Skip to main content
Si Ipung

follow us

Pengertian search engine adalah - manfaat, cara kerja search engine

Pengertian Search Engine adalah - Di era yang sudah semakin serba canggih ini, tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan penggunaan internet untuk mencari berbagai macam informasi untuk berbagai kebutuhan sehari-hari,

salah satunya yang paling populer adalah search engine. Kolom pencarian dapat diisi dengan berbagai kata kunci yang dapat mengantar para pengguna ke jutaan sumber yang telah diseleksi sedemikian rupa.


Pengertian Search Engine

Dalam penggunaan internet saat ini, mesin pencari populer dan memiliki reputasi yang baik antara lain Google, Yahoo, atau Bing.

Saking populernya, bahkan ketiga alat dijadikan sebagai arti dari istilah search engine itu sendiri. Sayangnya pengertian search engine sebenarnya tidaklah sesederhana nama-nama itu.

Lalu apa sebenarnya arti search engine, bagaimana sejarah dan cara kerja search engine ?

Pengertian search engine memang belum memiliki definisi standar yang diterima secara menyeluruh.

Namun dapat diartikan search engine adalah sistem software atau aplikasi yang dibuat atau disediakan oleh lembaga komersial untuk memudahkan para pengguna internet untuk menemukan informasi di internet dengan menggunakan kata kunci.

Baca dulu : contoh software dan jenis-jenis software sebelum menginstalnya

Informasi yang diakses tersebut umumnya tersimpan di www (World Wide Web) , ftp (File Transfer Protocol) maupun mailing list dalam suatu server.

Mesin pencari akan mengumpulkan berbagai informasi tersebut lalu menampilkannya melalui mekanisme seleksi khusus bagi para penggunanya. Hasil pencarian yang ditampilkan ke pengguna disebut SERP (Search Engine Result Pages) .


Pengertian Search Engine Menurut Para Ahli

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa pengertian search engine memang belum memiliki definisi resmi yang dapat diterima sebagai standar secara keseluruhan.

Namun demikian, terdapat beberapa kalangan ahli yang mencoba memberikan pengertiannya tentang mesin ini, antara lain

Pengertian Search engine Menurut Halavais , pengertian search engine adalah sistem pemerolehan informasi yang memungkinkan pencarian berdasar kata kunci yang didistibrusikan dalam bentuk teks digital.

Pengertian  Search engine menurut Lia Kuwayatno , mendefinisikan pengertian search engine adalah perangkat lunak yang digunakan untuk mengakses suatu website dengan cara memasukkan alamat situs yang akan dituju di kotak address.

Pengertian  Search engine menurut Ali Zaki menerjemahkannya search engine adalah program untuk mengakses website melalui komputer yang terhubung dengan jaringan internet sebagai sarana.

Pengertian  Search engine menurut Smitdev mengartikannya pengertian search engine adalah sebagai lawan kata server yang memiliki tugas menampilkan suatu halaman web.


Sejarah Search Engine

Di masa-masa awal perkembangan internet, Tim Berners-Lee menciptakan situs web yang berisi daftar situs yang berada di internet lewat server web CERN.

Tercatat bahwa layanan ini mulai aktif sejak 1992 dan masih eksis hingga saat ini. Seiring waktu dan bertambahnya situs web aktif, daftar ini pun tidak memungkinkan jika dikelola tenaga manusia.

Mesin pencari pertama kali yang dipakai sebagai utilitas pencarian internet adalah Archie yang sebenarnya pertama kali dikembangkan pada 1990 oleh Alan Emtage, Bill Heelan dan J. Peter Deutsch.

Mekanisme program ini adalah dengan cara mengunduh daftar direktori serta berkas di layanan ftp publik lalu dimuat ke basis data yang memungkinkan dilakukannya pencarian.

Tahun 1993, mesin pencari lainnya bernama Aliweb dikembangkan dan menjadi salah satu usaha komersial terkenal, Lycos, yang menjadi proyek riset di tahun 1994.

Berikutnya, semakin banyak mesin pencari bermunculan dan mendulang popularitas masing-masing, diantaranya WebCrawler, Hotbot, Excite, Infoseek, Inktomi, dan AltaVista.

Pada tahun 2002, Yahoo! mengakuisisi Inktomi, disusul AlltheWeb lalu Altavista kemudian merilis search engine nya sendiri yang berbasis teknologi gabungan berbagai mesin pencari yang sudah diakuisisi tersebut dan memberikan layanan yang lebih mengutamakan pencarian Web ketimbang layanan lainnya.

Pada bulan Desember 2003, Orase merilis teknologi pencarian real-time versi pertamanya yang memiliki berbagai fungsi baru dan kinerja yang lebih baik.

Pada masa-masa ini, mesin pencari sudah menjadi salah satu target investasi internet menjanjikan dimana ada banyak perusahaan search engine yang mendapat keuntungan besar di pasar saham.


Bagaimana Cara Kerja Search Engine ?

Google memiliki mesin sendiri yang dapat mengumpulkan bermacam data di internet lalu memutuskan apakah data tersebut benar-benar berkualitas atau tidak. Mesin seperti ini disebut Web Crawlers (milik Google-Googlebot).

Crawlers tersebut akan mengambil tiap halaman yang ada di situs web secara otomatis lalu menelusuri setiap link yang ada di dalamnya kemudian mengindeks data yang diperoleh.

Proses indeks ini berdasar pada algoritme tertentu yang bisa saja meliputi bacaan teks pada judul, sub judul, meta tag dan lain sebagainya.

Melalui indeks ini, mesin pencari dapat menyajikan berbagai informasi berkualitas yang relevan terhadap keyword tertentu yang dimasukkan pengguna internet.

Demikianlah cara kerja search engine yang mempertemukan antara Anda sebagai pengguna dengan situs web, blog maupun forum sebagai sumber informasi.


Komponen Search Engine

Meskipun di aplikasi browser Anda hanya terlihat kolom kotak pencarian dan ikon berbentuk kaca pembesar, nyatanya search engine tidaklah sesederhana itu.

Mesin pencari ini memiliki beberapa komponen sehingga ia dapat bekerja menampilkan informasi. Komponen tersebut antara lain;


1. Query Interface

Query Interface ini merupakan komponen pertama yang biasanya Anda lihat saat akan melakukan pencarian.

Bentuk interface ini adalah kotak kosong yang dapat ditulisi keyword oleh pengguna. Masing-masing mesin pencari mungkin memiliki interface yang berbeda namun memiliki fungsi sama yaitu untuk memasukkan query.


2. Query Engine

Query Engine merupakan program yang bekerja untuk menerjemahkan apa yang ditulis pengguna menjadi bahasa mesin yang dapat dimengerti oleh sistem komputasi.

Perusahaan penyedia search engine selalu berusaha mesin query ini sebaik mungkin agar dapat memahami keinginan para penggunanya lalu melakukan tugas pencarian dengan lebih cepat.


3. Database

Pada dasarnya, database merupakan kumpulan dokumen dan arsip (data) dari semua situs aktif yang ada di internet. Makin besar jangkauan skala internet yang dicakup, maka semakin besar juga kapasitas penyimpanan yang diperlukan untuk menampung database ini.


4. Spider

Spider juga menjadi salah satu komponen penting dimana ia secara berkala melakukan pendataan atas tiap situs aktif yang ada. Data yang dicatat meliputi alamat web, kata kunci baik dari arsip dan dokumen.


5. Indexer

Seperti halnya proses maintenance di komputer Anda di rumah, data di internet juga perlu diterapkan pengindeksan agar lebih cepat ditemukan oleh pengguna.

Dalam melakukan fungsi indeks ini, metode yang digunakan mesin pencari sama halnya dengan penggunaan sistem indeks di kamus maupun buku-buku berjumlah halaman banyak.


Prinsip Umum Search Engine

Ada beberapa prinsip umum yang diterapkan dalam layanan search engine. Hal-hal ini umumnya dimanfaatkan oleh para teknisi yang dipekerjakan oleh perusahaan untuk mengelola situs web bisnis mereka.

Setidaknya ada 3 prinsip umum yang perlu diketahui, yaitu


Indexing

Dengan kata lain, prinsip ini memperhatikan bagaimana cara kerja robot mesin pencari dalam memeriksa setiap halaman web lalu menyalinke dalam database layanan pencarian.

Inilah alasan yang kemudian mendasari pentingnya suatu website harus memiliki struktur yang benar agar dapat terindeks dengan lebih mudah oleh search engine.


Menemukan Query

Prinsip berikutnya adalah memahami bagaimana untuk menyaring query pencarian yang paling banyak dilakukan oleh pengguna lalu mencari informasi yang sesuai dengan query tersebut. Penyaringan tersebut dilakukan dalam database website itu sendiri.


Ranking

Selanjutnya memastikan bahwa situs web mendapatkan ranking yang baik di halaman hasil pencarian sesuai keyword yang diminta. Ini kemudian menjadi salah satu prinsip dasar dalam melakukan optimasi search engine.


Apa itu Optimasi Search Engine ?

Optimasi mesin pencari (Search Engine Optimizaton) yang kemudian populer disingkat degan SEO adalah serangkaian proses yang bertujuan untuk menempatkan website di posisi teratas sehingga meningkatkan kedatangan pengguna ke website itu.

Seperti yang diketahui, website yang muncul paling awal di SERP berpeluang lebih baik untuk di-klik oleh pengguna.

Mengapa demikian? Karena situs tersebut terlihat memiliki data yang paling relevan dengan apa yang diketikkan pengguna di kolom pencarian.

Meskipun dalam kenyataannya, pengguna juga tak jarang merasa kecewa sebab isinya tidak terlalu sesuai dengan apa yang diharapkan.

Hal ini karena teknik SEO yang diterapkan oleh para teknisi situs web demi memastikan halaman yang mereka kelola asal muncul di paling atas, tanpa memperhatikan kualitas konten yang ada di dalam halaman tersebut.

Mesin pencari sendiri selalu memperbarui mekanisme dan algoritma untuk melakukan rating ini.


Teknik dalam melakukan SEO sendiri terbagi menjadi 2 yaitu:

On-Page SEO

yaitu teknik untuk mengoptimalkan website yang diterapkan dari dalam misalnya dengan memaksimalkan keyword serta konten agar lebih mudah dikenali mesin pencari.

On-Page SEO ini memerlukan konsistensi dan relevansi antara judul, kata kunci, meta keywords, meta description agar mesin pencari lebih mudah melacaknya.

Off-Page SEO

menjadi cara mengoptimalkan website dari luar misalnya dengan menyertakan alamat website di website lain, backlink, mendaftarkan website ke Web Directory ataupun berbagi link bersama website lain.

Searh engine adalah mesinyan sangat penting dansangat berguna, dengan adanya optimasi yang baik maka website akan menjadiperingkat pertama pada hasil pencarian, tentunya optimasi search engine tidak lah mudah,

namun jika website kita telah menduduki peringkat pertama maka semua hal bisnis didalamnya bisa kita lakukan.


Contoh Search Engine Populer

Saat ini, sebenarnya ada banyak contoh search engine yang dapat digunakan untuk menemukan informasi yang dibutuhkan oleh pengguna baik untuk keperluan edukasi, hiburan dan sebagainya.

Namun mesin pencari yang paling populer diantaranya adalah Google Yahoo! dan Bing. Adapun mesin pencari lain seperti Aol, MSN, Ask, Yandex, Alltheweb, Altavista ataupun Lycos.


1. Google

Google menjadi perusahaan penyedia layanan mesin pencari terbanyak digunakan pengguna internet di dunia dan langsung menarik perhatian publik sejak pertama kali diperkenalkan.

Kelebihan yang ditawarkan saat itu antara lain rating di hasil pencarian berdasar pada informasi yang paling relevan dengan informasi yang dicari. Smartphone android menjadi salah satu langkah besar keberhasilan Google.


2. Yahoo

Yahoo juga sempat menjadi search engine terpopuler di dunia yang tidak sekedar memberikan fungsi mesin pencari, namun juga layanan email secara gratis. Yahoo dikelola oleh perusahaan yang berasal dari California AS, yaitu Yahoo!Inc.


3. Bing

Bing menjadi produk layanan pencarian yang dimiliki Microsoft Corporation yang kini menjadi halaman default pada browser Microsoft Edge di Windows 10.

Search engine ini merupakan penerus dari sejumlah mesin Microsoft yang kurang berhasil, misalnya Live Search, Windows Live Search ataupun MSN Search.


Manfaat Search Engine Terhadap Kehidupan Manusia

Tentu saja mesin pencari ini memiliki manfaat bagi kehidupan manusia sehingga ia terus digunakan dan dikembangkan agar kemampuan dan kinerjanya semakin baik. Beberapa manfaat yang ditawarkan antara lain


1. Mendapatkan Berbagai Informasi

Sesuai dengan namanya, search engine dijadikan sebagai sarana untuk mendapatkan berbagai informasi yang dibutuhkan sehari-hari. Informasi tersebut bisa berupa petunjuk lokasi, ulasan, berita, tutorial hingga berbagai macam produk dan layanan.


2. Efisiensi Waktu

Dengan adanya mesin pencari ini, manusia semakin dimudahkan untuk mengakses layanan yang ada, baik jauh lokasinya atau ada di sekitarnya. Sehingga manusia bisa memenuhi berbagai kebutuhannya dengan lebih cepat.


3. Sarana Pemasaran

Karena memiliki kemampuan mempertemukan pengguna dengan layanan, banyak perusahaan komersial yang menjadikannya sebagai sarana pemasaran produk dan layanan mereka. Sehingga search engine dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan penjualan.


Kelebihan dan Kekurangan Search Engine

Meskipun mesin pencari ini memiliki berbagai kelebihan yang membuatnya tetap digunakan dan dikembangkan hingga saat ini, mesin ini tetap memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing antara lain


Google

Kelebihan

  • Memiliki database relevan yang lebih lengkap
  • Memiliki tampilan putih polos dan elegan
  • Menawarkan navigasi yang mudah dipelajari
  • Update algoritma secara berkala
  • Intensitas Spam lebih jarang
  • Sistem indeks dan crawling yang baik
  • Menawarkan berbagai layanan lain baik bagi kalangan pengguna biasa hingga para developer
  • Memiliki fitur pencarian lokal

Kekurangan

  • Popularitas menjadi salah satu pemicu banyaknya orang tak bertanggung jawab untuk memanipulasi data. Hasilnya pengguna mungkin melihat spam dan berbagai informasi tidak akurat di SERP

Yahoo!

Kelebihan

  • Tampilan dan navigasi yang cukup intuitif
  • Memiliki relevansi konten yang sangat baik
  • Memiliki jaringan update berita yang sangat lengkap
  • Menawarkan filter pencarian yang lengkap

Kekurangan

  • Penempatan iklan kadang kurang proporsional
  • Algoritma kurang maksimal
  • Sistem indeks yang terbilang lebih lama

Bing

Kelebihan

  • Menawarkan indeks lengkap
  • Dapat membuka berbagai situs terblokir terhadap filter tertentu
  • Hasil pencarian yang lebih bervariasi
  • Memiliki filter dan menu pencarian yang lengkap
  • Bebas iklan dengan fitur instant answer

Kekurangan

  • Fitur kurang lengkap
  • Jarang digunakan
  • Membutuhkan banyak resource dan kurang ideal ketika koneksi internet lambat
  • Navigasi bisa saja membingungkan

Demikianlah beberapa penjelasan singkat tentang search engine yang menjadi salah satu alat yang paling akrab dalam kegiatan berinternet pengguna masa kini. Semoga bisa menjadi referensi bagi Anda.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar