Skip to main content
Si Ipung

follow us

Stay home but let your heart should be in a spirit of prayer.

Motion graphic adalah jenis animasi yang multifungsi, yuk pelajari selengkapnya

Motion graphic adalah jenis animasi yang kini tengah populer, berbagai bidang dapat memanfaatkan animasi ini. Pada artikel kali ini siipung.com akan membahas tentang pengertian motion graphic, jenis motion graphic sampai cara pembuatannya.

Pengertian motion graphic

Motion graphic adalah animasi, tetapi dengan teks sebagai komponen utama. Pada dasarnya, Motion graphic adalah desain grafis animasi.

Sejak Motion graphic pertama kali memasuki adegan, ada perdebatan tentang garis antara mereka dan animasi. Hitchcock's Psycho adalah contoh awal dari Motion graphic, di mana perkawinan suara, gerak, dan desain grafis bersatu dengan sangat baik.

Motion graphic adalah cara untuk berkomunikasi dengan audiens, dan menambah kedalaman cerita. Bersama dengan musik dan salinan yang efektif, Motion graphic dapat menyampaikan pesan dengan baik.

Motion graphic dapat digunakan untuk membuat iklan, urutan judul untuk film, explainer. Dan untuk berbagi informasi.

Lihat juga : Apa itu stop motion ?


Jenis motion graphic

Efek yang diinginkan dari hampir semua Motion graphic dapat dibagi menjadi 3 kategori utama. Apakah Anda ingin memotivasi penonton untuk mengambil action; menjelaskan detail perusahaan, produk, atau layanan Anda; atau menaikkan  penjualan pertama dan terpenting, ada jenis animasi yang paling cocok untuk cerita Anda. Jenis motion graphic adalah :

1. VIDEO EMOTIF

Tujuan utama video emotif Motion graphic adalah untuk mendapatkan respons emosional yang kuat dari penonton. Motion graphic ini bisa menjadi pengalaman positif atau negatif, tergantung pada akar cerita Anda. Terlepas dari itu, saat menonton video Anda, penonton harus didorong oleh emosi tersebut untuk mengambil tindakan tertentu.


2. VIDEO EXPLAINER MEMBANTU MENENTUKAN KONSEP, PRODUK, ATAU LAYANAN

Untuk menyederhanakan konsep, video explainer menyaring esensi konsep tersebut menjadi gambaran yang jelas. Pendekatan ini sering kali merupakan pilihan yang tepat jika cerita Anda sangat detail, teknis, atau melibatkan banyak langkah untuk diselesaikan atau dijelaskan.


3. VIDEO PROMOSI MEMBANTU MENJUAL PRODUK, LAYANAN, ATAU ACARA

Mendorong konversi adalah tujuan akhir dari video promosi. Jenis video atau gambar bergerak ini sering kali lebih dikenali sebagai bagian penjualan daripada kategori lainnya. Detail apa pun yang membantu memotivasi penonton untuk mengambil keputusan membeli harus ditempatkan di depan dan di tengah video ini.


Skill untuk membuat motion graphic

Motion graphic dapat muncul di hampir semua hal mulai dari iklan, televisi, film, dan lainnya. Ada keterampilan yang perlu diikuti untuk membuat desain Motion graphic. Skill untuk membuat Motion graphic adalah :

Seni tradisional 

Cara termudah untuk menghasilkan ide dalam grafik bergerak adalah dengan membuat sketsa ide dan pemikiran. Dengan membuat sketsa, ini membantu menemukan kesalahan dan memperbaikinya dengan mudah, selain langsung membuatnya di komputer. Menggambar memberi lebih banyak ruang terbuka untuk pemikiran dan ide lain yang bisa diletakkan. Selain itu, tidak perlu banyak waktu untuk menghasilkan ide.


Pemahaman tentang animasi 

Sebagai desainer grafis bergerak, Anda harus dapat menghidupkan elemen 2D melalui gerakan. Animasi bukan hanya gerakan dalam grafik tetapi lebih dari beberapa bingkai utama. Selain itu, animasi memiliki otoritas yang kuat dalam dasar-dasar cara kerja animasi dan bagaimana karya yang dibuat menunjukkan daya tarik. Namun, jika pekerjaan animasi tidak dilakukan dengan baik, hal itu dapat menyebabkan potongan desain menjadi datar.


Tipografi 

Tipografi banyak digunakan dalam desain motion grafik, dan sering kali menjadi kekuatan pendorong di belakang Motion graphic. Misalnya, desain gerak menggunakan perusahaan, produk, atau bahkan layanan sehingga pemirsa dapat melihatnya.

Selain itu, penting untuk memahami tipografi karena sudah dikenal luas, seperti, fitur virtual apa yang membentuk sebuah tipografi , apa yang melengkapi sebuah desain, dan apa yang paling mudah dibaca oleh audiens. Itu adalah fase yang tepat yang dapat memperluas desain gerakan ke level yang lebih tinggi.


Teori warna 

Semua jenis desain gerak akan membutuhkan warna. Selain itu, sangat penting untuk memahami warna apa yang digunakan dan bagaimana warna itu akan membuat perbedaan. Juga, penting untuk memikirkan bagaimana warna akan mengubah suasana hati dan perasaan.

Selain itu, kuncinya adalah memahami bagaimana warna akan menambahkan sesuatu yang baru. Selain itu, perlu diajukan pertanyaan tentang bagaimana warna akan mengubah karya grafis gerak karena tidak semua warna akan mengungkapkan apa yang dapat dicoba untuk dibagikan jika tidak dijelaskan. Mengetahui kapan harus menggunakan warna akan membantu orang lain memahami ide karya tersebut.


Berpikir kreatif 

Kreativitas adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu, dan ini memberi desainer gerak kemampuan untuk menghidupkan elemen grafis. Terkadang, perlu bekerja dengan sedikit informasi tentang klien dan idenya mungkin tidak jelas, kreativitas diperlukan untuk mengubah ide sederhana menjadi desain gerak yang cukup menarik untuk menarik perhatian audiens. Berpikir kreatif dapat tumbuh dengan latihan dan waktu.

Lihat juga :
Apa itu animasi 2D
Apa itu animasi 3D
Perbedaan animasi 2D dan animasi 3D


Proses pembuatan motion graphic

Proses pembuatan grafik bergerak memiliki banyak aspek, tetapi setiap langkah memiliki tujuan utama yang berkontribusi pada produk akhir yang sukses. Proses pembuatan motion graphic adalah :

1. KICKOFF

Kickoff adalah langkah yang tidak tergantikan dalam memastikan bahwa klien dan vendor, kepala departemen dan tim internal, atau siapa pun yang terlibat dalam pekerjaan, membahas tujuan dan kewajiban utama secara real time. 

Informasi yang dipertukarkan selama pertemuan ini akan membutuhkan lebih banyak waktu untuk dikumpulkan melalui email. Namun, bahkan jika detail tersebut secara efisien dihilangkan dengan pertukaran tertulis, email juga tidak memungkinkan untuk tingkat pembangunan hubungan yang mendengar suara nyata - dan idealnya, melihat wajah nyata - yang diberikan dalam hubungan kerja. 

Faktanya, MIT menempatkan interaksi tatap muka sebagai bentuk komunikasi yang paling efektif ; ini diikuti dengan konferensi video dan komunikasi telepon. Jadi rencanakan untuk melakukan setidaknya panggilan telepon, jika obrolan video atau pertemuan langsung tidak memungkinkan untuk Anda mulai.


2. SCRIPTING DAN SCENE DIRECTION

Seringkali penyampaian pertama dalam produksi video, naskah dan arahan adegan sangat penting - dan saling bergantung. Pertama, beberapa definisi singkat:

Script : Sulih suara dan / atau teks pada layar
Arah adegan : Deskripsi tertulis tentang apa yang akan ditampilkan di layar selama setiap bagian naskah

Karena konten dan alur cerita adalah tulang punggung dari setiap video atau gambar bergerak, sebaiknya skrip dan arahan adegan menjadi proses yang sangat kolaboratif. 

Tim yang menghasilkan pekerjaan perlu mendapatkan umpan balik dari pemangku kepentingan utama di sisi klien. Mereka juga mungkin akan melibatkan sebanyak mungkin tim produksi mereka sendiri selama fase ini. Itu berarti mendapatkan desainer, penulis konten, peneliti, animator, dan manajer proyek semua dalam satu ruangan untuk bertukar pikiran dan merencanakan.

Pendekatan ini memastikan bahwa alur cerita menyentuh pesan utama, menarik, dan cocok dengan desain dan gaya animasi yang akan datang.


3. STORYBOARD

Setelah persetujuan skrip dan arahan adegan, tim melanjutkan ke storyboard . Dalam fase ini, naskah dan arahan adegan dipadukan dengan sketsa yang membantu menghidupkannya. 

Bergantung pada sejumlah faktor, termasuk anggaran, garis waktu, dan proses produksi yang dipilih, sketsa dapat bervariasi dalam kompleksitas. Mereka mungkin ditampilkan adegan demi adegan di samping naskah dan catatan arah adegan. Atau mereka mungkin dianimasikan, dengan potongan yang sangat kasar dari arah suara dan / atau sulih suara untuk menunjukkan waktu. 

Demikian pula, dalam beberapa skenario, ini mungkin pertama kalinya elemen arah seni utama seperti warna, font, dan gaya ilustrasi diusulkan - kecuali keputusan tersebut ditetapkan sebelumnya.

Dalam bentuk apa pun, papan cerita memberi tim sesuatu yang visual untuk bereaksi. Ini memastikan bahwa arah adegan yang dijelaskan di fase sebelumnya sepenuhnya menyampaikan pesannya.

Apa yang terjadi di layar sangat penting untuk menceritakan kisah dengan cara yang melibatkan audiens target Anda - dan Anda harus selalu mengingat mereka saat mengulas. Preferensi pribadi dapat berperan saat meninjau kiriman apa pun.

Tetapi pada akhirnya, gambar bergerak Anda perlu lebih menarik perhatian audiens Anda daripada orang lain.

Seperti halnya pada tahap pembuatan skrip - dan setiap tahap dalam proses produksi Motion graphic - Anda mungkin ingin merevisi papan cerita Anda setidaknya satu kali berdasarkan umpan balik untuk memastikan Anda berada di jalur yang benar.

Jika umpan balik minimal, Anda mungkin bisa langsung beralih ke fase karya seni, dan kemudian memasukkan umpan balik.


4. KARYA SENI

Mengembangkan karya seni untuk Motion graphic umumnya lebih memakan waktu daripada langkah-langkah sebelumnya. Semua revisi dan persetujuan hingga saat ini - pada naskah, arahan adegan, sketsa, dan arahan seni - telah memastikan bahwa proyek berada di jalur yang benar. Bersama-sama, mereka menambahkan tanda bahwa tim sekarang dapat menginvestasikan waktu yang signifikan untuk produksi.

Apakah tim kreatif Anda memberikan 1 adegan bergambar lengkap untuk Anda berikan umpan balik, lebih dari beberapa, atau rangkaian lengkap karya seni untuk Motion graphic Anda akan ditentukan oleh banyak faktor yang sama seperti format papan cerita Anda. Tidak ada pendekatan yang salah, asalkan dikomunikasikan dan dipahami secara menyeluruh oleh semua pihak. 

Itu karena setelah Motion graphic Anda memasuki animasi, perubahan apa pun pada apa yang ditampilkan tidak memerlukan 1, tetapi 2 tahap pengeditan yang memakan waktu: pengeditan karya seni, lalu pengeditan animasi. Ini dapat membahayakan tenggat waktu dan anggaran.

Jadi selalu pastikan bahwa karya seni untuk motion graphic Anda memenuhi tolok ukur kesuksesan Anda sebelum memberikan acungan jempol untuk memulai animasi.
Ikon sulih suara untuk proyek Motion graphic


5. PENGISI SUARA

Visual bukan satu-satunya komponen video Anda. Naskah yang dikembangkan pada awal proses produksi akan sering kali menyertakan sulih suara. Ini tidak selalu terjadi - jika video Anda dikembangkan untuk ditonton tanpa suara, kata-kata tersebut mungkin akan dikomunikasikan sebagai teks di layar. Tetapi jika Motion graphic Anda dirancang untuk diputar dengan volume naik, sulih suara yang direkam dapat menjadi 1 komponen suara dalam video Anda. 

Memilih artis sulih suara yang tepat sangat penting untuk menyempurnakan keseluruhan nada video Anda. Sulih suara harus menarik bagi audiens target Anda, dan harus sesuai dengan arahan seni - yang juga disesuaikan dengan audiens tersebut.

Haruskah narasi cerita Anda ramping dan profesional, atau aneh dan menarik? Haruskah Anda memilih suara yang muda, atau suara yang dewasa? Nada rendah atau nada tinggi? Tim produksi Anda akan memimpin dengan mengirimkan hanya contoh-contoh yang menarik bagi audiens Anda, sehingga Anda dapat membuat pilihan yang tepat.


6. ANIMASI

Fase animasi adalah langkah terakhir dalam desain visual gambar bergerak Anda. Pada titik ini, Anda percaya diri dan bersemangat tentang naskah, arahan adegan, arahan seni, dan karya seni. 

Di antara elemen yang paling sering diminta untuk disertakan dalam Motion graphic adalah animasi karakter. Beberapa gaya ilustrasi cocok untuk animasi karakter, tetapi yang lain tidak - jadi apakah Anda akan memasukkan karakter animasi harus diputuskan sejak awal.

Tim produksi Anda harus mendiskusikan opsi untuk ini dengan Anda pada panduan gaya dan / atau fase papan cerita, dan sekali lagi saat karya seni dimulai. Beralih dari gaya yang tidak mendukung animasi karakter ke gaya yang mendukung pasti akan menambah anggaran jika tidak diminta hingga tahap karya seni atau nanti. Sekali lagi, tim yang bekerja dengan Anda harus mendiskusikan semua ini dengan Anda sejak tahap awal dan / atau pembuatan skrip. 

Saat Anda menyaksikan karya seni menjadi hidup dalam adegan animasi, Anda dapat menyarankan berbagai perubahan. Tetapi ketika Anda sendiri bukan seorang animator, mungkin sulit untuk mengetahui perubahan mana yang relatif mudah dilakukan, dan mana yang lebih terlibat. Mintalah mitra kreatif Anda untuk menjelaskan cakupan berbagai jenis perubahan sehingga Anda dapat tetap berpegang pada jadwal dan anggaran Anda.


7. SKOR KUSTOM DAN DESAIN SUARA

Hingga tahap ini dalam prosesnya, Motion graphic Anda memiliki skrip dan arah adegan yang dibuat dengan cermat, karya seni yang dibuat khusus, dan animasi yang unik. Jadi mengapa merusak semua pekerjaan khusus itu dengan musik stok dan desain suara yang tidak menginspirasi?

Skor dan desain suara Anda harus memberi tanda baca dan menekankan pesan Anda. Meskipun video Anda akan sering diputar dalam mode senyap (seperti di booth pameran), jika video tersebut pernah ditonton dalam suasana yang ramah suara, detail khusus ini hanya akan meningkatkan dampaknya. Skor yang tidak harmonis dan desain suara yang kikuk jauh lebih buruk daripada tidak ada skor atau suara sama sekali.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang menyusun audioscape dari motion graphic atau video Anda, baca panduan fundamental untuk musik motion graphic dan sound design dari presiden dan chief creative officer Killer, Josh Miles .


Pembuat film dalam grafis gerak

  • Saul Bass
  • John Whitney
  • Maurice Binder
  • Stan Brakhage
  • Robert Abel
  • Kyle Cooper
  • Pablo Ferro
  • Oskar Fischinger
  • Martin Lambie-Nairn
  • Len Lye
  • Norman McLaren

Studio dalam motion graphic

  • Charlex
  • Aerodrome
  • Broadway Video
  • Rushes Postproduction
  • Sogitech
  • Robert Abel and Associates
  • Marks & Marks
  • Pacific Data Images
  • Pittard Sullivan
  • Japan Computer Graphics Lab
  • Cranston/Csuri Productions

Contoh motion graphic

Motion Graphic Animated Explainer Video for Clk2Open


B'Coffee Advertising - Motion Graphi


The Process Of Making Chocolate


Software membuat motion graphic

  1. Adobe After Effect
  2. Cinema 4D
  3. Apple Motion
  4. Maya
  5. Nuke

Sekian dulu artikel dari siipung.com tentang motion graphic, semoga bermanfaat dan jangan lupa bagikan artikel ini


You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar