Skip to main content
Si Ipung

follow us

Stay home but let your heart should be in a spirit of prayer.

Perangkat lunak jaringan komputer beserta contohnya

Perangkat lunak jaringan komputer merupakan software yang digunakan untuk memonitor, mengelola dan masih banyak lagi, simak ulasan lengkapnya hanya di siipung.com

Pengertian perangkat lunak jaringan komputer

Dengan berkembangnya world wide web dan internet , jaringan komputer menjadi sangat besar dan kompleks, sehingga tidak mungkin untuk dikelola secara manual. Sebagai tanggapan, rangkaian perangkat lunak manajemen jaringan dikembangkan untuk membantu mengurangi beban pengelolaan kompleksitas jaringan komputer yang semakin meningkat.

Perangkat lunak manajemen jaringan biasanya mengumpulkan informasi tentang perangkat jaringan (yang disebut Node ) menggunakan protokol seperti SNMP , ICMP , CDPdll. Informasi ini kemudian disajikan kepada administrator jaringan dengan cara yang mudah dipahami dan dapat diakses untuk membantu mereka mengidentifikasi dan memulihkan masalah dengan cepat.

Masalah dapat muncul dengan sendirinya dalam bentuk kesalahan jaringan, kemacetan kinerja, masalah kepatuhan, dll. Beberapa perangkat lunak manajemen jaringan tingkat lanjut dapat memperbaiki masalah jaringan secara otomatis. Perangkat lunak manajemen jaringan juga dapat membantu tugas-tugas yang terlibat dalam penyediaan jaringan baru, seperti menginstal dan mengkonfigurasi node jaringan baru, dll. Mereka juga dapat membantu pemeliharaan jaringan yang ada seperti mengupgrade perangkat lunak pada perangkat jaringan yang ada, membuat jaringan virtual baru, dll.


Baca juga : Perangkat keras jaringan komputer

Fungsi perangkat lunak jaringan komputer

1. Penyediaan

Fungsi perangkat lunak jaringan komputer ini memungkinkan manajer jaringan untuk menyediakan perangkat jaringan baru di suatu lingkungan. Mengotomatiskan langkah ini mengurangi biaya dan menghilangkan kemungkinan kesalahan manusia.


2. Pemetaan atau Penemuan

Fungsi perangkat lunak jaringan komputer ini memungkinkan perangkat lunak untuk menemukan fitur-fitur jaringan target. Beberapa fitur yang biasanya ditemukan adalah: node dalam jaringan, konektivitas antara node ini, jenis dan kemampuan vendor untuk node ini, karakteristik kinerja, dll.


3. Pemantauan

Fungsi perangkat lunak jaringan komputer ini memungkinkan perangkat lunak manajemen jaringan untuk memantau jaringan untuk masalah dan menyarankan perbaikan. Perangkat lunak dapat mengumpulkan perangkat secara berkala atau mendaftar sendiri untuk menerima peringatan dari perangkat jaringan. Salah satu mekanisme perangkat jaringan untuk memberikan informasi tentang dirinya sendiri adalah dengan mengirimkan Perangkap SNMP . Pemantauan dapat mengungkapkan kesalahan dalam jaringan seperti node yang gagal atau salah konfigurasi, hambatan kinerja, aktor jahat, intrusi, dll.


4. Manajemen konfigurasi

Fungsi perangkat lunak jaringan komputer ini memungkinkan perangkat lunak untuk memastikan bahwa konfigurasi jaringan sesuai keinginan dan tidak ada penyimpangan konfigurasi.


5. Kepatuhan peraturan

Fungsi perangkat lunak jaringan komputer ini memungkinkan perangkat lunak manajemen jaringan untuk memastikan bahwa jaringan memenuhi standar peraturan dan mematuhi hukum yang berlaku.


6. Kontrol perubahan

Fungsi perangkat lunak jaringan komputer ini memungkinkan perangkat lunak untuk memastikan bahwa perubahan jaringan dilakukan secara terkontrol dan terkoordinasi. Kontrol perubahan dapat mengaktifkan jejak audit yang memiliki aplikasi selama penyelidikan forensik setelah gangguan jaringan .


7. Manajemen Aset Perangkat Lunak

Fungsi perangkat lunak jaringan komputer ini memungkinkan perangkat lunak untuk menginventarisir perangkat lunak yang diinstal pada node bersama dengan detail seperti versi dan tanggal penginstalan. Selain itu, ini juga dapat menyediakan penerapan perangkat lunak dan manajemen tambalan .


8. Keamanan Siber

Fungsi perangkat lunak jaringan komputer ini memungkinkan perangkat lunak menggunakan semua data yang dikumpulkan dari node untuk mengidentifikasi risiko keamanan dalam lingkungan TI.


Memilih alat pemantauan jaringan

Sudah umum di banyak departemen TI untuk menggabungkan fungsi server, aplikasi, penyimpanan, dan manajemen jaringan, karena semua elemen ini saling bergantung untuk memastikan pengiriman layanan yang berhasil kepada pengguna akhir. Paket perangkat lunak gabungan yang berisi alat pemantauan dapat mencakup semua elemen infrastruktur perusahaan ini. Sebuah alat pemantauan jaringan dapat menjadi utilitas baris perintah kecil, atau suite yang luas dari layanan .

Teknologi jaringan melibatkan banyak fungsi spesialis yang berbeda. Pada tingkat fundamental, Anda memiliki aspek fisik jaringan yang harus diperhatikan - kabel atau serat optik yang membawa data LAN atau pemancar yang membuat gelombang radio jaringan nirkabel. Anda juga harus memastikan bahwa jaringan aman dan kondisi lingkungan di gedung sesuai untuk peralatan Anda.

Secara keseluruhan, Anda perlu mengetahui potensi masalah di jaringan dan mencegahnya. Jika kegagalan benar-benar terjadi, coba tangkap dan perbaiki sebelum itu berdampak pada pekerjaan pengguna jaringan. Jika semua tindakan gagal, meja bantuan memungkinkan Anda menerima peringatan dari pengguna untuk mengidentifikasi masalah yang tidak terdeteksi.


Apa perbedaan antara pemantauan jaringan dan pemantauan kinerja aplikasi?

Pemantauan jaringan berkaitan dengan kinerja perangkat yang mengoperasikan jaringan, seperti sakelar dan router. Kegiatan ini disebut pemantauan kinerja jaringan. Tugas utama lain dari pemantauan jaringan adalah memeriksa arus lalu lintas, ini disebut analisis lalu lintas jaringan.

Sementara beberapa tugas analisis lalu lintas jaringan melibatkan pengidentifikasian aplikasi yang menghasilkan atau menerima lalu lintas, fungsi pemantauan tersebut tidak peduli dengan apakah aplikasi berjalan dengan benar. Pemantauan kinerja aplikasi mengawasi apakah aplikasi bisa mendapatkan semua sumber daya yang mereka butuhkan agar berfungsi dengan baik. Salah satu sumber daya tersebut adalah akses ke jaringan.


Apa jenis perangkat lunak pemantauan jaringan?

Ada dua jenis monitor jaringan: packet sniffer, yang mengambil sampel lalu lintas jaringan, dan monitor kinerja jaringan, yang mengumpulkan laporan perangkat jaringan. Ada tujuh jenis sistem pemantauan jaringan:

  • Monitor kinerja - Prosesor pesan status Simple Network Management Protocol (SNMP).
  • Penguji kinerja - Keluarkan perintah, seperti Ping dan Traceroute untuk mengumpulkan statistik.
  • Penganalisis protokol - Berdasarkan sniffer paket untuk LAN.
  • Pengendus nirkabel - Berdasarkan pengendus paket untuk jaringan nirkabel.
  • Firewall - Membaca paket yang melewati batas jaringan.
  • Sistem deteksi intrusi - Identifikasi pola lalu lintas standar dan anomali.
  • Alat SIEM - Periksa file log untuk mengetahui tanda-tanda pelanggaran keamanan.


Bagaimana cara memantau semua lalu lintas jaringan?

Alat pemantauan lalu lintas disebut penganalisis lalu lintas atau monitor NetFlow. Sementara kinerja jaringan memantau status perangkat jaringan kueri, penganalisis lalu lintas memeriksa data throughput dari perangkat jaringan dan juga mengekstrak header paket yang lewat untuk mengukur lalu lintas berdasarkan protokol, sumber, dan tujuan. 


Bagaimana cara kerja alat pemantauan jaringan?

Sebagian besar alat pemantauan jaringan menggunakan Simple Network Management Protocol (SNMP). Ini adalah standar industri untuk jaringan dan memerlukan manajer SNMP untuk mengumpulkan data dari agen SNMP. Agen SNMP harus ada di setiap perangkat. Semua produsen perangkat jaringan mengirimkan produk mereka dengan agen SNMP yang sudah terpasang. Semua yang kurang adalah manajer SNMP dan ini adalah peran yang disediakan alat pemantauan kinerja jaringan.


Perangkat jaringan komputer yang bagus harus :


  1. Fungsi penemuan otomatis untuk menyusun inventaris jaringan
  2. Pemeta topologi jaringan otomatis
  3. Tampilan drill-down memberikan ringkasan kinerja jaringan dan kemudian statistik per jenis perangkat hingga setiap perangkat jaringan individu
  4. Ambang ekspektasi kinerja yang menentukan kinerja yang dapat diterima.
  5. Mekanisme peringatan sehingga operator akan ditarik ke dashboard jika muncul masalah.
  6. Visualisasi data berkode warna untuk membantu pengenalan status dengan cepat.
  7. Templat laporan yang telah ditulis sebelumnya untuk secara otomatis mengekstrak statistik kinerja jaringan utama untuk analisis dan presentasi. 


Perangkat lunak jaringan komputer

Di bawah ini Anda akan menemukan daftar Alat & Perangkat Lunak Terbaru yang Diperbarui untuk memastikan jaringan Anda terus dilacak dan dipantau setiap saat sepanjang hari untuk memastikan up-time setinggi mungkin. 

1. SolarWinds Network Performance Monitor

SolarWinds Network Performance Monitor mudah diatur dan siap dalam waktu singkat. Alat tersebut secara otomatis menemukan perangkat jaringan dan menyebarkannya dalam waktu satu jam. Pendekatannya yang sederhana untuk mengawasi seluruh jaringan menjadikannya salah satu antarmuka pengguna yang paling mudah digunakan dan paling intuitif.

Produk ini sangat dapat disesuaikan dan antarmukanya mudah dikelola serta diubah dengan sangat cepat. Anda dapat menyesuaikan dasbor, bagan, dan tampilan kinerja berbasis web. Anda dapat merancang topologi yang disesuaikan untuk seluruh infrastruktur jaringan Anda. Anda juga dapat membuat lansiran cerdas sadar ketergantungan yang disesuaikan dan banyak lagi.

Perangkat lunak ini dijual dengan modul terpisah berdasarkan apa yang Anda gunakan. Harga Monitor Kinerja Jaringan SolarWinds mulai dari $ 1.995 dan merupakan lisensi satu kali termasuk pemeliharaan tahun pertama.

SolarWinds NPM memiliki daftar Fitur Ekstensif yang menjadikannya Salah satu Pilihan Terbaik untuk Pemantauan Jaringan, termasuk:

  • Secara Otomatis Penemuan Jaringan dan Pemindaian untuk Komputer dan Perangkat Berkabel dan Wifi
  • Dukungan untuk Array Luas dari Vendor OEM
  • Perkiraan dan Perencanaan Kapasitas
  • Tentukan Masalah dengan Cepat pada Performa Jaringan dengan fitur visualisasi Jalur Kritis NetPath ™
  • Dasbor Kinerja yang Mudah Digunakan untuk Menganalisis titik dan jalur Data Kritis di seluruh jaringan Anda
  • Sistem Peringatan Kuat dengan opsi untuk Pemicu Sederhana / Kompleks
  • Pantau jaringan CISCO ASA dengan Wawasan Jaringan Baru ™ mereka untuk CISCO ASA.
  • Pantau ACL , VPN, Antarmuka dan Monitor di Cisco ASA Anda
  • Pantau aturan Firewall melalui Browser Aturan Firewall
  • Hop by Hop Analisis Jalur dan Komponen Jaringan Kritis
  • Secara Otomatis Temukan Jaringan dan Petakan bersama dengan Tampilan Topologi
  • Kelola, Pantau, dan Analisis Jaringan Wifi di dalam Dasbor
  • Buat Peta Panas Jaringan Wifi untuk menunjukkan titik-titik Titik Mati Wifi
  • Pantau Kesehatan Perangkat Keras dari semua Server, Firewall, Router, Switches, Desktops, laptop dan banyak lagi.
  • Jaringan Real-Time dan Pemantauan Arus Net untuk Komponen dan Perangkat Jaringan Kritis


2. Datadog

Datadog adalah perangkat lunak jaringan komputer layanan pemantauan yang dirancang khusus untuk lingkungan cloud hybrid. Datadog juga dapat memantau kinerja jaringan, aplikasi, alat, dan layanan.

Salah satu yang menarik dari Datadog adalah ia dapat memberikan ekstensibilitas melalui banyak API (Antarmuka Pemrograman Aplikasi) dengan dokumentasi yang sangat baik.

Perangkat lunak ini sangat mudah dipasang dan dapat aktif serta berjalan tepat waktu. Untuk mempermudah, agen dapat mengunduh dan menginstal perangkat lunak. Agen tersedia untuk berbagai platform seperti Windows, Mac OS, Beberapa distribusi Linux, Docker, Chef, Puppet, dll.

Anda dapat membuat grafik, metrik, dan lansiran ubahsuaian dalam sekejap, dan perangkat lunak dapat menyesuaikannya secara dinamis berdasarkan kondisi yang berbeda. 


3. Paessler PRTG Network Monitor

Perangkat lunak PRTG Network Monitor umumnya dikenal karena kemampuan manajemen infrastrukturnya yang canggih. Semua perangkat, sistem, lalu lintas, dan aplikasi di jaringan Anda dapat dengan mudah ditampilkan dalam tampilan hierarki yang merangkum kinerja dan peringatan. PRTG memantau infrastruktur TI menggunakan teknologi seperti SNMP, WMI, SSH, Flows / Packet Sniffing, permintaan HTTP, REST API, Ping, SQL, dan banyak lagi.

Ini adalah salah satu pilihan terbaik untuk organisasi dengan pengalaman rendah dalam pemantauan jaringan. Antarmuka pengguna sangat kuat dan sangat mudah digunakan.

Fitur PRTG yang sangat khusus adalah kemampuannya untuk memantau perangkat di pusat data dengan aplikasi seluler. Kode QR yang sesuai dengan sensor dicetak dan dipasang ke perangkat keras fisik. Aplikasi seluler digunakan untuk memindai kode dan ringkasan perangkat ditampilkan di layar seluler.


4. ManageEngine OpManager

ManageEngine OpManager adalah manajemen infrastruktur, pemantauan jaringan, dan perangkat lunak Manajemen Kinerja Aplikasi "APM" (dengan plug-in APM).

Produk ini sangat seimbang dalam hal fitur pemantauan dan analisis.

Solusinya dapat mengelola jaringan Anda, server, konfigurasi jaringan dan kesalahan & kinerja; Itu juga dapat menganalisis lalu lintas jaringan Anda. Untuk menjalankan Manage Engine OpManager, itu harus diinstal secara lokal.

Sorotan dari produk ini adalah bahwa ia hadir dengan templat perangkat monitor jaringan yang telah dikonfigurasi sebelumnya. Ini berisi parameter dan interval pemantauan yang telah ditentukan sebelumnya untuk jenis perangkat tertentu.


5. Progress WhatsUp Gold

WhatsUp Gold dari Progress Software Corporation menggunakan Simple Network Management Protocol (SNMP) untuk melacak kinerja jaringan. Agen SNMP di setiap sakelar dan router menyiapkan laporan status dan memperbaruinya terus-menerus, menunggu permintaan dari pengelola SNMP. Satu-satunya masalah adalah bahwa sistem operasi biasa tidak menyertakan pengelola SNMP. WhatsUp Gold menyediakan fungsi itu.

Alat pemantauan ini mengirimkan siaran reguler, meminta laporan status, yang disebut MIB. Setiap agen perangkat menanggapi permintaan tersebut dan kemudian WhatsUp Gold mengumpulkan hasil yang diterimanya. Mekanisme ini memberi tahu sistem pemantauan dengan tepat perangkat apa yang ada di luar sana dan perangkat lain mana yang terhubung. Informasi ini terus diperbarui, sehingga WhatsUp Gold dapat mempertahankan inventaris jaringan terbaru. Layanan ini juga secara otomatis menyusun peta topologi jaringan berdasarkan pembaruan langsung ke inventaris jaringan.

Agen perangkat akan mengirim pesan Perangkap jika mengidentifikasi masalah dengan peralatan yang dipantau. WhatsUp Gold menafsirkan ini menjadi peringatan. Administrator jaringan dapat mengabaikan konsol pemantauan dan membiarkan WhatsUp Gold mengawasi semuanya. Ini karena mereka akan diberi tahu jika terjadi kesalahan.

WhatsUp Gold diinstal di Windows Server. Perangkat lunak ini hadir dengan paket harga berbeda untuk menyesuaikan dengan jaringan dan dompet Anda.


6. Site24x7 Network Monitoring

Site24x7 adalah perangkat lunak jaringan komputer layanan pemantauan jaringan yang mencakup jaringan, server, dan aplikasi. Layanan pemantauan jaringan dalam paket ini dimulai dengan menjelajahi jaringan untuk perangkat yang terhubung. TI mencatat temuannya dalam inventaris jaringan dan menyusun peta topologi jaringan.

Monitor Jaringan menggunakan prosedur dari Simple Network Management Protocol (SNMP) untuk mengumpulkan perangkat setiap menit untuk laporan status. Setiap perubahan dalam infrastruktur jaringan yang diungkapkan oleh tanggapan ini memperbarui inventaris dan peta topologi.

Hasil tanggapan perangkat diinterpretasikan menjadi data langsung di dasbor monitor. Dasbor diakses melalui browser standar apa pun dan layarnya dapat disesuaikan oleh pengguna.

Sistem SNMP memberdayakan agen perangkat untuk mengirimkan peringatan tanpa menunggu permintaan jika mendeteksi masalah dengan perangkat yang dipantau. Infrastruktur Site24x7 menangkap pesan ini, yang disebut Perangkap, dan menghasilkan peringatan. Peringatan ini dapat diteruskan ke teknisi melalui SMS, email, panggilan suara, atau pesan instan.

Monitor Jaringan juga memiliki fungsi analisis lalu lintas. Ini mengekstrak angka throughput dari sakelar dan router dan menampilkan informasi aliran data di dasbor sistem. Data ini juga dapat digunakan untuk perencanaan kapasitas.

.

7. Nagios Core

Nagios Core adalah perangkat lunak jaringan komputer monitor jaringan sumber terbuka yang memiliki antarmuka web untuk memantau kinerja jaringan. Melalui antarmuka jaringan pengguna, Anda dapat memantau Status Jaringan Saat Ini dengan Total Status Host dan Total Status Layanan Jaringan yang diuraikan di bagian atas halaman. GUI memiliki kode warna sehingga Anda dapat dengan mudah melihat elemen yang tidak tersedia atau disusupi.

Lacak kinerja melalui sistem peringatan, yang mengirimkan pemberitahuan melalui email dan SMS . Lihat bagian Riwayat Peringatan untuk melihat peringatan apa yang dibuat dan kapan. Daftar peringatan juga diberi kode warna sehingga lebih mudah untuk memprioritaskan peringatan kritis.

Anda dapat menggunakan API untuk mengintegrasikan layanan jaringan lainnya. Jika Anda memerlukan lebih banyak fungsi, Anda juga dapat memeriksa ribuan plugin komunitas yang tersedia di Nagios Exchange untuk membantu Anda menambahkan fungsi tambahan. Misalnya, ada plugin cek SNMP CPU load yang memungkinkan Anda untuk memantau beban SNMP atau penggunaan CPU perangkat jaringan Anda.

Nagios Core adalah perangkat lunak pemantauan jaringan gratis yang sangat baik namun penyiapannya bisa sedikit lebih praktis daripada produk lain dalam daftar ini. Unduh Nagios Core secara gratis , atau tergantung pada kebutuhan Anda, lihat perbandingannya dengan Nagios XI .


8. Zabbix

Zabbix adalah perangkat lunak jaringan komputer untuk monitoring sumber terbuka yang menggabungkan pemantauan jaringan, server, cloud, aplikasi, dan layanan menjadi satu solusi terpadu. Zabbix menggunakan SNMP dan IPMP untuk memantau jaringan Anda. Fitur penemuan otomatis secara otomatis mencari perangkat jaringan dan menambahkannya untuk dipantau. Alat ini juga dapat mendeteksi perubahan konfigurasi secara otomatis sehingga Anda dapat mengetahui apakah perangkat jaringan telah diperbarui.

Template pemantauan jaringan memudahkan konfigurasi program untuk pemantauan. Misalnya, ada template yang telah dikonfigurasi sebelumnya untuk vendor seperti Cisco, Hewlett Packard Enterprise, Dell, Intel, Netgear, dan banyak lagi. Jika Anda membutuhkan lebih banyak variasi maka Anda dapat mengakses lebih banyak templat komunitas dari situs komunitas Zabbix.

Untuk memastikan bahwa Anda dapat menanggapi peringatan tepat waktu, Zabbix memiliki sistem pemberitahuan . Peringatan dikirim melalui email, SMS, messenger, jabber, atau skrip khusus untuk memberi tahu Anda tentang peristiwa keamanan jaringan yang berkembang. Konten notifikasi dapat disesuaikan menurut penerima untuk memastikan bahwa titik kontak memiliki semua yang mereka butuhkan untuk membuka kembali secara cerdas.

Zabbix adalah salah satu alat pemantauan jaringan Linux teratas di pasaran. Penemuan otomatis dan template membuat program mudah diterapkan. Anda dapat mengunduh perangkat lunak ini secara gratis .


9. Icinga

Icinga adalah alat perangkat lunak jaringan komputer sumber terbuka yang memantau kinerja jaringan, layanan cloud, dan pusat data Anda. Perangkat lunak ini berbasis web dan dapat dikonfigurasi melalui GUI atau dengan Domain Specific Language ( DSL ). Memiliki pilihan di antara keduanya memberi Anda kekuatan untuk memantau sesuka Anda.

Anda dapat masuk ke GUI dan menggunakan dasbor untuk melihat gambaran umum manajemen kinerja. Dasbor menampilkan apakah ada masalah dengan kinerja atau ketersediaan dan memberi kode warna sesuai dengan tingkat keparahan. Perangkat jaringan kritis atau Down ditandai dengan warna merah.

Ekstensi atau Modul Icinga , memungkinkan Anda menambahkan lebih banyak fungsi ke program. Misalnya, Modul Icinga untuk vSphere memungkinkan Anda memantau mesin virtual dan sistem host. Ada berbagai plugin yang dibuat komunitas yang dapat Anda unduh secara gratis dari Icinga Exchange 

Secara keseluruhan, Icinga adalah solusi skalabel yang memberi Anda kendali atas cara Anda mengelola lingkungan. Icinga tersedia untuk Debian, Red Hat, SUSE, Ubuntu, Fedora, OpenSUSE, Raspbian, dan Windows. Anda dapat mengunduh versi uji coba gratis .


10. Spiceworks Connectivity Dashboard

Spiceworks  Connectivity Dashboard adalah perangkat lunak pemantauan jaringan gratis yang populer . Melalui GUI berbasis web, Anda mengakses dasbor dan memantau ketersediaan infrastruktur jaringan Anda secara real-time.

Perangkat lunak ini juga dilengkapi dengan integrasi dengan Spiceworks Inventory dan Cloud Help Desk sehingga Anda dapat memantau inventaris jaringan Anda dengan lebih efektif. Misalnya, dengan Spiceworks Inventory, Anda dapat memantau informasi tentang alamat IP, OS, alamat MAC, dan lainnya.

Sistem peringatan memberi tahu Anda tentang fluktuasi kinerja apa pun sehingga Anda menerima pemberitahuan melalui email . Jika Anda tidak ingin mengonfigurasi kondisi peringatan Anda sendiri, Anda dapat menggunakan pengaturan yang telah dikonfigurasi perangkat lunak secara default.

Dasbor Konektivitas Spiceworks  sangat ideal untuk perusahaan kecil yang mencari solusi pemantauan kinerja jaringan yang terjangkau. Ini mudah digunakan dan memiliki komunitas pengguna aktif di belakangnya. Anda dapat mengunduh perangkat lunak ini secara gratis .


Lihat juga : Perangkat keras internet

Sekian dulu artikel dari siipung.com tentang perangkat lunak jaringan komputer, semoga bermanfaat dan jangan lupa bagikan artikel ini.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar