan membuatnya lebih lambat atau lebih cepat
  10. Exaggeration - menggunakan berlebihan dalam gerakan juga membantu untuk menekankan beberapa poin dan ide-ide
  11. Solid drawing - meskipun karakter digambar dalam ruang dua dimensi, mereka harus terlihat seperti bentuknya memiliki bobot tertentu 
  12. Appeal - pastikan untuk membuat karakter yang menarik, sehingga penonton akan tertarik untuk menontonnya

Salah satu tip terpenting yang perlu Anda ingat adalah: rencanakan setiap detail animasi 2D Anda. Bayangkan bagaimana Anda ingin menampilkan semua adegan dan aktivitas, bagian mana yang harus ditekankan, menentukan aksi utama dan sekunder, mengembangkan setiap karakter, dan memastikan untuk membuat catatan. 


Software untuk membuat animasi 2D



CrazyTalk Animator (CTA)

CrazyTalk Animator (CTA) adalah perangkat lunak animasi 2D termudah di dunia yang memungkinkan semua tingkatan pengguna untuk membuat animasi profesional. Dengan CTA3, siapa pun dapat langsung menghidupkan gambar, logo dengan menerapkan efek Gerak Elastis, atau salah satu dari banyak templat gerak yang tersedia. Untuk bagian karakter, CTA3 dibangun dengan templat karakter 2D, perpustakaan gerak yang berharga, editor tulang rig 2D yang kuat, boneka wajah, dan alat sinkronisasi bibir audio untuk memberi pengguna kontrol yang tak tertandingi saat menganimasikan perangkat lunak pembuat kartun 2D berbicara karakter untuk video, web , game, aplikasi, dan presentasi. Animator Kartun 4(sebelumnya dikenal sebagai CrazyTalk Animator) adalah perangkat lunak animasi 2D yang dirancang untuk kemampuan masuk dan produktivitas. Anda dapat mengubah gambar menjadi karakter animasi, mengontrol karakter dengan ekspresi Anda, menghasilkan animasi lip-sync dari audio, menyelesaikan adegan paralaks 3D, menghasilkan efek visual 2D, mengakses sumber konten, dan menggunakan pipa photoshop yang komprehensif untuk menyesuaikan karakter dengan cepat dan membuat konten.


Adobe Character Animator

Character Animator menggunakan ekspresi dan gerakan Anda untuk menghidupkan karakter dalam waktu nyata. Ini sangat cepat, Anda dapat melakukan live streaming saat bekerja, untuk membuat penonton kagum di setiap langkahnya. Ubah seni apa pun menjadi karakter animasi dengan webcam Anda, diberdayakan oleh Adobe Sensei AI. Impor seni dari Illustrator dan Photoshop, atau mulai dengan templat karakter bawaan. Kontrol gerakan seperti melambai dengan keyboard atau perangkat MIDI Anda. Gerakan dapat disimpan sebagai tombol, sehingga lebih mudah diingat daripada perintah tombol. Juga, periksa Perangkat Lunak Animasi Adobe 2d


Adobe Animate

Animasi interaktif Adobe Animate Design untuk game, acara TV, dan web. Hidupkan kartun dan iklan spanduk. Buat orat-oret dan avatar animasi. Dan tambahkan tindakan ke konten eLearning dan infografis. Dengan Animate, Anda dapat dengan cepat memublikasikan ke berbagai platform dalam format apa saja, dan menjangkau pemirsa di layar mana pun. Jangkau pemirsa Anda di desktop, seluler, dan TV dengan mengekspor animasi Anda ke berbagai platform, termasuk HTML5 Canvas, WebGL, Flash / Adobe AIR, dan platform khusus seperti SVG. Anda dapat memasukkan kode tepat di dalam proyek Anda dan bahkan menambahkan tindakan tanpa harus membuat kode.


Autodesk Sketchbook

Di Autodesk Sketchbook , kami percaya kreativitas dimulai dengan sebuah ide. Dari sketsa konseptual cepat hingga karya seni yang sepenuhnya selesai, sketsa adalah inti dari proses kreatif. Anda tidak pernah tahu kapan ide hebat akan muncul, jadi akses ke alat sketsa kreatif yang cepat dan kuat adalah bagian tak ternilai dari proses kreatif apa pun.


ToonBoom Harmoni

ToonBoom Harmoni Dalam hal produksi digital, Toon Boom Harmony adalah standar emas yang digunakan untuk menilai semua perangkat lunak animasi 2D. Harmoni adalah perangkat lunak paling kreatif namun efisien yang pernah dibuat untuk animasi - itulah mengapa ini menjadi standar industri.


2D drafting and drawing

2D drafting and drawing adalah proses membuat dan mengedit gambar teknis, serta membuat anotasi desain. Perancang menggunakan perangkat lunak desain berbantuan komputer (CAD) untuk mengembangkan denah lantai, gambar izin bangunan, rencana inspeksi bangunan, dan tata letak lansekap.

Perangkat lunak CAD untuk drating 2D dapat digunakan untuk merancang desain lebih cepat dan dengan presisi yang lebih tinggi, tanpa menggunakan stensil dan instrumen gambar teknis. Perangkat lunak CAD 2D juga memungkinkan pengguna untuk mendokumentasikan dan membuat anotasi gambar dengan teks, dimensi, pemimpin, dan tabel.


Powtoon

Powtoon Lebih Baik dari Video! Libatkan, jelaskan, dan jual dengan dampak hanya menggunakan PowToon yang singkat dan sederhana. Mereka terbukti lebih efektif daripada bentuk komunikasi video atau teks lainnya untuk menarik perhatian di tempat kerja.


Synfig

Synfig mendukung banyak lapisan dari berbagai jenis; geometris, gradien, filter, distorsi, transformasi, fraktal dan beberapa lainnya. Synfig memiliki fitur dasar untuk menyinkronkan animasi Anda dengan soundtrack menggunakan Sound Layer. Pengguna Linux bisa mendapatkan semua manfaat dari editor audio berfitur lengkap melalui integrasi JACK. Synig juga tersedia di GitHub sebagai kode sumber terbuka gratis.


Animaker 

Animaker adalah platform untuk pemula, non-desainer & profesional untuk membuat

video Animasi  dan Live-Action untuk setiap momen dalam hidup kita. Animaker membantu lebih dari 5 juta orang membuat video keren sendiri! Dan dipercaya oleh beberapa merek ternama dunia.


CelAction2D 

CelAction2D adalah software animasi 2D profesional untuk film, serial TV dan iklan. Ini adalah perangkat lunak pilihan bagi banyak animator terkemuka, dan mewakili mutakhir dalam produksi volume tinggi dan berkualitas tinggi. Menggunakan vektor dan / atau bitmap, model karakter dapat dicurangi menjadi kerangka sehingga animasi dapat diubah dan digunakan kembali dengan mudah. Pergerakan kerangka juga dapat secara otomatis di antara dalam berbagai cara, membuat animasi lebih cepat dari sebelumnya.


Flipbook

FlipBook Membuat Animasi Lebih Mudah Untuk Dipelajari karena sangat mudah digunakan tetapi juga dirancang untuk membantu Anda mempelajari prinsip-prinsip animasi.

Ini mudah karena segala sesuatunya berjalan seperti yang Anda harapkan. Gambarlah dengan pensil, cat dengan kuas atau isi dengan ember. Klik Mainkan untuk menontonnya diputar. Ingin menambahkan suara, cukup seret file suara ke xsheet. Anda tidak perlu menghabiskan berjam-jam membaca manual atau melalui berminggu-minggu trial and error mencoba untuk mencari cara kerjanya. Anda hanya melakukan apa yang masuk akal dan itu akan berhasil. Dan jika Anda membutuhkan bantuan, cukup periksa halaman FlipBook di situs web kami untuk semua video tutorial fitur.


Moho Pro

Moho Pro Semua yang Anda butuhkan untuk membuat animasi profesional yang menakjubkan. Moho ™ Pro 12 (sebelumnya Anime Studio Pro) menawarkan sistem rigging 2D paling kuat yang ada di pasaran dan menggabungkannya dengan alat animasi tradisional, memungkinkan untuk mendapatkan hasil profesional dengan lebih mudah dan lebih cepat.


Brash Monkey

Brash Monkey Gunakan file animasi Spriter Anda langsung di game Anda untuk memanfaatkan animasi tween yang sangat halus dan menghabiskan sebagian kecil dari memori. Karakter pemain yang tiba-tiba dapat disesuaikan dan bos besar di layar yang beranimasi dengan mulus sangat mudah.


Pencil2D

Pencil2D menggunakan antarmuka gambar bitmap / vektor untuk menghasilkan grafik 2D serta animasi sederhana. Pensil ditulis dalam C ++ dan berbasis Qt, serta dilisensikan di bawah Lisensi Publik Umum GNU .


TVPaint Animation 

TVPaint Animation adalah software 2D berbasis teknologi bitmap . Berkat teknologi ini, Anda dapat menganimasikan rendering alami (guas, cat air, lukisan cat minyak, krayon, pena…) secara tradisional (gambar demi gambar). Animasi TVPaint tidak memaksakan gaya grafis atau alur kerja. Jangan ragu untuk mencampur animasi di atas kertas dan animasi digital, melakukan rotoscopy, menggunakan perangkat lunak yang berbeda atau cukup buat proyek Anda dengan TVPaint Animation sepenuhnya.


Perbedaan animasi 2D dengan animasi 3D

Perbedaan Penampilan Kedalaman

Salah satu perbedaan paling jelas antara Animasi 2D dan 3D adalah tampilan kedalaman atau fitur tiga dimensi. Animasi 2D adalah animasi datar di mana semua tindakan terjadi dalam sumbu x dan y. Di sisi lain, 3D melibatkan dimensi ekstra dan itu adalah sumbu z. Animasi 2D Tradisional adalah prosedur di mana gambar digambar dengan tangan dengan setiap gambar menunjukkan beberapa perubahan halus dari gambar lainnya. Gambar-gambar ini, saat diputar ulang secara berurutan, menciptakan ilusi gerakan. Ketika datang ke 3D, semuanya dilakukan dengan bantuan komputer dan bahkan diekspor ke komputer. Itu dihasilkan dengan mengubah penempatan dan pose model 3D yang sudah dibuat. Adegan yang dihasilkan dapat dengan mudah dilihat dari sejumlah sudut.


Perbedaan Teknik yang Digunakan untuk Membuat Animasi

Ada berbagai jenis teknik yang digunakan untuk membuat objek animasi 2D dan 3D dan ini adalah perbedaan utama lainnya antara Animasi 2D dan 3D. Rotoscopy, Anime, onion skimming, twining dan morphing adalah teknik utama yang digunakan dalam Animasi 2D. Di sisi lain, Animasi 3D melibatkan penggunaan teknik seperti sketsa penampilan, pembangunan arena, pemodelan penampilan, pengurangan, pengaturan kamera, tekstur, perubahan dan ikatan dan rendering.


Investasi Waktu dalam Membuat Animasi 3D dan 2D

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat Animasi 3D dan 2D sepenuhnya tergantung pada tugasnya. Ada beberapa tugas yang dapat dibuat dengan sangat cepat sementara ada tugas lain yang membutuhkan waktu. Investasi waktu juga tergantung pada permintaan klien dan berbagai faktor kreatif yang digunakan untuk membuat animasi. Perlu dicatat bahwa membuat 3D membutuhkan lebih banyak waktu. Hal ini karena; ini adalah prosedur terperinci yang melibatkan karakter yang memiliki masa hidup yang panjang. Animasi 2D juga dapat dibuat dengan cepat untuk video tertentu sementara pekerjaan untuk seluruh tugas didistribusikan secara merata di seluruh prosedur. Membuat Animasi 3D membutuhkan pemahaman yang sangat kuat dan jelas tentang keseluruhan tugas antara animator dan klien. Ini karena banyak pekerjaan yang dilakukan selama prosedur rigging awal. Ini adalah prosedur dimana komputer mengkompilasi pekerjaan animasi dalam format video yang membutuhkan waktu. Animasi 2D juga membutuhkan waktu karena animator perlu menggambar posisi dan sudut baru untuk rig karakter dalam Animasi 2D


Parameter Animasi 2D Animasi 3D
Penampilan Animasi 2D adalah animasi datar dan terdiri dari sumbu X dan Y. X adalah dimensi horizontal sedangkan Y adalah dimensi vertikal. Animasi 3D terdiri dari sumbu X, Y dan Z. X untuk tinggi, Y untuk lebar dan Z untuk kedalaman.
Penerapan Banyak digunakan dalam film animasi 2D, video, situs web, demonstrasi teknik, dan video game. Banyak digunakan dalam film animasi 3D, arsitektur, medis dan video game.
Biaya Sangat masuk akal dan hemat biaya. Mahal jika dibandingkan dengan animasi 2D.
Daya tarik yang realistis Bentuk animasi ini terdiri dari bingkai dan tidak memiliki daya tarik yang realistis. Animasi 3D terdiri dari gerakan dan memiliki daya tarik yang realistis.

Kesempatan berkarir

Karena industri yang sangat beragam, animator dapat memilih untuk mengerjakan film fitur, acara TV, video game, serta untuk perusahaan produksi dan biro iklan yang memproduksi konten 2D untuk iklan, aplikasi seluler, dan situs web.

Penting untuk dicatat bahwa jika Anda mempelajari animasi 2D, Anda belum tentu menjadi "animator". Ada banyak jenis pekerjaan di industri ini. Dan dengan teknologi yang berkembang begitu cepat, pekerjaan baru selalu tercipta.

Beberapa dari banyak peran yang berbeda meliputi:

  • Animator
  • Animation Supervisor
  • Animation Director
  • Games Developer
  • Character Designer
  • Storyboard Artist
  • Illustrator
  • Graphic designer
  • Motion designer

Seniman 2D juga dapat bertransisi ke 3D jika mereka memilihnya, meskipun akan lebih sulit untuk beralih sebaliknya.


Itulah ulasan tentang pengertian animasi 2D dari siipung.com , semoga bermanfaat dan jangan lupa bagikan artikel ini.


You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar