Skip to main content
Si Ipung

follow us

Stay home but let your heart should be in a spirit of prayer.

Software Desain Grafis Terbaik 2021

Software desain grafis merupakan sebuah alat yang tidak bisa lepas dari seorang desainer, software desain grafis sangatlah banyak jenisnya dan semua memiliki kelebihannya masing0masing, yuk simak selengkapnya artikel dari siipung.com


Baca juga : Pengertian Desain Grafis

Fungsi Software Desain Grafis

Software desain grafis yang mumpuni memungkinkan desainer untuk membuat grafik dan gambar yang menakjubkan secara visual.

Berikut adalah beberapa manfaat penting yang dibawa oleh software desain grafis yang mumpuni:

1. Fleksibilitas dan Skalabilitas.

Memberi Anda fleksibilitas untuk membuat gambar dan grafik yang menakjubkan secara visual tanpa benar-benar memotretnya. Selain itu, pengguna dapat mengekspor file ke berbagai format file secara instan untuk memudahkan distribusi ke platform pemasaran lainnya.

2. Hemat Biaya.

Selain alat berbayar yang menawarkan nilai uang yang tinggi, ada juga software desain grafis open source gratis yang dapat dimanfaatkan oleh desainer untuk membuat desain yang indah. Ini membantu dalam menghemat banyak biaya untuk memotret objek nyata.

3. Branding.

Alat desain grafis membantu organisasi dalam mempertahankan pemosisian merek mereka dengan menyematkan logo dan tanda air pada materi pemasaran. Pengguna dapat menyimpan template dalam software yang dapat digunakan setiap saat untuk menjaga konsistensi ukuran dan desain gambar.

4. Peningkatan Engagement.

Visual berkualitas tinggi yang dibuat melalui software desain grafis membantu meningkatkan keterlibatan merek. Ini membantu dalam mengirimkan pesan kepada audiens dengan lebih jelas.


Software Desain Grafis

Adobe Photoshop

Adobe Photoshop bisa dibilang software paling populer untuk desain grafis dan digunakan oleh jutaan seniman di seluruh dunia. Baik Anda ingin membuat spanduk, poster, situs web, atau logo, software desain grafis terbaik ini dapat melakukan semuanya untuk Anda. Dari pengeditan kecil hingga desain canggih, Adobe Photoshop memiliki alat untuk setiap level. Jika Anda adalah seseorang yang bekerja dengan desain ilustrasi, Anda bahkan dapat menggambar atau melukis apapun yang Anda suka. 

Bersamaan dengan pengeditan gambar, Agan dapat membuat karya seni dan komposisi naturalistik di software ini. Anda dapat menentukan ukuran kanvas Anda, mengisolasi elemen dari latar belakang, membuat kuas khusus, bekerja dalam 3D , dan melakukan lebih banyak lagi. 


Sketsa 

Sketch adalah program desain grafis khusus Mac yang berfokus terutama pada desain digital. Desain digital ini digunakan untuk membuat situs web, aplikasi, dan antarmuka. Tidak seperti Photoshop, Sketch tidak dibuat untuk pengeditan foto atau pekerjaan cetak. Dengan Sketch, Anda dapat membuat prototipe dengan berkolaborasi dengan desainer lain di platform itu sendiri. Program ini memiliki fitur tata letak cerdas di mana ukuran komponen secara otomatis akan diubah berdasarkan konten. Ada ratusan plugin dalam software yang memungkinkan Anda melakukan pengeditan vektor dan pekerjaan desain lainnya dengan presisi hingga ke piksel. Ikon digital adalah hal lain yang dapat dibuat melalui software ini. Sketsa, di sisi negatifnya, tidak bagus untuk desain cetak atau ilustrasi. 


Adobe Illustrator

Adobe Illustrator adalah software desain yang berpusat di sekitar desain vektor. Anda dapat membuat karya seni, ikon, poster, dll. Dan desain yang dibuat di Adobe Illustrator dapat digunakan di kartu nama atau papan reklame dan dari smartphone ke layar 8k. Anda dapat menggunakan software ini untuk menggambar, mencampur, dan menyempurnakan desain untuk menciptakan sesuatu yang spektakuler. Adobe telah membuat versi seluler bernama Adobe Illustrator Draw, yang merupakan salah satu aplikasi desain grafis terbaik yang pernah ada. 

Untuk menggambar, Anda dapat menggunakan alat pembentuk dan membuat bentuk vektor. Bentuk geometris dapat ditambahkan ke garis luar lain dan dapat dipindahkan, dibentuk kembali, dan diskalakan. Bahkan font dalam software dapat dimanipulasi sesuai dengan kebutuhan Anda dengan menyesuaikan berat, kemiringan, atau lebarnya. Untuk pemula, Adobe menyediakan template yang didesain secara profesional untuk menghemat waktu. Antarmuka pengguna program sangat membantu, tetapi ada kurva pembelajaran yang curam untuk menjadi ahli ilustrator. 


Affinity Designer

Affinity Designer adalah alternatif yang lebih murah untuk ilustrator, yang sangat cocok untuk seseorang yang berada di tahap awal karir desain. software ini dikenal bekerja dengan lancar, yang dapat meningkatkan alur kerja Anda dan membuat Anda mengekspresikan kreativitas dengan lebih bebas. Anda dapat memindahkan dan memperbesar karya seni Anda pada 60fps; melihat gradien, efek, dan penyesuaian berubah secara langsung bersama dengan transformasi dan pengeditan kurva.  

Affinity Designer memungkinkan Anda bekerja pada ruang kerja vektor dan raster, dan Anda dapat beralih di antara keduanya dengan mudah. software ini dapat berfungsi di perangkat apa pun, dan Anda dapat membuat artboards tanpa batas di dalamnya. Desainer afinitas menyediakan aplikasi desain grafis untuk iPad dengan fitur yang sama yang ditawarkan pada versi desktop. Kontrol warna tingkat lanjut disediakan di mana Anda dapat bekerja dalam ruang warna RGB atau LAB hingga 32-bit per saluran. Anda dapat menemukan berbagai macam toolset dalam program yang dapat digunakan untuk mencapai tingkat akurasi dan produktivitas yang tinggi . Kisi dan panduan sepenuhnya dapat disesuaikan, di mana Anda dapat mengubah jarak, sub-divisi, talang, sudut, dll. Fitur hebat lainnya dari desainer Afinitas adalah Anda mendapatkan akurasi floating-point dengan memperbesar karya seni Anda, bahkan lebih dari satu juta persen. 


Lihat juga :

Adobe InDesign

software lain dari Adobe yang dapat digunakan untuk membuat desain adalah Adobe InDesign. software desain grafis ini digunakan terutama dalam industri penerbitan karena Anda dapat mendesain majalah, lembar info, buku, poster, PDF interaktif, brosur, dll. Dengannya. Dengan opsi 'sesuaikan tata letak' yang disediakan InDesign, Anda dapat mengubah teks dokumen Anda, dan grafik akan menyesuaikannya. 

Panel properti telah didesain ulang untuk memberi Anda kontrol yang lebih intuitif atas alat tersebut. Teknologi Sensei yang terintegrasi ke dalam InDesign membuat pengaturan otomatis dan mengubah ukuran gambar. Pemula dapat dengan cepat mempelajari software desain grafis ini karena memiliki kurva belajar yang rendah. Untuk bekerja dengan anggota tim Anda yang lain dalam membuat desain, Anda dapat menggunakan Adobe InCopy. Perpustakaan Cloud Kreatif dapat membantu Anda berbagi teks, warna, dan grafik dengan anggota lain.


CorelDRAW Graphics Suite

CorelDRAW sebelumnya dibangun hanya untuk OS Windows; sekarang tersedia untuk Mac juga. Dengan program desain grafis ini, Anda dapat membuat ilustrasi vektor profesional. Ada alat desain canggih untuk membantu Anda bekerja lebih cepat dan lebih cerdas. Anda akan menemukan banyak opsi penyesuaian, baik Anda mengerjakan logo, desain web, atau proyek cetak. CorelDRAW sekarang menggunakan teknologi AI untuk memberi Anda LiveSketch, yang mengubah sketsa menjadi kurva vektor yang tepat. Suite berisi alat untuk desain grafis serta tata letak. Ini memiliki Photo-Paint dan Corel Font Manager untuk mengedit foto dan manajemen font. 

software ini memiliki alat dan preset grafik web untuk mengembangkan konten web kreatif; Anda dapat mempublikasikan langsung ke situs Wordpress Anda melalui itu. Kompatibilitas file juga luar biasa; program ini mendukung lebih dari 100 format file. 


Xara Designer Pro X

Xara Designer dibuat untuk bitmap dan vektor. Program ini dapat menangani penerbitan desktop, desain grafis, ilustrasi, pengeditan foto, semuanya di satu tempat. software desain grafis memberi Anda ratusan tata letak template, elemen desain, dan lebih dari satu juta foto arsip untuk Anda mulai dengan cepat. Saat menggambar bentuk, garis, atau kurva apa pun menggunakan vektor, Anda tidak akan mengalami penurunan kualitas saat memperbesarnya. Anda dapat membuat elemen desain khusus dan menggunakannya di semua desain Anda. Alat seperti gradien, garis besar, dan transparansi dalam software akan memberikan sentuhan khusus pada karya seni Anda. 


GIMP

GIMP adalah software desain grafis gratis yang bekerja pada banyak platform seperti Windows, Linux, dan Mac OS. GIMP adalah program sumber terbuka yang memungkinkan Anda mengubah kode sumbernya dan mendistribusikan program. Ada banyak program penyesuaian dan plugin pihak ketiga yang dapat digunakan di GIMP untuk meningkatkan produktivitas Anda dan membuat desain yang lebih baik. GIMP juga dapat digunakan untuk memperbaiki gambar, di mana Anda bahkan dapat membuat komposit yang kreatif. Komponen antarmuka dan maket juga dapat dirancang, bersama dengan desain cetak seperti ikon dan logo. 


Desainer Gravit

Ini adalah software desain grafis gratis lainnya yang dapat digunakan untuk membuat desain berbasis vektor. Anda dapat membuat logo, mengedit foto, dan membuat animasi dan ilustrasi di program ini. Gravit tidak memiliki versi offline dalam paket gratisnya. software ini sepenuhnya dapat disesuaikan menurut kebutuhan pengguna. Versi pro Gravit berbayar dan memiliki fitur yang lebih canggih seperti opsi ekspor lanjutan, versi offline, lebih banyak ruang warna, dll.


Visme

Visme adalah alat desain online yang melampaui kemampuan desain dasar, tanpa mengharuskan Anda mempelajari software yang rumit. Ini memiliki editor drag-and-drop yang mudah, yang memungkinkan bisnis dan individu membuat konten visual yang menakjubkan dan interaktif. Ada ratusan templat untuk dipilih dari 40+ kategori, mulai dari presentasi dan infografis hingga siaran pers, laporan, dan gambar media sosial.

Dengan akun Visme gratis, Anda dapat menggunakan beberapa templat ini, tetapi Anda mendapatkan akses penuh ke jutaan stok foto, video, ikon, grafik animasi, font, dan grafik untuk menyesuaikan templat ini sebanyak yang Anda inginkan. Jika Anda ingin mengakses templat dan fitur premium seperti kit merek, Anda perlu meningkatkan ke akun berbayar. Ada beberapa format unduhan yang tersedia di Visme, dari gambar hingga web offline. Anda juga dapat mempublikasikan proyek Anda secara online dan membagikannya dengan URL langsung. Hal unik tentang Visme adalah Anda dapat menghidupkan konten Anda dengan fitur animasi dan interaktivitas yang canggih. Misalnya, Anda dapat membuat karakter animasi kustom, atau menambahkan link, efek hover, dan pop-up ke desain Anda.


Vectr

software grafik gratis, Vectr dapat digunakan untuk membuat grafik vektor. Vektor yang dibuat ini tidak akan kehilangan kualitasnya saat diskalakan. Vectr tidak menggunakan piksel untuk membuat desain; itu menggunakan persamaan matematika. software desain grafis gratis ini tersedia secara online dan untuk desktop. Vectr memberi Anda platform yang mudah digunakan yang dapat Anda gunakan untuk membuat grafik 2D apa pun. Bisa berupa kartu nama, logo, poster, brosur, dll. 

Vectr memberi Anda panduan terperinci tentang cara menggunakan program ini, yang dapat Anda gunakan untuk mempelajari dan membuat apa pun dengan imajinasi Anda. 


Colorcinch

Colorcinch adalah favorit penggemar! Ini adalah editor foto online gratis yang mudah digunakan dan kaya akan fitur. Anda dapat dengan cepat dan mudah mengedit foto menggunakan berbagai alat pengeditan untuk menyesuaikan eksposur, kontras, warna, dll, atau memotong dan memutar gambar, tetapi Colorcinch lebih dari sekadar pengeditan gambar dasar. Ini dapat digunakan untuk membuat semua jenis proyek desain grafis juga. Anda dapat menggunakan efek khusus mereka seperti cartoonizer untuk mengubah foto apa pun menjadi kartun dengan berbagai macam gaya kartun, dan mereka memiliki perpustakaan paling luas yang tersedia di internet untuk filter, efek, hamparan, topeng, grafik, dan ikon.

Semua ini dibungkus dalam salah satu UI yang paling halus dan efisien dari editor foto online mana pun. Memulai Colorcinch sangat sederhana - tidak perlu mendaftar di situs, dan Anda cukup mengunggah gambar dan mulai mengedit. Ketika datang untuk mengekspor gambar jadi Anda, ada pilihan opsi ekspor yang sesuai untuk Anda.


Canva

Jika Anda tidak memiliki pengalaman sebelumnya dalam mendesain dan Anda mencari sesuatu yang sangat mudah, Canva cocok untuk Anda. Software desain grafis online gratis ini memungkinkan Anda membuat desain dengan mudah dan cepat. Ada banyak sekali templat, gambar font, banyak di antaranya gratis untuk digunakan. Canva bekerja pada konsep seret dan lepas, di mana Anda hanya perlu memilih elemen dan menyeretnya ke area kerja Anda dan menyesuaikannya. Program ini tidak memberi Anda fitur-fitur canggih seperti Photoshop. Namun, ini memecahkan kebutuhan desain pemula yang tidak ingin mempelajari dan membeli software premium. Canva tersedia sebagai aplikasi desain grafis yang dapat digunakan di perangkat Apple dan Android. Fitur dasar di Canva gratis; Anda akan, bagaimanapun, dikenakan biaya jika Anda ingin menggunakan lebih banyak fitur di dalamnya. 


PixTeller

PixTeller adalah alat editor yang mudah digunakan yang dapat digunakan untuk membuat gambar grafik (dapat diunduh dalam format PNG, JPG, PDF) dan animasi (dapat diunduh dalam format MP4, GIF). Siapa pun dapat menggunakannya untuk membuat gambar, gif animasi & video untuk penggunaan pribadi atau bisnis, tanpa pengetahuan teknis atau desain. Membuat grafik adalah proses yang menuntut waktu, tetapi dengan alat desain ini, siapa pun dapat membuat visual yang dipersonalisasi dari awal atau dengan menyesuaikan templat yang sudah dibuat sebelumnya dalam hitungan menit.


Design Wizard

Design Wizard adalah software desain grafis online, harga mulai dari gratis dan meningkat seiring dengan fitur. software desain grafis ini memberi pengguna lebih dari satu juta gambar yang dikurasi, 15.000+ templat. Fitur menarik lainnya dari Design Wizard adalah integrasinya dengan Hubspot, Marketo, dan Buffer. 


Infinite Design

Aplikasi desain grafis ini dibuat hanya untuk perangkat Android, yang dapat digunakan untuk membuat grafik vektor. Aplikasi ini dapat digunakan untuk membuat desain yang kompleks dan menarik tanpa banyak usaha. Seperti namanya, aplikasi ini menyediakan kanvas tanpa batas tempat Anda dapat memperbesar, menggeser, atau memutar. Ada empat jenis simetri yang dapat Anda coba, dan ada lapisan tak terbatas yang dapat Anda kerjakan. Aplikasi ini menyediakan fitur-fitur canggih juga seperti terjemahan, skala, balik, distorsi, dll. Gambar yang Anda buat pada aplikasi desain grafis dapat diubah menjadi jalur vektor yang dapat diedit sepenuhnya. Fitur-fitur canggih dalam aplikasi ini dapat diakses hanya dengan membelinya.


Inkscape

Inkscape, seperti banyak platform lainnya, menyediakan penggunaan multiguna. Ini dapat digunakan oleh desainer, ilustrator, atau desainer web. software ini memiliki alat menggambar yang fleksibel, yang memudahkan pemula untuk memahami software dan membuat karya seni tanpa kesulitan. Karena teks merupakan bagian integral dari desain grafis, Inkscape memiliki alat teks canggih yang dapat Anda gunakan. software ini open source dan dapat digunakan dengan platform apa pun. Seorang desainer harus meluangkan waktu untuk memahami bagaimana menggunakan software ini. software ini paling baik digunakan untuk membuat gambar berbasis vektor dan perlu digunakan dalam format SVG. Inkscape menyediakan banyak filter dan komunitas yang membantu untuk berkembangnya desainer.


Adobe Comp

Adobe Comp adalah aplikasi desain grafis yang dirancang untuk digunakan bersama dengan software Adobe lainnya seperti Photoshop, Illustrator, dll. Desain dapat dibuat dengan menggunakan teks dan bentuk. Adobe menyediakan font gratis dari pustaka Typekit, yang sama dengan desktop. Dengan Comp, Anda dapat mengubah desain kasar Anda menjadi grafik yang tajam dan menyelesaikan desain di desktop Anda dengan software Adobe lainnya.


Photoscape

Photoscape menawarkan fitur yang sangat diperlukan untuk mengedit dan mengelola arsip foto. Ini memposisikan dirinya sebagai alat desain grafis gratis yang luar biasa untuk pemula dan profesional yang tidak ingin membeli langganan mahal.

Fitur Utama:

Alat Pengeditan: Photoscape menawarkan berbagai jenis editor gambar, termasuk halaman, editor batch, editor, penampil, cetak, kombinasikan, cetak, tangkapan layar, GIF animasi, cetak, kombinasikan, dan sebagainya. Perangkat pengeditannya menawarkan serangkaian fitur yang berbeda dan diberi label dengan baik untuk pemula.

Multi-bahasa: Muncul dengan bahasa Inggris dan Korea. Namun, desainer dapat memperoleh akses ke lebih dari 30 bahasa melalui modul yang dapat diunduh.

Antarmuka Pengguna: Ini menawarkan antarmuka yang sederhana dan mudah digunakan yang membantu pemula untuk menggunakan software secara efisien.

Modul Desain: Modul desain dan kemampuan pengeditan gambarnya mengemas banyak fitur, termasuk penyesuaian warna, ukuran, gamma, lampu latar, resolusi, kecerahan, dan sebagainya. Itu juga dilengkapi dengan teks, desain, dan alat menggambar, termasuk sikat efek, filter, kuas cat, cap klon, antara lain.

Itulah software desain grafis yang bisa kalian jadikan referensi, sekian dulu artikel dari siipung.com semoga bermanfaat dan jangan lupa bagikan artikel ini.


You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar