Skip to main content
Si Ipung

follow us

Segera berlangganan !! Akan hadir video dan tutorial menarik dari siipung.com dengan cara Subscribe ke youtube, klik Siipung Channel

×

Pengertian webcam adalah - fungsi webcam dan jenis-jenis webcam

Webcam adalah - Fungsi webcam, Pengertian Webcam Dan Cara Kerja
Webcam Untuk Anda generasi milenial, tentunya sudah biasa dengan teknologi yang bernama webcam.

Dimana teknologi perangkat keras ini mudah anda temukan di warnet maupun pada komputer atau webcam laptop, beberapa laptop pun terdapat fitur webcam.

Webcam atau web camera banyak digunakan masyarakat untuk berinteraksi dengan orang lain melalui internet, di mana saat ini teknologi benar-benar memanjakan penggunanya untuk bisa berkomunikasi secara real time.

Keunggulan dari webcam adalah, di mana orang yang berkomunikasi bisa melihat secara langsung wajah lawan bicaranya.


Pengertian Webcam

Webcam adalah sebutan untuk kamera yang gambarnya terdiri dari kejadian yang saat itu terjadi, di mana fitur ini dapat digunakan Ketika seseorang melakukan panggilan video melalui internet.

Adapun pada umumnya webcam berupa kamera video digital kecil yang terhubung dengan komputer atau laptop menggunakan USB maupun com, gimana dari sambungan itulah komputer bisa mengakses gambar yang di dapatkan melalui webcam .

Webcam adalah gabungan dari web dan kamera, yang berarti kamera yang Mampu menampilkan keadaan Real Time.

Cara mengakses webcam, seseorang memerlukan internet, program instan layaknya Yahoo Messenger, aol instant Messenger, windows Live Messenger, ataupun Skype. (Jika ingin melakukan panggilan video secara langsung)

Sangat banyak yang bisa dilakukan oleh webcam, yakni dipakai untuk keperluan konferensi jarak jauh, atau bisa juga digunakan sebagai kamera pemantau. Dimana gambar yang diambil oleh webcam , akan ditampilkan ke layar monitor yang terhubung dengannya.

Sebelum kita jauh membahas mengenai webcam, ada baiknya bila anda mengetahui sejarah perkembangannya.


Sejarah Webcam Dan Perkembangannya

Awal mulanya, bentuk webcam hanya terbatas yang terdiri dari lensa, papan sirkuit, dan juga casing. Seiring dengan perkembangan teknologi, webcam ini pun mulai bervariasi dengan berbagai fitur yang semakin canggih.

Pada tahun 2004 Microsoft melakukan penelitian dan menemukan pengembangan teknologi webcam, i2i merupakan sistem dua kamera yang mampu mengikuti pergerakan individu dengan sangat hati-hati.

Penemuan kamera ini memanfaatkan algoritma yang sangat spesial yang dikembangkan untuk memvisualkan apa yang setiap kamera lihat, gambar yang terlihat akan ditampilkan dalam "cyclopean" stereo yang sangat akurat. Bahkan kamera ini juga Mampu menampilkan emoticon 3 dimensi melayang.

selain itu sistem ini juga bisa menampilkan background yang sangat realistis sehingga penggunanya bisa seperti berada tempat lain. Kemampuan dari sistem i2i ini di antaranya, kemampuan trackingm atau juga Smart framing, serta kemampuan Smart focusing sehingga bisa menghasilkan gambar yang lebih fokus kepada target yang diinginkan.


Lahirnya Teknologi Streaming

Perlu Anda ketahui, bahwa teknologi kamera ini awalnya didukung secara komersial oleh industri pornografi. Pasalnya industri ini membutuhkan gambar secara live, sehingga industri meminta untuk dibuatkan software yang mampu digunakan tanpa memakai web browser plugin.

Dari sinilah teknologi live streaming lahir dan masih ada sampai saat ini. Saat ini webcam yang tersebar di pasaran umumnya dibagi menjadi dua jenis, yakni kamera permanen dan juga kamera revolving.

Cara mengatasi buffering dan apa itu buffering

Kamera permanen merupakan jenis kamera yang memiliki pengapit lensa untuk meletakkan kamera, sedangkan kamera revolving bisa diletakkan pada landasannya dan disesuaikan ke sudut pandang sesuai penggunaannya.

Webcam bisa digunakan sebagai video conference, video message, internet dating, home monitoring, image sharing, video phone call, interview video dan masih banyak lagi.


Prototype Webcam

Sedangkan menurut wikipedia, webcam diambil dari kata web dan camera, dimana dua kata tersebut merujuk pada sebuah kamera yang mampu menggambarkan keadaan secara real time. Webcam pertama yang berhasil dilahirkan bernama Xcoffee, tepatnya pada tahun 1991.

Penemu kamera ini adalah Paul Jardetzky dan rekannya Quentin Stafford Fraser, yang saat itu menemukan kamera yang belum bisa dihubungkan dengan internet.

Kemudian pada tahun 1993, Daniel Gordon dan Martyn Johnshon membantu hingga Xcoffee bisa disambungkan pada internet.

Berbeda dengan awal kemunculannya, dimana webcam berharga sangat mahal. Saat ini bahkan laptop sudah dilengkapi dengan webcam, bahkan laptop murah sekalipun ada fitur webcam nya.

Namun untuk perangkat komputer, anda harus membelinya karena piranti ini tidak tergabung dengan komputer secara langsung.

Umumnya para pengguna webcam menggunakan mikrofon untuk memperjelas hasil suara, namun saat ini juga sudah banyak webcam yang dilengkapi dengan mikrofon sehingga tidak membutuhkan mikrofon tambahan.

Sampai detik ini, ada banyak sekali jenis webcam yang bisa anda temukan di pasaran. Ada webcam yang bisa dihubungkan dengan USB, ada juga yang webcam bisa dihubungkan dengan wireless.


Bagian-bagian Webcam

Setelah anda mengetahui pengertian dan juga sejarah webcam, kurang lengkap bila anda tidak mengetahui bagian-bagian atau komponen yang terdapat di webcam. Agar anda lebih paham, berikut ini bagian-bagian yang terdapat dalam webcam.

Bagian terdiri dari lensa, sensor gambar dan sirkuit elektronik sebagai pendukungnya. Sensor gambar bisa berupa CMOS ataupun CCD.

Lensa kamera

Lensa kamera pada webcam sangat penting adanya, di mana lensa akan menangkap gambar yang didapatkan dan akan dilanjutkan ke layar monitor.

Kabel data

Kabel data inilah yang nantinya akan menghubungkan antara kamera dengan laptop ataupun komputer, tentunya bagian kabel data ini sangat penting untuk memastikan kelancaran penyaluran gambar dari kamera ke komputer.

Tombol snapshot

Tombol snapshot ini merupakan tombol yang bisa digunakan untuk melakukan pengambilan gambar, yang mana gambar yang dipotret akan disimpan dalam bentuk foto.

Pengaturan fokus

Bagian webcam selanjutnya adalah pengatur fokus, dimana pengatur fokus ini digunakan untuk mengatur lensa sehingga gambar yang didapatkan menjadi lebih jelas.

Lensa kamera yang digunakan untuk webcam adalah lensa plastik, di mana lensa plastik ini bisa digerakkan untuk melakukan pengaturan fokus.

Umumnya kamera ini beresolusi VGA, dengan rata-rata 25 frame per detik. Namun ada juga kamera yang memiliki resolusi lebih tinggi, gimana resolusi yang dibutuhkan 1,3 megapixel.

Itulah beberapa bagian yang terdapat pada webcam, tentunya bagian-bagian ini saling menghubungkan. Dengan mengetahui bagian-bagian yang ada dalam webcam, tentunya anda bisa mengetahui gambaran seperti apa cara kerja dari webcam ini.


Cara Kerja Webcam

Cara paling mudah untuk memahami cara kerja webcam adalah menggunakan secara langsung kamera tersebut. Inilah beberapa cara kerja dari webcam

  • Hampir mirip seperti kamera pada umumnya, webcam juga bisa digunakan untuk menangkap foto maupun video. Hebatnya dari kamera ini adalah, di mana kamera mampu mengirimkan gambar secara Real Time dengan bantuan data internet.
  • Webcam bekerja dengan sistem menangkap cahaya dari lensa buat kamera yang terpasang di bagian microchip penerima gambar, dimana microchip ini menggunakan teknologi CCD (Charge Couple Device) atau CMOS.
  • Hasil dari jepretan gambar yang dilakukan oleh lensa kamera bisa langsung diolah secara digital, atau juga bisa langsung disebarluaskan di media internet.

Seperti itulah sistem kerja dari webcam, tentunya hasil gambar dari kamera itu sendiri berbeda-beda. Pasalnya lensa yang digunakan juga bervariasi, namun umumnya semakin mahal kamera akan semakin bagus hasil gambarnya.


Fungsi Webcam

Secara umum fungsi webcam adalah menangkap gambar secara Real Time, sehingga gambar bisa digunakan untuk berkomunikasi melalui internet.

Namun kami akan memberikan beberapa fungsi lain dari kamera, berikut ini penjelasannya:


1. Berkomunikasi

Sesuai dengan tujuannya, webcam akan memudahkan anda untuk berkomunikasi. Sehingga anda bisa berkomunikasi secara langsung, anda bisa bertatap muka dengan lawan bicara anda yang juga menggunakan webcam. Tentunya anda membutuhkan jaringan internet untuk melakukan hal ini.

Ditambah lagi saat ini banyak software yang bisa digunakan untuk melakukan video call, seperti skype salah satunya. Bisa dipastikan, bila webcam sangat membantu komunikasi dua orang meskipun lokasinya berjauhan.


2. Belajar jarak jauh

Fungsi selanjutnya webcam adalah belajar jarak jauh, maksudnya ketika anda berhalangan untuk hadir ke kelas maka anda bisa tetap mengikuti pelajaran dengan memanfaatkan webcam.

Keberadaan webcam akan membuat jarak anda tak terhalang lagi, untuk tetap bisa mengikuti pelajaran ketika anda berhalangan hadir.


3. Meeting jarak jauh

Bagi sebuah perusahaan, webcam adalah hal yang sangat penting, webcam juga sangatlah membantu untuk menjalankan meeting meskipun lokasinya berjauhan. Dengan hal ini, karyawan tak harus berada di satu tempat untuk melakukan meeting kantornya.


Jenis-jenis Webcam

Webcam adalah salah satu perangkat keras penting, oleh karena itu kita perlu mengetahui apa saja jenis-jenis webcam, dengan mengetahui jenis-jenis webcam maka akan mudah dan tidak salah jika ingin membelinya.


1. Serial band Parallel port webcam

Saat ini webcam ini sudah sangat susah untuk ditemukan, webcam ini merupakan seri tua dan sudah tidak diproduksi lagi. Selain itu webcam ini menghasilkan kualitas gambar yang rendah, selain itu frame rate yang dihasilkan juga rendah.


2. USB webcam

Webcam ini adalah webcam yang cocok untuk pengguna baru, dimana untuk menggunakannya seseorang hanya perlu menghubungkan USB tanpa harus mematikan komputer. Namun sistem operasi yang dimiliki komputer haruslah mendukung dengan fasilitas USB.


3. Firewire card card based webcam

Ini merupakan teknologi video capture device, namun harga untuk webcam ini cukup mahal. Dengan harganya yang tinggi, tentu gambar yang dihasilkan memiliki kualitas yang bagus.


4. Network and wireless Camera

Webcam ini adalah jenis webcam yang bisa dihubungkan dengan jaringan modem, sehingga untuk melakukan transfer tidak memerlukan kabel lagi.

Bahkan webcam ini tidak memerlukan komputer untuk bisa mendapatkan gambar, karena bisa menggunakan modem untuk mentransfer gambar yang didapatkannya.

Itulah beberapa jenis-jenis webcam pc maupun webcam laptop.


Aplikasi webcam

Dengan adanya aplikasi webcam diera sekarang fungsi dari webcam tidak hanya untuk mengobrol seperti video call ataupun hanya mengambil gambar seperti biasa,
kini dengan adanya bantuan dari perangkat lunak atau aplikasi webcam yang canggih fungsi dari webcam dapat berkembang lagi, misalnya saja mengambil foto dengan berbagai efek menarik dan mengedit foto secara langsung setelah mengambil foto dari aplikasi tersebut.
Oleh karena ini siipung.com akan memberikan beberapa daftar aplikasi webcam menarik untuk anda coba.


1. Youcam

Youcam adalah salah satu perangkat lunak webcam paling populer. Tampilan yang simpel dan menarik menjadikan YouCam pilihan yang tepat untuk pemula.

Youcam menawarkan beragam alat pengeditan, filter, dan efek yang mengesankan. Filter pemandangan, lensa distorsi wajah, emotikon, efek dinamis, dan stiker.

Masih ada juga efek seperti wajah 'Avatar', stiker AR, dan animasi langsung agar umpan video Anda terlihat seperti film yang diedit dengan profesional? YouCam memiliki semuanya, lalu beberapa lagi. YouCam juga dapat disinkronkan dengan layanan seperti Skype dan Yahoo Messenger , dan juga mendukung fungsi login wajah untuk platform seperti Facebook, Amazon, Twitter.

Di sisi teknis, YouCam menyimpan gambar dalam berbagai format ( JPG, BMP, PNG ) dan mampu merekam video dalam bentuk file AVI dan WMV (MP4 juga, untuk sistem dengan kartu VGA) pada resolusi mulai dari 240p hingga Full HD.

Platform yang Didukung : Windows 10, 8 / 8.1, 7, Vista SP2


2. ManyCam

ManyCam bukan hanya sekadar aplikasi webcam, melainkan dapat disebut sebagai alat pengeditan video yang lengkap, berkat banyaknya preset, filter, dan efek yang tersedia sesuai dengan keinginan pengguna.

Anda dapat menambahkan sejumlah efek kecantikan seperti transisi, masker wajah, emotikon, dan latar belakang untuk merekam dan streaming beberapa video yang benar-benar artistik.

Selain itu, integrasi YouTube, mode Picture-in-Picture (PiP) adalah di antara beragam fitur yang ditawarkan ManyCam.

Anda dapat memilih untuk merekam video dalam beragam resolusi ( 240p, 480p, HD, FullHD, dll. ) Dengan kecepatan bingkai mulai dari 5-60 FPS dalam berbagai format seperti MP4, MKV dan FLV.

Anda bahkan dapat menyesuaikan nilai bitrate audio ( antara 96-192 kbps ) dan juga menerapkan fitur peredam bising yang bekerja cukup baik.

Berkat alat dan efek pengeditannya yang banyak, ManyCam adalah opsi yang sangat direkomendasikan, baik untuk membuat tutorial, merekam aktivitas layar, atau streaming.

Platform yang didukung : Microsoft Windows 7, Windows 8.1, Windows 10, MacOS X 10.9 dan lebih tinggi.


3. Debut Video Capture Software

Tidak semua orang suka dengan filter dan efek mewah, terkadang juga kita membutuhkan pengambiln gambar tanpa filter apapun.

Untuk hal tersebut, Debut Video Capture adalah salah satu perangkat lunak webcam terbaik. Semua yang akan Anda dapatkan adalah alat editing video variabel dasar seperti kontras, saturasi yang dapat disesuaikan dengan menggunakan slider, dan tiga filter video yaitu. B&W, Sepia, dan Negatif. Dan ya, Anda mendapatkan watermark (alat tanda air) untuk sedikit personalisasi yang ingin Anda tambahkan ke video Anda.

Ketika ke aspek teknis, Debut Video Capture memberikan sejumlah besar kontrol kepada pengguna. Satu dapat mengambil screenshot dalam dua jenis file yaitu. JPG dan PNG,

sementara video dapat direkam dalam beragam format seperti AVI, MKV, FLV, dan WMV.

Pengguna memiliki fleksibilitas untuk merekam aktivitas layar dalam tiga rasio aspek ( 11: 9, 16: 3, 4: 3 ) dalam resolusi mulai dari serendah 144p ke HD , namun, frame rate tampaknya tetap pada 30FPS di semua resolusi.

Platform yang Didukung : Windows XP, Vista, 7, 8, 10 dan Mac OS X 10.5 atau lebih tinggi


4. Yawcam

Yawcam adalah perangkat lunak webcam lain yang memiliki antarmuka sederhana.

Namun, perangkat lunak ini tidak sesederhana yang terlihat, karena ia menawarkan beberapa fitur yang cukup bagus seperti konverter gambar ke film, hamparan teks / gambar dan fitur deteksi gerakan yang mendeteksi aktivitas apa pun dalam pandangan webcam dan mengirimkan email kepada pengguna untuk memberi pemberitahuan.

Gambar yang diambil oleh kamera disimpan dalam tiga format yaitu. JPG, GIF, dan PNG, sementara stream ditangani oleh JavaScript dan MJPEG.

Ketika editing gambar, Anda tidak memiliki variabel seperti saturasi, dan yang harus Anda lakukan adalah menggerakkan slider untuk menyesuaikan kualitas gambar dalam persentase.

Anda juga dapat memilih untuk menampilkan gambar apa saja yang Anda sukai kepada audiens online ketika Anda offline.

Platform yang Didukung : Windows 2000 / XP / Vista / 7/8/10


5. Webcam Toy

Mengunduh dan menginstal perangkat lunak webcam pihak ketiga yang terlalu merepotkan? Nah, dalam hal ini, Webcam Toy adalah pilihan terbaik Anda.

Jika semua yang Anda inginkan adalah mengambil foto cepat, tambahkan beberapa efek distorsi yang unik dan filter tanpa menunggu perangkat lunak webcam dimuat, langsung menuju ke Webcam Toy.

Yang harus Anda lakukan untuk mencoba webcam toy adalah membuka situs web, pilih 'Ready? Smile!' diikuti dengan mengklik tombol 'Use My Camera' untuk memulai.

Anda dapat memilih dari lima preset (Mirror, Square, Countdown, Flash, Fullscreen) dan pilih dari beragam efek.

Bisa juga memilih untuk menyimpan gambar yang diklik secara lokal ( hanya format JPG ) atau mempostingnya langsung ke platform media sosial seperti Facebook dan Twitter langsung dari situs web.

Platform yang didukung : Web

Ada artikel menarik tentang : contoh software dan jenis-jenis software


6. Photo Booth Pro

Photo Booth Pro . Perangkat lunak ini tidak hanya zippy, tetapi juga memiliki sejumlah efek cermin dan filter yang dapat diuji secara real time sebelum merekam video atau mengklik foto.

Photo Booth menawarkan efek seperti efek cermin aksial, lensa distorsi, efek blur dan filter artistik untuk mengekspresikan kreativitas Anda.

Dan ada juga fitur strip foto keren yang akan memungkinkan Anda menangkap empat gambar dengan filter berbeda dan mengaturnya dalam satu strip, yang tata letaknya dapat diubah.

Gambar disimpan dalam format JPG secara lokal dan juga dapat diunggah di OneDrive . Selain itu, bisa juga mempostingnya di Facebook dan Twitter langsung dari Photo Booth Pro.

Di sisi lain, video direkam dalam format MP4 dalam dua aspek, yaitu rasio. 16: 9 dan 4: 3, namun, resolusi dan frame rate tetap pada 640 x 360 dan 30FPS.

Platform yang didukung : Windows 10


7. Apowersoft Free Online Screen Recorder

Jika antarmuka yang lancar dan toolkit yang luas adalah kombinasi yang Anda cari dalam perangkat lunak webcam, Anda tidak akan pernah salah dengan Apowersoft Free Online Screen Recorder .

Menurut pendapat saya, perangkat lunak webcam Apowersoft adalah pilihan ideal untuk mengklik gambar, merekam file audio, dan merekam video.

Layar beranda perangkat lunak hanya berisi kontrol dasar, tetapi begitu Anda membuka menu pengaturan. Anda akan menyadari bahwa penawaran Apowersoft memiliki alat dan opsi untuk memungkinkan Anda merekam aktivitas layar Anda dalam bentuk atau format apa pun yang Anda suka.

Apowersoft Free Screen Screen Recorder menyimpan gambar dalam berbagai format ( PNG, JPG, BMP, dll. ),

Sementara video dapat direkam pada nilai frame rate berkisar antara 5-60 FPS dalam beragam jenis file seperti MP4, WMV, AVI dan FLV.

Anda bahkan memiliki opsi untuk merekam file audio dalam berbagai format seperti MP3, AAC, FLAC dan juga dapat memilih dari berbagai codec sesuai keinginan Anda.

Jika Anda bertanya-tanya, penawaran Apowersoft juga menawarkan integrasi Google Drive dan Dropbox untuk memungkinkan Anda menyimpan file Anda dengan cepat di cloud, selain dari opsi untuk membagikannya di YouTube dan Vimeo.

Platform yang Didukung : Windows 10, macOS


8. IP Camera Viewer

Selain streaming langsung dan obrolan video, webcam juga dapat memainkan peran aktif dalam pengawasan.

Dan salah satu perangkat lunak terbaik yang cocok untuk tugas tersebut di atas adalah IP Camera Viewer , perangkat lunak webcam yang akan memungkinkan Anda memantau dan menjaga rumah dan tempat kerja Anda melalui kamera IP.

Perangkat lunak ini memiliki dukungan untuk lebih dari 1800 model kamera IP yang berbeda dan memungkinkan pengguna untuk secara terpisah mengkonfigurasi dan menyesuaikan properti video seperti orientasi, kecepatan bingkai, area jangkauan, dll. Dari setiap kamera IP yang telah mereka tambahkan ke jaringan.

Perangkat lunak ini dapat merekam video dalam tiga resolusi yaitu. 360p, 480p, dan 720p, yang propertinya (kontras, saturasi, ketajaman, dll.) Dapat disesuaikan secara manual.

Selain itu, pengguna dapat melakukan zoom digital bahkan jika kamera IP mereka tidak memiliki fungsi zoom.

Perangkat lunak ini dapat menambahkan hingga empat kamera sekaligus dan memungkinkan pengguna melihat umpan video mereka secara bersamaan pada satu layar.

Platform yang Didukung : Microsoft Windows 10/8/7 / Vista / XP / 2012/2008


9. Camwiz Webcam Recorder

Camwiz Webcam Recorder adalah salah satu aplikasi webcam paling sederhana, tetapi satu-satunya kelemahan adalah bahwa itu eksklusif untuk platform macOS, sehingga pengguna yang terdaftar di Windows tidak dapat menggunakannya.

Selain keterbatasan, Camwiz fitur UI yang sangat simpel dengan semua alat perekam inti yang terletak di layar awal itu sendiri, berkat pengaturan tiga baris sederhana yang berisi kamera, alat perekam, dan opsi tuning.

Mengintip di dalam menu pengaturan perangkat lunak mengungkapkan bahwa Camwiz juga dilengkapi dengan beberapa fitur bagus tambahan seperti Motion Detection, Remote Webcam, dan Screen Cam capture.

Pengguna dapat menerapkan efek seperti time stamp, night vision, dan flip tampilan ke video, yang direkam dalam resolusi mulai dari 240p hingga 1080p.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan Camwiz sebagai webcam virtual untuk aplikasi lain di perangkat macOS Anda.

Platform yang Didukung : macOS 10.9 atau lebih baru


10. Windows Camera

Meski bukan perangkat lunak pihak ketiga dengan banyak alat dan efek pengeditan, Windows Camera menyelesaikan pekerjaannya sebagai perangkat lunak webcam yang efektif.

Windows Camera menghadirkan UI yang sangat minimalis yang hanya menampilkan alat perekam inti di layar beranda, yang hampir seluruhnya dipenuhi oleh pemandangan yang terlihat dari webcam.

Perangkat lunak webcam Microsoft dapat mengambil foto dalam dua aspek, yaitu rasio. 16: 9 dan 4: 3 , dan dilengkapi dengan empat opsi framing grid yang meliputi bidik dan Rasio Emas.

Video hanya dapat direkam pada frame rate 30FPS dalam tiga resolusi, yaitu 360p, HD dan Full HD. Anda juga dapat memilih untuk mengambil foto burst dan mengaktifkan mode time lapse, yang akan memungkinkan Anda menangkap beberapa foto secara berurutan hingga tombol kamera ditekan lagi.

Platform yang didukung : Windows 10.

Demikian artikel mengenai webcam, webcam adalah hal yang sangat dibutuhkan diera sekarang, semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu anda untuk memahami akan fungsi dan jenis-jenisnya.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar