Skip to main content
Si Ipung

follow us

Segera berlangganan !! Akan hadir video dan tutorial menarik dari siipung.com dengan cara Subscribe ke youtube, klik Siipung Channel

×

Pengertian animasi, jenis animasi, sejarah animasi, contoh animasi

Pengertian animasi adalah - Animasi kini sering kita jumpai baik dalam hiburan maupun untuk media periklanan, namun tidak hanya itu, animasi banyak sekali kegunaannya.

Dalam pembahasan kali ini siipung.com akan menjelaskan tentang pengertian animasi, fungsi animasi, jenis animasi, manfaat animasi sampai cara membuat animasi.


Pengertian animasi

Pengertian animasi adalah sebuah gambar yang telah melalui proses sehingga menjadi bergerak. Animasi adalah gambar biasa namun dengan hasil manipulasi dan perhitungan pergerakan akhirnya gambar bisa terlihat hidup dan bergerak.

Dalam animasi tradisional digambar pada lembaran seluloid transparan untuk difoto dan dipasang pada film. Di era modern ini animasi dibuat menggunakan teknologi CGI (Computer Generated Imegery) , animasi pada komputer juga bisa menghasilkan animasi 3D.


Pengertian animasi menurut para ahli

Berikut ini pengertian animasi menurut para ahli :

1. Pengertian animasi menurut Agus Suheri gagasan animasi adalah kumpulan gambar yang telah diproses sedemikian rupa sehingga bisa menghasilkan gerakan.

2. Pengertian animasi menurut Ibiz Fernandes gagasan animasi adalah proses merekam dan memutar ulang serangkaian gambar statis untuk mendapatkan ilusi gerakan.

Itulah pengertian animasi menurut para ahli, meski pengertian animasi sedikit berbeda dari beberapa ahli tersebut, namun intinya tetap sama yaitu sekumpulan gambar yang terangkai sampai menciptakan sebuah ilusi gerakan.

Selain pengertian animasi,
Ada juga yang menarik yaitu : Pengertian karikatur


Sejarah animasi

Sejarah animasi:

Hint

Setelah membahas tentang pengertian animasi sekarang mari kita bahas tentang sejarah animasi. Sejarah animasi dimulai jauh sebelum perkembangan sinematografi. Manusia mungkin telah berusaha menggambarkan gerakan sejauh periode Paleolitik. Permainan bayangan dan lentera ajaib menawarkan pertunjukan populer dengan gambar bergerak sebagai hasil manipulasi dengan tangan dan / atau beberapa mekanik kecil.

Sebuah mangkuk tembikar berusia 5.200 tahun yang ditemukan di Shahr-e Sukhteh , Iran , memiliki lima gambar berurutan yang dilukis di sekitarnya yang tampaknya menunjukkan fase seekor kambing melompat untuk menggigit pohon. Pada tahun 1833, phenakistiscope memperkenalkan prinsip stroboskopik dari animasi modern, yang juga akan memberikan dasar untuk zoetrope (1866), buku flip (1868), praxinoscope (1877) dan sinematografi.

Charles-Émile Reynaud lebih lanjut mengembangkan proyeksi praksinosasinya ke Théâtre Optique dengan gambar-gambar berwarna transparan yang dilukis dengan tangan dalam luka panjang berlubang di antara dua gulungan, yang dipatenkan pada Desember 1888. Dari 28 Oktober 1892 hingga Maret 1900, Reynaud memberikan lebih dari 12.800 pertunjukan kepada total lebih dari 500.000 pengunjung di Musée Grévin di Paris. Nya pantomim Lumineuses serangkaian film animasi masing-masing berisi 300-700 frame yang dimanipulasi bolak-balik ke terakhir 10 sampai 15 menit per film. Musik piano, lagu, dan beberapa dialog dilakukan secara langsung, sementara beberapa efek suara disinkronkan dengan elektromagnet.

Setelah sinematografi menjadi media yang populer, beberapa produsen mainan optik mengadaptasi lentera ajaib kecil menjadi proyektor film mainan untuk putaran film pendek. Pada tahun 1902, mereka memproduksi banyak loop film chromolithography , biasanya dengan melacak rekaman film live-action (seperti teknik rotoscoping kemudian ).

Beberapa pembuat film awal, termasuk J. Stuart Blackton , Arthur Melbourne-Cooper , Segundo de Chomón dan Edwin S. Porter bereksperimen dengan animasi stop-motion, mungkin sejak sekitar 1899. The Haunted Hotel Blackton (1907) adalah kesuksesan besar pertama yang membingungkan penonton. dengan benda-benda yang tampaknya bergerak sendiri dan menginspirasi pembuat film lain untuk mencoba teknik ini.

J. Stuart Blackton juga bereksperimen dengan animasi yang digambar di papan tulis dan beberapa animasi potongan dalam Humorous Phases of Funny Faces (1906).

Pada tahun 1908, Fantasmagorie milik Émile Cohl dirilis dengan tampilan chalkline putih-hitam yang dibuat dengan cetakan negatif dari gambar tinta hitam di kertas putih. Film ini sebagian besar terdiri dari sosok tongkat yang bergerak dan bertemu semua jenis benda morphing , termasuk botol anggur yang berubah menjadi bunga.

Terinspirasi oleh film berhenti-gerak Émile Cohl, Les allumettes animées [Animated Matches] (1908), Ladislas Starevich mulai membuat animasi boneka yang berpengaruh pada tahun 1910.

Winsor McCay 's Little Nemo (1911) menampilkan gambar yang sangat rinci. His Gertie the Dinosaur (1914) juga merupakan contoh awal pengembangan karakter dalam animasi yang digambar.

Selama 1910-an, produksi film pendek animasi, yang dikenal sebagai " kartun ", menjadi sebuah industri dan celana pendek kartun diproduksi untuk ditampilkan di bioskop. Produser yang paling sukses pada saat itu adalah John Randolph Bray , yang, bersama dengan animator Earl Hurd , mematenkan proses animasi cel yang mendominasi industri animasi selama sisa dekade ini.

El Apóstol (Bahasa Spanyol: "The Apostle") adalah film animasi Argentina tahun 1917 yang menggunakan animasi potongan, dan film fitur animasi pertama di dunia. Api yang menghancurkan studio film produser Federico Valle membakar satu-satunya salinan El Apóstol yang diketahui, dan sekarang dianggap sebagai film yang hilang.

Pada tahun 1919, Feline Follies animasi pendek yang diam menandai debut Felix the Cat , menjadi karakter animasi pertama di era film bisu untuk mendapatkan popularitas yang signifikan.

Film animasi panjang fitur yang masih ada adalah The Adventures of Prince Achmed (1926) yang dibuat oleh sutradara Lotte Reiniger dan kolaboratornya Carl Koch dan Berthold Bartosch .

Animasi pertama dengan sinkronisasi suara penuh (baik musik dan dialog) adalah film pendek oleh studio animasi Walt Disney bernama Steamboat Willie , yang menampilkan Mickey Mouse pada tahun 1928.

Pada tahun 1932, film animasi pendek pertama yang dibuat seluruhnya dengan Technicolor (menggunakan filter fotografi merah / hijau / biru dan tiga strip film di kamera) adalah Disney's Flowers and Trees , disutradarai oleh Burt Gillett . Film fitur animasi penuh warna pertama adalah " Snow White and the Seven Dwarfs ", juga oleh Walt Disney.

Melalui tahun 1930-an dan 1950-an, zaman keemasan animasi Amerika melihat karakter animasi baru muncul, termasuk Goofy , Donald Duck , Daisy Duck , Bugs Bunny , Daffy Duck , Porky Pig , Betty Boop , Popeye , Sylvester si Kucing , Woody Woodpecker , Tweety , Wile E. Coyote dan Road Runner , Elmer Fudd , Foghorn Leghorn , Yosemite Sam , Tasmanian Devil , Hunky and Spunky , Droopy, Little Audrey , Tom and Jerry , Barney Bear , Mr. Magoo , Mighty Mouse , Gandy Goose , Heckle and Jeckle , George dan Junior , Fox and the Crow dan adopsi animasi Superman , Baby Huey , Casper the Friendly Ghost , Little Lulu , antara lain.

Pada tahun 1958, Hanna-Barbera merilis The Huckleberry Hound Show , program televisi setengah jam pertama yang hanya menampilkan animasi. Terrytoons merilis Tom Terrific pada tahun yang sama. Televisi secara signifikan mengurangi perhatian publik terhadap celana pendek animasi yang ditampilkan di bioskop.

Animasi komputer telah menjadi populer sejak Toy Story (1995), film animasi panjang fitur pertama yang dibuat menggunakan teknik ini.

Pada 2008, pasar animasi bernilai US $ 68,4 miliar. Animasi sebagai seni dan industri terus berkembang pada pertengahan 2010-an karena proyek animasi yang dibuat dengan baik dapat menemukan audiens lintas batas dan di keempat kuadran . Film panjang fitur animasi menghasilkan margin kotor tertinggi (sekitar 52%) dari semua genre film pada 2004-2013.

Sumber : https://en.wikipedia.org/wiki/Animation


Prinsip animasi

Dari pengertian animasi dan sejarah animasi sekarang kita bahas prinsip animasi. Prinsip animasi adalah sebuah teknik atau aturan yang digunakan untuk membuat animasi lebih realistis dan hidup. Ada 12 prinsip animasi dasar yang diperkenalkan oleh Disney animator Ollie Johnston dan Frank Thomas 1981 pada buku mereka yaitu The Illusion of Life Disney Animation.

Prinsip tersebut berdasarkan karya animator Disney sejak tahun 1930-an dan seterusnya, yang bertujuan untuk membuat animasi lebih terlihat realistis.

Awalnya prinsip tersebut ditujukan untuk animasi tradisonal, namun prinsip animasi tersebut masih berlaku untuk animasi komputer.

Berikut inilah prinsip animasi :


1. Squash and stretch

Prinsip animasi Squash and Strech adalah untuk memberikan efek berat dan fleksibilitas pada objek animasi. Prinsip animassi ini dapat diterapkan pada benda sederhana semisal bola memantul. Prinsip ini memiliki aspek penting yaitu volume benda tidak berubah ketika bola dalam keadaan terpantul, tergencet.


2. Anticipation

Prinsip animasi Anticipation digunakan untuk mempersiapkan tindakan agar lebih realistis. Seperti seorang penari yang melompat dari lantai harus menekuk lututnya terlebih dahulu.


3. Staging

Prinsip animasi ini bertujuan untuk mengarahkan perhatian audiens, dan memperjelas apa yang paling penting dalam sebuah adegan tersebut. Prinsip animasi ini bisa dilakukan dengan cara seperti penempatan karakter dalam bingkai, penggunaan pencahayaan dan penempatan sudut pandang kamera. Sehingga prinsip animasi ini bisa tetap berfokus pada apa yang relevan dan menghindari detail yang tidak diperlukan.


4. Straight ahead action and pose to pose

Prinsip animasi ini menggunakan 2 pendekatan yaitu "Straight ahead action" yang bertujuan untuk menciptakan gerakan lebih dinamis dan menghasilkan urutan aksi realistis. "Pose to pose" bertujuan adegan dramatis atau emosional.


5. Follow through and overlapping action

Prinsip animasi ini membuat gerakan lebih realistis dan membantu memberi kesan bahwa karakter mengikuti hukum fisika.

"Follow through" berarti bahwa bagian tubuh yang terikat longgar harus terus bergerak setelah karakter berhenti dan bagian-bagian lain harus terus bergerak melewati titik karakter berhenti dan akhirnya akan tertarik kembali ke titik karakter berhenti.

"Overlapping action" adalah kecenderungan bagi bagian tubuh beergerak dengan kecepatan yang berbeda, teknik "drag" dimana karakter mulai bergerak dan sebagian dari karakter bergerak setelahnya, bagian-bagian itu dapat berupa pakaian, antena mobil, rambut, dll


6. Slow in and slow out

Prinsip animasi ini mempeerlihatkan gerakan benda-benda didunia nyata yang membutuhkan waktu untuk mempercepat gerakan dan melambatkan gerakan. Seperti saat manusia berlari maka akan terlihat saat awal melambat - cepat - dan melambat lagi untuk berhenti.


7. Arc

Prinsip animasi ini mengikuti lintasan melengkung (seperti busur), dan animasi harus mematuhi prinsip ini dengan mengikuti "busur". Teknik ini dapat diterapkan pada anggota gerak dengan memutar sendi, atau benda yang dilemparkan bergerak sepanjang lintasan parabola.


8. Secondary action

Prinsip animasi secondary action bertujuan untuk menambahkan gerakan ke gerakan utama seperti memasukan tangan ke saku, bersiul, atau mengekspresikan wajah.


9. Timing

Prinsip animasi timing atau pengaturan waktu mengacu pada jumlah gambar untuk aksi tertentu.

Pada level fisik murni, pemilihan waktu yang tepat membuat objek tampak mematuhi hukum fisika. Misalnya, berat benda menentukan bagaimana ia bereaksi terhadap dorongan, seperti dorongan; sebagai benda ringan bereaksi lebih cepat daripada benda berat.


10. Exaggeration

Prinsip animasi exaggeration memberikan efek sangat berguna untuk animasi, karena gerakan animasi yang mengusahakan tiruan realitas yang sempurna dapat terlihat statis dan membosankan.  Tingkat berlebihan tergantung pada apakah seseorang mencari realisme atau gaya tertentu, seperti karikatur atau gaya artis tertentu.


11. Solid drawing

Pada prinsip animasi solid drawing berarti memperhitungkan bentuk dalam ruang tiga dimensi dan memberikan volume serta berat.


12. Appeal

Dalam karakter prinsip animasi harus memili sebuah karisma. Karakter harus menarik agar penonton bisa menarasakan bahwa karakter itu hidup dan nyata.

Itulah beberapa prinsip animasi yang akan membantu memudahkan dan membuat animasi lebih realistis.


Jenis animasi

Pada poin jenis animasi kali ini anda akan tahu perbedaan setiap jenisnya dan anda juga bisa memilih lebih suka genre animasi yang mana.


1. Jenis animasi tradisional

Jenis animasi tradisional adalah animasi yang digambar pada selembar kertas transparan menggunakan pensil warna, proses penggambaran jenis animasi ini pertama dilakukan penggamabaran secara kasar untuk mengetahui berapa frame yang dibutuhkan,

setelah itu hasil dari gambar kasar dihapus dan digambar secara bagus kemudian dilakukan pemotretan setiap framenya.

Tentunya animasi tradisional membutuhkan waktu sangat lama hingga animasi selesai.


2. Jenis animasi 2D

Jenis animasi 2D adalah istilah yang merujuk pada animasi tradisional yang digambar secara manual dengan tangan, namun juga bisa merujuk pada animasi vektor komputer yang mengadopsi teknik animasi tradisional.

Animasi 2D berbasis vektor yang dihasilkan komputer juga sama menggunakan teknik animasi tradisional namun cenderung lebih mudah karena menggunakan teknologi komputer yaitu objek tidak perlu digambar ulang namun hanya perlu menggerakkan setiap bagiannya.

Perangkat lunak untuk membuat animasi 2D :

  1. Adobe animate
  2. Adobe After Effects

3. Jenis animasi 3D

Jenis animasi 3D sangat berbeda dengan animasi 2D, animasi 3D membutuhkan pemahaman tentang prinsip-prinsip gerakan dan komposisi.

Animasi 3D juga bisa disebut CGI yang pembuatannya dihasilkan dari gambar komputer. Teknik animasi 3D memiliki banyak kesamaan dengan animasi stop-motion.

Animasi 3D dimodelkan secara digital dalam program dan dilengkapi dengan kerangka yang digunakan untuk memindahkan model objek tersebut.

Bandingkan dengan animasi 2D, saat animasi 2D ada karakter menghadap ke samping dan ada bagian tangan yang tertutupi oleh tubuh maka bagian tangan tersebut sebenarnya tidak ada dalam gambar, berbeda dengan animasi 3D jika ada karakter menghadap ke samping maka tangan yang tertutupi oleh tubuh memang sedang tertutupi dan ada objeknya.

Perangkat lunak untuk membuat animasi 3D :

  1. 1. Autodesk Maya
  2. 2. Autodesk 3DS Max
  3. 3. Blender

4. Jenis animasi Motion graphics

Jenis animasi motion graphics masih dianggap sebagai bentuk animasi, namun berbeda dengan yang lainya, pengertian animasi motion graphics adalah animasi untuk elemen grafis atau teks, yang digunakan untuk komersil atau promosi.

Jenis animasi motion graphics biasanya dalam bentuk logo animasi, video explainer, iklan aplikasi, atau video opener.

Perangkat lunak untuk membuat animasi Motion graphics :

  1. Adobe after effects
  2. Cinema 4D

5. Jenis animasi Stop motion

Jenis animasi stop motion menggunakan teknik pemotretan dengan mengambil foto suatu objek lalu memindahkan objek tersebut dan memotretnya lagi, begitu seterusnya sehingga menciptakan ilusi gerakan pada objek.

Animasi stop motion memerulkan proses yang sangat panjang, karena setiap objek harus dipindahkan dengan teliti dan hati-hati dan difoto perframe agar terlihat berurutan.

Jenis animasi dari stop motion :

  1. Claymation
  2. Boneka
  3. Cut-out
  4. Silhouette
  5. Tokoh aksi/ Lego
  6. Pixelation

Perangkat lunak untuk membuat animasi Stop motion :

  1. Dragonframe
  2. iStopMotion

Manfaat animasi dalam brand anda

Manfaat animasi selain yang sering kita lihat yaitu sebagai hiburan namun ada banyak manfaat animasi lain jika menggunakan animasi diberbagai bidang terutama sebagai brand anda.


1. Mudah disesuaikan dengan penonton yang berbeda

Membuat konten animasi untuk audiens tertentu sangat penting agar tetap sasaran. Dengan menggunakan animasi anda bisa menentukan konten yang sesuai setiap audiens, cukup dengan merubah warna, musik, atau karakter didalamnya.


2. Fleksibel

Dengan animasi dapat membuat konten sederhana atau serumit yang diinginkan, animasi juga dapat disesuaikan sesuai dengan rentang anggaran. Untuk skenario sederhana dan anggaran rendah konten animasi bisa berfokus pada teks dinamis atau ilustrasi sederhana, begitu juga sebaliknya.


3. Tanpa voiceover

Konten video animasi tidak seperti film, animasi terkadang tidak memerlukan adanya voiceover didalamnya, agar tetap bisa menyampaikan pesan yang terkandung animator bisa menambahkan teks, musik, dan pengaturan waktu yang sesuai.


4. Menyampaikan informasi kompleks secara sederhana

Ide kompleks dapat ditampilkan dengan sederhana menggunakan konten animasi. Misalnya, perusahaan teknologi sering menggunakan animasi untuk menyampaikan solusi atau proses yang rumit. Ini adalah solusi sempurna untuk memecahkan masalah yang tidak mudah dijelaskan atau bahkan mungkin untuk difilmkan. Ketika dikombinasikan dengan skrip yang ditulis dengan ketat, animasi dapat benar-benar menyederhanakan solusi perusahaan dan menghubungkan materi dengan audiens dengan cepat.


Kelebihan animasi dan kekurangan animasi

Meski animasi memiliki banyak manfaat namun ada beberapa pro dan kontranya yang terjadi, berikut ini beberapa kelebihan animasi dan kekurangan animasi :


Kelebihan animasi :

  1. Membuat topik yang diangkat menjadi lebih hidup
  2. Lebih menarik perhatian penonton
  3. Hiburan dan edukasi lebih interaktif

Kekurangan animasi :

  1. Membutuhkan usaha yang keras untuk membuat animasi
  2. Membutuhkan keahlian dalam menggunakan perangkat lunak pembuat animasi
  3. Bila dalam koneksi internet animasi dapat memakan banyak bandwidth

Baca juga ulasan lengkap tentang komik


Cara membuat animasi

Setelah mengetahui semua tentang pengertian animasi maka selanjutnya kita bahas cara membuat animasi, proses animasi atau cara membuat animasi adalah teknik untuk membuat ilusi gerakan menggunakan gambar. Di dalamnya termasuk karakter, storyboard , dan latar belakang.
Berikut ini 7 langkah cara membuat animasi :


1. Mengumpulkan informasi

Cara membuat animasi yang pertama yaitu pengumpulan informasi, mengumpulkan informasi untuk memahami kebutuhan. 
Seperti mencari target audiens, tujuan video, fitur atau manfaat produk.


2. Konsep dan skrip

Konsep dan skrip merupakan hal yang sangat penting dalam proses membuat animasi.

Pada proses ini intinya membuat kerangka untuk video animasi. Konsep animasi digunakan sebagai basis untuk membuat skrip animasi.

Berikut hal yang harus diperhtikan dalam membuat skrip video :


  1. Panjang skrip video
  2. Format skrip

3. Merekam voiceover

Setelah proses diatas selesai selanjutnya ke proses perekaman suara sebagai penguat video animasi anda,

Proses membuat animasi pada perekaman voiceover ini harus mempertimbangankan kecepatan dan nada.

Agar voiceover bagus perhatikan hal berikut ini :

  1. Penekanan kata yang tepat
  2. Menggunakan nada dengan benar
  3. Berhenti pada saat yang tepat

4. Storyboard

Cara membuat animasi selanjutnya adalah menghubungkan narasi dengan visual dengan membuat storyboard.
Storyboard adalah sketsa tentang bagaimana naskah akan memainkan adegan demi adegan, menggambarkan visual dan tindakan.


5. Visual style

Pada cara membuat animasi visual style  dibuat berdasarkan brand ataupun pedoman dari klien. Visual style menggambarkan bagaimana video animasi akan terlihat.
Visual style termasuk membuat desain karakter, ilustrasi eye candy, teks, warna latar belakang dan ikon.


6. Menghidupkan animasi

Pada tahap ini animator akan memberikan gerakan dan efek pada karakter maupun objek pada video, sehingga animasi bisa terlihat lebih hidup dan menarik.


7. Menambah soundtrack dan efek suara

Proses menambah soundtrack dan efek suara digunakan untuk mengatur suasana video animasi.
Anda bisa menyewa komposeer musik untuk membuat sebuah musik yang original atau anda juga bisa mendapatkan musik berlisensi dan bebeas rolayti pada situs-situs terpercaya seperti Audiojungle dan Pond5.


Contoh animasi

Berikut ini akan siipung.com berikan beberapa contoh animasi yang bisa anda jadikan referensi dalam membuat animasi.


Contoh animasi tradisional


Contoh animasi 2D


Contoh animasi 3D


Contoh animasi motion graphics


Contoh animasi stop motion

Itulah pembahasan tentang pengertian animasi, cara membuat animasi, hingga contoh animasi dari siipung.com, semoga bermanfaat dan jangan lupa bagikan artikel ini.

You Might Also Like:

Newest PostNewest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar